in

Harga Penggaris Berdasarkan Jenisnya dan Cara Memilihnya

Sumber: Gramedia.com

Harga Penggaris – Setiap orang tentu pernah menggunakan alat yang satu ini, ya penggaris! Penggaris umumnya digunakan oleh pelajar. Selain pelajar, sebenarnya ada banyak pekerjaan yang membutuhkan alat ini, seperti arsitek, dan lain-lain.

Penggaris memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis penggaris turut berpengaruh terhadap harga masing-masing penggaris. Oleh karena itu, bagi Grameds yang ingin membeli jenis penggaris tertentu, wajib tahu kualitas dan harga supaya tidak salah pilih.

Table of Contents

Harga Penggaris Berdasarkan Jenisnya

Berbagai macam penggaris ini disarankan dengan mempertimbangkan kualitas produk, testimoni pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller, dan harganya. Penggaris berikut ini dapat Grameds beli di Gramedia.com dan berbagai marketplace.

1. General Tool Angle-izer Template Tool Item harga mulai dari Rp40.000

Harga Penggaris
Sumber: generaltools.com

Penggaris ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan untuk pengukuran yang lebih tepat dan efisien. Penggaris ini terdiri dari empat bilah penggaris yang dihubungkan dengan sekrup yang bisa dikencangkan juga dikendurkan. Penggaris ini gampang dilipat, sehingga tidak repot saat akan menyimpannya.

Bukan hanya itu saja, sekrup bisa diatur kekencangannya, memungkinkan kita mengunci suatu ukuran bangun datar. Bagi kita yang bergelut di bidang pertukangan, penggaris jenis ini akan mempermudah kita dalam mengukur dengan lebih presisi.

2. Maped Foldable Ruler harga mulai dari Rp22.000

Harga Penggarishttps://www.gramedia.com/products/maped-new-foldable-ruler-30-cm-281010?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggaris ini mudah dilipat dan tidak terjadi lagi penggaris yang patah. Bukan hanya anak-anak saja, orang dewasa juga sering ceroboh ketika memakai penggaris hingga membuat penggaris patah.

Salah satu penyebab penggaris patah yaitu tempat penyimpanan yang terlalu kecil. Oleh karena itu, kita bisa memilih penggaris lipat ini yang lebih hemat tempat penyimpanan ini. Saat penggaris ini dilipat, kita bisa dengan mudah menyimpan penggaris ini di tempat pensil.

3. Butterfly Triangle Ruler harga mulai dari Rp26.500

https://www.gramedia.com/products/butterfly-segitiga-no-12?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/butterfly-segitiga-no-12?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggaris ini dapat menciptakan rancangan yang lebih akurat hanya dengan satu alat saja. Bagi kita yang bekerja di dunia engineer atau arsitek, penggaris ini akan sedikit meringankan pekerjaan kita. Adanya gridlines akan membuat pengukuran yang kita lakukan bisa lebih tepat dan akurat.

Penggaris ini juga sangat user friendly bagi kita yang mengutamakan kemudahan. Penggaris yang terbuat dari bahan material transparan dengan warna gridlines merah membuat kita dapat melakukan pengukuran presisi dengan lebih gampang.

4. Butterfly Template Ruler harga mulai dari Rp5.500

https://www.gramedia.com/produHarga Penggariscts/butterfly-gsablon-bt-795?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/produHarga Penggariscts/butterfly-gsablon-bt-795?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggaris ini membuat catatan tidak lagi membosankan dengan cara yang muda. Bagi kita yang sering mengunjungi toko alat tulis, brand Butterfly pasti tidak asing lagi. Salah satu produk dari merek ini muncul dengan bermacam bentuk cetakan dalam berbagai ukuran. Namun, tanpa melewatkan fungsi utamanya sebagai penggaris untuk mengukur.

Untuk yang rajin membuat catatan, sebaiknya mencoba menggambar ilustrasi atau sekadar menghias tulisan kita memakai cetakan penggaris ini. Selain itu, padukan dengan pulpen yang warna-warni supaya buku catatan kita semakin menarik.

5.Triangular Prism Clear Ruler Stick harga mulai dari Rp. 6.200

Harga Penggaris
Sumber: Shopee

Penggaris ini dapat mengukur skala yang lebih efisien dengan angka yang terlihat jelas. Bagi kita yang acap kali bekerja dengan gambar berskala. Penggaris ini dapat menjadi salah satu andalan.

Kita bisa bekerja dengan lebih efisien dengan penggaris yang terbuat dari plastik transparan ini. Clarity dan model yang simpel, angka-angka, dan garis skala juga terlihat begitu jelas. Risiko salah ukur menjadi minim, hasil pengukuran juga presisi.

6. Maped Geometric Set Square harga mulai dari Rp36.500

https://www.gramedia.com/products/maped-geometric-set-square-26-cm?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/maped-geometric-set-square-26-cm?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggaris dengan hibrida antara penggaris busur dan penggaris lurus ini lebih multifungsi. Jika pekerjaan kita sering berkaitan dengan pengukuran sudut dan lingkaran. Maka, produk ini akan membantu kita.

Dengan penggaris lurus yang terhubung pada bagian tengah busur, kita dapat mengukur garis tengah lingkaran dengan gampang. Penggaris lurus ini berfungsi sebagai penunjuk ukuran sudut. Angka dan garis skala yang ditunjukkan sangat jelas dan mudah dibaca penggunanya.

7. Deli Penggaris Tahan Gores harga mulai dari Rp20.500

https://www.gramedia.com/products/deli-straight-ruler-50cm-6250?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

https://www.gramedia.com/products/deli-straight-ruler-50cm-6250?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggaris dengan antigores dan tidak membuat khawatir penggaris rusak ketika cutting kertas. Jika kita sering berhubungan dengan pekerjaan potong-memotong kertas dengan cara manual, maka penggaris ini cocok dipilih.

Penggaris ini diklaim antigores, sehingga kita tidak perlu khawatir penggaris akan cepat rusak. Selain itu, penggaris ini mempunyai clarity yang super, supaya kita bisa melihat garis skala dengan jelas.
Dengan menggunakan penggaris ini, kita bisa lebih berkonsentrasi dalam memotong dan menghasilkan potongan yang presisi.

8. Kemester Penggaris Siku Baja harga mulai Rp32.500

Harga Penggaris
Sumber: Shopee

Pekerjaan tukang butuh keterampilan mengukur yang mumpuni dan alat pengukur yang berkualitas supaya hasilnya memuaskan. Sedikit saja tidak presisi, maka hasilnya menjadi jauh dari yang kita harapkan. Oleh sebab itu, penggaris baca dari Kenmaster ini cocok dipilih.

Warna dasar dan penanda skala pada penggaris ini sangat kontras sehingga terlihat begitu jelas. Ukurannya juga mampu mengakomodir kebutuhan pengukuran di bidang pertukangan. Penggaris kukuh ini akan membantu kita melakukan pengukuran dengan lebih presisi.

9. Deli Striangle Steel Ruler harga mulai dari Rp40.500

https://www.gramedia.com/products/deli-striangle-rulersteel-50cm-8464?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/deli-striangle-rulersteel-50cm-8464?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggaris ini sudah dikenal dengan serbaguna dan tahan lama dengan harga yang relatif terjangkau. Selain dipakai sebagai penggaris, bodi yang kokoh dan berbobot penggaris ini bisa kita gunakan untuk merobek kertas, tanpa perlu alat pemotong. Kita juga bisa menggunakan penggaris ini untuk membantu pemotongan dengan cutter.

Bagaimana Cara Memilih Penggaris?

Apapun tujuan kita dalam menggunakan penggaris, memilih penggaris yang tepat akan mempermudah pekerjaan kita. Berikut ini bagaimana cara memilih penggaris.

Ketahuilah Bermacam-macam Penggaris Menurut Karakteristiknya

Kita mungkin butuh penggaris untuk menggambar atau membuat tabel. Tidak jarang kita juga menggunakan penggaris sebagai alat yang sekaligus bisa merobek kertas. Supaya pekerjaan bisa dilakukan secara efisien. Berikut ini bermacam-macam penggaris dan karakteristiknya.

1. Penggaris lurus, penggaris yang paling sering digunakan

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris jenis ini tentu sudah sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk menggambar garis lurus, penggaris ini juga umum digunakan untuk mengukur panjang. Penggaris lurus ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari 15 cm, 20 cm, sampai 30 cm. Penggaris ini bahannya beda-beda, seperti plastik, kayu, aluminium, dan lain sebagainya.

2. Penggaris segitiga, membantu membuat garis tegak lurus

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris segitiga biasanya digunakan berpasang-pasangan dengan sesama penggaris segitiga atau penggaris lurus lain. Kita juga bisa menggambar garis vertikal yang lurus dan garis dengan berbagai kemiringan, contohnya 30°, 45°, atau 60°. Penggaris ini sangat penting bagi siapa saja yang berkutat di dunia perancangan busana, arsitektur, teknik sipil, dan profesi lainnya.

3. Penggaris siku, dapat menandakan sudut perkiraan dan bidang potong secara cepat

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris siku sangat bermanfaat sebagai penanda sudut perkiraan dan bidang potong. Penggaris ini sering digunakan dalam dunia pertukangan. Maka tidak heran, produk dengan bahan stainless steel dan aluminium ini banyak ditemukan di pasaran. Biasanya, ada dua model penggaris siku di pasaran yang dilengkapi dan tidak dilengkapi dengan busur pengukur sudut.

4. Penggaris busur, untuk mengetahui ukuran sudut pada objek

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Jenis penggaris ini tidak akan ditemukan untuk skala satuan pengukuran panjang. Hal ini karena penggaris yang biasanya berbentuk setengah lingkaran ini bermanfaat untuk mengukur besar sudut pada objek. Guna pengukuran sudut yang lebih mudah, penggaris busur yang transparan atau mempunyai bilah penanda sudut lebih direkomendasikan.

5. Penggaris cetak akan membantu kita menggambar bermacam bentuk dan berbagai ukuran

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris cetak akan membantu kita membuat berbagai bentuk bangun datar. Mulai dari bentuk lingkaran, persegi, segitiga, sampai bentuk tidak beraturan bisa kita gambar dengan mudah.

Penggaris cetak dengan bentuk bangun datar seperti ini juga sering dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk membuat prakarya. Sebagai contoh, untuk menggambar atau sekadar menghias catatan supaya tidak terkesan flat.

6. Penggaris segitiga, praktis untuk mengatur gambar berskala

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris ini memiliki tiga sisi penggaris yang akan memudahkan kita membaca ukuran nyata dari gambar yang dibuat pada skala tertentu. Contohnya, mengetahui ukuran nyata dari suatu denah rumah atau peta. Bukan hanya digunakan oleh profesional, kita juga bisa menggunakan dalam keseharian seperti ketika merencanakan tata letak perabot di rumah atau membuat prakarya.

7. Penggaris untuk memotong dan merobek, memudahkan pekerjaan cutting

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris ini digunakan untuk memotong berbentuk sama dengan penggaris pada umumnya. Penggaris ini dibuat dari akrilik dengan pinggiran berbahan stainless steel untuk mencegah goresan di penggaris ketika digunakan. Penggaris ini mempunyai berbagai tingkat ketebalan untuk mencegah tangan kita terkena cutter.

Selain itu, penggaris dengan bobot yang berat ini akan memudahkan kita memotong kertas tanpa bantuan cutter atau gunting. Bobotnya bermanfaat untuk mencegah kertas menjadi miring ketika disobek. KIta juga dapat memilih penggaris dengan tepi yang tajam dan mempunyai kemiringan yang sesuai untuk menghasilkan potongan kertas dengan baik.

Perhatikan Skala Penggaris untuk Kemudahan dalam Pengukuran

Tidak dimungkiri, penggaris berfungsi utama untuk mengukur panjang suatu sisi bidang tertentu. Ketika melakukan pengukuran, skala tentu menjadi perhatian di samping satuan panjang. Supaya bisa melakukan pengukuran yang presisi, berikut penjelasan berikut sebelum kita membeli penggaris.

1. Penggaris tidak semuanya mempunyai skala visibilitas sama

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris dengan garis skala yang terlihat jelas akan membantu meningkatkan efisiensi kerja kita. Skala yang jelas pada penggaris bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya, desain, bahan, ketebalan garis skala, dan lain-lain. Supaya memperoleh kemudahan pengukuran, penggaris dengan desain yang sederhana dan bahan yang tidak memantulkan cahaya lebih direkomendasikan.

Ketebalan garis pada skala yang dibedakan menurut satuan lebih preferable. Selain kinerja mata menjadi lebih ringan, kesalahan pengukuran juga bisa lebih diminimalkan. Pekerjaan pun menjadi lebih efisien.

2. Posisi awal garis pada skala penggaris

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Banyak jenis penggaris yang tak memosisikan awal garis skala tepat di ujung penggaris, melainkan beberapa milimeter dari ujung penggaris. Jika kita ingin menggunakan penggaris untuk mengukur kedalaman, pilih penggaris dengan garis skala yang dimulai tepat di ujungnya. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengukur dengan lebih akurat.

3. Penggaris dengan gridlines akan memudahkan membuat garis paralel

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Saat membuat tabel, kita butuh penggaris supaya memperoleh hasil bisa lebih rapi. Penggaris dengan gridlines akan memandu kita membuat garis-garis paralel dengan presisi. Bagi kita yang sering bekerja dengan kertas warna gelap, ada baiknya untuk mempertimbangkan warna garis skalanya juga.

Tentukan Menurut Bahan Material untuk Kenyamanan Saat Digunakan

Hal lain selanjutnya yang harus kita perhatikan ketika memilih penggaris yaitu material pembuat penggaris. Ada berbagai material yang dipakai untuk penggaris. Masing-masing mempunyai karakteristiknya sendiri.

1. Penggaris plastik yang transparan dan praktis

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris plastik menjadi salah satu yang berbahan akrilik, adalah penggaris yang paling sering kita temukan di toko-toko. Penggaris jenis ini termasuk murah dan ringan saat digunakan. Dengan bahan material transparan, kita akan lebih mudah melihat garis dan tulisan di bawah penggaris kita. Akan tetapi, penggaris ini lebih mudah tergores dan patah apabila terkena tekanan yang berlebihan.

2. Penggaris logam untuk tahan lama

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Ada dua material yang umum digunakan untuk membuat penggaris logam, yaitu stainless steel dan aluminium. Selain karena kuat dan awet, garis-garis skalanya juga tidak gampang hilang. Terutama penggaris yang bahan stainless steel yang cukup kuat dan cocok untuk kita gunakan sebagai alat bantu untuk merobek atau memotong kertas.

Bahan aluminium memang lebih ringan dan lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan penggaris berbahan stainless steel. Tetapi, bahan material tidak sekuat stainless steel dan bisa saja patah saat terjatuh. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita bisa memilih penggaris aluminium yang lebih tebal.

3. Penggaris kayu yang nyaman saat digenggam

Harga Penggaris
Sumber: my-best.id

Penggaris berbahan kayu mempunyai karakter hangat dan natural sehingga lebih nyaman saat digenggam. Garis skala juga biasanya terlihat sangat jelas pada penggaris kayu.

Kayu yang dipakai umumnya jenis kayu ringan dengan dilapisi cairan khusus supaya penggaris lebih kuat dan tahan lama. Namun, dibandingkan dengan bahan lainnya, penggaris kayu ini paling terpengaruh oleh kelembapan udara.

Rekomendasi Buku Tentang Penggaris

Berikut ini rekomendasi buku bacaan yang bisa Grameds baca tentang penggaris.

1. Alat Ukur dan Teknik Pengukuran (2021) karya Choesen Wawan Darmawan dan Daryanto

https://www.gramedia.com/products/alat-ukur-dan-teknik-pengukuran-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/alat-ukur-dan-teknik-pengukuran-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini memuat berbagai alat ukur dan cara teknik pengukuran. Buku ini ditulis yang berjumlah 10 Bab ini cocok dibaca Grameds untuk mengetahui alat ukur dan teknik pengukurannya.

2. Alat Ukur dan Teknik Pengukuran (2018) karya Philip Kristanto

https://www.gramedia.com/products/alat-ukur-dan-teknik-pengukuran?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/alat-ukur-dan-teknik-pengukuran?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini mengulik bagaimana alat ukur dan melakukan pengukuran yang cocok dibaca oleh mahasiswa teknik. Buku ini disajikan dengan ilustrasi gambar dan soal latihan untuk uji kemampuan pembaca.

3. Cara Praktis Melakukan Uji Validitas Alat Ukur Penelitian (2019) karya Michael Andreas Leman

https://www.gramedia.com/products/cara-praktis-melakukan-uji-validitas-alat-ukur-penelitian?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/cara-praktis-melakukan-uji-validitas-alat-ukur-penelitian?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini mencoba untuk memperkenalkan cara melakukan uji validitas alat ukur penelitian. Teori yang dijelaskan di buku ini sangat sederhana sehingga cocok dibaca oleh mahasiswa.

Demikian ulasan tentang harga penggaris dan beberapa cara memilih penggaris yang sesuai kebutuhan. Grameds bisa mendapatkan berbagai produk penggaris dan buku-buku terkait penggaris di Gramedia.com. sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Diki

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi