in

Ini Sejarah Majalah Bobo yang harus diketahui!

Sejarah Majalah Bobo – Banyak sekali kenangan yang bisa diingat saat masa kecil, salah satunya majalah Bobo. Maskotnya berbentuk kelinci nakal berwarna biru serta memakai baju merah dengan huruf “b” (namun pada tahun 1990’an sempat diganti menjadi “B”), selalu terbit setiap minggunya dan populer di kalangan anak-anak sampai saat ini.

Grameds, ternyata Majalah Bobo sudah terbit sejak 14 April 1973 loh. Sebelum diedarkan dalam bentuk majalah, Bobo terbit di Harian Kompas bagian halaman anak-anak yang pastinya ditargetkan untuk kalangan anak-anak, serta mempunyai 16 halaman saat itu. Halaman Bobo sendiri diadaptasi dari majalah terbitan yang ada di negeri Belanda dengan judul yang sama dan sudah terbit sejak tahun 1968.

sejarah majalah bobo 1

Rintisan pendiri Harian Kompas yaitu P.K Ojong dan Jakob Oetama, mereka kembangkan menjadi Majalah anak-anak. Bekerja sama dengan majalah Bobo yang ada di Belanda kemudian membuat majalah Bobo versi Indonesia, sebagian besar isinya sama dengan majalah Bobo yang ada di Belanda kemudian diterjemahkan ke dalam Indonesia, setelah itu untuk pertama kalinya mereka percayakan untuk mengasuh majalah Bobo kepada Adi Subrata dan Tineke Latumentenlah.

Pada saat itu, Majalah Bobo sendiri merupakan salah satu Majalah anak-anak yang pertama mempunyai desain berwarna yang ada di Indonesia.

Nama Bobo ialah merupakan maskot untuk mengisi kolom komik di majalah tersebut. Sebagian besar isi dari Majalah Bobo diambil dalam versi Belandanya yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk bahasa Indonesia.

Seperti  “Oom Slokop” di terjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “Paman Gembul”, “Simmie Suiker & Rongrong” di terjemahkan menjadi “Bona dan Rong Rong” dan “Tante Pita Secuur” menjadi “Bibi Titi-Teliti”. Namun, saat ini isi Majalah Bobo semuanya sudah dikerjakan oleh tim Redaksi majalah Bobo di Indonesia bahkan isi Majalah Bobo semakin variatif untuk dibaca.

Dahulu, untuk membeli Majalah Bobo edisi pertama mendapatkan harga spesial yaitu seharga Rp. 20,- saja, cukup murah ya Grameds. Namun, mengikuti perkembangan jaman, harga Majalah Bobo sendiri terus bertambah karena adanya inflasi. Pada tahun 1975 harga Majalah Bobo menjadi Rp. 65,- lalu pada tahun 1990-an harga Majalah Bobo naik drastis menjadi Rp. 1.200 – 1.500,- dan saat ini untuk mendapatkan majalah Bobo harus merogoh uang seharga Rp. 15.000,-.

sejarah majalah bobo

Majalah Bobo menyajikan banyak hiburan pembacanya seperti memberikan edukasi untuk anak-anak, kumpulan komik yang lucu, cerita pendek dari pengirim, latihan soal, hadiah yang menarik dan masih banyak lagi. Selain itu Majalah Bobo yang paling digemari dan dikenal pembacanya adalah Cerita dari Negeri Dongeng, Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang serta tidak lupa Paman Kikuk, Husin dan Asta.

Karakter Majalah Bobo

karakter majalah boboPasti Grameds masih banyak yang belum tahu silsilah keluarga Bobo, dilansir dari halaman Bobo, berikut merupakan silsilahnya. Keluarga Bobo mempunyai enam anggota keluarga, yaitu Bapak, Emak, Bobo, Coreng, Upik, dan Cimut.

Emak merupakan anak ke-2 dari tiga bersaudara, merupakan anak dari Kakek Hela Umpan dan Nenek Arum Pai, mereka adalah orang tua Emak.Emak sendiri berusia 38 tahun dan Bapak berusia 40 tahun.

Bibi Titi Teliti adalah kakak Emak lalu menikah dengan paman Dick Selidik dan mempunyai tiga anak yaitu Tut Tut, Lobi Lobi dan Dung Dung, sedangkan Bibi Tutup Pintu adalah adik Emak dan menikah dengan Paman Erik Akustik tidak lupa dikaruniai dua orang anak yaitu Kutu Buku dan Simpul.

1. Bobo

Bobo merupakan karakter utama dalam majalah Bobo, mempunyai ciri khas kelinci berwarna biru. Bobo merupakan kelinci berusia 10 tahun dan perupakan anak pertama dari emak dan bapak. Diceritakan sebagai kelinci yang pemberani serta pandai dalam melakukan kegiatannya. Tidak lupa Bobo mempunyai 3 orang adik yang lucu yaitu Coreng yang jago dalam skill menggambarnya lalu ada Upik dan terakhir Cimut.

2. Bibi Titi Teliti

Bibi titi teliti merupakan kakak dari emak atau anak pertama dalam keluarga Kakek Hela Umpan dan Nenek Arum Pai berusia 40 tahun. Bibi Titi Teliti ini dikenal dengan ketelitiannya serta kecermatannya dalam menganalisa. Bibi Titi Teliti menikah dengan paman Dick Selidik dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Tut Tut, Lobi Lobi dan yang terakhir ada Dung Dung.

3. Bibi Tutup Pintu

Bibi Tutup Pintu merupakan karakter yang suka ngomel “Tutup Pintu!” jika tidak menutup pintu dengan baik. Bibi Tutup Pintu sendiri merupakan adik dari emak yang berusia 35 tahun. Bibi Tutup Pintu menikah dengan Paman Erik Akustik dan dikaruniai 2 orang anak yaitu Kutu buku dan terakhir adalah Simpul.

4. Paman Gembul

Paman gembul merupakan karakter yang rakus dalam cerita majalah Bobo. Paman yang satu ini suka sekali menjahili keponakan-keponakannya. Dengan badannya yang gembul, Paman Gembul sendiri suka menyembunyikan makanan di kantong celananya dan sering lupa jika dia menyimpan makanan di kantongnya.

5. Paman Kikuk

Selain Paman Gembul ada lagi Paman Kikuk yang ga kalah gembulnya sama Paman Gembul namun tidak lupa Paman Kikuk selalu setia menghibur pembacanya dengan tingkahnya yang konyol di setiap cerita. Kalau Paman Kikuk sudah melakukan aksinya dengan bertingkah sok tahu, Husin sebagai keponakan Paman Kikuk selalu sering pusing dengan tingkahnya. Bahkan tidak sampai disitu saja ternyata anjing Husin yaitu Asta, sering ikut pusing dengan tingkah Paman Kikuk.

6. Oki si kurcaci dari Negeri Dongeng

Oki sendiri merupakan karakter dari cerita Negeri Dongeng dengan gaya khasnya memakai kostum dari atas sampai bawah menggunakan warna hijau. Bersama Nirmala, Oki sendiri juga sering mendapatkan tugas dari Ratu Bidadari.

Walaupun Oki sering tidak menuruti perintah dari Ratu Bidadari yang pada akhirnya Oki terjebak masalah sendiri dari apa yang sudah diperbuat, namun selagi masih ada Nirmala yang selalu siap sedia untuk menolong Oki, semua masalah akhirnya dapat terselesaikan dengan baik. Contohnya saat Oki menyamar menjadi Pak Tobi ( Tabib kerajaan), dikarenakan Oki ingin mendapatkan hadiah dari pasien-pasien sang tabib.

7. Bona

Karakter lucu yang merupakan salah satu kesenangan untuk para pembacanya. Bona sendiri merupakan gajah yang berwarna pink dan mempunyai belalai yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam. Dalam ceritanya Bona mempunyai teman kucing bernama Rong Rong. Namun, pada tahun 2015 karakter Bona mempunyai perbedaan warna, dari yang tadinya berwarna pink menjadi gajah berwarna ungu serta karakter Rong Rong diganti menjadi Ola.

Wah ternyata karakter dalam majalah Bobo ini jadi mengembalikan ingatan kita dulu ya Grameds. Betapa serunya peran dalam karakter majalah Bobo yang akan mewarnai hari-hari pembacanya dengan ceria.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

sejarah majalah bobo

 

Cara Membaca Majalah Bobo Melalui Aplikasi

Anda dapat mendapatkan majalah bobo ini secara online melalui aplikasi Gramedia Digital. Tentu saja Anda perlu melakukan pembelian terlebih dahulu agar bisa membaca majalah ini.

Berikut ini adalah tata cara membaca majalah bobo di aplikasi Gramedia Digital :

  1. Install aplikasi Gramedia Digital – Majalah
  2. Daftar sebagai member
  3. Cari di pencarian dengan keyword “majalah bobo”
  4. Pilih majalah yang ingin dibaca / dibeli
  5. Lakukan pembelian majalah bobo dan lakukan pembayaran
  6. Baca sepuasnya

 

Rubrik Majalah Bobo

Majalah Bobo mempunyai rubrik-rubrik yang pastinya mempunyai ciri khas yang membuat pembacanya tidak sabar untuk membaca setiap kamisnya. Berikut adalah bacaan yang bisa ditemukan di majalah Bobo, selain dapat menambah pengetahuan tapi juga hiburan sendiri yang mungkin dikenang sampai sekarang.

1. Puisi dan Gambar karya pembacanya

Walaupun majalah Bobo selalu yang ditunggu-tunggu adalah cerita bergambarnya, namun Bobo juga memberikan ruang untuk pembacanya melakukan kreativitasnya untuk berkarya seperti menggambar, membuat puisi, membuat cerita pendek.

Setiap minggu ada beberapa karya seperti gambar, puisi yang terpilih dan dimasukan dalam rubrik Karyaku tidak lupa pastinya akan mendapatkan hadiah jika bisa dimuat dalam rubrik tersebut.

Hal tersebut membuktikan bahwa gambaran pada masa SD tidak selalu dengan dua bukit disertai dengan matahari yang sedang tersenyum ditengah-tengahnya dan tidak lupa ditambahkan jalan serta sawah. Mungkin Grameds pernah mengirimkan salah satu karyanya disana?

2. Komik tentang keluarga Bobo dan kedua adiknya yang selalu seru menghibur pembacanya

Kisah Bobo bisa dibaca dan dinikmati dalam rubrik Keluarga Bobo. Disana ada Ibu dan Bapak yang tentunya bijaksana, Coreng dan Upik yang suka iseng dan tentunya masih polos, Paman Gembul yang sangat suka makan gula dan disimpan dalam kantongnya, Bibi Titi Teliti yang pastinya selalu perfeksionis, dan yang terakhir si Tut Tut, sepupu Bobo yang senang sekali naik kereta. Keluarga Bobo sangat ceria dan seru yang membuat pembacanya ikut merasakan senang dalam membacanya.

3. Surat Pembaca di Apa Kabar, Bo?

surat pembaca majalah boboDi rubrik ini pembaca dapat mengirimkan surat-surat ke Bobo, mulai dari cerita-cerita di majalah Bobo sampai semua hal yang berhubungan dengan anak-anak akan dijawab oleh redaksi. Mungkin, dahulu sahabat pena selalu berisikan hal-hal yang romantis. Namun, jika kamu kreatif, kamu dapat mencari seseorang sahabat pena di rubrik ini.

4. Cerita Paman Kikuk, Husin dan Asta yang pastinya seru

Cergam yang ga mungkin dilewatkan dalam majalah Bobo. Paman Kikuk serta keponakannya Husin, dan anjingnya yang bernama Asta. Paman Kikuk ini diceritakan bahwa kurang bijaksana dalam mengambil keputusan, malahan lebih bijak Husin yang masih anak-anak. Tidak heran jika namanya diberi nama Paman Kikuk.

5. Rubrik Pengetahuan yang bisa bikin pembacanya tambah pintar

Tidak lupa Majalah Bobo terkenal juga dengan rubrik pengetahuan yang dikemas dengan baik sehingga anak-anak dapat antusias saat membacanya, karena Slogannya adalah Teman Bermain dan Belajar sehingga dapat menambah pengetahuan yang mungkin ga didapatkan dalam pembelajaran di sekolah.

Di rubrik Boleh Tahu, pembacanya bisa mendapatkan info pengetahuan yang penting, contohnya Kenapa kentut itu bau?, tidak lupa di rubrik Keliling Dunia, pembacanya dapat merasakan bagaimana travelling ke luar negeri, lalu kamu juga dapat belajar flora dan fauna juga di rubrik tersebut. Wah, seru ya Grameds.

Bobo 37 (Edisi 16 Desember 2021)
Bobo 37 (Edisi 16 Desember 2021)

tombol beli buku

6. Rubrik Tak Disangka ini merupakan kiriman dari pembaca yang ingin dibagikan untuk pembaca lainnya

Rubrik Tak Disangka ini merupakan pengalaman lucu dan konyol yang dapat kamu tertawa bahagia, karena rubrik ini merupakan cerita-cerita yang dikirimkan oleh pembaca majalah Bobo dari seluruh Indonesia. Masa kecilmu pastinya tidak cuma senang membaca, tapi juga senang dalam menulis cerita. Seru ya.

7. Dapat Soal Latihan Gratis

Bobo juga memberikan pembacanya Pekerjaan Rumah berupa latihan soal dari berbagai kelas yang pastinya dikhususkan untuk anak SD. Dari mata Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, sampai soal Sejarah juga ada. Untuk Kunci Jawabannya akan diberikan pada edisi selanjutnya, jadinya pembaca akan dibuat untuk berusaha mengerjakan soalnya dahulu dan ga bisa melihat kunci jawaban walaupun sudah pusing memikirkannya. Ini sih yang paling membuat para orang tua senang.

8. Cerpen, cerbung dan cermis juga selalu ditunggu-tunggu pembacanya

Selain Cergam, pasti akan ada cerpen, cerbung dan cermis. Ide cerita bisa sangat bervariasi, mulai dari kehidupan masa kini, negeri dongeng sampai tentang hewan dan tumbuhan. Cerita-cerita tersebut dapat membuat imajinasi pembacanya berkembang. Mungkin Grameds masih ingat tentang serial Pak Bondan dan Kelas 5A? atau cerbung Peri Mungil? Asik sekali ya jika mengingatnya.

Bobo 34 (Edisi 25 November 2021)
Bobo 34 (Edisi 25 November 2021)

tombol beli buku

9. Oki dan Nirmala

Pasti jika Grameds mengikuti perkembangan Majalah Bobo cerita Oki dan Nirmala ini merupakan salah satu cerita yang di idam-idamkan pembacanya, pasalnya kehidupan Negeri Dongeng disana sangatlah sejahtera, namun sayangnya kisah Negeri Dongeng ini tidak akan ditemukan di dunia nyata karna dari namanya saja sudah Negeri Dongeng.

Oki si kurcaci kecil memakai kostum serba hijau dan Nirmala si peri cantik yang selalu mengayunkan tongkat kecilnya untuk menciptakan sebuah keajaiban. Sang Ratu Bidadari, pemimpin kerajaan Negeri Dongeng yang sangat bijaksana.

10. Bona si Gajah kecil yang mempunyai belalai panjang serta teman kucingnya Rong-rong

Rubrik Bona si Gajah kecil ini bisa ditemukan di akhir halaman. Si kucing kecil, Rong-rong dapat hidup bahagia bersama sahabat baiknya yaitu Bona. Bona mempunyai belalai yang sangat fleksibel dan pastinya dapat digunakan dalam berbagai hal, mulai dari ayunan, net saat bermain olahraga voli maupun bulu tangkis, keranjang dan masih banyak lagi.

Untungnya Bona merupakan gajah kecil berwarna pink yang selalu baik hari dan ga suka aneh-aneh. Hobinya adalah menolong orang lain dibantu dengan sahabatnya yaitu Rong-rong.

11. Bobo selalu memberikan hadiah yang pastinya akan meningkatkan kreativitas pembacanya

Pasti yang akan diingat dan ditunggu-tunggu pembacanya adalah bonus-bonus yang diberikan oleh Bobo di majalahnya setiap minggu. Contohnya seperti memberikan poster tentang tokoh yang sedang hits atau tokoh karakter Bobo sendiri, stiker Bobo yang khas, pin karakter Bobo, kantong, baju Bobo, tas dan masih banyak lagi bahkan pernah hasta karya yang harus dibuat oleh pembacanya sendiri.

Hasta karya seperti membuat kotak pensil sendiri, membuat mainan kotak P3K dan masih banyak lagi yang nantinya bisa dipajang atau dipamerin ke temen-temen semasa kecil dahulu. Kangen ya rasanya membuat karya-karya dari majalah Bobo.

Berikut merupakan Sejarah Majalah Bobo yang mungkin kamu belum ketahui. Kenangan tinggallah kenangan, semua kisah seru bersama kelinci berwarna biru ini membuat kenangan yang manis tetap saja tentang Bobo memang gak akan ada habisnya.

Walaupun saat ini Bobo perlahan mulai kehilangan peminatnya karena pembacanya mulai beranjak dewasa serta perkembangan jaman yang amat sangat pesat dan bahkan anak kecil jaman sekarang sudah mengerti tentang dunia maya serta sudah tergantikan oleh game yang seru, tidak jarang minat untuk membaca pun semakin luntur.

Namun, Majalah Bobo edisi cetak memang tidak akan tergantikan oleh edisi apapun. Jika kamu kangen dengan masa lalu atau ingin menghadiahkan seseorang ke keponakan atau anak-anak, Majalah Bobo salah satu majalah sangat rekomendasi. Grameds dapat membeli Majalah Bobo ini secara Online di Gramedia.com dengan harga yang terjangkau serta ada banyak diskon yang menantimu. Jangan sampai kehabisan ya!

Bobo 35 (Edisi 01 Desember 2021)
Bobo 35 (Edisi 01 Desember 2021)

tombol beli buku

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih