Uncategorized

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release 1
Written by Restu

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release – Di dalam dunia Public Relation tidak bisa dilepaskan dari yang namanya Press Release. Press Release merupakan aktivitas untuk memberitahukan sebuah informasi, baik itu berupa pelaksanaan kegiatan lembaga atau perusahaan, peluncuran produk, peluncuran perusahaan, dan sebagainya. Secara sederhana, Press Release dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk melakukan sebuah soft selling.

Adanya Press Release, perusahaan atau lembaga akan lebih dikenal oleh banyak orang sehingga bisa meningkatkan citra perusahaan atau lembaga. Namun, saat ini masih ada sebagian perusahaan atau lembaga yang belum memakai Press Release. Hal seperti ini sangat disayangkan karena bisa membuat orang lain tidak mengenal suatu lembaga atau perusahaan.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi perusahaan atau lembaga untuk menggunakan Press Release. Akan tetapi, bagi sebagian orang belum mengetahui apa itu Press Release. Di bawah ini akan dibahas tentang Press Release hingga contoh-contohnya. Grameds, selamat membaca artikel ini.

Pengertian Press Release

Press Release dalam suatu perusahaan atau lembaga biasanya ditulis oleh bagian Public Relation atau bagian humas. Humas merupakan singkatan dari hubungan masyarakat. Oleh sebab itu, bagian humas ini menghubungkan perusahaan atau lembaga dengan masyarakat. Biasanya dalam bentuk informasi berupa tulisan dari perusahaan atau lembaga supaya masyarakat banyak yang tahu.

Informasi itulah yang dinamakan dengan Press Release. Dengan adanya Press Release, maka masyarakat akan tahu informasi apa yang sedang disampaikan. Bahkan, bukan hanya masyarakat saja yang tahu, tetapi perusahaan lain akan lembaga lain mengetahui informasi tersebut.

Jadi, Press Release adalah sebuah informasi berupa tulisan yang diberikan kepada masyarakat, perusahaan lain, dan lembaga lain dengan tujuan mempromosikan citra perusahaan atau lembaga. Press Release ini bisa dipublikasikan melalui surat kabar offline atau online, hingga media sosial.

Namun, ada beberapa perusahaan atau lembaga yang menyerahkan tugas pembuatan Press Release kepada pihak ketiga. Hal ini dilakukan karena pihak ketiga dianggap lebih berkompeten dalam membuat Press Release.

Jika dilihat secara sekilas, press release berbentuk seperti sebuah berita, tetapi disisipkan sebuah promosi atau sebuah branding perusahaan atau lembaga. Oleh sebab itu, penulisan Press Release sangat membutuhkan yang namanya ketelitian dan pemilihan bahasa yang menarik untuk dibaca oleh banyak orang.

Bahkan bagi perusahaan yang baru berdiri, Press Release sangat cocok untuk dijadikan sebagai suatu cara untuk memperkenalkan perusahaan baru. Jika sudah banyak pembaca yang membaca Press Release tersebut, maka kemungkinan besar keberadaan perusahaan akan terlihat dan produk-produknya akan dikenal oleh banyak masyarakat.

Penggunaan Press Release pada beberapa perusahaan digunakan untuk melakukan promosi terhadap produk baru. Semakin banyak orang yang tahu tentang produk baru suatu perusahaan, maka peluang produk baru itu laris dipasaran juga semakin besar.

Kenapa Press Release Dibutuhkan?

“Kenapa Press Release sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga? Mungkin pertanyaan seperti itu sering muncul dalam pikiran kita. Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti, tetapi secara garis besar ada tiga jawaban. Pertama, Press Release menjadi penting karena bisa memperkenalkan sebuah produk perusahaan. Kedua, Memberitahukan sebuah informasi yang berkaitan dengan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan atau lembaga. Ketiga, memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan perusahaan atau lembaga.

Jika dilihat berdasarkan tiga jawaban tersebut, maka pembuatan Press Release membutuhkan kemampuan berpikir yang sangat tinggi supaya tidak ada kesalahan dalam penulisan, menggunakan bahasa yang dapat menarik pembaca, hingga mengalihkan berita miring yang berkaitan dengan perusahaan atau lembaga.

Struktur Press Release

Supaya lebih mudah dalam membuat Press Release, maka perlu mengetahui struktur-strukturnya. Simak struktur-struktur Press Release di bawah ini.

banner-promo-gramedia

1. Judul (head)

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membuat Press Release adalah judulnya. Judul harus dibuat semenarik mungkin supaya informasi yang diberikan banyak yang membacanya. Selain itu, penulisan judul harus mewakili isi yang ada di dalam Press Release. Judul dengan kalimat aktif akan memudahkan pembaca untuk memahami pesan atau maksud dari informasi yang disampaikan oleh perusahaan atau lembaga.

2. Teras (lead)

Setelah judul, struktur yang harus diperhatikan berikutnya adalah teras atau lead. Teras pada Press Release dapat diartikan sebagai bagian pembuka dari sebuah berita. Oleh sebab itu, biasanya teras berada di paling awal dan paling atas berita. Dalam menulis teras, sebaiknya menggunakan subjek yang ditambahkan dengan unsur 5W+1H dan ditulis secara singkat, jelas, dan padat.

3. Isi (body)

Metode piramida terbalik sangat baik untuk digunakan dalam membuat isi dari Press Release. Metode piramida terbalik menempatkan informasi yang sangat penting di bagian atas atau awal berita. Setelah itu, secara bertahap informasi umum ditulis dibawahnya, kemudian informasi yang kurang berarti ditulis dibawahnya. Informasi penting yang diletakkan di bagian atas atau awal bertujuan untuk menarik hati para pembaca.

Pada dasarnya, ketika membuat Press Release bukan hanya memerhatikan struktur-strukturnya saja, tetapi perlu memerhatikan beberapa hal, seperti waktu Press Release akan disiarkan, tanggal pembuatan Press Release, memberikan kontak perusahaan atau lembaga di bagian akhir Press Release, menggunakan unsur 5W+1H, dan hindari istilah-istilah khusus.

Macam-Macam Press Release

Press Release adalah salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk memperkenalkan dirinya supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Press Release sendiri dibagi menjadi tiga macam, yaitu Basic Publicity Release, Product Release, dan Financial Release.

1. Basic Publicity Release

Basic Publicity Release adalah Press Release yang hanya memberikan informasi yang ada di dalam suatu perusahaan atau lembaga. Selain itu informasi yang diberikan memiliki nilai berita yang bisa diterima oleh media massa, baik itu nilai untuk media lokal atau nilai untuk media nasional.

2. Product Release

Product Release adalah Press Release yang hanya berfokus pada soft selling atau promosi sebuah produk baru, perusahaan baru, dan sejenisnya. Namun, biasanya pada Product Release biasanya digunakan untuk mempromosikan produk baru dari sebuah perusahaan. Pada umumnya, Press Release jenis ini diterbitkan di media-media yang berkaitan ekonomi dan bisnis.

3. Financial Release

Financial Release adalah Press Release yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan kepada masyarakat umum. Akan tetapi, Press Release Financial Release sangat jarang dilakukan oleh perusahaan. Jika ada perusahaan yang membuat Financial Release, maka kemungkinan besar masyarakat luas akan percaya pada perusahaan tersebut.

Contoh-Contoh Press Release

1. Press Release Produk Baru

Contoh press release

Judul: 

Golden King Luncurkan Cokelat Varian Baru. Dari judulnya saja pembaca sudah bisa tergambarkan informasi apa yang akan disampaikan oleh PT Golden King Chocolate. Judul yang mudah dipahami membuat pembaca tertarik untuk mengetahui produk apa yang akan diluncurkan oleh PT Golden King Chocolate di Sabuga, Bandung.

Teras:

Kalimat pembuka pada Press Release di atas, langsung menjelaskan informasi penting yang ingin disampaikan, “PT Golden King Chocolate meluncurkan produk cokelat varian baru pada Senin (18/3).

Isi:

Isi dari Press Release yang ditulis oleh PT Golden King Chocolate sudah menerapkan piramida terbalik yang di mana informasi penting sudah diletakkan di bagian paling atas atau paragraf awal. Setelah informasi-informasi umum lainnya diletakkan di bagian bawah. Terlebih lagi, Press Release ini memberikan sebuah kontak yang bisa dihubungi sehingga siapa tahu saja ada konsumen yang ingin membeli produk baru tersebut.

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release 2

Beli Buku di Gramedia

2. Press Release Hotel

Contoh press release

Judul:

Judul dari Press Release di atas menjelaskan tentang Grand Istana Rama Hotel yang sudah lulus sertifikasi Kemenparekraf. Namun, judul ini masih kurang lengkap karena tidak menjelaskan tujuan dari dilakukannya sertifikasi.

Teras:

banner-promo-gramedia

Meskipun judulnya kurang lengkap, tetapi pada bagian teras, Grand Istana Rama Hotel langsung memberikan informasi yang sangat penting. Informasi itu berupa Grand Istana Rama Hotel sangat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dengan adanya Press Release tersebut, maka para wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin menginap di Grand Istana Rama Hotel.

Isi:

Isi dari contoh Press Release di atas menjelaskan bahwa Grand Istana Rama Hotel sangat mendukung pencegahan Covid-19 sehingga mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Dari contoh Press Release di atas, Grand Istana Rama Hotel menegaskan bahwa para wisatawan sudah bisa menginap di hotel tersebut dengan aman dan nyaman.

3. Press Release Kegiatan

Contoh press release

Judul: 

Dari judul saja, pembaca sudah bisa membayangkan isi dari contoh Press Release kegiatan yang berupa suatu kompetisi yang diselenggarakan oleh KFC dan diikuti oleh 10 universitas. Adapun kompetisi yang dimaksud adalah menciptakan solusi atas permasalahan sampah.

Teras:

Kalimat pembuka pada contoh Press Release di atas tidak langsung memberikan informasi penting, tetapi menjelaskan latar belakang dari diselenggarakannya kegiatan tersebut. Informasi umum yang diletakkan di awal Press Release bisa membuat pembaca kurang tertarik untuk membaca contoh Press Release tersebut.

Isi:

Isi dari contoh Press Release di atas meletakkan informasi penting di bagian bawah sehingga pembaca harus membacanya sampai habis terlebih dahulu. Inti dari contoh Press Release di atas adalah mengumumkan pemenang dari kompetisi yang diselenggarakan oleh KFC.

4. Press Release Berita

Contoh press release

Judul: 

Contoh Press Release berita di atas memakai kalimat aktif sehingga pembaca mudah untuk memahaminya serta tertarik untuk membaca contoh Press Release sampai habis. Dari judul contoh Press Release tersebut, maka pembaca akan tahu kalau informasi yang ingin diberikan berupa PTPP mengalami peningkatan laba bersih sebesar 38%.

Teras:

banner-promo-gramedia

Kalimat pembuka pada contoh Press Release di atas langsung menjelaskan intinya yang sesuai dengan judul. Setelah itu, kalimat-kalimat selanjutnya memberikan informasi tentang penyebab terjadinya kenaikan laba PTPP.

Isi: 

Meskipun di awal kalimat sudah tahu bahwa PTPP mengalami peningkatan laba, tetapi secara keseluruhan isi dari contoh Press Release di atas terlalu banyak sehingga membuat pembaca bingung.

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release 3

Beli Buku di Gramedia

5. Press Release Event

Contoh press release

Judul:

Pembaca sudah mendapatkan gambaran ketika membaca judul pada contoh Press Release di atas. Press Release di atas memberikan siaran pers berupa akan diselenggarakan konser penghormatan Erros Chrisye Yockie.

Teras:

Dari kalimat pembuka pada contoh Press Release tentang event, sudah langsung diberikan informasi penting berupa tempat dan tanggal pelaksanaan konser penghormatan Erros Chrisye Yockie. Selain itu, contoh Press Release event diterbitkan pada tanggal 30 Januari 2019 yang menandakan bahwa konser penghormatan Erros Chrisye Yockie akan diselenggarakan dua hari lagi

Isi:

Isi dari Press Release ini sangat lengkap dan langsung menjelaskan informasi penting dari setiap paragraf. Bukan hanya itu waktu dan tempat saja yang dijelaskan pada contoh Press Release tersebut, tetapi penyanyi yang ikut memeriahkan konser itu diberitahukan juga.

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release 4

Beli Buku di Gramedia

Dalam menyelenggarakan sebuah event dibutuhkan pengelolaan yang sangat baik, mulai dari pembiayaan event hingga dekorasi event. Seseorang yang sukses dalam mengelola event dibutuhkan pengalaman yang cukup lama. Meskipun membutuhkan pengalaman yang cukup lama, tetapi kamu bisa mempelajarinya melalui sebuah buku Pengelolaan Event. Dari buku ini kamu akan mengetahui banyak hal tentang cara mengelola event. Jadi, tunggu apalagi, segera beli buku ini, dengan cara klik tombol “beli buku” saja.

6. Press Release Seminar

Contoh press release

Judul:

Judul dari contoh Press Release seminar di atas memiliki judul “Indonesia 2040: Terjebak atau Terlepas?” Dari judulnya saja, orang yang melihat dan membaca langsung mengerti pembahasan apa yang akan dibahas di seminar nanti.

Teras:

Meskipun pada contoh Press Release di atas tidak ada kalimat pembuka, tetapi pembaca langsung tahu kalau narasumber yang akan hadir pada seminar tersebut

Isi:

Isi dari dari contoh Press Release seminar berupa gambar dan judul yang di mana kedua hal tersebut sudah mampu menjelaskan inti dari contoh Press Release tersebut.

7. Press Release Perusahaan

Contoh press release

Judul:

Penggunaan judul pada contoh Press Release perusahaan di atas sudah menggunakan kalimat aktif. Maka dari itu, pembaca akan tahu apa informasi apa yang ada di dalam Press Release tersebut dan tertarik untuk membaca contoh Press Release tersebut sampai dengan selesai.

Teras:

Contoh Press Release di atas menggunakan kalimat pembuka yang mudah dipahami dan langsung menjelaskan informasi penting yang ingin disampaikan. Informasi penting itu berisi tentang PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Syariah (BTPN Syariah) bersiap melepas sahamnya ke publik.

Isi:

Contoh Press Release di atas berisi tentang pelepasan saham BTPN syariah ke publik yang dilanjutkan dengan besaran saham yang akan dilepas sebanyak 10%. Pada bagian akhir paragraf menjelaskan bahwa BTPN Syariah selalu mengalami peningkatan yang impresif.

8. Press Release Pemberitahuan

Contoh press release

Judul:

Contoh Press Release pemberitahuan di atas, jika dilihat dari judulnya, maka akan terlihat seperti hanya menjelaskan tentang siaran pers yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Bagi sebagian pembaca akan merasa bingung maksud dari judul tersebut.

Teras:

Kalimat pembuka pada contoh Press Release di atas menandakan bahwa BMKG sedang memberikan pernyataan terkait gempa yang akan terjadi di Banten pada pukul 22.30-22.59. Barulah di kalimat-kalimat selanjutnya BMKG menjelaskan bahwa informasi tentang akan terjadi gempa bumi di Banten adalah bohong.

Isi:

Contoh Press Release pemberitahuan di atas berisi tentang pernyataan yang dilakukan oleh BMKG terhadap informasi adanya gempa bumi yang akan terjadi di Banten. Isi dari contoh Press Release ini menggunakan unsur piramida terbalik sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Baca Juga:

Kesimpulan

Bagi banyak perusahaan sudah bukan hal asing lagi menggunakan Press Release ketika ingin memperkenalkan perusahaan atau produk dari perusahaan. Setiap Press Release yang dibuat harus sesuai dengan tujuan atau maksud yang ingin disampaikan kepada publik. Intinya, Perusahaan atau lembaga masih sangat membutuhkan Press Release.

Pengertian, Macam dan Contoh Press Release 5

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien