in

14 Game Offline Terbaik Gratis di Smartphone Android, Hemat Kuota!

unsplash.com

Game Offline – Jika bicara tentang kebutuhan penggunaan smartphone bisa dibilang bukan hanya sekadar digunakan untuk berkomunikasi saja, tetapi juga digunakan untuk bermain game. Dengan smartphone, seseorang bisa bermain game yang disukainya, sehingga waktu luang pun menjadi tidak terasa membosankan. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang menjadikan bermain game sebagai hobi.

Kebanyakan game smartphone sendiri memang membutuhkan konektivitas internet untuk berbagai macam, mulai dari update hingga bermain dengan pemain lainnya secara online. Namun, terkadang kamu juga dihadapkan pada situasi yang tidak memungkinan untuk bermain game online, sehingga kamu harus bermain game offline.

Jika kamu masih bingung untuk mencari game offline yang sangat seru dan bisa membunuh waktu luang yang membosankan, maka bisa simak artikel ini Grameds.

Rekomendasi Game Offline

Berikut ini game offline yang bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang.

1. Limbo

Game Offline
play.google.com

Pernahkah kamu mendengar soal Limbo? Hal ini merupakan permainan yang secara eksklusif hadir di Xbox. Beberapa tahun kemudian, game ini akhirnya hadir di berbagai platform termasuk diantaranya Android.

Game Limbo ini merupakan game dengan genre horor dan desain game-nya yang cukup menarik, yaitu berwarna hitam dan putih. Tidak ada teks serta suara pemeran di sepanjang permainan. Kamu dapat mencari tahu sendiri ke mana arah permainan serta ceritanya dan ternyata disitulah letak keseruannya.

Agar dapat menikmati Limbo secara maksimal, kamu sangat disarankan untuk memainkannya secara berkali-kali. Game Limbo ini bisa kamu beli dengan harga Rp49.900 di Google Play Store.

2. Grand Mountain

Game Offline
play.google.com

Senang bermain olahraga ekstrem di gunung bersalju? Jika iya, kamu bisa bermain game menyukai Grand Mountain Adventure. Hal ini karena kamu kemudian akan dibawa ke tujuh gunung tinggi. Selain itu, terdapat 100 lebih tantangan yang tersebar di gunung-gunung ini, sehingga kamu dapat bermain snowboard hingga ski di Grand Mountain Adventure. Grand Mountain Adventure juga dapat dimainkan secara gratis dengan iklan. Ada In-app purchase mulai dari Rp31.000 – Rp119.000.

3. Civilization VI

Game Offline
play.google.com

Game populer PC ini akhirnya hadir pula pada platform mobile, tepatnya di Android. game ini dirilis pada tahun 2020 silam, tetapi tetap layak untuk masuk ke daftar game offline Android terbaik! Aspyr Media, sang developer kemudian membawa sensasi Civilization VI secara keseluruhan ke dalam game versi mobile ini.

Dengan kata lain, kamu kemudian akan menemukan peta, wilayah, kota, serta AI yang sama dengan versi PC. Ketika memainkan game ini, maka smartphone kamu akan bekerja lebih keras karena membutuhkan kekuatan penuh.

Menariknya lagi, Aspyr Media kemudian memberikan trial 60 aksi gratis bagimu. Jadi, kamu dapat menjajal terlebih dahulu game ini sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Civilization VI, seperti namanya, merupakan permainan pengembangan suatu negara. Kamu juga akan diminta untuk memerintah sebuah negara dalam mengembangkan menjadi negara terkuat.

Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan segi politik, budaya, pendidikan, serta ekonomi. Bahkan kamu bisa barter dengan negara lain juga akan dimungkinkan. Civilization VI ini dapat dimainkan secara gratis dengan 60 aksi (60 gerakan). Setelah itu terdapat juga In-app purchase antara Rp14.000 sampai Rp.289.000.

4. Castlevania: Symphony of the Night

Game Offline
play.google.com

Castlevania: Symphony of the Night merupakan salah satu game klasik terbaik dari Konami dan game ini telah dirilis juga di Android! Game ini sendiri dirilis pada tahun 2020 dan mengejutkan banyak orang. Oleh karenanya, menjadi sangat wajar jika ia kemudian masuk ke daftar game offline Android terbaik.

Belum pernah bermain Castlevania: Symphony of the Night? Intinya, game ini merupakan permainan platformer 2D. Permainan yang tak berjalan linear. Dengan kata lain, kamu akan diminta mengeksplorasi untuk bisa menamatkan permainan. Meski masuk ke dalam seri klasik, tetapi kamu butuh waktu yang lumayan panjang untuk kemudian menyelesaikan misi utama. Setidaknya, kamu juga membutuhkan waktu selama delapan hingga sembilan jam.

Untungnya, Castlevania: Symphony of the Night kemudian dapat dimainkan secara offline, sehingga kamu bisa bermain di mana saja. Di Google Play Store Indonesia, Castlevania: Symphony of the Night dapat dibeli dengan harga Rp49.000.

5. Stardew Valley

Game Offline
id.wikipedia.org

Jika ditanya mengenai game bertani, mungkin, sebagian besar dari kamu akan menjawab Harvest Moon? Namun di beberapa tahun belakangan, game Stardew Valley kemudian muncul untuk mengganggu dominasi Harvest Moon.

Meski begitu, game Stardew Valley juga telah hadir di HP berbasis Android! Stardew Valley sendiri banyak dinobatkan sebagai salah satu game simulasi pertanian terbaik, lengkap dengan unsur RPG. Dalam game ini, kamu akan menanam, memancing, berkomunikasi, hingga akhirnya ladang kamu berjaya. Salah satu pesona dari Stardew Valley diantaranya pada grafis retronya. Ia juga sangat ringan untuk dimainkan. Kamu dapat membeli Stardew Valley dengan harga Rp119.000.

6. Minecraft

Game Offline
en.wikipedia.org

Pernah bermain Minecraft di PC? Saat ini, kamu sudah bisa memainkan game favorit ini di smartphone Android! Ya, kamu sudah tak perlu lagi menyalakan PC, karena kamu dapat memainkan Minecraft di mana serta kapan saja melalui HP!

Sama seperti versi PC, kamu akan membangun dunia sepuasmu dalam mode creative ataupun membangun bangunan, menambang, mengalahkan karakter jahat, dan lain sebagainya dalam mode survival. Tak hanya itu, kamu juga harus membayar untuk mengunduh serta memainkan game ini sebesar Rp 99.000. Terdapat juga in-app purchase untuk skin dalam game.

7. Crossy Road

Game Offline
gamemonday.com

Apakah kamu tengah mencari game offline Android terbaik dengan harga gratis? Maka game ringan berjudul Crossy Road ini dapat menjadi pilihan. Game ini memiliki grafis dan mekanik yang sederhana, namun dijamin akan membuatmu ketagihan.

Di game ini kamu akan bertugas memandu karakter ayam untuk menyeberang jalan yang sangat ramai. Kamu juga akan menghindari mobil, sungai, hingga kereta! Jika akhirnya tertabrak, maka permainan akan berakhir dan harus memulainya dari awal.

Seiring dengan berjalannya permainan, kamu juga bisa mendapatkan hingga 150 karakter, sehingga tidak karakter ayam saja yang dapat kamu mainkan. Permainan ini tidak ada tamatnya. Tujuanmu adalah mendapatkan nilai ataupun skor yang tertinggi.

8. Eternium

Game Offline
play.google.com

Ingin bermain game offline gratis dengan genre action RPG? Maka game ini adalah pilihannya, Eternium. Ketika bermain game ini, dijamin kamu kemudian akan ketagihan dalam memainkan permainan tersebut.

Di game Eternium, kamu bisa menjelajah ke berbagai dunia, berkelahi dengan menggunakan sihir, mengalahkan musuh dan masuk ke dalam dungeon untuk dapat mencari harta karun. Jangan takut kehabisan ide untuk dapat melakukan sesuatu di Eternium. Pasalnya, game ini akan dibekali dengan berbagai cerita yang menarik, banyak loot yang dapat dikumpulkan, dan banyak hal menarik lainnya.

Kamu juga tak butuh internet untuk memainkan game ini. Meski demikian, kamu tetap membutuhkan internet untuk update game tersebut, sehingga kamu bisa memainkan game ini dalam versi terbarunya.

9. Assassin’s Creed Pirates

Game Offline
serbacara.com

Salah satu waralaba game yang paling menarik di dunia hadir dari Ubisoft hadir dalam platform ini, jangan salah sangka sebab permainan ini sama serunya seperti dengan waralaba Assassins Creed lainnya.

Game ini juga telah diunduh sebanyak 10 juta kali serta memberikanmu pilihan bermain sebagai kapten mudah bajak laut, serta membangun kru kapal, bertempur melawan kapal lainnya, juga mengeksplorasi laut Karibia.

10. Beach Buggy Racing

Game Offline
play.google.com

Vector Unit Game ini akan membawa kamu untuk menjelajahi petualangan balap liar off-road yang kemudian akan membuat kamu tergila-gila. Bahkan, kamu juga akan dihadapkan kepada pebalap-pebalap lainnya yang sama gilanya lengkap dengan berbagai kemampuan mereka yang unik-unik.

Selain itu, kamu juga dapat memilih berbagai macam variasi mobil mulai dari buggies hingga monster truck dan melengkapinya dengan berbagai macam senjata diantaranya Dodgeball Frenzy, Fireball, hingga Oil Slick untuk kemudian membuat sesi balapannya menjadi semakin liar.

11. Pocket City

Game Offline
play.google.com

Gemar bermain Simcity? Kamu bisa memainkan game Pocket City atau bahkan bisa menjadi kegemaran baru bagimu. Pasalnya, game ini seperti membangun jalan, bangunan, serta berbagai hal yang kemudian dibutuhkan oleh sebuah kota.

Oleh karena itu, game ini sekilas mirip dengan game Simcity, yang di mana kamu akan diminta untuk mengembangkan sebuah kota. Oleh karenanya, kemampuan kamu dalam mengatur pendapatan untuk kas kota menjadi sangat dibutuhkan dalam permainan Pocket City.

Versi gratis dari Pocket City ini mengizinkanmu bermain membangun kota seperti biasanya, namun akan diselingi juga oleh iklan. Sementara itu, versi berbayar kemudian akan menambahkan beberapa fitur baru, seperti diantaranya mode sandbox, dan, tentunya, menghilangkan iklan.

12. Kingdom Rush Vengeance

gameloop.com

Ingin bermain game dengan genre tower defense? Kingdom Rush Vengeance dapat menjadi salah satu game offline dengan genre tower defense. Dalam game ini, kamu juga akan membangun tower dan mengalahkan musuh yang lewat pada jalur tower.

Kingdom Rush Vengeance ini akan dibekali dengan berbagai jenis tower untukmu explore kemampuannya, 16 tingkatan, 35 musuh, serta 30 upgrade, dan lebih dari 50 achievements. Terlebih lagi, game ini juga dapat kamu mainkan secara offline. Hanya saja, kamu harus membayar game ini seharga 5 dollar AS.

13. Alto’s Odyssey

play.google.com

Bagimu yang suka game dengan kualitas grafis mumpuni, maka game Alto’s Odyssey ini dapat menjadi jawabannya. Sekuel dari Alto’s Adventure ini sendiri dirilis pertama kali untuk iOS pada awal tahun 2018 kemarin. Namun, bagi para pengguna Android tak perlu kecewa karena game ini juga dirilis di sistem operasi kesayanganmu.

Game ini dapat kamu download secara gratis lho. Di Alto’s Odyssey kamu akan disuguhkan dengan permainan papan seluncur. Bila di Alto’s Adventuremu meluncur di atas salju, maka di Alto’s Odyssey kamu juga akan meluncur di gurun pasir.

14. Infectonator

play.google.com

Suka game yang bertemakan zombie? Kamu bisa memainkan game ini, yaitu game Infectonator. Game offline ini sendiri merupakan game buatan anak bangsa lho. Berbeda dengan game zombie pada umumnya, dimana kita akan berperan sebagai seorang survivor ataupun sebagai penyintas, di game ini justru kita akan berperan sebagai zombie yang akan menyebarkan virus.

Kamu juga dapat memilih negara dan kota mana yang akan kamu serang. Adapun daftar negara dan kota yang ada pada game ini, diantaranya adalah Beijing, Singapura, dan tak ketinggalan Jakarta.

Demikian di antara 14 game offline terbaik yang bisa dimainkan untuk menghabiskan waktu luang dan menghilangkan rasa bosan. Jadi dari semua rekomendasi game offline di atas, mana yang paling kamu suka?

Buku-Buku Terkait

1. Panduan Lengkap: Membuat Game Augmented Reality (AR) dengan Unity 3D

Teknologi AR merupakan salah satu yang sedang ramai dikembangkan dan diterapkan di smartphone yang mendukung AR. AR memberi dampak positif dengan potensinya yang dapat memproyeksikan objek seperti teks, gambar, video, dan objek 3D di dunia nyata. Buku Membuat Game Augmented Reality (AR) dengan Unity 3D ini dapat memberikan informasi yang jelas dan terurut untuk membantu pembaca dalam memahami dan mempraktikkan cara membangun sebuah permainan berteknologi AR. Buku ini akan menjadi referensi yang baik untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan sejenisnya. Selain itu, buku ini juga dapat menjadi referensi bagi pecinta game yang ingin mencoba membuat game sendiri.

2. Belajar Coding: Game dan Animasi

Kalau kamu ingin selangkah lebih maju di dunia digital sekarang ini, kamu perlu memahami komputer. Pernahkah kamu ingin membuat sendiri game komputer? Sekarang kamu bisa! Pelajari bagaimana membuat karakter dan membuat animasinya berlari, melompat, dan bahkan menari! Rancang tingkatan gamemu dan ciptakan sebuah sistem penilaian – semua menggunakan kode komputer. Temukan cara debug gamemu dan terbitkan sehingga siap untuk dimainkan. Kalau sudah, cobalah kemampuanmu yang baru di situs terkait. Ayo, membuat game!

3. Dear Parents: Gamers Juga Bisa Sukses

Berbagai macam kiat dan strategi sudah dipaparkan para ahli tentang bagaimana menghadapi fenomena kecanduan dan kegilaan pada game. Namun banyak orang tua tetap resah karena kegilaan anak pada game tidak berubah. Penulis buku ini adalah seorang pecandu game akut yang terbebaskan, dan kini sukses dalam kehidupannya. Buku ini menjadi pembeda, karena ditulis oleh seorang pelaku yang juga sangat menggilai ilmu teknologi pikiran bawah sadar. la mengungkap rahasia bagaimana menerapkan strategi dalam permainan game, dan menggunakannya untuk meraih sukses dalam kehidupan. Hal yang jarang kita temui di buku parenting gamers lainnya. Sebuah buku parenting dan pengembangan diri yang layak dibaca, baik oleh orangtua, anak-anak, maupun seorang gamer.

4. Kecanduan Game Online: Telaah Hasil Penelitian I

“Kontennya edukatif dan disampaikan secara menarik sehingga mudah dipahami. Penting dibaca, terutama bagi para orang tua, agar kita bisa mengenali dan meminimalisasi dampak kecanduan game online pada anak-anak yang mungkin tidak pernah disadari sebelumnya.” Sheila Timothy, Produser Film “…Seperti yang dipaparkan buku ini, game bukan hanya memiliki aspek bisnis dan karier, tapi juga aspek psikologis yang sangat serius. Bagi saya, membaca buku ini memberi saya bekal yang sangat berguna untuk menjadi orang tua di era digital seperti sekarang.” Ernest Prakasa, Komedian/Sutradara/Penulis/Aktor* “Dalam hal kecanduan game online, buku ini memberikan pemahaman baru dan menjadi penting bagi pelaku serta orang-orang di sekitarnya untuk mendapat panduan dalam menghadapi fenomena game online yang akan selalu berkembang di era perubahan ini.” Darius Sinathrya, Aktor/Produser/Presenter

5. Cookie Run Sweet Escape Adventure! – Escape Game Science

Apa kalian pernah bermain di escape room? Atau pernahkah kalian menonton film dengan tema melarikan diri? Saat melarikan diri, dibutuhkan wawasan, kemampuan memecahkan masalah, dorongan membuat keputusan dan keberanian. Semua itu dapat menjadi hal penting dalam menganalisis situasi saat kita diharuskan untuk melarikan diri. Ikutilah perjalanan para cookie menggemaskan yang menggunakan berbagai macam cara untuk mencoba melarikan diri dari bahaya!

Jika kamu ingin berbagai macam buku tentang teknologi, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Gacha? Ini Asal Mula, Game Gacha, hingga Mekanismenya! 
  2. 15 Permainan Tradisional Seru yang Perlu Kamu Coba 
  3. 15 Permainan Anak Zaman Dulu yang Asyik Dimainkan Sekarang 
  4. Review Novel The Name of The Game: Kenali Toxic Masculinity 
  5. Sinopsis & Review Novel The Hating Game 
  6. Review Novel Game Over Karya Valerie Patkar 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda