Pendidikan Jasmani

15 Manfaat Sit Up, Efektif untuk Mengencangkan Otot Perut?

manfaat sit up
Written by Farah Fadila

Manfaat Sit Up – Olahraga sebagai aktivitas fisik dapat menjadi salah satu cara ampuh untuh membakar kalori, membuat badan lebih bugar, atau bahkan melepas penat setelah bekerja. Apakah Grameds pernah mencobanya?

Seperti yang diketahui, sit up merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa Grameds coba di rumah. Sit up adalah jenis olahraga atau aktivitas fisik yang dapat kamu lakukan di mana saja untuk melatih berbagai otot, seperti otot perut, dada, pinggul, hingga pinggang.

Gerakan yang satu ini sangat umum dilakukan bagi mereka yang ingin menjadi atlet. Sebagian besar orang melakukan sit up untuk memperindah bentuk perut, lho Grameds. Sit up menjadi salah satu olahraga yang tidak membutuhkan keahlian khusus.

Sit up menjadi latihan dasar yang cocok untuk membentuk dan menguatkan otot perut. Grameds bisa mendapatkan segudang manfaat dari sit up saat melakukannya secara rutin.

Sit up merupakan latihan dasar dengan gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat. Selain itu, gerakan sit up identik dengan posisi lutut yang diarahkan ke atas. Teknik latihan yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk menguatkan otot-otot abdomen.

Sit up sebagai latihan fisik mampu memetabolisme lemak pada bagian perut untuk mengatasi lingkar perut yang berlebih. Dapat dikatakan bahwa sit up merupakan latihan kontraksi otot secara isometrik dengan posisi awal berbaring telentang.

Kaum pria kerap melakukan sit up sebagai aktivitas fisik untuk mendapatkan perut yang six pack. Sementara kaum wanita biasanya melakukan gerakan sit up untuk menghindari kram perut saat menstruasi.

Meski tergolong sebagai latihan dasar, sit up ternyata mampu mendatangkan berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat sit up untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beli Buku di Gramedia

15 Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Massa Otot

Ilustrasi Meningkatkan Massa Otot (sumber: menshealth.de)

Grameds bisa memperoleh manfaat sit up saat melakukannya secara teratur. Rutin melakukan sit up dipercaya efektif untuk mengencangkan dan meningkatkan massa otot.

Memiliki massa otot yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Manfaat sit up yang satu ini dapat kamu rasakan terutama pada otot bagian perut dan pinggul.

Sebuah penelitian mengungkap temuan bahwa melakukan sit up secara teratur dapat menurunkan risiko sarkopenia pada lansia. Apa itu sarkopenia? Sarkopenia dapat diartikan sebagai kondisi di mana massa otot mengalami penurunan efektivitas karena penuaan otot.

2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Sit up sebagai latihan kontraksi otot tentu melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot pinggul, otot panggul, dan punggung bawah. Melakukan sit up secara rutin dipercaya mampu memberikan efek yang baik untuk memperbaiki keseimbangan tubuh.

Bagian perut, bahu, lengan, pinggul, dan punggung akan menjadi lebih seimbang saat melakukan gerakan sit up dengan benar. Selain itu, melakukan gerakan sit up tanpa bantuan peralatan dapat memperkuat otot perut untuk mengangkat beban tubuh. Latihan dasar yang satu ini dapat menjaga keseimbangan yang baik untuk menghindari risiko terjatuh atau melukai diri sendiri.

3. Memperindah Bentuk Perut

Sit up dapat dikategorikan sebagai latihan otot pada inti tubuh atau core muscles. Melakukan sit up secara rutin diyakini ampuh untuk membuat otot perut lebih kencang dan lebih rata. Manfaat sit up yang satu ini dapat dimaksimalkan dengan olahraga aerobik untuk membakar lemak perut.

4. Membakar Lebih Banyak Kalori

Selain memperindah bentuk perut, melakukan sit up dalam jangka panjang bermanfaat untuk membakar lebih banyak kalori. Rutin melakukan sit up ternyata mampu membentuk sel otot yang aktif untuk membakar kalori, lho Grameds.

Sit up dapat membakar kalori tubuh secara efektif. Itu artinya sit up menjadi salah satu latihan fisik yang cocok untuk menurunkan berat badan saat menjalani diet ketat.

5. Menjaga Sistem Metabolisme

Tubuh membutuhkan sistem metabolisme yang kuat untuk mengolah berbagai jenis zat asing. Berbagai jenis hormon termasuk hormon pertumbuhan dilibatkan dalam sistem metabolisme.

Sisa-sisa metabolisme akan berkumpul pada beberapa organ saat sistem metabolisme tidak berjalan lancar. Gerakan sit up dipercaya mampu untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Latihan dasar ini akan membangun semua otot di bagian perut. Pasokan oksigen akan mendorong darah membantu sistem metabolisme pada tubuh saat semua otot perut bekerja aktif.

6. Menjaga Pencernaan

Pada dasarnya manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Makanan tersebut akan diolah oleh organ pencernaan, yakni usus dan kerongkongan.

Organ usus menjadi bagian pencernaan yang paling banyak mengalami masalah. Sisa makanan yang berkumpul pada usus dapat meningkatkan risiko radang atau kanker saat kekurangan serat.

Melakukan sit up secara rutin dapat menggerakkan semua otot perut melakukan pekerjaannya dalam mengolah semua makanan yang masuk. Dengan begitu, gerakan sit up bermanfaat untuk menjaga pencernaan dan menurunkan risiko radang atau kanker.

7. Memperbaiki Postur Tubuh

Ilustrasi Memperbaiki Postur Tubuh (sumber: m.bola.com)

Tubuh Grameds akan tampak lebih proposional saat memiliki postur tubuh yang baik pula. Gerakan sit up dapat mengurangi risiko cedera otot, sendi, dan skoliosis untuk memperbaiki postur tubuh.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Namun, Grameds disarankan untuk menjauhi latihan sit up dalam kondisi nyeri punggung atau saraf terjepit. Melakukan sit up saat mengalami keluhan nyeri punggung dapat membuat otot punggung mengencang.

Hal tersebut dapat memperburuk gejala nyeri punggung yang dialami. Sit up yang bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dapat mengurangi ketegangan, mengurangi rasa sakit, melancarkan pernapasan, dan meningkatkan energi.

Beli Buku di Gramedia

8. Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu proses inti kehidupan yang menjadi media pemasok ketersediaan oksigen ke seluruh tubuh ialah peredaran darah. Memenuhi kandungan oksigen dalam jumlah tertentu dapat menjadi salah satu cara agar darah bekerja secara maksimal.

Sistem metabolisme tubuh akan memburuk ketika manusia kekurangan oksigen dalam darah. Kondisi tersebut dapat memicu berbagai penyakit, seperti gagal ginjal dan serangan jantung. Grameds perlu melakukan gerakan sit up secara rutin untuk melancarkan peredaran darah.

9. Pembentukan Pinggul

Sebagian besar wanita tentu mendambakan bentuk pinggul yang indah. Melakukan sit up secara rutin dapat membentuk pinggul yang indah dan tidak berlemak.

Semua otot tubuh akan menjadi lebih stabil saat melakukan sit up secara rutin. Selain itu, gerakan sit up dapat mencegah berbagai masalah tulang dan otot di masa tua.

10. Melatih Bagian Inti Tubuh

Grameds bisa melatih bagian inti tubuh dengan melakukan sit up secara rutin. Memperkuat dan mengencangkan inti tubuh menjadi salah satu tujuan gerakan sit up.

Melakukan sit up secara rutin dapat mengurangi risiko cedera dan sakit punggung. Selain itu, Grameds bisa memetik manfaat sit up untuk membuat tubuh menjadi lebih ringan dan cekatan saat melakukan aktivitas sehari-hari.

11. Meningkatkan Performa Atletik

Melakukan sit up secara rutin tentu akan membentuk bagian inti tubuh. Gerakan sit up akan memberikan postur, stabilitas, bentuk tubuh yang lebih baik. Kemudian sit up sebagai latihan kontraksi otot dapat memberikan peluang yang baik utuk melakukan aktivitas fisik dan atletik tanpa mudah kelelahan.

12. Meningkatkan Fleksibilitas

Ilustrasi Meningkatkan Fleksibilitas (sumber: danone.es)

Gerakan sit up yang menggerakkan tulang belakang dapat membantu mengendurkan kekakuan. Gerakan tersebut otomatis akan membuat pinggul dan punggung menjadi lebih fleksibel.

Latihan dasar yang satu ini dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan mobilitas, dan mengurangi kekakuan. Sit up yang diyakini mampu meningkatkan fleksibilitas juga mendatangkan manfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan energi tubuh.

13. Memperkuat Diafragma

Sit up merupakan aktivitas fisik yang efektif untuk melatih pernapasan diafragma. Memiliki diafragma yang sehat dapat mengurangi stres, memperbaiki pola pernapasan, dan meningkatkan daya tahan atletik. Rutin melakukan sit up terbukti mendatangkan manfaat dalam meningkatkan fungsi pernapasan dan memperkuat diafragma.

14. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Melakukan sit up secara rutin dipercaya ampuh untuk menguatkan otot jantung. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital dalam sistem peredaran darah.

Memiliki daya tahan kardiovaskular yang baik dapat meningkatkan kesehatan jantung. Grameds bisa meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung dengan melakukan gerakan sit up.

15. Mengurangi Risiko Cedera dan Sakit Punggung

Grameds dapat memperkuat otot punggung bawah, pinggul, panggul, dan perut dengan melakukan gerakan sit up secara rutin. Kamu juga dapat membantu otot tubuh bekerja sama untuk menstabilkan tubuh dan melindungi diri dari cedera.

Saat memiliki otot inti yang kuat, Grameds dapat mengurangi kejang otot, sakit punggung, dan cedera punggung. Selain itu, gerakan sit up dipercaya efektif untuk melatih fleksor perut dan pinggul.

Fleksor tersebut menjadi bagian stabilitator yang penting dalam aktivitas harian untuk membungkuk dan berputar. Grameds perlu memastikan gerakan sit up yang benar untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

Beli Buku di Gramedia

Cara Melakukan Sit Up dengan Benar

Untuk menghindari kerusakan atau cedera otot tubuh, Grames perlu melakukan gerakan sit up dengan benar. Lakukan langkah di bawah ini untuk melakukan sit up yang benar:

  • Grameds bisa memulai gerakan sit up dengan posisi berbaring telentang.
  • Lalu tekuk lutut dan kaki menapak pada lantai untuk membuat tubuh stabil.
  • Kemudian letakkan tangan di dekat telinga atau dalam posisi silang di atas dada.
  • Pastikan untuk mengencangkan bagian inti ketika melakukan sit up.
  • Berikutnya, angkat badan ke arah lutut dengan menggunakan otot perut.
  • Lakukan gerakan tersebut sambil menghembuskan napas.
  • Setelah itu, turunkan badan kembali ke posisi berbaring telentang seperti semula.
  • Ulangi gerakan sampai menyelesaikan set yang ditentukan.

Grameds bisa melakukan gerakan sit up sebanyak 10 kali sehari saat baru memulai berlatih. Kemudian Grameds bisa menambahnya secara bertahap sesuai dengan kemampuan tubuh. Sit up merupakan gerakan yang cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan ini cocok untuk pemula yang menginginkan manfaat efektif.

Siang hari menjadi waktu terbaik untuk melakukan gerakan sit up karena tulang punggung sudah terbiasa beraktivitas. Jika melakukan sit up di pagi hari, tulang punggung masih kaku dan belum fleksibel untuk melakukan aktivitas fisik. Grameds bisa mengambil waktu di siang hari hingga sore hari untuk melakukan sit up demi mendapatkan otot perut yang rata.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah manfaat dan cara melakukan sit up, Grameds. Meski tergolong sebagai gerakan olahraga yang sederhana, sit up menghadirkan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Untuk itu Grameds disarankan melakukan sit up secara rutin demi menuai segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bagaimana, siap untuk tampil bugar dan atletis?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien