in

Biografi Yeji ITZY dan Perjalanan Karirnya Sebagai Leader Grup!

Yeji ITZY – Tepat pada 4 Februari 2023 lalu, girl grup besutan JYP Entertainment, ITZY, melangsungkan konsernya di Indonesia, tepatnya di Tennis Indoor Senayan. Girl grup yang debut pada 2019 ini datang ke Indonesia untuk konser world tour yang bertajuk The 1st World Tour CHECKMATE. Tentu saja, histeria para penggemar ITZY, MIDZY, tidak dapat dibendung lagi karena idola mereka akhirnya datang kemari.

Salah satu member yang paling dikenal oleh penggemar maupun non-penggemar adalah Yeji ITZY. Pasalnya, Yeji memang telah “diketahui” eksistensinya oleh masyarakat Korea Selatan setelah mengikuti ajang pencarian bakat “The Fan” yang tayang di channel SBS pada tahun 2018. Sebagai perwakilan trainee dari JYP Entertainment, dirinya sukses menunjukkan bakatnya yang tidak kaleng-kaleng itu. Alhasil, para juri termasuk Park Jin Young, produser musik JYP Ent, turut takjub dengan anak didiknya itu.

Benar saja, setelah “mengabdi” di agensi tersebut selama 3 tahun, Yeji berhasil debut bersama keempat member lainnya dengan nama ITZY. Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Hwang Ye Ji yang kemudian didapuk sebagai leader dari ITZY ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Yeji ITZY
https://itzy.fandom.com/

Biodata dan Profil Yeji ITZY

Yeji ITZY
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Hwang Ye Ji
  • Nama Inggris: Lucy Hwang
  • Nama Panggung: Yeji
  • Tanggal Lahir: 26 Mei 2000
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 167 cm (5’6”)
  • Golongan Darah: A
  • MBTI: ESFJ (sejak April 2022)
  • Pendidikan: Jeonju Commercial Information High School
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Main Dancer, Lead Vocal, Sub Rapper

Bagaimana Perjalanan Karir Yeji ITZY?

Yeji ITZY
https://channel-korea.com/

Yeji lahir dengan marga Hwang dan besar di wilayah Jeonju, Jeollabuk-do, Korea Selatan. Di keluarganya, Yeji adalah anak bungsu dengan serang kakak perempuan yang lahir pada 1998. Selain itu, keluarga Yeji juga memelihara dua ekor anjing.

Ketika Grameds kecil, pasti pernah mengalami sakit flu ‘kan? Nah, begitu juga dengan Yeji yang di masa kecil telah memiliki pengalaman antara hidup dan mati karena sakit flu yang memprihatinkan.

Yap, Yeji pernah bercerita ketika kecil, dirinya mengalami komplikasi yakni pneumonia dan osteomyelitis sehingga diharuskan untuk dirawat di rumah sakit dalam waktu yang lama. Untungnya, Yeji berhasil bertahan dan sembuh sehingga dapat menjadi idol K-Pop seperti saat ini.

2015: Mengikuti Ajang “The Fan” SBS

Yeji ITZY
https://blog.kocowa.com/

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Yeji telah dikenal masyarakat luas karena partisipasinya dalam ajang survival di saluran SBS bertajuk “The Fan” pada tahun 2015. Dilansir dari soompi.com,  kala itu Yeji muncul sebagai kontestan pada siaran 1 Desember. Salah satu seniornya di JYP Entertainment, Junho 2PM, memperkenal Yeji sebagai “senjata rahasia” dari agensinya. Yap, Yeji memang sudah masuk dalam jajaran trainee JYP Entertainment, hanya saja memang belum begitu “resmi”.

Ketika ikut dalam The Fan, Yeji membawakan lagu berjudul Ain’t My Fault oleh Zara Larsson. Awalnya, para juri terkejut dengan kepribadian Yeji yang ceria tetapi langsung berubah ketika sudah menari. Sayangnya, melalui penampilannya yang spektakuler itu, dirinya gagal merebut hati para juri supaya sampai ke final, yang disebut sebagai fan masters. Para fan masters itu adalah soloist BoA, Yu Hui Yeol, Kim Ea Na, dan Lee Sang Min.

Sementara itu, menurut kocowa.com, walaupun Yeji gagal hingga ke babak final, tetapi keempat juri benar-benar terkesan  akan penampilan Yeji saat itu. Yeji memang tidak mendapatkan cukup banyak poin dari penonton dan fan masters, hanya Yoo Hee Yeol yang memutuskan untuk “mendukungnya”. Setelah itu, dirinya diberi kesempatan untuk tampil di kesempatan kedua dan penonton akan memilihnya secara online.

Yoo Hee Yeol selaku produser musik di Antenna Music menganggap bahwa Yeji akan berhasil dengan penampilannya itu. Yeji tentu saja senang akan kepercayaan jurinya itu. Ketika sesi wawancara di backstage, Yeji bercerita bahwa dirinya telah melukai punggungnya sebelum penampilan tersebut. Itulah yang membuatnya harus dirawat setelah latihannya.

Sayangnya, Yeji tidak dapat menuju ke babak final karena menurut juri, kemampuannya masih standar. Namun setidaknya, Yeji telah mencoba segala kemampuannya sehingga dirinya mulai dikenal masyarakat luas. Jika Grameds ingin menonton penampilan Yeji saat di The Fan ini, klik link ini.

2016: Menjadi Trainee di JYP Entertainment

https://channel-korea.com/

Salah satu member 2PM yakni Junho, sebelumnya telah menyebut bahwa Yeji adalah “hidden weapon” di JYP Entertainment. Nah, sejak penampilannya di The Fan itulah, tepatnya pada Januari 2016, dirinya “resmi” menjadi trainee elit di agensi tersebut.

Setelah partisipasinya di The Fan, dirinya juga semakin dikenal setelah tampil di sebuah reality show besutan Mnet bertajuk “Stray Kids Showcase” pada tahun 2017. Reality show tersebut adalah sebuah program acara tentang trainee laki-laki JYP Entertainment yang hendak didebutkan pada grup Stray Kids. Sedikit trivia saja nih, para trainee yang mengikuti reality show tersebut berhasil debut bersama dengan nama grup Stray Kids tentunya. Meskipun di tengah perjalanan, ada satu member yang dinyatakan keluar.

Pada episode awal dari reality show tersebut, para trainee perempuan akan bertanding dengan trainee laki-laki. Singkatnya, Yeji dan kawan-kawan akan berkompetisi melawan trainee Stray Kids. Namun, hasil pemenangnya adalah para trainee laki-laki sehingga mereka akan didebutkan terlebih dahulu. Sementara Yeji dkk harus menunggu setahun lagi untuk debut.

Keterampilan dance Yeji memang sudah terkenal di kalangan para trainee. Bahkan beberapa member Stray Kids saja mengakui kehebatan dan karisma Yeji yang begitu kuat. Jika Grameds ingin menonton pertandingan antara trainee laki-laki dan perempuan di reality show tersebut, klik link ini.

2019: Debut Bersama ITZY dan Meraih “First Win”

Yeji ITZY
https://itzy.fandom.com/

Pada awal tahun 2019, ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa JYP Entertainment hendak mendebutkan girl grup baru. Hal itu wajar saja sebab TWICE kala itu sudah berusia 5 tahun. Rumor-rumor tersebut terus dibahas oleh para penggemar di sosial media dan mengungkapkan bahwa agensi tersebut akan mendebutkan girl grup dengan member berjumlah 5 orang.

Benar saja, pada Februari 2019 menjadi waktu debut girl grup baru JYP Entertainment yang diberi nama ITZY. Anggotanya adalah Yuna, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan tentu saja Yeji. Setelah menjalani masa trainee selama 3 tahun, akhirnya Yeji berhasil debut sebagai idol K-Pop.

Tepatnya pada 12 Februari 2019, JYP Entertainment merilis MV debut ITZY bertajuk “Dalla Dalla”. Lagu debut ITZY ini sangat easy-listening dan kemampuan dance para membernya pun juga keren. Sedikit trivia saja nih, lagu Dalla Dalla ini menceritakan tentang cinta pada diri sendiri dan tidak perlu memperhatikan omongan orang lain. Kira-kita tidak lebih dari sebulan setelah debut, ITZY berhasil meraih first win pada acara musik M Countdown dan total kemenangan secara keseluruhannya adalah 9 piala termasuk ‘triple crown’ di Inkigayo.

Dianggap Mirip dengan Hwang Hyunjin

https://channel-korea.com/

Menurut pengamatan para penggemar K-Pop, termasuk fandom MIDZY dan STAY, mereka berspekulasi bahwa wajah Yeji ITZY sangat mirip dengan Hyunjin Stray Kids. Mengingat keduanya berada di bawah naungan agensi yang sama, sehingga interaksi mereka pun juga pasti tidak canggung.

Sebenarnya, topik tersebut sudah dibahas sejak lama, bahkan ketika mereka masih menjalani masa trainee. Ditambah lagi, keduanya memiliki marga yang sama yakni Hwang.

Orang-orang sering berkata bahwa Yeji ITZY dan Hyunjin Stray Kids adalah saudara kembar yang akhirnya bertemu kembali. Apakah Grameds juga berpikir demikian?

Pembahasan ini berawal dari netizen yang begitu memperhatikan mata monolid milik Yeji ITZY. Yap, mata gadis kelahiran 2000 ini memang seperti mata kucing. Hal itu juga dimiliki oleh Hyunjin Stray Kids. Setelah itu, orang-orang mulai membandingkan wajah keduanya dan ternyata terlihat begitu mirip. Apalagi saat Hyunjin Stray Kids memiliki rambut sedikit gondrong sehingga ketika fotonya disandingkan dengan Yeji ITZY, benar-benar tampak seperti saudara kembar!

Sayangnya, walaupun keduanya berada di agensi yang sama, tetapi interaksi mereka tidak begitu dekat karena perbedaan jadwal grup. Yeji ITZY jarang muncul di konten milik Stray Kids, begitu pula sebaliknya. Beruntungnya, pada acara Asia Song Festival 2019, Yeji ITZY dan Hyunjin Stray Kids didapuk sebagai MC spesial sehingga keduanya memiliki interaksi layaknya saudara kembar.

Tidak hanya itu saja, keduanya pun sering disamakan dengan karakter naga Light Fury dan Toothles di film How To Train Your Dragon.

Yeji ITZY

Cerita Suka Duka Yeji ITZY Menjadi Leader ITZY

https://www.allkpop.com/

Grameds pasti paham bahwa menjadi seorang leader alias pemimpin di sebuah grup itu bukanlah hal yang mudah. Nah, pemikiran seperti itu juga pernah muncul di benak Yeji ITZY yang saat ini ditunjuk sebagai leader dari grupnya, ITZY. Yeji harus mengambil tanggung jawab yang besar untuk mengurus keempat anggota ITZY. Mulai dari latihan koreografi, beristirahat di dorm, hingga penampilannya di suatu acara musik atau acara penghargaan.

Salah satu hal yang disorot oleh netizen pada kepemimpinan Yeji sebagai leader adalah ketika acara 34th Golden Disc Awards pada tahun 2020 lalu. Kala itu, ketika ITZY memenangkan penghargaan Best New Artist-Female, salah satu member ITZY yakni Lia terpeleset setelah menginjak rok dari Jung Eun Chae, pemberi trofi penghargaan tersebut.

Sebagai pemimpin, tentu saja Yeji langsung reflek menoleh ke arah Lia yang masih jatuh dan membantunya berdiri. Ketika masih di atas panggung, sambil memegang trofi penghargaan, Yeji menepuk punggung Lia dan mengatakannya bahwa itu semua tidak apa-apa.

Kepemimpinan Yeji ITZY memang sudah terlihat sejak dirinya menjadi trainee, terutama di reality show “Stray Kids Showcase”. Saat selesai berlatih, Yeji segera mengevaluasi dan memberikan saran kepada rekan-rekan trainee lainnya. Lalu, dirinya juga meminta Yuna, selaku trainee yang paling muda, untuk menunjukkan demonstrasi atas koreografi yang telah dilatih barusan, kemudian trainee lain mengikutinya.

Seperti yang dikatakan oleh para trainee JYP Entertainment, Yeji memang benar-benar memiliki aura berbeda antara di atas panggung dan di luar panggung. Ketika di luar panggung, kepribadiannya sangat ramah, berpikiran terbuka, dan begitu peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Lalu setelah naik panggung, dirinya langsung menunjukkan keterampilan menyanyi, dance, dan rap yang luar biasa. Tak heran, dirinya disebut sebagai “JYP’s Secret Weapon”.

Semua itu akhirnya dapat dilakukan oleh Yeji ITZY walaupun awalnya, dirinya hampir menolak permintaan agensi untuk menjadikannya leader. Namun, semua member mempercayainya untuk menjadi leader dan berkata akan membantu Yeji sebisa mereka. Alhasil, Yeji ITZY berhasil membuktikan bahwa dirinya memang mampu menjadi leader yang baik dan menjadikan ITZY meraih banyak penghargaan besar.

30 Fakta Seorang Yeji ITZY

Yeji ITZY
https://itzy.fandom.com/
  1. Keluarga Yeji memelihara 2 anjing pudel bernama Hongsam dan Insam.
  2. Yeji telah lulus dari Jeonju Commercial Information High School dengan jurusan keuangan (finance).
  3. Yeji ITZY langsung menandatangani kontrak dengan JYP Entertainment pada 4 Januari 2016 setelah lolos audisi dan menjadi trainee selama 3 tahun.
  4. Sebelum debut, telah tampil di dua program televisi yakni The Fan pada tahun 2015 dan melaju pada babak ketiga; serta Stray Kids Showcase pada tahun 2017 sebagai anggota tim trainee perempuan.
  5. Awalnya, Yeji tidak suka menari. Namun dirinya secara “alami” belajar menari di SD sejak kakaknya juga belajar menari.
  6. Menduduki peringkat ke-7 sebagai penari terbaik di antara idol K-Pop wanita. Hal ini dievaluasi oleh penari profesional asing.
  7. Sebelum bergabung dengan JYP Entertainment, Yeji tidak belajar menyanyi sama sekali. Barulah ketika resmi menjadi trainee pada tahun 2016, dirinya belajar vokal dari awal secara bertahap.
  8. Meskipun posisinya di ITZY adalah main dance, tetapi ternyata kemampuan vokalnya tidak main-main lho! Bahkan dirinya sering dipuji dan disangka sebagai vokalis utama.
  9. Selain menjadi leader dan member tertua di ITZY, Yeji juga memiliki kepribadian yang matang serta rasa tanggung jawab yang tinggi.
  10. Menurut Ryujin ITZY, Yeji adalah anggota yang memiliki kepribadian amat berbeda ketika di atas dan di luar panggung.
  11. Yeji ITZY jarang menangis, jika dibandingkan dengan member ITZY lainnya.
  12. Menurut para member ITZY, Yeji adalah member yang paling ramah.
  13. Yeji menjadi member yang paling rajin merawat diri. Jika tidak ada jadwal latihan, dirinya akan pergi ke gym atau berlatih pilates. Dirinya sudah berlatih pilates sejak tahun 2020.
  14. Yeji sangat benci menunda tugas. Menurutnya, dia akan menyelesaikan segala tugas sebisa mungkin.
  15. Yeji ITZY adalah sosok yang disiplin. Meskipun jadwal latihannya sibuk, tetapi dia akan berusaha keras untuk tidak terlambat datang ke sekolah.
  16. Ketika Yeji menyukai suatu makanan, maka dirinya akan memakan makanan tersebut selama berminggu-minggu.
  17. Makanan favorit: mie dingin, acar lobak, daging, krim keju, sosis darah, saus tomat, makanan laut, keju, dan buah-buahan.
  18. Yeji tidak begitu suka makanan seperti sup perilla, jamur, jahe, dark chocolate, dan minuman panas.
  19. Film favorit: Twilight, Maze Runner Series, Hunger Game Series, About Time, La La Land, dan Miracle in Cell No. 7.
  20. Ketika merekomendasikan lagu untuk para penggemarnya, maka kebanyakan adalah lagu-lagu balada.
  21. Yeji jarang sekali menonton TV, tetapi dirinya suka menonton variety show New Journey To The West di saluran tvN.
  22. Hobinya adalah menulis buku harian di malam hari.
  23. Jika merasa stress, Yeji akan segera berjalan-jalan sambil mendengarkan musik.
  24. Yeji selalu mendapatkan peringkat tertinggi selama evaluasi trainee di JYP Entertainment.
  25. Nada suaranya mirip dengan Ryujin ITZY.
  26. Pernah tampil sebagai cameo di drama Twenty Again pada episode 8 yang tayang di tvN.
  27. Ketika kecil, Yeji pernah bermimpi ingin menjadi seorang pemain sepak bola.
  28. Pada 8 September 2019, Yeji melakukan lemparan pertama untuk olahraga baseball antara LG Twins vs DOOSAN Bears di Stadion Jamsil.
  29. Jika dilahirkan kembali sebagai binatang, Yeji akan memilih sebagai beruang.
  30. Yeji adalah anggota ITZY yang sudah mendapatkan SIM.

Sumber:

https://channel-korea.com/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.