in

Profil Yuri SNSD, Sang Idol dan Aktris Multitalenta di Grup!

https://girls-generation.fandom.com/

Yuri SNSD – Seperti yang Grameds ketahui bahwa girl group SNSD alias Girls’ Generation yang berada di bawah naungan SM Entertainment itu menjadi salah satu grup “pionir” dalam hal perkembangan industri K-Pop yang mendunia.

Sejak mereka debut hingga sekarang ini, segala hal yang berhubungan tentang SNSD pasti akan laku di pasaran. Itulah mengapa, banyak brand ternama yang menjadikan member SNSD sebagai salah satu brand ambassador mereka karena memang memberikan pengaruh besar terhadap penjualan.

Kabar terbaru dari SNSD semenjak ditinggal keluar Jessica Jung adalah ketiga membernya menyatakan untuk tidak meneruskan kontraknya dengan SM Entertainment. Kendati demikian, ketiga member tersebut masih tetap menjadi member SNSD. Nyatanya, pada tahun 2022 kemarin menjadi waktu dimana kedelapan member SNSD melangsungkan comeback setelah hiatus selama 5 tahun.

Masing-masing member SNSD itu telah melebarkan karirnya masing-masing di industri hiburan Korea Selatan hingga Amerika Serikat. Kebanyakan dari mereka menjadi aktris papan atas yang serial dramanya selalu populer di kalangan masyarakat. Salah satu member SNSD yang turut debut sebagai aktris adalah Kwon Yuri alias Yuri SNSD.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Yuri SNSD hingga dapat terkenal seperti saat ini? Bagaimana pula kisah kehidupan pribadinya? Apa saja fakta-fakta menarik tentang Yuri SNSD? Nah, supaya Grameds mengetahui hal-hal tersebut, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Biodata dan Profil Yuri SNSD

Yuri SNSD
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kwon Yu Ri
  • Nama Panggung: Yuri
  • Tanggal Lahir: 5 Desember 1989
  • Tempat Lahir: Goyang, Gyeonggi, Korea Selatan
  • Zodiak: Sagitarius
  • Golongan Darah: AB
  • Tinggi Badan: 168 cm (5’6”)
  • Masa Trainee: 5 tahun
  • Pendidikan: Chung Ang University
  • MBTI: ENFJ
  • Posisi di Grup: Lead Dancer, Lead Rapper, Vocalist
  • Sub Unit: Oh!GG
  • Akun Instagram: @yulyulk
  • Akun Weibo: yurikwon_GG

Perjalanan Karir Yuri SNSD

Yuri SNSD
https://onehallyu.com/

Untuk menjadi seorang idol K-Pop itu tidak hanya sekadar modal wajah yang rupawan saja, tetapi juga bakat yang harus diasah baik itu dalam hal menyanyi maupun menari. Tak terkecuali, Yuri SNSD yang harus berjuang untuk mencapai cita-citanya debut sebagai idol K-Pop.

2001: Audisi di SM Entertainment

Yuri SNSD lahir dengan nama Kwon Yuri pada 5 Desember 1989 di Deogyang-gu, Goyang, Provinsi Gyeonggi. Pada tahun 2001 ketika Yuri berusia 13 tahun, dirinya memberanikan diri untuk mengikuti audisi di SM Entertainment Casting System dan berhasil memenangkan peringkat kedua pada 2001 SM Youth Best Dancer Contest.

Setelah kemenangan itu, tentu saja Yuri langsung ditawari untuk menjadi trainee dan dia menyetujuinya.

Sejak itulah, Yuri menjadi salah satu trainee di SM Entertainment selama 5 tahun 11 bulan hingga akhirnya dapat debut bersama Girls’ Generation pada tahun 2007. Setahun setelah debutnya itu, Yuri pun lulus dari SMA Neunggok. Yap, Yuri debut menjadi idol K-Pop di usianya yang masih remaja.

2007: Berhasil Debut Bersama SNSD

Yuri SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Tahun 2007 menjadi waktu dimana Yuri memulai karirnya sebagai idol K-Pop di grup SNSD dengan menempati posisi sebagai main dancer, lead rapper, dan vocalist. Kala itu, SNSD benar-benar menempati popularitas tertinggi dari banyaknya selebritis yang ada sehingga wajar saja masing-masing member SNSD mendapatkan aktivitas solo. Mulai dari cameo pada serial drama hingga bintang iklan CF.

Yuri SNSD pun juga memiliki aktivita solo dengan menjadi cameo di sebuah acara televisi The King’s Boyfriend, yang merupakan film dokumenter dari Super Junior Show. Yuri memang kerap menjadi cameo untuk film milik seniornya itu, salah satunya adalah pada film berjudul Attack On The Pin-Up Boys. Pada film yang dibintangi oleh member Super Junior itu, Yuri berperan sebagai balerina.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2008: Mulai Menjalani Aktivitas Solo

Setahun setelah dirinya debut bersama SNSD, Yuri mulai mendapatkan peran kecil-kecilan di beberapa acara televisi seperti sitkom Unstoppable Marriage yang tayang di channel KBS2. Kala itu, dirinya bersama Sooyoung SNSD berperan sebagai siswa SMA.

Di tahun yang sama, Yuri dan Sooyoung SNSD juga mendapatkan kesempatan untuk menyanyikan OST berjudul “Kkok!” untuk serial televisi Working Mom.

Lalu pada tahun 2009, Yuri SNSD didapuk sebagai MC bersama Tiffany untuk acara musik Show! Music Core yang tayang di channel MBC.

Seiring perjalanannya waktu, Yuri kerap mendapatkan aktivitas solo di beberapa reality show salah satunya adalah Invincible Youth. Alhasil, dirinya masuk dalam nominasi Best Female MC pada acara penghargaan KBS Entertainment Awards pada tahun 2010.

Berhubung saat itu SNSD tengah mempersiapkan debutnya di Jepang, sehingga jadwal para membernya pun semakin padat.

Akhirnya, para member SNSD termasuk Yuri pun harus meninggalkan berbagai aktivitas individunya dan fokus pada grup. Namun, pada tahun 2011, baik Yuri maupun Tiffany, telah kembali menjadi MC pada acara musik Show! Music Core.

Pada comeback SNSD yang ketiga yakni lagu dengan mini album “Hoot”, Yuri turut berkontribusi menulis lirik pada lagu “Mistake”. Yuri SNSD juga pernah tampil dalam lagu “Like A Soap” milik TVXQ yang merupakan album studio keenam mereka.

2012: Debut Sebagai Aktris

Yuri SNSD melebarkan karirnya di dunia peran sebagai aktris dan membuat debut aktingnya pada tahun 2012 untuk serial drama Fashion King bersama aktor Yoo Ah In. Berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni itu, dirinya memenangkan penghargaan dari SBS Drama Awards 2012 untuk kategori New Star Award.

Meskipun Yuri telah debut sebagai aktris, tetapi bukan berarti dirinya melupakan aktivitas grup SNSD. Terbukti pada saat tahun 2013, tepatnya ketika SNSD comeback dengan album “I Got A Boy”, Yuri lagi-lagi menulis lirik untuk lagu “Baby Maybe” dan “XYZ”.

Banyak penggemar SNSD, Sone, telah mengetahui bahwa bakat menari Yuri itu tidaklah kaleng-kaleng. Itulah sebabnya, Yuri SNSD bersama rekannya Hyoyeon tampil di survival show Dancing 9 yang tayang di saluran Mnet. Pada survival show tersebut, Yuri menjadi “Master Dance K-Pop” alias sebagai pelatih para peserta yang ikut survival tersebut.

Setahun setelah debutnya sebagai aktris, Yuri pun juga membintangi sebuah film berjudul No Breathing yang mendapuknya sebagai pemeran utama. Film tersebut secara keseluruhan menceritakan tentang perenang dan juga turut diperankan oleh Lee Jong Suk dan Seo In Guk. Tidak hanya menjadi pemerannya saja, tetapi Yuri juga turut menyanyikan OST untuk film tersebut dengan judul “Bling Star” dan “Twinkle Twinkle”.

2015: Bergabung Dalam Beberapa Variety Show

Yuri SNSD
https://www.soompi.com/

Dari 8 member SNSD, dapat disebut bahwa hanya Sunny dan Yuri saja yang kerap tampil di variety show dan acara televisi lainnya. Pada tahun 2015 pun, Yuri bergabung dalam variety show Animals yang tayang di MBC. Selain itu, dirinya juga menjadi bintang tamu untuk acara Star With Two Job dan Dating Alone.

Ditunjuknya Yuri sebagai pemeran utama untuk film No Breathing yang bertema olahraga renang, itu berarti dirinya memang memiliki potensi dalam olahraga tersebut. Alhasil, Yuri pun ditawari untuk bergabung dalam acara televisi Physical Education yang memang merupakan acara khusus olahraga renang. Di acara itu, Yuri memamerkan keterampilan renangnya yang tidak kaleng-kaleng.

Pada tahun 2016, Yuri bergabung pada acara reality-documentary show dari saluran SBS berjudul Law Of The Jungle. Kala itu, Yuri masuk dalam line-up guest star di wilayah New Caledonia.

Sedikit trivia saja nih, acara reality-documentary show yang dipandu oleh Kim Byung Man tersebut adalah tentang bertahan hidup di hutan tanpa menggunakan teknologi apapun. Mulai dari tidur hingga makan harus dilakukan bersama-sama dengan anggota lainnya dengan cara berburu dan membangun rumah sederhana dari dedaunan serta kayu.

Ketika mengikuti acara Law Of The Jungle, Yuri bersama dengan Yoon Park, Kim Young Kwang, Heo Kyung Hwan, Hong Seok Cheon, hingga Cha Eun Woo ASTRO.

Masih di tahun yang sama, Yuri menjadi pemeran utama untuk web drama berjudul Gogh, The Starry Night bersama aktor Kim Young Kwang. Tidak hanya itu saja, Yuri juga aktif kembali sebagai penyanyi dengan berkolaborasi bersama Seohyun SNSD untuk lagu berjudul “Secret” yang menjadi bagian dari proyek SM Station.

Pada tahun 2017, Yuri SNSD membintangi drama SBS berjudul Innocent Defendant dan berperan sebagai pengacara. Melalui serial drama tersebut, Yuri masuk dalam nominasi Excellenge Award dan Actress in A Monday-Tuesday Drama pada acara penghargaan SBS Drama Awards 2017.

2018: Debut Sebagai Soloist dan Sub-Unit Oh!GG

Yuri SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Pada bulan Agustus, pihak SM Entertainment mengumumkan bahwa Yuri SNSD menjadi bagian dari sub-unit SNSD yakni Oh!GG bersama kelima member lainnya yakni Yoona, Hyoyeon, Sunny, dan Taeyeon. Sub-unit ini debut dengan lagu berjudul “Lil Touch” pada bulan September, sebulan setelah pengumuman line-up member.

Lalu pada bulan Oktober, Yuri pun debut sebagai soloist dengan merilis album The First Scene dan lagu utamanya adalah “Into You”. Albumnya itu menempati peringkat ke-2 di The Gaon Album Chart dan peringkat ke-10 pada Billboard’s World Albums.

Atas comebacknya sebagai soloist itu, dirinya menduduki peringkat teratas pada Brand Reputation Rankings For Individual Girl Group Member yang diterbitkan oleh Korean Corporate Reputation Research Institute (Institut Riset Reputasi Korporat Korea) untuk bulan Oktober.

Pada Januari 2019, Yuri memerankan sebuah teater yang diadaptasi dari drama Prancis dengan judul Grandpa Henry And Me (L’Étudiante et Monsieur Henri). Drama Prancis tersebut ditulis oleh sutradara Ivan Calbérac pada tahun 2012.

Kehidupan Pribadi Yuri SNSD

Yuri SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Latar Belakang Pendidikan

Yuri SNSD lulus dari NeungGok High School pada tahun 2008, setahun setelah debutnya bersama SNSD. Setelah itu, dirinya meneruskan kuliah di Universitas Chung Ang bersama rekan satu grupnya, Sooyoung. Keduanya pun juga menerima lulus dan menerima gelar di waktu yang sama yakni pada 15 Februari 2016.

Ketika lulus dari universitas tersebut, baik Yuri maupun Sooyoung menerima gelar penghargaan sebagai Lifetime Achievement Award dan Honorary Ambassador of the School ketika upacara kelulusan.

Isu Kencan

Pada April 2015, Yuri SNSD dikabarkan tengah menjalin hubungan istimewa dengan pemain baseball, Oh Seung Hwan. Sayangnya, keduanya dinyatakan putus pada bulan Oktober 2015 karena kesibukan masing-masing.

20+ Fakta Yuri SNSD

Yuri SNSD
https://girls-generation.fandom.com/
  1. Yuri SNSD memiliki seorang kakak laki-laki bernama Kwon Hyuk Jun.
  2. Pada 2001, ketika Yuri mengikuti casting SM Entertainment, dirinya menang sebagai juara 2 penari terbaik pada SM 1st Annual Youth Best Contest.
  3. Meskipun Yuri adalah salah satu main dancer, tetapi dirinya mengakui bahwa tubuhnya lambat ketika mempelajari gerakan baru. Tak jarang, Yuri juga sering salah koreografi.
  4. Yuri SNSD dikenal sebagai member SNSD yang memiliki suara serak.
  5. Pada acara televisi Invincible Youth episode 1, Yuri menangis tersedu-sedu sambil menceritakan bahwa rekannya satu grup, Tiffany, sangat peduli kepadanya. Yap, Yuri memang mudah menangis terutama ketika membicarakan member SNSD lainnya.
  6. Yuri tidak pandai dalam mata pelajaran matematika.
  7. Hyoyeon pernah marah dan cemburu kepada Yuri karena banyak orang yang mengira Yuri adalah penari terbaik di grup SNSD.
  8. Yuri memiliki tubuh terbaik dan proporsional dari seluruh member SNSD.
  9. Sepupunya adalah Songsun TRI.BE.
  10. Dapat berbicara bahasa Korea dan Cina secara fasih, serta bahasa Inggris dan Jepang secara dasar.
  11. Spesialisasinya adalah menari, berakting, berenang, dan membaca.
  12. Hobi: menari dan bermain piano.
  13. Pada tahun 2021, hanya Yuri dan Hyoyeon saja yang masih tinggal di Dorm SNSD. Member lainnya sudah memiliki rumah atau apartemen masing-masing.
  14. Sangat suka bawang putih dan sering memakan bawang putih secara mentah.
  15. Pernah beradu akting dengan Lee Jong Suk dan Seo In Guk pada film No Breathing.
  16. Sebelum menjadi trainee di SM Entertainment, Yuri tidak memiliki banyak teman perempuan. Berhubung kakaknya adalah laki-laki maka sebagian temannya di masa kecil adalah teman laki-laki yang juga teman kakaknya.
  17. Yuri pandai dalam hal memeriahkan suasana. Biasanya ketika Tahun Baru Imlek, dirinya akan menyanyikan lagu trot di depan saudara-saudaranya supaya suasana semakin meriah.
  18. Suatu hari, Yuri pernah memergoki teman SD-nya di depan gedung SM Entertainment. Setelah mengobrol, barulah diketahui bahwa temannya itu adalah penggemar Seohyun SNSD.
  19. Saat kelelahan, Yuri akan tidur dengan lidah sedikit menjulur.
  20. Pernah membuat takut Leeteuk Super Junior karena cerita tentang dinosaurus.
  21. Menjadi member SNSD yang paling rapi dan terorganisir.

Demikian pembahasan tentang Yuri SNSD, semoga pembahasan pada artikel ini dapat menginspirasi kamu.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika Grameds ingin mencari buku-buku tentang K-pop, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

The Ultimate History of Girls’ Generation

Bagi para pencinta K-Pop tentu sudah tidak asing dengan salah satu girl group legendaris dan populer dari SM Entertainment yang super populer yaitu SNSD atau Girls Generation. Girl group satu ini disebut-sebut sebagai girl group pertama yang berhasil menarik banyak penggemar, di tengah populernya boy group.

Memiliki anggota yang cukup banyak yaitu, 8 anggota, SNSD memiliki citranya sendiri dan kekhasan dalam menampilkan setiap lagu-lagunya. Bahkan beberapa waktu lalu, SNSD juga mendapatkan pujian dari netizen Korea, karena penampilan mereka dinilai sangat profesional dan unik.

Saat ini ditengah banyaknya girl group muda populer seperti Red Velvet, Twice, Blackpink, atau G-Friend. Girl group SNSD atau Girl Generation masih banyak disukai dan menjadi legendaris role model para girl group K-pop yang lain lho! Ko bisa yah!

Bahkan, sampai sekarang posisi Girls’ Generation sebagai girlband papan atas Korea masih belum tergusur. Wih keren banget yah! BTW kalian penasaran dan mau tahu alasannya? Yuk, buka dulu The Ultimate History of Girls Generation yang bahas tuntas perjalanan karier mereka dari awal hingga mencapai satu dekade ini!

Girls’ Generation

Girls’ Generation menjadi terkenal di awal karir mereka dengan lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You,” tetapi baru pada tahun 2009 mereka mendapatkan popularitas besar di Korea Selatan dengan single mereka “Gee.” yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.

Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti “Tell Me Your Wish (Genie)”, “Oh!”, “Run Devil Run” dan “Hoot”. Pada tahun 2011 mereka kembali ke dunia musik. Korea Selatan merilis “The Boys” dalam tiga bahasa. Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya bahasa Inggris.

Dalam lima tahun, grup ini telah menjual total 4,4 juta album dan 30 juta single digital. Popularitas besar mereka di Korea Selatan membuat mereka mendapatkan gelar ‘Penyanyi Bangsa’ dan ‘Grup Gadis Bangsa’. Jurnal lainnya menyebut grup tersebut sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai girl grup pertama dalam sejarah yang masuk dalam daftar tersebut. Forbes juga menobatkan grup Korea Selatan sebagai Penghibur Paling Berpengaruh tahun 2011.

Belajar Bahasa Korea Bersama Kpop Stars

Sudah lihat dan baca judul buku ini, kan? Pasti sudah tahu kita akan belajar dengan siapa saja kan? Nah, sebelum kita belajar tata bahasa Korea dengan musisi K-Pop kesukaan kalian, kita mau membekali chingu dulu nih. Chingu akan berkenalan dengan hangeul (huruf korea) dan teman-temannya. Tenang, nggak banyak kok.

Annyeong chingudeul! Jal jinaejyo?
Deudieo uriga dasi mannayo
Hai teman-teman! Kalian baik-baik saja kan? Akhirnya kita bertemu lagi.

Kalian boleh bernyanyi, berjoget, atau fan chant ketika lagu boy group/girl group dimainkan, tapi jauh lebih keren jika chingu belajar bahasanya. Jadi, ketika uri oppadeul eonnideul nyanyi, kita tidak hanya bisa bersenandung, tapi juga bisa mengerti bahasanya.

Sumber:

https://kpopping.com/

https://girls-generation.fandom.com/

https://en.wikipedia.org/

https://kprofiles.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.