Uncategorized

Pengertian Kerajinan: Manfaat, Tujuan, dan Jenis-jenis Kerajinan

pengertian kerajinan
Written by Wida Kurniasih

Apa itu pengertian kerajinan? Kerajinan adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh seseorang. Kerajinan juga akan membuahkan sebuah hasil atau benda. Benda-benda tersebut tentu memiliki nilai-nilai tertentu.

Saat ini, hal-hal yang menyangkut kerajinan sangat banyak diluar sana. Tidak hanya sebagai pengisi waktu luang, bahan kerajinan dapat dijadikan ladang bisnis. Sebelum sampai situ, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu pengertian kerajinan.

Pengertian Kerajinan

Apa itu pengertian kerajinan? Kerajinan secara umum adalah sebuah kegiatan yang melibatkan keterampilan yang dimiliki seseorang. Selain itu, sebuah keterampilan tentu akan melibatkan seni di dalamnya.

Kerajinan adalah salah satu cabang seni. Kerajinan menekankan pada sebuah keterampilan tangan yang lebih tinggi saat proses pengerjaannya. Kerajinan juga sering dikenal dengan nama seni kriya.

Jika dilihat maknanya, kata “Kr” berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti mengerjakan. Dari situlah muncul kata karya. Kata kriya juga dapat dikatakan kerja. Kriya atau kerajinan juga dianggap sebagai seni yang unik sekaligus berkualitas yang tinggi.

Sebuah kerajinan akan menghasilkan suatu barang. Barang tersebut memiliki nilai-nilai fungsi. Selain nilai fungsi, barang hasil dari kerajinan juga memiliki nilai estetika yang tinggi di dalamnya. Hal itu yang menjadikan salah satu alasan kerajinan dijadikan pajangan.

Pengertian kerajinan lain adalah barang-barang yang memiliki unsur seni di dalamnya. Pembuatan barang-barang tersebut dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan manusia. Contoh kerajinan ini pasti sering Grameds jumpai di masyarakat.

Keterampilan Aksesoris Gelang Tangan

Keterampilan Aksesoris Gelang Tangan

Beli Buku di GramediaBuku ini menyajikan beragam contoh hasil keterampilan kerajinan tangan aksesori gelang tangan yang terbuat dari beragam bahan dan pernak-pernik. Merangkai aksesori gelang agar indah saat dikenakan di pergelangan tangan memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, semua bisa teratasi dengan mempelajari trik, tips, dan cara merangkai aksesori gelang yang ada di dalam buku ini. Selamat mencoba, selamat berlatih, dan mari berkreatifitas tanpa batas.

Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli

1. Wiyadi, Dkk (1991: 915, 45)

Pengertian kerajinan adalah semua kegiatan di dalam bidang industri atau pembuatan sebuah barang. Kerajinan sepenuhnya akan dikerjakan oleh seseorang yang memiliki sifat rajin, ulet, terampil dan kreatif dalam proses pencapaiannya.

Contoh dari kerajinan di antaranya adalah kerajinan kulit, kerajinan logam, kerajinan kayu, kerajinan batik dan masih banyak lagi seni kerajinan lainnya yang dimiliki oleh budaya Indonesia.

2. Kadjim (2011: 10)

Kerajinan adalah sebuah usaha. Usaha tersebut dilakukan secara terus menerus. Di samping itu, usaha akan dilakukan dengan semangat ketekunan, kegigihan, kecekatan dan berdedikasi tinggi. Serta berdaya maju yang luas di dalam melakukan sebuah karya.

3. Kusnadi (1986: 11)

Pengertian kerajinan menurut Kusnadi adalah kata harfiah yang dilahirkan oleh sifat rajin yang dimiliki manusia. Dikatakan juga bahwa titik berat sebuah penghasilan atau pembuatan kerajinan bukan karena sifat rajin. Akan tetapi, karena sifat terampil dalam diri seseorang. Sifat terampil tersebut akhirnya akan menghasilkan sebuah produk kerajinan.

Keterampilan sendiri dapat diperoleh dari pengalaman. Selain pengalaman, keterampilan juga dapat diperoleh dari ketekunan setelah bekerja. Hal ini dapat meningkatkan teknik penggarapan sebuah produk. Kualitas kerja dari seseorang yang pada akhirnya akan memiliki keahlian dan kemahiran pada profesi tertentu.

4. Suprapto (1985: 16)

Kerajinan adalah sesuatu yang akan menghasilkan benda seni. Benda-benda seni tersebut memiliki kualitas. Hal ini membuat seseorang dalam proses pembuatannya melakukan dengan rasa keindahan. Selain itu, terdapat ide-ide murni yang menghasilkan produk berkualitas. Memiliki bentuk yang indah serta menarik.

Manfaat Kerajinan

Sebuah kerajinan tidak dibuat tanpa alasan. Ada alasan-alasan yang mendasari kerajinan tersebut dibuat. Salah satunya adalah karena manfaatnya. Banyak sekali manfaat dari sebuah kerajinan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengisi waktu luang

Terkadang seseorang yang tidak memiliki kegiatan akan membuat sebuah kerajinan. Kerajinan yang dibuat biasanya berasal dari bahan-bahan disekitarnya. Contohnya seperti bungkus makanan yang sudah tidak terpakai. Selain menyenangkan, kegiatan seperti ini akan mengisi waktu luang.

2. Melatih kreatifitas

Dalam membuat sebuah kerajinan, memang diperlukan kreatifitas. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kreatifitas. Kreatifitas juga tidak serta merta timbul dalam diri seseorang.

Banyak orang melakukan berbagai hal untuk menumbuhkan kreatifitasnya. Lama kelamaan, kreatifitas tersebut akan tertanam di dalam dirinya. Melalui kerajinan, seseorang dapat melatih kreatifitasnya. Tentunya harus sering-sering dilakukan dan secara rutin.

3. Melatih kesabaran

Apa yang sudah dipikirkan tidak selalu menemukan cara yang mudah untuk merealisasikannya. Terkadang, ada hal-hal yang sudah dipikirkan untuk dibuat. Akan tetapi, di dalam proses atau hasilnya menemui hambatan.

Salah satu manfaat membuat kerajinan ini adalah dapat melatih kesabaran. Seseorang yang sering membuat kerajinan pasti dapat melatih kesabarannya. Sebab, di dalam proses pembuatannya tidak selalu mudah.

4. Menghemat pengeluaran

Sebuah kerajinan yang dibuat tentu memiliki nilai guna nya. Banyak orang yang membuat kerajinan untuk digunakan kembali. Contohnya seperti membuat vas bunga, membuat kotak tisu, sampai membuat tas.

Melalui hal ini, tanpa sadar kamu sudah mengurangi pengeluaran untuk membeli barang-barang tersebut. Menggunakan bahan-bahan sisa yang masih layak akan menekan pengeluaran biaya. Maka kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang yang bisa dikerjakan melalui sebuah kerajinan.

5. Menjadi ladang bisnis

Tidak hanya menghemat pengeluaran saja. Kerajinan juga dapat menjadi ladang bisnis. Jika kamu telaten dan ulet dalam pengerjaannya, kerajinan yang dibuat bisa kamu perjual belikan.

Melalui hal itu, kamu bisa mempelajari hal-hal baru. Seperti belajar mengenai pemasaran dan manajemen. Mulailah dari hal-hal dasar yang bisa dikerjakan, setelah itu baru mengembangkan kerajinan tersebut.

BACA JUGA: Menikmati Me-Time dengan Honjok, Seni Hidup Sendiri ala Korea

6. Melatih untuk mengikuti instruksi

Dalam membuat sebuah kerajinan, tidak bisa semaunya sendiri. Maksudnya, ada cara-cara yang harus dilewati. Cara-cara tersebut tentu memiliki aturan dan waktunya sendiri. Melalui kerajinan, kamu dapat melatih orang lain atau diri kamu sendiri untuk mengikuti instruksi. Ini adalah salah satu manfaat dari kerajinan yang jarang disadari oleh seseorang.

7. Menumbuhkan rasa percaya diri

Sebuah kerajinan yang dibuat tidak akan selalu berhasil dengan bagus. Terkadang, ada hambatan yang akan dilalui. Akibatnya kerajinan tidak seperti yang diinginkan.

Akan tetapi, sebenarnya membuat kerajinan memiliki manfaat dalam hal itu. Melalui kerajinan, seseorang dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Hal itu karena sesuatu yang berhasil dikerjakan sampai tuntas tentu akan menimbulkan sikap kepuasan tersendiri di dalam diri orang tersebut.

8. Belajar untuk saling menghargai

Manfaat ini berlaku untuk kamu yang mengerjakan kerajinan secara berkelompok. Ketika seseorang mengerjakan sebuah kerajinan, kemudian tidak berhasil maka itu bukan sebuah masalah. Melalui hal-hal ini, kamu bisa belajar untuk saling menghargai setiap orang.

Yuk, Buat Kerajinan Kertas

Yuk, Buat Kerajinan Kertas

Beli Buku di GramediaTujuan Kerajinan

Tidak hanya memiliki manfaat, sebuah kerajinan juga dibuat untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan kerajinan:

  • Menumbuhkan rasa semangat untuk kewirausahaan dalam menghasilkan karya.
  • Meningkatkan semangat daya cipta setiap orang dalam membuat sebuah karya.
  • Memfasilitasi setiap orang agar dapat berekspresi dengan kreatif. Melalui pembuatan sebuah kerajinan dan teknik dalam pembuatan karya secara ekonomis, ergonomis dan teknologi.
  • Menciptakan sebuah pelatihan keterampilan dalam menciptakan benda atau karya, yang berbasis estetis, artistik, ekosistem dan teknologis.
  • Dapat memanfaatkan media atau bahan yang bahkan sudah tidak terpakai. Pemanfaatan tersebut dilakukan sebaik mungkin, sehingga dapat tercipta sebuah karya yang memiliki nilai.
  • Menghasilkan sebuah karya yang dapat diapresiasi karena nilai ciptanya.
  • Menumbuh kembangkan jiwa dalam membuat karya.
  • Meningkatkan rasa semangat untuk berkreatifitas pada setiap orang
  • Menciptakan karya yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh banyak orang.
  • Menambahkan rasa kepuasan karena sesuatu yang diciptakan.

Jenis-jenis Kerajinan

Berikut ini adalah jenis-jenis kerajinan yang umumnya dibuat oleh seseorang:

1. Kerajinan dari bahan lunak

Kerajinan berdasarkan bahan yang digunakan dapat dibagi menjadi dua jenis. yaitu bahan lunak alam dan bahan lunak buatan.

a. Bahan Lunak Alam

Bahan lunak alam merupakan bahan karya kerajinan yang didapat dari alam. Cara pengolahannya juga dilakukan secara alami. Seseorang yang membuat kerajinan dari bahan lunak alam umumnya tidak dicampur atau dikombinasi lagi dengan bahan buatan. Contoh dari bahan lunak alam adalah kulit telur, tanah liat, getah nyatu, flour clay, bubur tisu, daun-daun kering dan lain sebagainya.

b. Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan merupakan bahan karya kerajinan yang sudah diolah oleh manusia. Bahan lunak buatan ini sudah melalui proses seperti menggunakan bahan kimia. Artinya, bahan-bahan lunak buatan ini sudah tercampur dengan hal lain untuk mendapat efek duplikasi dari bahan alam. Contoh dari bahan lunak buatan seperti lilin, sabun, plastic, gips, fiberglass dan lain sebagainya.

2. Kerajinan dari Bahan Keras

Kerajinan berdasarkan bahan yang dipakai juga dapat dibagi menjadi dua. Yaitu kerajinan bahan keras alami dan kerajinan bahan keras buatan. Berikut adalah penjelasannya:

a. Bahan Keras Alami

Kerajinan dari bahan keras alami adalah kerajinan yang memakai bahan baku dari alam. Bahan baku ini mengalami proses pengolahan, tetapi wujud bendanya tidak berubah. Contoh bahan keras alami adalah rotan, kayu, bambu, tulang, biji-bijian, pasir, kerang, batu dan lain sebagainya.

Belajar Membuat Kerajinan Tangan dari Kulit

Belajar Membuat Kerajinan Tangan dari Kulit

Buku ini akan mengantarkan Anda untuk mulai berkarya di bidang kerajinan kulit secara efektif. Penulis sama sekali tidak menjanjikan bahwa Anda akan mampu membuat karya kerajinan kulit yang rapi, istimewa, mahal, dan luar biasa “keren”. semua itu tetap butuh latihan dan ketekunan

b. Bahan Keras Buatan

kerajinan dari bahan keras buatan berasal dari bahan yang sudah melalui proses pengolahan kembali. Bahan-bahan tersebut diolah sampai menjadi keras dan bentuknya berubah. Bahan seperti itulah yang dijadikan sebagai bahan baku kerajinan. Contoh bahan keras buatan adalah logam, besi, kaca, kawat, semen, kaleng, timah dan lain sebagainya.

3. Kerajinan dari Limbah Lunak

Limbah lunak mengacu kepada sifat lunak. Maksudnya adalah limbah yang memiliki sifat empuk, lembut serta mudah untuk dibentuk. Limbah lunak ini juga dibagi menjadi dua bentuk. yaitu limbah lunak organic dan limbah lunak anorganik. Berikut adalah penjelasannya:

a. Limbah Lunak Organik

Limbah lunak organic adalah bahan yang berasal dari tumbuhan. Semua bagian pada tumbuhan yang dikategorikan sebagai limbah bisa diolah menjadi sebuah produk atau benda kerajinan. Akan tetapi, semua itu harus melalui proses pengolahan.

Tujuannya supaya bisa menjadi bahan baku yang baik. Contoh limbah lunak organic yang bisa dijadikan kerajinan seperti kulit bawang, kulit jagung, kulit kacang, biji-bijian, kulit buah, kertas, pelepah pisang dan lain sebagainya.

b. Limbah Lunak Anorganik

Limbah lunak anorganik adalah limbah yang berasal dari bahan olahan. Bahan-bahan olahan tersebut seperti campuran antara zat kimiawi. Akibatnya mudah untuk dibentuk dan diolah bersama bahan sederhana,

Sifat limbah lunak anorganik ini relative sulit ketika ingin diuraikan. Ada beberapa limbah yang dapat diurai dalam waktu yang lama. Ada juga limbah yang sangat sulit untuk diuraikan.

Limbah lunak anorganik ini umumnya berasal dari sebuah kegiatan pertambahang, industry dan domestic dari sampah rumah tangga. Contohnya seperti kotak kemasan, plastic kemasan, kain perca, Styrofoam, karet sintetis dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian kerajinan, tujuan kerajinan, manfaat kerajinan dan jenis-jenis kerajinan. Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com.  Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien