in

10 Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil dan Tips Suksesnya

pixabay.com

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil – Apakah sobat Grameds sering melihat minuman kekinian yang hits mulai banyak bermunculan? Hampir kebanyakan orang akan mengatakan iya. Bahkan, tak sedikit orang yang juga sering membelinya untuk jajan sehari-hari. Dengan membeli minuman kekinian yang sedang hits, biasanya seseorang akan merasa kalau dirinya sedang mengikuti tren yang sedang terjadi saat ini, sehingga sebagian orang akan mengunggahnya ke media sosial.

Memang, tren minuman kekinian seringkali berganti-ganti, tetapi kabar baiknya tidak jarang resep-resep minuman lama yang sudah mulai kembali digunakan dan menjadi booming kembali.

Minuman kekinian yang hits tersebut membuat sebagian orang memanfaatkan peluang itu dengan cara mengembangkan usahanya dengan minuman kekinian. Bahkan, tidak sedikit juga usaha minuman kekinian ini yang meraup untuk besar hanya dengan hitungan bulan saja.

Lalu apa yang menjadi rahasianya? Baiklah, tentu artikel ini akan mengupas tuntas mengenai usaha minuman kekinian yang dapat Grameds gunakan apabila ingin membuat usaha minuman kekinian modal kecil.

Akan tetapi, sebelum kita bahas mengenai rahasianya, alangkah lebih baiknya kita mengulas terlebih dahulu beberapa ide usaha minuman kekinian yang tidak ada matinya di tahun sekarang atau beberapa tahun berikutnya. Maka dari itu, Grameds dapat mempersiapkan beberapa hal yang memang diperlukan dari sekarang juga.

Biasanya minuman kekinian yang ada saat ini sering dijual dengan cup yang modelnya sangat unik. Dengan begitu, minuman akan semakin lebih mudah diminum.

Baiklah, untuk memulai usaha minuman kekinian modal kecil modal yang dibutuhkan tidak sebesar modal usaha makanan terutama dari segi perlengkapan dan peralatan. Untuk membangun usaha minuman kekinian modal kecil, maka Grameds perlu mengetahui minuman kekinian apa saja yang ada saat ini.

Minuman Kekinian yang dapat Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa ide minuman yang dapat kamu lakukan untuk memulai usaha minuman kekinian yang dapat menguntungkan, diantaranya:

1. Minuman Boba

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Pada beberapa tahun belakangan, minuman Boba masih diminati oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Banyak juga jenis minuman Boba yang dikombinasikan dengan mulai dari milk tea, thai tea, es kopi dan lain sebagainya.

Pilihlah jenis minuman yang unik dan berbeda dari yang lain lalu tambahkan Boba, sehingga bisa mengundang pembeli lebih banyak lagi. Misalnya, sobat Grameds bisa menjual minuman segar seperti lemon squash yang ditambahkan Boba atau es teh dengan gaya kekinian yang diberi variasi puding dan topping lainnya.

Minuman boba sendiri, pertama kali dibuat di kedai teh tradisional Taiwan, yang awalnya menggunakan campuran teh hitam. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, mulai muncul beragam varian baru, mulai dari aneka teh seperti matcha, hingga rasa-rasa lain seperti taro, mangga, cokelat hingga bubble gum atau permen karet.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Boba ternyata mudah juga dibuatnya, di bawah ini akan dijelaskan cara membuat boba yang bisa dipraktekkan di rumah, diantaranya:

  1. Siapkan setengah cangkir tepung tapioka dan juga pewarna makanan warna hitam, lalu campurkan menggunakan air hangat.
  2. Pastikan semuanya tercampur dengan rata hingga adonan tidak lengket sama sekali, sehingga nantinya bisa mudah dibentuk.
  3. Setelah itu, bentuk adonan memanjang lalu potong kecil-kecil, lalu bentuk menjadi bulatan jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.
  4. Panaskan air dalam panci, lalu masukkan adonan boba yang sudah dibulatkan.
  5. Rebus selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang dengan tingkat kekenyalan sesuai dengan selera.
  6. Setelah itu, barulah angkat dan dinginkan sejenak, Boba telah siap.

2. Minuman Thai Tea

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Selanjutnya, kamu bisa menjajakan atau membangun usaha minuman kekinian Thai Tea sebagai produk bisnis kamu. Sebenarnya, minuman asal Thailand ini mirip sekali dengan Teh Tarik yang tentunya sudah sering dijumpai di Indonesia sejak dulu.

Namun, ternyata minuman ini seakan tak lekang oleh waktu karena sampai sekarang peminatnya masih banyak. Ciri khas dari minuman ini adalah teh segar dengan rasa manis dan agak terasa pekat saat diminum, karena memang dicampur dengan susu atau krimer. Minuman ini seringkali kita temukan di mall atau di beberapa jalan raya besar.

Penyajian dari Thai Tea juga sudah semakin beragam, tidak hanya rasa original, tapi terkadang juga dapat ditambahkan dengan Green Tea, atau rasa-rasa lainnya. Lebih menariknya lagi, walaupun Thai Tea awalnya diminum hangat saat cuaca dingin, tapi karena rasanya yang ringan di mulut, maka kamu bisa membuat es Thai Tea.

Caranya pun sangat mudah hanya dengan menambahkan es dan saja, sehingga dapat diminum saat cuaca panas. Cocok untuk iklim di Indonesia yang tropis!

3. Jamu Kekinian

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
cantika.com

Semakin ke sini, sudah banyak masyarakat yang semakin memperhatikan kesehatan, bisa jadi kamu salah satunya. Tidak hanya datang dari obat-obatan, vitamin atau suplemen makanan berbentuk tablet, tetapi banyak juga orang yang tertarik dengan cara herbal. Maka dari itu, jamu kekinian sekarang juga populer, karena dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan bahan-bahan natural dan herbal.

Sayangnya, sekarang menemukan jamu sudah sedikit sulit, berbeda dengan dulu saat kita masih kecil mungkin sering menemukan ibu-ibu yang keliling untuk menjajakan jamu. Padahal di sisi lainnya, mulai banyak orang yang menyadari betapa pentingnya kesehatan. Maka dari itu, produk jamu kekinian dalam kemasan sangat pas dijadikan sebagai bisnis usaha minuman kekinian modal kecil.

Biasanya jamu-jamu kekinian dikemas dalam botol kaca dan untuk dikonsumsi hanya perlu dicampurkan ke dalam air hangat agar lebih praktis dan mudah. Selain itu, ada juga yang dikemas seperti jamu-jamu dahulu, sehingga dapat mengingatkan minum jamu pada masa lalu. Jadi, bisnis minuman jamu kekinian ini patut kamu pertimbangkan.

4. Cold Pres Juice

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Sama seperti alasan pada poin sebelumnya, tidak hanya minuman seperti kopi, boba, teh atau sejenisnya yang saat ini digandrungi. Minuman sehat yang asalnya dari bahan natural seperti buah juga cukup populer, lho. Apalagi minuman Cold Press Juice ini disukai banget oleh mereka yang menjalankan gaya hidup sehat atau sedang menjalankan diet dan detox. Meskipun serupa dengan es jus biasa, tapi cara membuat Cold Press Juice berbeda dengan pembuatan jus biasa.

Kalau jus biasa dibuat dengan alat blender yang fungsinya menghancurkan buah, tetapi alat untuk membuat cold press juice berfungsi untuk melumatkan buah dan mengeluarkan sari buahnya saja. Oleh karena itu, minuman kekinian ini akan terasa terasa lebih cair bila dibandingkan jus pada umumnya. Meskipun begitu, tentu minuman kekinian ini akan lebih sehat karena vitamin dan gizi baiknya tidak terbuang begitu saja.

5. Es Kopi Susu

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Bisnis minuman kekinian selanjutnya adalah es kopi susu. Minuman kekinian yang satu ini sudah sangat tidak asing lagi di pasaran terlebih anak muda. Mulai dari mahasiswa, hingga pekerja kantoran semua hampir mayoritas suka dengan minuman ini.

Rasa pahit dari kopi dan manis dari susu serta gula tidak hanya membuat kantuk hilang tapi juga lebih enak serta menyegarkan. Salah satu jenis es kopi susu yang banyak digemari adalah es kopi susu gula aren. Pasalnya, gula aren dinilai lebih nikmat karena manisnya tidak berlebihan. Meskipun begitu, kamu juga bisa mengkombinasikan es kopi susu dengan hazelnut, rum, dan lainnya.

6. Dalgona Coffee

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Sekarang ini, apapun yang berbau korea potensi laku di pasarannya lebih besar, tak terkecuali Kopi Dalgona yang berasal dari Korea Selatan ini. Sebenarnya, Kopi Dalgona sendiri berasal dari permen tradisional Korea yang terbuat dari gula, air panas serta baking soda. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, sudah menjadi minuman yang cukup populer.

Cara membuat Kopi Dalgona bisa dibilang gampang-gampang susah, diantaranya:

  1. Siapkan kopi hitam, gula dan sedikit air, lalu aduk hingga berbusa kental seperti whipped cream.
  2. Setelah itu, tuangkan busa tadi di atas susu full cream yang sudah ada es batu sebelumnya.
  3. Lalu, kopi Dalgona sudah jadi dan siap untuk dinikmati

7. Alpukat Kocok

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Minuman kekinian selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai usaha datang dari buah asli, yaitu Alpukat Kocok. Kehadirannya, memang tidak terlalu marak seperti Boba, tapi peminatnya juga cukup banyak, lho. Oleh sebab itu, tak heran kalau banyak juga booth-booth kaki lima yang menjual minuman ini. Membuat Alpukat Kocok juga terbilang mudah, dan bahan-bahannya tidak menyulitkan.

Kamu hanya cukup menyediakan Alpukat, susu kental manis, susu bubuk cokelat dan es batu. Selain itu, jamu juga tak perlu blender Alpukatnya, hanya perlu mengeruknya dengan sendok lalu dimasukan ke dalam suatu wadah kemudian dikocok, seperti namanya.

Setelah itu, baru deh dicampurkan dengan susu kental manis, bubuk coklat dan es batu. Tidak hanya bisa melepas dahaga, tapi Alpukat Kocok juga bisa membuat kenyang, lho. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat bisnis Alpukat Kocok?

8. Brown Sugar

Minuman dengan campuran brown sugar, mulai dari kopi, susu hingga teh sekarang ini disukai banyak orang. Jadi, gak salah kalau minuman kekinian ini kamu jadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Rasanya cukup manis, sehingga lezat dan disukai oleh beragam kalangan apalagi para pecinta minuman manis.

Cara membuatnya juga mudah, kamu hanya perlu menambahkan brown sugar yang sudah dicairkan ke minuman yang kamu buat, misalnya kopi atau teh tarik. Minuman ini juga sangat cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

9. Es Teh

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Minuman es teh ini telah menjadi minuman kekinian yang sangat populer di indonesia. Bahkan, juga menjadi ladang bisnis yang menguntungkan, karena selain banyak orang yang suka, minuman ini juga sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, orang akan rela mengantre hingga berjam-jam. Namun, kita harus tahu penyajiannya untuk membuat minuman yang satu ini yang biasanya dalam bentuk cup. Telah banyak teh menjadi bahan yang khas untuk dicampurkan seperti susu, bubble, cokelat, kopi, matcha taro dan lain sebagainya.

10. Cheese Tea

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
posbunda.com

Minuman kekinian yang bisa dijadikan ladang bisnis selanjutnya adalah cheese tea. Dikenal dengan keunikannya, tak heran kalau minuman ini begitu hits di pasaran. Sebenarnya, cara membuatnya tak jauh beda dengan pembuatan milk tea pada umumnya. Hanya saja, ada penambahan krim keju yang lembut di atasnya sebagai topping. Hal tersebut membuat minuman tidak hanya manis, tapi juga asin dari krim keju. Makanya minuman ini sangat digemari, terlebih untuk para pecinta keju.

Cara Sukses dengan Bisnis Minuman Kekinian

Nah, itulah sobat Grameds setelah kita mengetahui berbagai macam minuman kekinian, sebelum terjun, alangkah baiknya kita harus mengetahui tips agar sukses menjalankan bisnis tersebut. Lalu bagaimana caranya?

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

1. Menu Variasi adalah Kunci

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis minuman kekinian adalah hanya fokus pada satu minuman yang memang sedang hits saja. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dapat membuat side menu sebagai variasi produk.

Hal ini berguna ketika minuman kekinian yang Anda jual sudah kehilangan pasarnya, side menu yang Anda sajikan dapat menjadi produk substitusi. Bahkan, Anda dapat membangun trendset melalui side menu. Contohnya, ketika Anda menjual susu gula merah Anda dapat menjual varian minuman baru, seperti susu madu.

2. Bikin Komplementer

Salah satu yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis minuman kekinian adalah Anda dapat membuat produk komplementer. Produk komplementer adalah produk yang posisinya saling melengkapi. Buatlah produk yang dapat melengkapi minuman kekinian Anda. Misalnya, membuat makanan ringan yang dapat dibawa-bawa pula, seperti roti lapis, hash brownmashed potatoes, biskuit atau bahkan merchandise.

3. Relasi Komunitas

Hal yang juga menjadi kesalahan umum seorang pebisnis minuman kekinian adalah mereka terlalu berfokus pada tren dan tidak melihat peluang-peluang lain salah satunya adalah memperhatikan komunitas tertentu. Saat ini, bisnis bukan hanya persaingan, namun engagement dan kolaborasi. Ajaklah komunitas untuk berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis minuman Anda.

Misalnya, saja komunitas sesama pebisnis minuman untuk saling berbagi mengenai branding. Anda juga dapat memperhatikan komunitas lingkungan, dengan membuat kemasan minuman yang ramah lingkungan dan juga berbahan organik. Komunitas juga dapat membangun bisnis Anda dengan melibatkan bisnis Anda dalam perayaan, gathering, dan juga event-event lain. Dengan adanya komunitas, minuman kekinian Anda dapat bertahan lama karena adanya pasar yang lebih kompleks.

4. Pola Pikir seperti Konsumen

Pernahkah Anda melihat sebuah kedai minuman kekinian yang hingga saat ini masih bertahan bahkan semakin berkembang? Ya, Karena mereka berpikir selayaknya konsumen. Minuman boleh hits, tapi rasa tetap harus enak. Meski mengikuti arus tren, minuman yang dijual harus memberikan pengalaman terutama terkait rasa.

Selain enak, Apalagi yang dipikirkan oleh konsumen? Ya, porsi. Skeptisme konsumen terhadap produk minuman adalah volume es yang terlalu banyak, terlalu manis, porsi yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Sebagai pemilik bisnis minuman Anda dapat menerapkan pilihan untuk porsi masing-masing minuman, seperti ukuran small, medium, atau large. Selain itu, bisa juga diberikan takaran gula yang diinginkan, topping, volume es, dan sebagainya.

5. Tempat Akan Menentukan Keadaan

Lokasi juga menentukan nasib bisnis minuman hits. Tetapkan lokasi outlet yang memang wilayah tersebut memiliki potensi pasar, misalnya di lingkungan perkantoran. Penelitian yang dilakukan oleh Quantum Workplace bahwa 67% Pekerja memulai harinya dengan meminum kopi. Hal ini menjadi peluang besar bagi bisnis minuman kekinian yang berfokus pada macam-macam es kopi.

Atau Anda dapat membuka outlet di lingkungan kampus dan juga sekolah. Karena biasanya konsumen yang menikmati minuman kekinian adalah para millenials yaitu mahasiswa dan siswa sekolah. Selain itu, Anda dapat membuka outlet di tempat wisata. Bisnis minuman kekinian tidak akan menjadi one-hit wonder jika Anda cerdas dalam memilih lokasi outlet Anda.

6. Lakukan dengan Konsisten

Kunci sukses sebuah bisnis adalah konsisten. Meski bisnis minuman kekinian cenderung bisnis momentum, konsistensi adalah hal utama dan tentu jangan terlalu mengikuti arus tren yang ada. Jika Anda berinovasi dan mempertahankan produk Anda saat ini, maka bisnis minuman kekinian yang sejatinya hanya bertahan sebentar maka akan tetap bertahan lama.

Ada beberapa gerai minuman green tea yang sempat populer di tahun 2016, tetapi tetap berjaya hingga kini karena mereka terus berinovasi dengan kemasan, varian rasa, topping, dan juga sedikit mengadopsi tren saat ini. Intinya, konsisten tetapi tetap adaptif dengan perkembangan tren saat ini.

7. Interaksi di Media

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
pixabay.com

Berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial, manfaatkan pemasaran internet seperti iklan dan juga kampanye digital. Dengan begitu, usaha minuman kekinian modal kecil yang sedang kamu bangun akan berkembang dan dapat bertahan karena dikenal oleh banyak orang.

Sahabat Grameds, demikian pembahasan tentang usaha minuman kekinian modal kecil, semoga kamu kelak bisa memiliki usaha minuman kekinian. Kamu bisa menemukan berbagai macam buku di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds, sehingga bisa mendapatkan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

BACA JUGA:

  1. 15 Ide Usaha Sampingan
  2. Ragam Ide dan Peluang Usaha Terbaru 2022 di Era Digital 
  3. 15 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan
  4. 20 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend Tahun 2022
  5. 14 Ide Bisnis Online 2022 Terbaru
  6. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda
  7. 14 Ide Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan
  8. Daftar Best Seller Buku Usaha Rumahan 2022 di Gramedia


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah