in

15 Gedung Tertinggi di Indonesia yang Paling Megah dan Mewah!

Gedung Tertinggi di Indonesia – Pada peradaban manusia yang sudah maju ini, tidak hanya ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga banyaknya gedung pencakar langit terutama di wilayah perkotaan. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja kok, tetapi juga di banyak negara yang ada di dunia ini.

Bagi sebagian orang, gedung pencakar langit itu memang menjadi ikon kebanggaan nasional yang memperlihatkan adanya kehidupan modern dan dinamis. Apakah Grameds juga berpikir demikian?

Sayangnya, saat ini telah banyak dilakukan pembangunan gedung secara besar-besaran, sehingga menyebabkan banyaknya permasalahan sosial terutama kesenjangan sosial. Meskipun sebenarnya, pembangunan gedung bertingkat itu dapat dijadikan solusi sederhana untuk mengatasi keterbatasan lahan, khususnya di wilayah yang padat penduduknya.

Negara kita yang merupakan negara berkembang, ternyata memiliki banyak gedung-gedung pencakar langit. Bahkan ada pula yang memiliki ketinggian hingga 285 meter sehingga berada menduduki peringkat ke-10 sebagai gedung tertinggi di seluruh dunia! Wah, hebat sekali, ya! Kebanyakan, gedung-gedung tertinggi di Indonesia ini dijadikan sebagai perkantoran, mall, hotel, hingga tempat tinggal yang berupa apartemen. Lantas, apa saja gedung tertinggi yang ada di Indonesia ini? Yuk simak ulasan berikut ini supaya dapat menjadi pengetahuan baru.

Gedung Tertinggi di Indonesia

15 Gedung Tertinggi di Indonesia

1. Autograph Tower

Gedung Tertinggi di Indonesia
https://asiatoday.id/

Gedung tertinggi di Indonesia yang menempati posisi pertama adalah Autograph Tower dengan ketinggian sekitar 385 meter dan 75 lantai. Sebenarnya, gedung yang merupakan bagian dari proyek pembangunan kompleks Thamrin Nine ini belum dapat digunakan oleh manusia, sebab masih dalam tahap penyelesaian. Autograph Tower ini terletak di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta yang rencananya akan digunakan sebagai fasilitas perkantoran, ritel, hotel, olahraga, hingga hiburan. Pengembang dari kompleks gedung tertinggi ini adalah Putragaya Wahana alias PGW yang juga pengembang dari UOB Plaza.

Dilansir dari indonesiaexpat,  menurut direktur PT Putragaya Wahana Nevins Lie, nantinya Autograph Tower akan menjadi gedung tertinggi di wilayah Indonesia. Kehadirannya pun secara resmi dapat mengambil predikat dari Gama Tower yang berada di Kuningan sebagai gedung tertinggi di Indonesia. Sedikit trivia saja nih, dalam proyek pembangunan kompleks Thamrin Nine ini, apabila sudah mencapai tahap finishing, maka akan terdapat 2 gedung tertinggi sekaligus yakni Autograph Tower dan Luminary Tower.

2. Luminary Tower

Gedung Tertinggi di Indonesia
https://www.skyscrapercenter.com/

Gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Luminary Tower yang juga termasuk dalam bagian proyek pembangunan kompleks Thamrin Nine. Sama halnya dengan Autograph Tower, gedung tertinggi ini juga belum selesai pengerjaannya. Apabila Autograph Tower berada di tower 1, maka Luminary Tower akan berada di Tower 2 dengan ketinggian sekitar 304 meter dan 62 lantai.

Gedung menara ini rencananya akan ditempati oleh Park Royal Hotel dan Park Royal Serviced Suites yang merupakan perusahaan manajemen hotel oleh Tokyu Group dari Jepang.

3. Gama Tower

Gedung Tertinggi di Indonesia
https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Saat ini, Gama Tower masih menduduki peringkat gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 285 meter (sekitar 935 kaki) dan 64 lantai. Gedung tertinggi ini merupakan bangunan perkantoran dan hotel yang terletak di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Sejak tahun 2016 hingga 2022 ini, Gama Tower telah dianggap sebagai gedung tertinggi di Indonesia. Tahun 2011 merupakan tahun dimulainya konstruksi pada gedung tinggi ini dan selesai pada tahun 2016. Anggaran biaya konstruksinya pun mencapai Rp2 triliun!

Gama Tower yang dijadikan sebagai bangunan perkantoran ini menerapkan adanya konsep bangunan hijau, sehingga pernah memperoleh sertifikat Greenship Gold. Tidak hanya untuk perkantoran saja, tetapi juga difungsikan sebagai hotel, tepatnya adalah Hotel Westin yang berada di bawah naungan Starwood Hotels & Resorts dari Amerika Serikat.

4. Treasury Tower

Gedung Tertinggi di Indonesia
https://www.cushmanwakefield.com/

Gedung tertinggi di Indonesia ke-4 diduduki oleh Treasury Tower yang terletak di area kompleks District 8, SCBD, Jakarta Selatan. Ketinggiannya mencapai 279 meter dan dianggap sebagai gedung tertinggi kedua di Indonesia (berhubung saat ini, Autograph dan Luminary Tower belum diresmikan). Seluruh gedung di Treasury Tower ini difungsikan sebagai tempat perkantoran.

The Architecture of Love | Di balik Pena

5. Trinity Tower

Gedung Tertinggi di Indonesia
https://www.cushmanwakefield.com/

Trinity Tower atau yang kerap disebut sebagai Daswin Office Tower ini terletak di persimpangan Jalan Rasuna Said dan Jalan Prof. Dr. Satrio di Jakarta. Keseluruhan gedung dari Trinity Tower ini digunakan sebagai perkantoran, ritel, dan multi-fungsi di lantai bawahnya. Pengembang dari gedung tertinggi di Indonesia ini adalah PT Windas Development dan pembangunan dimulai pada tahun 2018 lalu.

6. Wisma 46

Gedung Tertinggi di Indonesia

Wisma 46 didapuk sebagai gedung tertinggi di Indonesia sejak tahun 1996 hingga 2015 lalu, kemudian “dikalahkan” oleh Gama Tower. Menggunakan gaya arsitektur pasca-modern, gedung Wisma 46 ini terletak di kompleks Kota BNI di Jakarta Pusat dengan luas sekitar 15 hektar dan tinggi 262 meter.

Keseluruhan lantai di gedung Wisma 46 ini difungsikan sebagai area kantor, restoran, dan bank. Pada lantai 1 dan 2, digunakan sebagai tempat bank, kafe, dan beberapa restoran terkenal seperti KFC dan Starbucks Coffee. Sementara itu pada lantai lainnya digunakan sebagai area perkantoran beberapa perusahaan besar, sebut saja ada Mandom, Spire Indonesia, dan Nikon.

7. Menara Astra

Gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Menara Astra yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kav 5 dan difungsikan sebagai area perkantoran. Proyek pembangunannya dimulai pada tahun 2014 dan selesai pada tahun 2019, dengan anggaran biaya mencapai Rp8 triliun. Menara Astra ini memiliki ketinggian sekitar 261 meter dengan 63 lantai yang juga terdapat sebuah landasan helikopter tepat di atas menaranya.

8. Hotel Raffles Jakarta

Pada urutan ke-8 gedung tertinggi di Indonesia, ada Hotel Raffles Jakarta yang merupakan hotel bintang 5 dengan ketinggian mencapai 253 meter dan 52 lantai. Sebenarnya, bangunan hotel tertinggi ini terletak di Ciputra World Jakarta yang merupakan mega superblok di kawasan Jl. Satrio, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Sedikit trivia saja nih, Ciputra World Jakarta yang memiliki luas total 15 hektar ini dari Ciputra World 1 di kavling 3-5, Ciputra World 2 di kavling 11, dan Ciputra World 3 di kavling 4 dan 6. Masing-masing Ciputra World tersebut difungsikan sebagai area perkantoran, hotel, hingga pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue.

9. The Pakubuwono Signature

The Pakubuwono Signature ini disebut-sebut sebagai  gedung tertinggi di Indonesia yang difungsikan sebagai hunian masyarakat. Yap, The Pakubuwono Signature merupakan kompleks perumahan yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tingginya mencapai 252 meter dengan 52 lantai. Pada setiap lantainya, memiliki beberapa unit perumahan yang dianggap sebagai perumahan termahal di Indonesia.

10. Sahid Sudirman Center

Gedung tertinggi di Indonesia ke-10 ada Sahid Sudirman Center yang terletak di Jakarta Pusat dengan ketinggian 225 meter dan 59 lantai. Keseluruhan lantai dari gedung Sahid Sudirman Center ini digunakan sebagai area perkantoran. Itulah mengapa, lokasi dari gedung tertinggi ini berada di kawasan Segitiga Emas Jakarta yang sekaligus sebagai kawasan finansial utama di kota Jakarta.

Untuk mencapai gedung Sahid Sudirman Center ini pun cukup mudah karena lokasinya yang strategis, baik menggunakan jalur bus transjakarta maupun MRT.

11. Sinarmas MSIG Tower

Gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Sinarmas MSIG Tower dengan ketinggian sekitar 245 meter dan 48 lantai. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kav-21, Jakarta Pusat. Sesuai dengan namanya, maka gedung ini difungsikan sebagai area perkantoran sekaligus kantor pusat dari perusahaan Sinarmas MSIG yang merupakan perusahaan asuransi jiwa di bawah naungan Mitsui Sumitomo Insurance.

Gedung Sinarmas MSIG ini juga dikenal dengan nama Chase Tower dan sudah beroperasi sejak tahun 2015 dengan total anggaran pembangunannya mencapai Rp1,5 triliun. Gedung pencakar langit sangat memperhatikan lingkungan, sehingga pembangunannya pun menggunakan konsep modern yang ramah lingkungan.

12. Menara BCA

Gedung Tertinggi di Indonesia

Menara BCA juga masuk dalam daftar gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 230 meter dan 56 lantai, terletak di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat. Sesuai dengan namanya, keseluruhan dari gedung ini tentunya menjadi kantor pusat dari Bank Central Asia (BCA).

Menara BCA terhubung dengan beberapa gedung besar lainnya, mulai dari Grand Indonesia Shopping Town, Kempinski Residences, Hotel Indonesia, dan pusat hiburan. Hal yang menarik dari Menara BCA ini tidak hanya pada ketinggiannya saja, tetapi juga ada restoran Skye di lantai paling atas yang sering dijadikan sebagai tempat menikmati matahari terbenam sekaligus langit malam perkotaan.

13. Menara Casa Domaine Tower 1

Gedung Tertinggi di Indonesia

Menara Casa Domaine Tower 1 ini dielu-elukan sebagai gedung hunian tertinggi di Indonesia ke-2 setelah The Pakubuwono Signature. Menara Casa Domaine Tower 1 berlokasi di Jalan K.H. Mas Mansyur Kav-1, Tanah Abang, Jakarta dengan ketinggian sekitar 230 meter dan 61 lantai.

Sementara itu pada Menara Casa Domaine Tower 2, memiliki tinggi yang lebih rendah yakni sekitar 210 meter dengan 57 lantai saja. Meskipun begitu, keduanya tetap masuk dalam daftar gedung tertinggi di Indonesia dengan beragam fasilitas, seperti kolam renang, paviliun yoga, ritel, dan lainnya.

14. Menara Kompas III

Gedung Tertinggi di Indonesia

Menara Kompas III ini sebenarnya masuk dalam kompleks Menara Kompas Multimedia yang berlokasi di Jalan Palmerah Selatan No.21, Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan luas sekitar 1,2 hektar. Pada kompleks Menara Kompas Multimedia ini terdiri dari 3 menara yang masing-masing memiliki ketinggian dan tanggal pembukaannya yang berbeda.

Pada Menara Kompas I tingginya sekitar 92 meter dengan 18 lantai, diresmikan buka pada tahun 2017. Lalu, pada Menara Kompas II tingginya sekitar 138 meter dengan 27 lantai, pembukaannya resmi pada tahun 2017 juga. Sementara itu, pada Menara Kompas III tingginya sekitar 226 meter dengan 52 lantai, diresmikan pada tahun 2018.

Sesuai dengan namanya, tentu saja Menara Kompas III ini adalah milik dari perusahaan Kompas Gramedia dengan adanya Harian Kompas, KG Gramedia, Tribun Network, hingga Kompas TV.

15. Menara BTPN

Gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya ada Menara BTPN yang berlokasi di Mega Kuningan, Jakarta dengan tinggi sekitar 223 meter dan 48 lantai. Keseluruhan lantai dari gedung Menara BTPN ini tentunya menjadi kantor pusat dari Bank BTPN yang merupakan anak usaha dari Sumitomo Mitsui Banking Corporation dan beberapa perusahaan lain. Proyek pembangunan gedung tertinggi ini dimulai pada tahun 2013 dan selesai pada tahun 2016.

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa gedung tertinggi di Indonesia yang rata-rata berada di ibukota Jakarta dan difungsikan sebagai area perkantoran serta hotel. Sebenarnya, masih ada banyak gedung tertinggi di Indonesia lainnya. Sebut saja ada Keraton at The Plaza, Telkom Landmark Tower 2, Equality Tower, hingga The Peak 1 dan 2 yang merupakan menara kembar tertinggi di negara Indonesia.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma