in ,

8 Rekomendasi Merk Laptop Terbaik Lengkap dengan Tips Memilihnya!

Sumber: Pexels

Merk Laptop Terbaik – Laptop merupakan perangkat elektronik yang saat ini telah menjadi kebutuhan yang primer. Dengan menggunakan laptop, maka seseorang dapat melakukan berbagai pekerjaan seperti pengolahan data. Tidak hanya itu, laptop bahkan membantu proses pekerjaan menjadi lebih mudah.

Meskipun telah menjadi kebutuhan primer bagi hampir setiap orang, akan tetapi tidak semua orang dapat memilih laptop dengan kualitas yang baik. Hal ini karena tidak semua merk laptop dapat menyesuaikan spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Padahal penyesuaian spesifikasi serta kualitas merk penting untuk menunjang berbagai pekerjaan. Agar tidak bingung dengan spesifikasi laptop yang sesuai untuk kebutuhan Grameds, berikut adalah beberapa rekomendasi laptop untuk Grameds.

Rekomendasi Merk Laptop Terbaik

merk laptop terbaik
Sumber: Pexels

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada banyak merk laptop yang unggul dengan menghadirkan produk yang berkualitas serta memiliki performa dan spesifikasi yang bagus pula.

Karena hal ini, Grameds mungkin kebingungan memilih laptop mana yang cocok untuk kebutuhan Grameds.

Agar tidak bingung, berikut rekomendasi merk laptop terbaik untuk Grameds, lengkap disertai dengan tipe dan spesifikasinya.

1. Lenovo

https://www.gramedia.com/products/lenovo-slim-d330-flex?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasihttps://www.gramedia.com/products/lenovo-slim-d330-flex?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Merk pertama adalah Lenovo, laptop dengan merk Lenovo merupakan laptop yang mengusung nilai bahwa laptop tidak harus mewah namun yang terpenting adalah dapat membantu pekerjaan.

Lenovo merupakan salah satu merk laptop terbaik yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, karena Lenovo menghadirkan beragam segmen harga yang bervariatif.

Salah satu tipe dari merk laptop Lenovo yang bagus adalah Lenovo Slim D330 Flex. Tipe laptop ini rilis pada tahun 2021 dan memiliki keunikan, yaitu dapat dijadikan sebagai tablet serta laptop.

Lenovo Slim D330 memiliki tampilan layar sebesar 10,1 inches dan disebut sebagai laptop 2 in 1. Dengan menggunakan prosesor N400 Dual Core, tipe laptop Lenovo satu ini memiliki kelebihan yaitu frekuensi dasar prosesor 1.10 GHz dan frekuensi burst 2.60 GHz dengan kekuatan grafik prosesor Intel UHD Graphics 600.

Lenovo Slim D330 juga didukung dengan memori maks video grafik 8 GB dan kapasitas RAM 4 GB.

Sebagai laptop 2 ini 1, laptop Lenovo satu ini sangat cocok bagi Grameds yang membutuhkan tab sekaligus laptop untuk bekerja maupun keperluan kuliah lainnya. Harganya pun cukup terjangkau, di gramedia.com Grameds dapat membeli laptop ini seharga Rp7.056.000 saja.

2. Acer

https://www.gramedia.com/products/notebook-acer-aspire-5-slim-a514?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/notebook-acer-aspire-5-slim-a514?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Acer merupakan merk selanjutnya yang ada di Indonesia. Penjualan laptop merk Acer di Indonesia, disebut mampu menaikan penjualan laptop merk Acer di belahan dunia lainnya.

Indonesia tercatat sebagai salah satu pengguna laptop merk Acer terbanyak. Kenapa banyak masyarakat Indonesia memilih untuk membeli laptop merk Acer?

Karena Acer menghadirkan segmen harga yang sangat bervariasi serta cocok untuk berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Acer juga menyediakan beragam laptop dengan spesifikasi dan tipe yang berbeda sesuai dengan harganya. Mulai dari yang paling mahal dengan spesifikasi terbagus hingga laptop dengan harga murah dan spesifikasi yang cukup.

Salah satu tipe laptop dari merk Acer yang dapat Grameds pertimbangkan adalah Acer Aspire 5 Slim (a514-54G). Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-1135g7 dan OS Windows 11 Home, laptop satu ini cocok bagi Grameds yang butuh perangkat sebagai penunjang kerja ataupun untuk gaming.

3. DELL

https://www.gramedia.com/products/dell-chromebook-3100?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dell-chromebook-3100?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi merk yang ketiga adalah DELL. laptop yang diproduksi oleh DELL, pada umumnya memiliki bodi laptop yang sangat kuat. DELL memproduksi laptop yang fokus pada kualitasnya.

Berbeda dari merk lainnya, DELL tidak merilis tipe laptop baru setiap tahun, akan tetapi sesuai dengan inovasi yang mampu dihadirkan oleh DELL melalui produk barunya.

Tidak hanya di Indonesia, akan tetapi merk laptop DELL juga diakui di negara lain sebagai merk laptop terbaik.

Karena merk satu ini selalu menghadirkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya dan melengkapi dengan beragam fitur terbaru. Salah satu fitur yang disukai oleh penggunanya adalah daya tahan baterai yang cukup awet.

Salah satu laptop dari DELL yang bisa Grameds pertimbangkan adalah DELL Chromebook 3100. Tipe laptop chromebook merupakan laptop yang bisa ditekuk, sehingga model laptop chromebook biasanya bisa berubah bentuk menjadi tab atau laptop.

Bisa dibilang, bahwa laptop chromebook dari DELL merupakan laptop 2 in 1.

Laptop DELL tipe ini cocok untuk Grameds yang masih pelajar maupun mahasiswa. Karena spesifikasinya tidak terlalu berat dan tidak terlalu ribet, namun masih bisa digunakan untuk beragam kegiatan.

4. MSI

merk laptop terbaik
Sumber: MSI Global

Merk laptop satu ini, merupakan merk yang biasa memproduksi laptop gaming. Di antara pada gamer, merk MSI merupakan salah satu merk yang cukup populer.

MSI menghadirkan laptop dengan spesifikasi yang sangat tinggi, di antaranya seperti RAM dengan kapasitas minimal 8 GB. Dengan RAM yang besar, tentu saja laptop ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak mudah lag atau error.

Selain dikenal sebagai produsen laptop gaming, MSI juga dikenal sebagai produsen laptop yang dapat digunakan untuk pekerjaan sehari-hari.

Namun, merk laptop satu ini memang dikhususkan untuk para gamer. Karena menghadirkan spesifikasi yang cukup tinggi, laptop merk MSI biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp10 juta ke atas.

Sehingga, rasanya akan percuma membeli laptop MSI apabila hanya digunakan untuk aktivitas sehari-hari saja.

5. HP

merk laptop terbaik
Sumber: hp.com

Merk yang kelima adalah HP. merk laptop satu ini memiliki keunggulan pada penawarannya yang baik. Tidak hanya itu, HP juga memberikan garansi barang yang cukup lama yaitu sekitar tiga tahun.

Biasanya, HP memproduksi laptop yang cocok digunakan untuk sehari-hari. Sehingga, laptop HP banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa maupun dosen yang kebutuhannya hanya untuk mengetik atau mengerjakan tugas.

Berbeda dengan merk laptop MSI, tentu saja HP menghadirkan laptop dengan kapasitas yang umum, mulai dari 4 GB hingga kapasitas RAM yang lebih besar.

6. Microsoft

merk laptop terbaik
Sumber: Amazon.com

Meskipun laptop merk Microsoft sangat jarang ditemukan di Indonesia, akan tetapi laptop Microsoft ini banyak digunakan di negara lain.

Laptop keluaran Microsoft, biasanya memiliki desain yang compact, modern dan minimalis tidak hanya desainnya yang menarik, laptop Microsoft juga bagus digunakan untuk keperluan bekerja.

Meskipun terbilang cukup baru, namun merk laptop Microsoft menghadirkan beragam segmen harga yang bervariasi dengan target pasar yang bervariasi pula.

7. Samsung

merk laptop terbaik
Sumber: Windows Central

Windows Central

Grameds tentu sudah tidak asing dengan merk Samsung. Samsung merupakan merk asal Korea Selatan yang memproduksi barang-barang elektronik, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga gadget.

Di Indonesia, merk Samsung merupakan salah satu merk yang cukup populer dan dikenal memiliki produk yang berkualitas.

Tidak hanya itu, Samsung bahkan mendapatkan label sebagai merk laptop terbaik di tahun 2021. Samsung memproduksi laptop dengan desain yang menarik dan tersedia dalam berbagai warna pastel yang cantik.

Tidak hanya dari desain luar saja, Samsung juga memproduksi laptop dengan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya laptop Samsung cocok untuk para pelajar maupun pekerja dan kurang cocok untuk kegiatan gaming.

8. Toshiba

merk laptop terbaik
Sumber: Windows Blog

Merk yang terakhir adalah dari Toshiba. Seperti halnya Samsung, Toshiba mendapatkan predikat sebagai merk laptop terbaik di tahun 2021.

Meskipun merk Toshiba dikenal memproduksi barang-barang elektronik seperti TV, namun laptop yang mereka produksi tidak kalah berkualitas dengan merk lainnya.

Sayangnya, perusahaan asal Jepang ini resmi menutup serta menghentikan produksi laptop dan memilih fokus pada barang-barang yang mereka produksi di awal saja.

Saat ini seluruh produk laptop dengan merk Toshiba sudah dimiliki oleh Sharp. Namun, jangan khawatir, karena laptop Toshiba masih cocok digunakan di tahun 2022.

Terutama jika Grameds mencari laptop dengan harga cukup terjangkau namun dengan spesifikasi yang bagus, maka merk laptop Toshiba bisa menjadi pertimbangan.

Cara Memilih Laptop Terbaik dan Berkualitas

merk laptop terbaik
Sumber: Pexels

Selain dengan mengetahui merk laptop terbaik, Grameds juga perlu mengetahui cara memiliki laptop terbaik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

Karena meskipun Grameds memilih untuk membeli merk laptop terbaik sekalipun akan tetapi tidak menyesuaikan dengan kebutuhan, tentu saja laptop tersebut jadi tidak dapat digunakan dengan maksimal.

https://www.gramedia.com/products/conf-menggunakan-laptop-itu-gampang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-menggunakan-laptop-itu-gampang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Oleh karena itu, berikut adalah panduan dalam memilih laptop terbaik dan berkualitas.

1. Ukuran laptop

Ukuran laptop adalah salah satu hal mendasar yang perlu Grameds pertimbangkan ketika akan membeli laptop.

Pada umumnya, berbagai merk laptop memiliki ukuran layar 11 inch ultrabook hingga 17,3 inch yang berat masing-masing laptop bisa mencapai satu bahkan dua kilogram.

Bagi Grameds yang membutuhkan laptop dengan probabilitas tinggi, maka sebaiknya Grameds memilih laptop dengan ukuran yang compact serta kecil.

Karena hal ini akan membantu Grameds. Terutama karena berat dan ukurannya yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.

2. Jenis serta ukuran media penyimpanan

Ketika akan membeli perangkat elektronik, entah itu ponsel maupun laptop hal paling penting untuk menjadi bahan pertimbangan adalah media penyimpanannya.

Laptop memiliki dua jenis penyimpanan yaitu harddisk serta SSD. Dua jenis media tersebut, memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Hard disk merupakan penyimpanan yang memiliki kapasitas yang cukup besar serta tidak terlalu mahal akan tetapi, tetap memiliki kecepatan seperti SSD. sementara itu, SSD merupakan penyimpanan yang lebih mahal dari hard disk.

Ukuran SSD memang kecil akan tetapi kecepatannya kencang karena menggunakan teknologi terbaru. Itulah sebabnya, saat ini banyak merk laptop yang menggunakan hard disk dengan type SSD.

https://www.gramedia.com/products/tip-dan-trik-mempercepat-kinerja-laptop-dan-pc-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/tip-dan-trik-mempercepat-kinerja-laptop-dan-pc-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Kapasitas RAM

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh suatu laptop, maka semakin cepat pula laptop tersebut ketika digunakan.

Apabila Grameds adalah seorang gamer atau mungkin programmer, maka Grameds harus memilih laptop yang memiliki spesifikasi RAM paling tinggi.

Akan tetapi, jika Grameds menggunakan laptop untuk kegiatan yang biasa saja, seperti mengetik atau mengerjakan tugas kuliah, maka Grameds bisa memilih laptop dengan RAM yang tidak terlalu besar dengan kapasitas 4 atau 6 GB.

4. Daya tahan baterai

Daya tahan baterai merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sebuah laptop. Daya tahan baterai, biasanya sesuai dengan jumlah RAM yang ada pada laptop tersebut.

Semakin tinggi kapasitas RAMnya, maka semakin banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam satu waktu dan hal tersebut membuat baterai lebih cepat habis.

Oleh karena itu, Grameds perlu memperhatikan ketahanan baterai laptop. Coba pertimbangkan memilih kapasitas RAM yang tinggi dengan daya tahan baterai yang lemah, atau kapasitas RAM yang tidak terlalu banyak tetapi memiliki daya tahan baterai yang cukup baik.

Apabila Grameds menggunakan laptop hanya untuk mengetik, atau keperluan kuliah saja, maka sebaiknya Grameds memilih laptop dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar tetapi memiliki daya tahan baterai yang bagus.

5. Kualitas layar laptop

Saat ini, kebanyakan merk laptop telah memproduksi laptop dengan dua jenis layar yaitu LCD serta LED. Layar LED yang digunakan pada laptop dapat menghemat penggunaan listrik, namun tidak terlalu cerah ketika digunakan di outdoor atau luar ruangan.

Sedangkan layar LCD memiliki tingkat kecerahan yang lebih dibandingkan layar LED, sehingga laptop dengan layar LED cocok digunakan oleh Grameds yang sering kali bekerja di luar ruangan.

6. Memiliki konektivitas yang lengkap

Ketika ingin membeli suatu perangkat elektronik, seperti ponsel atau bahkan laptop saat ini fitur yang paling penting adalah konektivitas.

Pastikan bahwa laptop yang Grameds beli memiliki konektivitas wifi yang baik, pastikan pula bahwa laptop tersebut memiliki port usb, HDMI atau VGA, juga LAN.

Port usb tersebutlah merupakan port umum yang biasa ada pada laptop dan pasti akan Grameds gunakan untuk keperluan tertentu.

https://www.gramedia.com/products/13-aplikasi-benchmark-untuk-pc-laptop-dan-netbook?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/13-aplikasi-benchmark-untuk-pc-laptop-dan-netbook?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Prosesor

Prosesor laptop selalu mengalami perkembangan sesuai dengan model dan fitur-fitur yang ada pada laptop terbaru. Dulu prosesor laptop yang biasa digunakan adalah pentium, akan tetapi saat ini telah menggunakan core.

Prosesor core merupakan prosesor dari brand Intel, tidak hanya itu saja, AMD juga menjadi brand yang dapat diandalkan dan bahkan setara dengan Intel.

Meskipun telah terbukti bahwa Intel pada umumnya memiliki performa yang lebih baik dibandingkan AMD.

Semakin tinggi prosesor core yang ada pada laptop Grameds, maka semakin bagus pula performa yang dihasilkan oleh laptop tersebut.

8. Merk laptop

Merk laptop biasanya dapat menentukan kualitas laptop. Contohnya seperti Lenovo, Asus, Apple, DELL, Acer, Toshiba, atau bahkan Xiaomi menjadi merk laptop yang saat ini memiliki popularitas atau kualitas yang baik.

Saking banyaknya merk laptop yang ada di pasaran, Grameds mungkin merasa bingung memilih mana merk laptop yang sesuai dengan kebutuhan Grameds.

Itulah beberapa rekomendasi merk laptop terbaik yang dapat Grameds pertimbangkan untuk dibeli. Apabila Grameds ingin membeli laptop dari marketplace online, maka Grameds harus memastikan bahwa toko online tersebut terpercaya dan menjual laptop original yang berkualitas. Karena tentu saja, Grameds tidak ingin rugi bukan?

Grameds bisa membeli berbagai merk laptop terbaik melalui Gramedia.com karena sebagai #SahabatTanpaBatas, selain menyediakan beragam buku, Gramedia juga menyediakan produk lain sesuai dengan kebutuhan Grameds, tidak terkecuali laptop dan aksesorisnya.

Penulis: Khansa

Baca juga:

Written by M. Hardi