in

Mengenal 9 Pohon Terbesar Di Dunia serta Deretan Pohon Tertinggi!

nps.gov

Pohon Terbesar di Dunia – Pohon menjadi salah satu tumbuhan yang memiliki serat kayu yang terdapat di dalam batangnya, Pohon juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi. Pohon memiliki fungsi sebagai pemasok oksigen hingga pengendali bencana alam. Selain bermanfaat bagi manusia, pohon juga bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya seperti hewan yang bisa tinggal di dalam batang pohon.

Grameds pastinya bisa menemukan berbagai jenis pohon di sekitar tempat tinggal grameds atau di sekitar lingkungan grameds berada. Namun, apakah grameds pernah berpikir tentang pohon terbesar di dunia?

Saat ini, pohon terbesar di dunia sendiri bernama General Sherman dan sudah memiliki usia 2.300 hingga 2.700 tahun. Namun, tidak hanya General Sherman saja, masih ada banyak pohon terbesar di dunia yang mungkin akan membuat kamu kaget melihatnya.

Berikut adalah penjelasan mengenai pohon terbesar di dunia. Simak ulasan ini sampai habis, Grameds.

Pohon Terbesar di Dunia

1. The General Sherman Tree

Pohon Terbesar di Dunia
pinterest.com

General Sherman Tree adalah tumbuhan giant sequoia atau nama lainnya Sequoiadendron giganteum. Berdasarkan volume yang masih hidup hingga saat ini pohon ini tercatat sebagai pohon terbesar di dunia. Pohon ini memiliki diameter batang 11 meter, tinggi 83,8 meter dan volume 1487 meter kubik.

Pohon ini tumbuh di Giant Forest of Sequoia National Park in Tulare County, California, Amerika Serikat. Tidak hanya menjadi pohon terbesar di dunia, pohon ini juga menjadi salah satu pohon tertua di dunia dengan umur 2.300 hingga 2.700 tahun.

Selain itu, sebagai pohon terbesar di dunia, General Sherman Tree juga memiliki beberapa fakta dan rahasia menarik di antaranya:

  1. Pohon sequoia raksasa memerlukan iklim yang spesifik. Saking spesifiknya, ia hanya tumbuh secara alami di sebuah area sempit, sekitar 420 km di antara hutan konifer di sisi barat pegunungan Sierra Nevada, di ketinggian 1.500-2.000 mdpl (meter di atas permukaan laut).
  2. Pohon ini mampu mencapai umur 3.000 tahun.
  3. Cabang-cabangnya bisa berukuran raksasa, hingga berdiameter 2,5 meter.
  4. Kulit pohonnya bisa setebal 90 cm.
  5. Pohon-pohon sequoia pernah ditebang untuk industri kayu pada 1870-an. Namun, kayunya yang rapuh dan tidak bagus untuk perumahan dan industri membuat pohon-pohon ini sebagian besar terlindungi.
  6. Sequoia terbesar dan tertinggi adalah seukuran gedung 36 lantai.
  7. Beberapa sequoia raksasa yang langka, tumbuh hingga lebih 91 meter. Umumnya, pohon ini berdiameter 6 meter.
  8. Pohon sequoia tertinggi di dunia adalah Hyperion Tree, yakni pohon redwood pesisir yang tingginya 115 meter. Sementara pohon terbesar di dunia diukur dari volumenya adalah General Sherman.
  9. General Sherman tak hanya pohon terbesar di dunia yang masih hidup, namun juga organisme hidup terbesar di muka Bumi. Umurnya 2.100 tahun, berat 1.250 ton, tinggi 83 meter, dan keliling batang pohonnya mencapai 31 meter.
  10. Pohon sequoia raksasa adalah spesies pohon dengan rentang umur terpanjang di dunia. Pohon dengan umur terpanjang adalah pohon Alerce (Fitzroya cupressoides) yang bisa mencapai umur 5.000 tahun, dan pohon pinus Bristlecone.
  11. Pohon raksasa ini hanya bereproduksi lewat biji, yang kadang tidak tumbuh (dan tetap dalam cangkangnya) selama 20 tahun. Kebakaran hutan membantu membuka cangkang biji sequoia yang kemudian tumbuh di tanah sisa kebakaran itu.
  12. Uniknya, kesuksesan proses reproduksi pohon raksasa ini memerlukan sesuatu yang sangat luar biasa: setiap pohon hanya perlu memproduksi satu keturunan selama ribuan tahun hidupnya, agar spesies pohon ini tetap ada.

2. Grogan’s Fault

Pohon Terbesar di Dunia
pinterest.com

Pohon ini dikenal dengan nama Grogan’s Fault, Spartan atau Juggernaut. Pohon ini tumbuh di Redwood National Park, Amerika Serikat. Inilah pohon coast redwood (Sequoia sempervirens) dengan volume yang besar yang pernah ditemukan.

Grogan’s Fault juga bergelar pohon terbesar kedua di Jedediah Smith Redwoods State Park berdasarkan ukuran batang tunggal. Ukurannya hanya bisa dikalahkan oleh The General Sherman Tree.

3. T?ne Mahuta

Pohon Terbesar di Dunia
pinterest.com

Selanjutnya adalah pohon terbesar ketiga bernama T?ne Mahuta. Pohon ini adalah spesies pohon kauri (Agathis australis) yang berada di Hutan Waipoua, Northland, Selandia Baru. Pohon ini memiliki volume batang mencapai 516 meter kubik.

T?ne Mahuta juga dikenal dengan julukan God of the Forest atau Dewa Hutan, karena namanya terinspirasi dari dewa hutan dan unggas suku Maori. Pohon ini memiliki usia dengan perkiraan mencapai 1250-2500 tahun. Adapun yang membuat pohon ini lebih istimewa lagi adalah sisa hutan hujan subtropis purba yang pernah tumbuh di Semenanjung Auckland Utara.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Western Red Cedar

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Selanjutnya adalah pohon western red cedar atau nama latin Thuja Plicata yang merupakan tumbuhan asli endemik Amerika Utara yang tersebar di Amerika Serikat bagian utara dan juga Kanada yang ada di sepanjang pesisir barat.

Pohon ini memiliki ukuran mencapai tinggi mencapai 60-70 meter dan berdiameter 3-4 meter, dan ukuran terbesar pohon ini mencapai volume 449 meter kubik yang diberi nama Cheewhat Giant yang ada di British Columbia, Kanada.

5. Cheewhat Giant

Pohon Terbesar di Dunia
pinterest.com

Selanjutnya adalah pohon Cheewhat Giant, raksasa dari spesies Western red cedar (Thuja plicata) yang tumbuh di Pacific Rim National Park Reserve, Vancouver Island, British Columbia, Kanada. Pohon ini juga dikenal dengan nama Cheewhat Lake Cedar.

Cheewhat Giant pertama kali ditemukan pada 1988. Namanya diambil dari Danau Cheewhat yang ada di dekatnya. Ia juga tercatat sebagai Western red cedar terbesar yang masih hidup setelah Quinault Lake Cedar mati di 2016. Tinggi pohon mencapai 56 meter dan memiliki volume sebesar 450 meter kubik.

6. Still Sorrow

Pohon Terbesar di Dunia
pinterest.com

Selanjutnya adalah still sorrow yang berada dan tubuh di Tasmania, Victoria Australia. Tinggi pohon ini mencapai 84 meter dan memiliki volume sekitar 391 meter kubik. Pohon ini termasuk dalam spesies Eucalyptus Regnans di Australia Barat Daya.

Jenis pohon ini memiliki batang yang lebih tebal dan lebar. Kulit pohon berwarna abu-abu halus. Pohon Still Sorrow bisa menghasilkan bunga berwarna putih ketika musim dingin. Jenis bunga Still Sorrow termasuk bunga tertinggi di dunia.

7. Two Towers

Pohon Terbesar di Dunia
pixabay.com

Two Towers adalah pohon mountain ash (Eucalyptus regnans) dengan volume batang 358 meter kubik yang tumbuh di Tasmania, Australia. Lokasi tepatnya adalah Styx, Styx Valley. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 77 meter. Pohon ini ditanam sekitar tahun 1721 hingga 1821, jadi mungkin usianya sudah sekitar 300-400 tahun.

8. Red Creek Fir

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Selanjutnya adalah pohon coast douglas-fir (Pseudotsuga menziesii) yang diberi nama Red Creek Fir. Pohon ini berada di San Juan Valley, Vancouver Island, British Columbia, Kanada. Tanaman itu memiliki volume batang 349 meter kubik, menjadikannya pohon douglas fir sebagai salah satu pohon terbesar di dunia.

Sampai saat ini, Red Creek Fir belum mendapatkan perlindungan resmi dari pemerintah. Sejumlah proposal untuk menyematkan status ‘dilindungi’ pada pohon itu telah dilakukan, tetapi belum ada yang dikabulkan.

9. Queets Spruce

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Selanjutnya adalah pohon yang diberi nama Queets Spruce adalah spesies tanaman Sitka spruce (Picea sitchensis) yang tumbuh subur di Olympic National Park, Amerika Serikat.Pohon ini memiliki volume batang mencapai 337 meter kubik.

Pohon Queets Spruce ini tumbuh di lereng Pegunungan Olympic bagian barat yang disebut sebagai daerah paling basah di Amerika Serikat. Lokasi tumbuhnya di dekat bantaran Sungai Queets dan pertemuan Sungai Sams menjadikannya selalu subur. Karena itulah, pohon ini juga merajai spesiesnya dengan tinggi mencapai 75,59 meter.

Pohon Tertinggi di Dunia

Selain ada pohon terbesar, ada juga pohon tertinggi di dunia. Berikut adalah pohon tertinggi di dunia:

1. Hyperion

Pohon Terbesar di Dunia
pinterest.com

Pohon hyperion disebut sebagai pohon tertinggi di dunia. Kayu merah pantai yang luar biasa ini ditemukan pada tahun 2006. tingginya pohon ini bahkan memiliki puncak Sequoia sempervirens bahkan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Hyperion hidup dalam belantara kemegahan Taman Nasional Redwood, California. Kakek dari semua pohon ini juga hidup berdampingan dengan spesimen raksasa lainnya, seperti Helios dengan tinggi 374,3 kaki (114,1 meter), Icarus pada ketinggian 371,2 kaki (113,1 meter) dan Daedalus yang menjulang 363,4 kaki (110,8 meter).

2. Centurion

Pohon Terbesar di Dunia
detik.com

Centurion yang ditemukan di Arve Valley, Tasmania, Australia, adalah pohon dari Eucalyptus regnans yang diketahui paling tinggi. Abc.net.au bahkan mengklaim ketinggian pohon centurion melebihi 100 meter.

Centurion memegang rekor sebagai tanaman berbunga tertinggi dan pohon kayu keras paling tinggi di dunia. Sayangnya, pohon raksasa ini mendapat berbagai macam ancaman, seperti kebakaran hutan yang sering terjadi, dan penebangan liar.

3. Doener Fir

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Pohon ini adalah pohon dengan jenis cemara. Cemara ini diperkirakan mampu tumbuh hingga usia 450 sampai 500 tahun dan ditemukan pada sisi timur Coos County negara bagian Oregon. Namun sangat disayangkan karena penebangan yang merajalela membuat jumlah spesies ini menurun. Oleh karena itu, doerner fir termasuk dilindungi pada kegiatan penebangan.

Pohon dengan diameter 11,5 kaki ini tidak sebesar saudaranya jika diukur berdasarkan volume kayu, yaitu Red Creek di British Columbia dengan diameter 16,5 kaki, tetap tingginya hanya 232 kaki.

4. Raven’s Tower

Pohon Terbesar di Dunia
keluyuran.net

Pohon ini banyak ditemukan di Taman Negara Bagian Prairie Creek Redwoods California. Situs Wonder Mondo mengutip bahwa taman negara tersebut didirikan pada tahun 1920-an untuk melindungi hutan redwood dengan pohon-pohon yang sangat tinggi dan besar.

Kulit pohon mampu beradaptasi dengan iklim lembab dan berkabut. Pepohonan ditutupi dengan beragam lumut dan pakis. Pada ketinggian 50 meter, raven’s tower mengembangkan jaringan akar baru di cabangnya. Ini akan sangat membantu untuk pengangkatan nutrisi yang ekstrim dari akarnya dan membatasi ketinggian pohon.

5. Sequoia raksasa tanpa nama

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Beberapa sequoia raksasa langka (Sequoiadendron giganteum) tumbuh lebih dari 300 kaki, tetapi lingkar raksasanya yang membedakan. Sequoia biasanya berdiameter lebih dari 20 kaki dan lebarnya hingga 35 kaki. Ukuran raksasa tersebut membuat sequoia sungguh mengesankan dan menjadi salah satu pohon tertua. Pohon ini ditemukan di hutan Nasional Sequoia California.

Pohon Terbesar di Indonesia

Grameds, tidak hanya ada pohon terbesar di dunia, di negara kita juga ada loh pohon terbesar di Indonesia. Pohon ini adalah Ceiba Pentandra (kapok). berdasarkan pengukuran batang pohon, pohon ini memiliki ketebalan sebesar 28 meter. Pohon ini berada di Canggu, Bali.

Sedangkan pohon tertinggi di Indonesia berada di Semarang, Jawa Tengah. Jenis pohon Ficus Benjamina (Benjamin’s Fig) ini memiliki tinggi 29,70 meter.

Pohon Tertua di Dunia

Tidak hanya pohon terbesar dan pohon tertinggi di dunia, namun ada juga loh pohon tertua di dunia yang usianya sudah mencapai beribu ribu tahun. Berikut ini adalah pohon tertua di dunia.

1. Pohon Jomon Sugi

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Pohon Jomon Sugi ini diyakini sudah berusia antara 2.500 hingga 7.000 tahun loh. Beberapa teori dan berpendapat bahwa umur pohon tertua di Jepang ini telah mencapai sekitar 5.000 tahun. Hal ini didasarkan pada banyaknya lubang dan benjolan pada pohon ini.

Pohon Jomon Sugi ini memiliki lingkar batang 16,1 meter dan tumbuh tinggi mencapai 30 meter. Demi menjaga kelestariannya, pihak pengelola menyediakan dek kayu untuk melihat pohon ini dari jarak 10 meter. Oleh penduduk lokal, pohon ini memiliki kekuatan spiritual dan dijadikan simbol pulau Yakushima.

2. Pohon Hundred Horse Chestnut

Pohon Terbesar di Dunia
wikipedia.com

Selanjutnya adalah pohon hundred horse chestnut. pohon ini tumbuh di gunung Etna, Italia ini dan memiliki umur 2.000 hingga 3.000 tahun. Menurut legenda lokal, pada dahulu kala pohon ini digunakan untuk berteduh 100 orang kesatria berkuda ketika terjebak sebuah badai.

3. Pohon Jaya Sri Maha Bodhi

tripadvisor.com

Selanjutnya pohon tertua di Sri Lanka, pohon ini terletak di taman Mahamewnawa. Berdasarkan informasi, pohon ini ditanam pada 288 SM dan saat ini telah berumur lebih dari 2.300 tahun. Berdasarkan cerita rakyat menyebutkan bahwa pohon ini merupakan tempat Buddha mendapatkan pencerahan. Untuk tetap menjaga kelestarian pohon ini, sejak 2014 pemerintah Sri Lanka melarang pembangunan berjarak 500 meter dari lokasi tumbuhnya pohon.

4. Pohon The President

rimbakita.com

Selanjutnya adalah Pohon tua yang menjadi saksi bisu sejarah dan telah menjadi kebanggan masyarakat Amerika Serikat. Pohon ini telah mencapai usia 3.200 tahun dan tumbuh di Taman Nasional Sequoia. Pohon yang tumbuh mencapai ketinggian 75 meter dan lebar batang 8,2 meter ini menjadi pohon terbesar kedua di Amerika Serikat.

5. Pohon El Gran Abuelo

indozone.id

Pohon tertua selanjutnya berada di Chile yang berasal dari keluarga Patagonien Cypress ini tumbuh di Taman Nasional Costero, Pegunungan Andes. Usianya yang telah mencapai lebih dari 3.600 menjadi aset penting bagi Chile.

6. Pohon Sarv-e Abarkuh

wikipedia.com

Selanjutnya adalah pohon tertua di Asia bernama Pohon Sarv-e yang berada di Iran. Dikabarkan, pohon ini telah tumbuh sejak zaman perunggu dan saat ini telah berusia 4.000 hingga 5.000 tahun. Dengan tinggi mencapai 25 dan lebar 18 meter, pohon ini terlihat rindang dibanding pohon lainnya. Legenda setempat percaya, bahwa pohon ini ditanam oleh penganut Zoroaster pada 2000 SM.

7. Pohon Llangernyw Yew

wikipedia.com

Pohon ini berusia 4.000 hingga 5.000 tahun. Akan tetapi, menurut laporan terbaru akar pohon tertua di Wales ini telah hilang dan hanya meninggalkan cabang-cabang besar. Pohon ini berada di pekarangan gereja dan menurut cerita lokal menjadi tempat roh kuno bernama “Angelystor”.

8. Pohon Methuselah

pinterest.com

Selanjutnya adalah pohon yang berada di Hutan Nasional Inyo yang diduga berumur lebih dari 4.800 tahun. Nama pohon ini diambil dari tokoh Al Kitab bernama Methuselah yang merupakan anak dari Henoch dan kakek Nuh.Pohon ini sekarang berada di California USA.

9. Pohon The Sisters

pinterest.com

Meski pohon yang menjadi simbol negara Lebanon adalah pohon cedar, namun di negara ini kita juga dapat menemukan pohon tertua di dunia. Pohon zaitun yang berjumlah 16 ini dikenal dengan nama “the sisters olive tree of noah”. Usianya diperkirakan telah mencapai 5.000 hingga 6.000 tahun.

10. Pohon Old Tjikko

wikipedia.com

Pohon ini dianggap sebagai pohon tertua di dunia yang umurnya telah mencapai 9.500 tahun. Para peneliti menemukan pohon ini pada 2004 di semak-semak hutan pegunungan Swedia pada ketinggian 910 mdpl. Meski tinggi pohon ini hanya 4 meter, namun berdasarkan penelitian akar pohon, ternyata pohon Old Tjikko dinobatkan menjadi pohon tertua saat ini.

Nah, itu dia grameds penjelasan mengenai pohon terbesar di dunia, pohon tertinggi di dunia, dan pohon tertua di dunia. Apakah grameds tertarik untuk mengunjungi salah satu pohon ini saat grameds jalan-jalan? Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus bisa menambah wawasan kamu.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang alam atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Tumbuhan Langka di Indonesia dan Fotonya
  2. 22 Jenis Tanaman Dalam Ruangan/Tanaman Indoor
  3. Mengenal Bentuk, Kriteria, dan Jenis Tanaman Bonsai 
  4. Jenis-Jenis Kayu Beserta Karakteristik dan Manfaatnya 
  5. Jenis Tanaman Porang, Ini Penjelasan Lengkapnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.