in

10 Style Kemeja Pria Keren Khusus Buat Kamu

Style Kemeja Pria KerenJika kamu ingin tampil menawan, tentunya kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih kemeja karena ternyata kemeja memiliki jenis yang sangat beragam hingga kamu harus menyesuaikannya dengan event yang akan dihadiri. Jika sampai salah kostum, wah itu bisa bahaya banget, bukan?

Maka dari itu, pengetahuan kamu tentang jenis kemeja menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Artikel kali ini akan membantu kamu untuk mengetahui berbagai jenis kemeja yang bisa kamu gunakan nantinya.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Penting Memahami Perbedaan Style Kemeja Pria

1. Tidak Dianggap Salah Kostum

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, syarat utama supaya kamu bisa tampil menarik dan modis adalah dengan pintar menentukan style berpakaian yang cocok untuk acara dan postur tubuh kamu. Apalagi ketika memilih kemeja, kamu perlu menyesuaikan kemeja tersebut dengan kegunaannya.

Maksudnya, amati dan cermati perbedaan dari acara formal dan bukan acara formal. Jika misalnya kamu adalah seorang yang bekerja di kantoran dan sehari-hari berhubungan dengan semua aktivitas resmi, maka alangkah lebih baik gunakan kemeja formal. Hal ini berarti kamu harus memiliki kemeja yang formal di lemari pakaian Anda.

Namun, jika kamu merupakan orang yang suka dan lebih nyaman dengan gaya berpakaian yang simpel dan tetap ingin terlihat keren, kemeja tipe casual lah yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang cerdas. Pada intinya, kamu perlu benar-benar paham akan perbedaan jenis dan fungsi dari kemeja agar tidak dianggap salah kostum, okay?

2. Memunculkan Jati Diri dan Kepribadian

Pengetahuan kamu tentang jenis kemeja merupakan salah satu faktor penting loh. Mengapa? Hal ini digunakan supaya kamu gampang untuk menentukan gaya berpakaian yang cocok dengan kamu. Walaupun secara umum jenis kemeja hanya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kemeja formal dan casual. Namun, kenyataannya kemeja memiliki banyak spesifikasi lain yang tidak boleh diabaikan loh.

Contoh simpelnya saja adalah bentuk kerah, tata letak kancing, warna, pola kemeja, bentuk lengan, bahan dasar, dan lain sebagainya. Spesifikasi tersebut lah yang nantinya akan memiliki nuansa tersendiri dan dapat merepresentasikan jati diri kamu loh.

Hanya dengan memakai kemeja dengan tepat, seseorang sudah bisa melihat bagaimana karakter dan kepribadian yang kamu miliki. Aneh, bukan? Yap. Namun, itulah faktanya. Oleh sebab itu, sebaiknya berusahalah untuk memahami dulu karakteristik dari berbagai jenis kemeja agar kamu bisa memilih mana kemeja yang tepat dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Artikel kali ini juga akan membahas tentang pilihan jenis kemeja pada pria dan perbedaannya antara satu dengan yang lain. Jika kamu ingin mengetahuinya, simaklah penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Pilihan Jenis Style Kemeja Pria Keren

Setelah paham akan pentingnya mengetahui perbedaan dari style kemeja untuk pria, ini adalah saatnya kamu untuk memilih setelan kemeja yang pas dan sesuai dengan kepribadian kamu. Bagaimana caranya? Mudah sekali. Kamu hanya perlu menyesuaikan kemeja yang akan kamu pilih dengan segala aktivitas yang akan kamu lakukan. Oh ya, hal yang paling penting juga sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya, Grameds!

Berikut ini adalah penjelasan tentang 10 pilihan jenis style kemeja untuk pria yang bisa kamu cermati. 

1. Kemeja Formal

Sumber: Mas-Kulin.com

Di antara banyaknya jenis kemeja untuk pria, kemeja formal yang satu ini bisa disarankan sebagai satu kemeja wajib yang harus kamu miliki. Kemeja formal ini biasanya digunakan untuk menghadiri acara penting dan sifatnya resmi. Dengan outfit kemeja formal, saat itu adalah pilihan yang terbaik dibandingkan dengan outfit  lainnya.

Kemeja formal yang biasa disebut dengan dress shirt, umumnya memiliki ciri khas pada lengan panjangnya. Kemeja formal juga bisa kamu gunakan ketika bekerja kantoran, meeting, dan atau datang ke jamuan makan malam yang sifatnya formal dan memiliki kepentingan yang tinggi.

Ternyata, kemeja formal juga memiliki berbagai macam jenis loh. Di antaranya adalah runcing, sayap, dan cutaway. Kemudian, kemeja formal ini juga sengaja didesain dengan khusus untuk tidak mudah kusut dan lecek loh.

Pasangan dari kemeja formal pastinya dengan sebuah sepatu pantofel. Ini adalah pasangan yang sangat serasi. Selain itu, dengan kemeja formal ini kamu bisa menambahkan aksesoris pendukung lainnya dengan menggunakan dasi, jas, dan lain-lain.

2. Kemeja Batik

Sumber: Mas-Kulin.com

Pilihan kemeja pria selanjutnya yang bisa kamu coba adalah kemeja batik. Kemeja batik mungkin sudah tidak asing karena memang sangat dekat dan sangat mudah ditemukan oleh masyarakat Indonesia.

Pada zaman dulu, mungkin sebagian orang akan enggan mengenakan kemeja batik. Namun, saat perkembangan zaman, khususnya pada dunia fashion, kemeja batik juga berkembang dari segi potongan bajunya dan pilihan kain yang digunakan. Salah satu jenis kain yang nyaman untuk digunakan adalah kain katun premium yang dilapisi furing. 

Dengan memilih kemeja yang dari bahan katun premium dan dilapisi oleh furing, kemeja batik yang kamu gunakan akan menjadi kemeja yang sangat nyaman dan tidak akan bikin kamu kepanasan.

Salah satu outfit cerdas dan sederhana untuk menghadiri acara resmi atau pernikahan kerabat, keluarga, sahabat, dan orang-orang penting lainnya. Yap! Kemeja batik akan sangat sesuai dengan acara-acara tersebut. Bahkan di beberapa kantor dan juga instansi, baik itu kantor swasta maupun pemerintahan, juga menjadikan kemeja batik sebagai seragam resmi mereka loh.

Mengapa seperti itu? Hal tersebut disebabkan karena pakaian kemeja batik sangat identik dengan kepribadian bangsa Indonesia. Selain itu, kemeja batik memiliki banyak keunggulan. Kamu akan terlihat lebih berwibawa dan kamu juga bisa memunculkan sisi maskulin.

Sama halnya dengan pola batik, kemeja batik juga memiliki beragam pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kesukaan kamu dan kecocokan kamu dengan pola tersebut. Biasanya, setiap daerah pasti punya dan memiliki ciri khas corak batik tersendiri. 

Kemudahan dalam mengenakan kemeja batik adalah tidak perlu dipadukan dengan aksesoris yang berlebihan. Cukup dengan setelan kemeja batik lengan panjang dengan celana bahan hitam yang dilengkapi oleh sepatu pantofel. Dengan menggunakan outfit ini, kamu sudah bisa menghadiri acara penting tanpa harus terlihat kaku tetapi tetap modis dan maskulin.

3. Kemeja Oxford

Sumber: Mas-Kulin.com

Jika kamu mendengar nama dari kemeja ini, tampaknya kamu akan ragu dan bingung. Yap! Kata Oxford yang digunakan dalam penamaan kemeja ini diambil dari salah satu kain yang digunakan sebagai bahan utama dari pembuat kemeja ini.

Kemeja oxford adalah salah satu setelan kemeja klasik yang sudah digunakan lebih dari 100 tahun loh. Kemeja Oxford memiliki ciri khas pada tekstur kain yang tebal, desain kancing kerah, serta adanya gantungan di bawah kerah belakang kemeja tersebut.

Setelan kemeja Oxford ini cukup aplikatif dan serbaguna loh. Bagaimana maksudnya dari serbaguna? Maksudnya, kamu dapat menggunakan kemeja Oxford ini untuk acara yang sifatnya formal maupun semi formal. Selain itu, kamu juga bisa melakukan mix and match kemeja Oxford ini dengan celana chino ataupun celana berbahan jeans.

Oh ya, alangkah lebih baik jika kamu tidak melakukan mix and match kemeja Oxford ini dengan jas ya. Hal ini dikarenakan nuansa casual yang melekat pada kemeja Oxford ini menjadi tidak sesuai dengan gaya setelan jas formal dan sedikit kaku. 

4. Kemeja Flannel

Sumber: Lunargarnet.com

Salah satu kemeja yang sangat dicintai oleh anak-anak muda yang suka sekali dengan menata penampilan. Jika pada pembahasan sebelumnya artikel ini fokus kepada pilihan kemeja formal. Maka, ini adalah saatnya untuk bersantai. Yap, kemeja yang berikutnya adalah salah satu kemeja yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih style berpakaian casual (santai) tapi tetap modis.

Beberapa tahun terakhir ini, kemeja flannel sangat populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Pasalnya, kemeja ini sangat mudah untuk dilakukan mix and match.

Sebenarnya, jenis kemeja flannel ini dulunya identik dengan pekerja lapangan atau mereka yang berurusan langsung atau terjun langsung dengan pekerjaan kasar loh. Berdasarkan hal tersebut, kemeja flannel memiliki tekstur kain yang tebal dan diharapkan mampu lebih menahan udara dingin.

Apakah kamu tahu apa yang menjadi ciri khas flannel? Yap! Betul sekali. Ciri khasnya adalah motif kotak-kotak dan bahan kain tebal nan lembut. Saat ini, kemeja flannel sendiri sudah menjadi pilihan utama style para pria.

Selain karena nyaman digunakan, kamu juga bisa terlihat lebih modis. Cukup dipadukan kemeja flannel dengan kaos pokamus tanpa perlu dikancing (jadikan outer), kesan yang akan kamu dapatkan saat menampilkan outfit ini adalah simpel tanpa perlu meninggalkan nuansa casual

5. Kemeja Denim

Sumber: Mas-Kulin.com

Jenis kemeja yang selanjutnya yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan ini juga disukai banyak pria loh. Apa lagi kalau bukan kemeja denim. Mungkin kamu akan sangat sering melihat orang-orang di sekitar memakai kemeja denim sebagai gaya berpakaian sehari-hari.

Yap. Pasalnya, kain denim memanglah bahan yang nyaman dipakai untuk berbagai kegiatan. Maka dari itulah para produsen kainnya melihat pasar yang sangat luas untuk demin. Sehingga suatu hari denim disulap menjadi berbagai outfit, mulai dari kemeja, celana, dan jaket, hingga pembuatan topi.

Kemeja denim memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Karena Indonesia memiliki iklim tropis, saran gw carilah bahan yang tidak terlalu tebal supaya tidak membatasi ruang gerak kamu dan sirkulasi udaranya lebih lancar.

Kemeja denim sangat oke kalau dipadukan dengan kaos polos dan kamu bisa membuka kancingnya secara keseluruhan dan gulung bagian tangan sampai ke siku kamu untuk menampilkan kesan yang maskulin.

6. Kemeja Chambray

Sumber: Lunargarnet.com

Siapa yang berpikir kalau kemeja chambray ini sama dengan kemeja denim? Tak apa. Memang banyak sekali orang yang salah persepsi dan mengira kalau kemeja chambray sama saja dengan kemeja denim. Pasalnya, karena memang kenampakannya cukup mirip. Padahal sebenarnya, dari bahan dasarnya saja jelas berbeda.

Kemeja chambray itu terbuat daru kain tenun pokamus, sehingga kemeja ini adalah salah satu pakaian yang beratnya lebih ringan jika dibandingkan dengan denim. Oleh sebab itu, chambray menjadi salah satu kemeja yang sangat nyaman untuk dipakai dan tidak cepat membuat gerah yang menggunakannya.

Kamu bisa menggunakan kemeja ini di beberapa acara santai loh. Contohnya adalah travelling, kuliah, atau sekedar hangout bersama teman kamu. Kemeja ini juga mudah untuk dikombinasikan dengan outfit lain. 

7. Kemeja Overshirt

Sumber: Mas-Kulin.com

Sama hal dengan flannel, kemeja satu ini juga sering menjadi bahan omongan para pecinta fashion. Kalau kamu sedang bingung mencari jenis kemeja yang cocok untuk dipakai dalam berbagai cuaca, maka jawabannya adalah kemeja overshirt. Jenis kemeja ini bisa menjadi salah satu solusi tepat. 

Jenis kemeja ini memiliki bertekstur dan bahan halus yang tebal sehingga sering juga disebut sebagai jaket. Saat cuaca hangat, kemeja overshirt ini tetap bisa mensirkulasikan udara sehingga kamu tidak mudah kepanasan. Kemudian ketika cuaca dingin, kemeja ini juga bisa dijadikan sebagai alat penghangat badan.

Dengan memadupadankannya dengan sepatu boots, kamu sudah terlihat keren dan modis dengan menggunakan kemeja ini loh.

8. Kemeja Linen

Sumber: Mas-Kulin.com

Kemeja linen adalah kemeja yang sangat cocok untuk mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan loh. Pasalnya, tekstur yang ringan dan berpori dari kemeja ini membuat kamu lebih merasa sejuk dan juga cepat menguapkan keringat.

Dibandingkan kemeja formal, kemeja linen memiliki lebih banyak variasi warna loh. Kalau kamu adalah tipe orang yang sangat suka bereksperimen dengan penampilan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba kemeja linen warna pastel.

Kemeja linen juga merupakan kemeja yang serbaguna karena kamu bisa memakainya di berbagai acara santai dan semi-formal. Untuk memadupadankannya juga mudah loh. Padukan saja dengan celana bahan atau jeans dengan kemeja ini, maka kamu sudah siap melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan keren.

9. Kemeja Lengan Pendek

Sumber: Mas-Kulin.com

Kemeja yang keren dan modis tidak melulu harus memakai kemeja yang memiliki lengan panjang. Lengan pendek pun pasti akan pantas asalkan kamu memilih kemeja dan acara yang tepat.

Mungkin banyak yang berasumsi bahwa kemeja lengan pendek hanya cocok dipakai oleh orang tua saja. Stigma semacam ini sudah sepatutnya untuk kamu tinggalkan. Pasalnya, karena kini produsen brand dari pakaian telah menghadirkan desain kemeja lengan pendek yang bisa match dipakai anak muda untuk bekerja atau untuk hangout.

Kemeja dengan berbahan katun akan sangat penting di negara dengan iklim tropis, ya seperti Indonesia. Pilihlah kemeja lengan pendek yang berbahan katun supaya kamu semakin nyaman ketika bergerak dan tidak terkesan terlalu kaku, okay?

10. Kemeja Hawaii

Sumber: Lunargarmet.com

Rekomendasi jenis kemeja untuk referensi kamu pada bagian terakhir adalah kemeja Hawaii. Kemeja ini sering disebut juga dengan kemeja pantai karena memiliki nuansa santai yang sangat kental dan melekat.

Sebenarnya kemeja Hawaii ini termasuk ke dalam gaya berpakaian old school loh. Namun, sejak tahun 2000-an awal, style ini mulai dilihat dan disukai kembali khususnya oleh para anak muda.

Ciri khas dari kemeja Hawaii adalah kerah terbuka yang sangat jauh dari kesan formal. Motifnya pun lebih berwarna warni, dan contoh yang paling umum adalah motif bunga dengan background warna yang terang.

Kemeja Hawaii cocok buat kamu yang tidak suka penampilan yang ribet. Selain itu, kemeja ini disarankan untuk dipilih dengan size yang sedikit oversized agar lebih nyaman digunakan ketika kamu beraktivitas dan travelling bersama orang-orang terdekat. 

Nah itulah beberapa rekomendasi tentang berbagai jenis kemeja pria yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Jadi, apakah kamu sudah memiliki sasaran kemeja yang ingin kamu gunakan? 

Untuk informasi lain tentang penampilan, kamu juga bisa membaca buku tentang fashion yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com loh.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega