in

18 Rekomendasi Drama Korea Kerajaan Terpopuler Versi IMDb!

tvN

Drama Korea Kerajaan – Seperti halnya acara televisi di negara kita, drama Korea hadir dalam berbagai genre. Beberapa penggemarnya mungkin lebih condong ke drama korea thriller atau seri kriminal. Atau, romansa yang sangat kental dan membuat kita ikut malu sendiri.

Ada pula, penggemar drama Korea yang berlatar sejarah dan menjelaskan periode waktu tertentu di masa lampau. Dalam artikel Gramedia kali ini, kami akan mengulas drama-drama Korea Kerajaan sekaligus berlatar sejarah yang layak untuk ditonton!

Rekomendasi Drama Korea Kerajaan Populer

Berikut tiga contoh drama Korea kerajaan atau sejarah yang populer dalam beberapa tahun dan sukses membuat penontonnya gagal move on:

1. The King: Eternal Monarch

Drama Korea Kerajaan
Asianwiki

Belum tahu tentang drama yang satu ini? Sayang sekali. The King: Eternal Monarch ialah drama romansa yang menggambarkan dua dunia paralel, yakni Korea seperti yang ada sekarang dan dunia Korea dengan pemerintahan konstitusional monarki.

Ceritanya berawal dari seorang adik tiri bernama Lee Lim yang ingin merebut Manpasikjeok dari kakak tirinya, sang raja Corea, dan anaknya. Manpasikjeok sendiri merupakan sebuah seruling yang punya kekuatan membuka pintu dunia paralel.

Kala itu, manpasikjeok terbelah menjadi dua dan bagian pertamanya direbut oleh Lee Lim yang melarikan diri. Sementara itu, bagian keduanya disimpan oleh Putra Mahkota Lee Gon yang secara langsung menyaksikan kematian ayahnya.

Pada momen itu, Gon menemukan benda asing yang tak selayaknya berada di TKP: yakni lanyard kartu nama polisi bernama Jung Tae-eul, yang rupanya merupakan polisi dari dunia paralel lainnya, yakni Republik Korea. Sejak itulah, keduanya memiliki keterkaitan dan pada akhirnya menjalin kisah di satu waktu.

2. Kingdom

Drama Korea Kerajaan
Netflix

Serial Kingdom diadaptasi dari web komik dengan judul “Land of the Gods” milik Kim Eun-hee. Seri yang pertama kali diterbitkan pada Juli 2015 oleh RHK ini terdiri atas 2 musim.

Berlatar pada zaman Joseon, Korea abad pertengahan, drama Kingdom menceritakan seorang putra mahkota bernama Lee Chang yang dikirim untuk misi bunuh diri demi menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh negeri.

Ketika ia mengetahui bahwa wabah tersebut ialah wabah yang sangat mengerikan dan menciptakan zombie, kebenaran itu pun mengancam kerajaan.

3. Alchemy of Souls

Drama Korea Kerajaan
Allkpop

Hwanhonsool, yakni jiwa yang mati kembali ke yang hidup. Istilah tersebut menjadi hal yang sangat penting dalam drama ini. Nasib orang-orang “terpelintir” karena hal tersebut dan jiwa-jiwa menempati tubuh yang bukan milik mereka karena keserakahan.

Latarnya di Negara Daeho. Seorang bangsawan bernama Jang Uk yang merupakan anak dari tokoh penyihir tersohor, Jang Gang, menyimpan rahasia yang tidak menyenangkan terkait kelahirannya yang menjadi gosip di seluruh negeri.

Ia digambarkan sebagai sosok pembuat onar yang sengaja tidak bisa menggunakan energi sihirnya karena pintu energinya ditutup oleh ayahnya. Jang Uk kemudian secara kebetulan bertemu Mu-deok yang merupakan pemindah jiwa karena di tubuhnya terdapat jiwa Naksu, pembunuh bayangan yang jiwanya terperangkap di tubuh Mu-deok yang lemah.

Mu-deok pun menjadi pelayan Jang Uk, yang kemudian tahu bahwa ia adalah Naksu dan memintanya menjadi gurunya agar kelak bisa menggunakan kekuatan sihir yang terkunci.

Visual dalam drama ini banyak dinilai menakjubkan, pemerannya juga all-star. Beberapa waktu lalu, drama ini telah menyelesaikan musim pertamanya dengan lebih dari 20 episode, yang memberi kita rasa penasaran karena banyaknya hal yang nanggung di episode terakhir.

tvN telah mengumumkan adanya “Alchemy Of Souls” musim kedua yang akan tayang sekitar Desember 2022.

15 Drama Korea Kerajaan Terbaik Versi IMDb

Setelah tahu beberapa drama korea kerajaan yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan populer dengan cukup lama, mari kita kupas berbagai drama latar sejarah atau kerajaan terbaik menurut penilaian dari IMDb (Internet Movie Database)!

1. Six Flying Dragons (2015) – 8.9

imdb.com
imdb.com

Sebagai drama dengan rating tertinggi K-drama, “Six Flying Dragons” dilihat sebagai prekuel dari “Deep Rooted Tree”. Hal ini dikarenakan alur cerita yang fokus pada karakter fiksi nyata dan fondasi mereka dalam kebangkitan Dinasti Joseon.

Drama ini fokus pada karakter Yi Bang-won, seorang pangeran dan calon raja yang membantu ayahnya mendirikan dinasti. “Six Flying Dragons” punya segalanya, mulai dari naik turunnya karakter, urutan aksi yang menarik, drama, dan konflik politik yang memikat.

2. Mr. Sunshine (2018) – 8.7

imdb.com
imdb.com

Aktor Lee Byung-hun sebagai Eugene Choi dan aktor Kim Tae-ri sebagai Go Ae-shin berperan dalam drama terkenal ini. Mr.Sunshine menjadi favorit di antara penggemar K-drama karena termasuk melodrama, mengisahkan cinta segitiga yang memukau, dan penggunaan fakta sejarah yang luar biasa.

Tak heran jika para fans memuji penggambaran sejarah yang akurat serta pengaturan periode waktunya. Tidak seperti drama lainnya, drama ini berlatar sebelum Aneksasi Jepang di Korea pada akhir 1800-an.

Seorang Eugene Choi yang pernah menjadi budak, melarikan diri ke Amerika Serikat dan menjadi Korps Marinir. Lalu, ia kembali ke Joseon dalam sebuah misi, tetapi justru jatuh cinta pada cucu seorang bangsawan yang bukan bangsawan biasa karena menyembunyikan identitasnya sebagai bagian dari tentara.

3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016) – 8.7

Drama Korea Kerajaan
id.wikipedia.org

Drama ini ditujukan untuk para penggemar yang menginginkan sedikit fantasi dan perjalanan waktu yang terkait dengan romansa historis. Drama ini rata-rata berjalan dengan baik tetapi memperoleh kesuksesan massal di luar negeri, sebagian karena penonton sudah terbiasa karena ini adalah remake dari pertunjukan Cina.

Dalam K-drama pertukaran tubuh ini, seorang wanita berusia 25 tahun dibawa ke tahun 941 dan bertemu dengan pangeran dari keluarga Wang.

Drama ini kental akan cinta segitiga, pria baik dan anak nakal. Tokoh wanita jatuh cinta pada salah satu pangeran yang baik hati tetapi juga terpikat oleh pangeran lain yang menyembunyikan wajahnya dengan topeng. Di antara cinta, dia menemukan dirinya di antara politik istana yang berbahaya dan persaingan untuk tahta.

4. Queen Seondeok (2009) – 8.6

asianwiki.com
asianwiki.com

Queen Seondeok masih dianggap sebagai salah satu K-drama bersejarah dengan peringkat tertinggi dan untuk alasan yang bagus. Drama ini penuh dengan kerusuhan dan gejolak politik yang membuat para penggemar tertarik. Putri Deokman (Lee Yo-won) dikirim sebagai seorang anak untuk melawan selir kerajaan yang haus akan kekuasaan dan keinginan untuk menjadi ratu.

Saat dia dibesarkan oleh seorang pelayan yang setia, dia belajar tentang identitas aslinya. Dia tidak hanya berusaha untuk merebut kembali tempat yang sah di atas takhta dan menurunkan selir, tetapi juga mencari keadilan untuk saudara kembarnya. Drama ini membawa pemirsa dalam perjalanannya sebagai ratu dan perjuangannya di balik pintu tertutup.

5. Mr. Queen (2020) – 8.6

asianwiki.com
asianwiki.com

“Mr. Queen” ialah drama komedi sejarah yang pasti akan membuat kita tergelak menertawakan dialog dan penampilannya yang lucu. Mengikat masa kini dan masa lampau, drama yang satu ini mengisahkan seorang koki yang sedang naik daun yang mengalami kecelakaan dan terbagun di waktu yang jauh berbeda.

Tak cuma terpental ke masa Dinasti Joseon, koki ini bahkan berubah jadi seorang wanita yang ternyata ratu.

Bukan sembarang wanita, tapi ratu. Meski raja saat itu terlihat sebagai orang yang santai dan lembut, rupanya ia punya sisi gelap dan rahasia yang perlahan terungkap oleh “ratu”. Kehidupan modern si koki dan era Joseon mulai menyatu kala ada korupsi di kerajaan.

6. Jewel In The Palace (2003) – 8.5

Drama Korea Kerajaan
mydramalist.com

Jika Grameds sempat berpikir bahwa popularitas drama Korea terlalu dibesar-besarkan, cobalah memperluas tontonan dengan melihat “Jewel In The Palace” sebagai salah satu drama yang terkenal di panggung global. Menceritakan zaman Dinasti Chosun, drama yang satu ini mengisahkan kisah nyata seorang wanita bernama Jang-geum yang sukses jadi tabib kerajaan pertama di Korea.

Fokus pada perjuangan Jang-geum sebagai perempuan di masyarakat yang didominasi oleh pria, “Jewel In The Palace” dengan alur cerita sejarah yang relevan dan aktor fenomenalnya berhasil memikat para pemirsa di seluruh dunia.

7. Empress Ki (2013) – 8.4

imdb.com
imdb.com

Hit domestik dan luar negeri, “Empress Ki” dicintai banyak orang karena kisah yang memukau dan penampilan yang mengesankan. Drama sejarah yang satu ini mengikuti kisah perjalanan seorang wanita kelahiran Korea kala menjadi permaisuri yang kuat di Tiongkok, di tengah cinta, perang, dan politik.

Ki Seung-nyang, naik ke tampuk kekuasaan meski ada batasan sistem kelas pada era tersebut. Demi menjadi permaisuri, ia menikahi Kaisar Kekaisaran Mongol meski masih punya perasaan untuk cinta pertamanya.

Grameds, hati-hati karena kamu bisa terjebak dalam cinta yang mengakar pada Kaisar dan ambisi permaisuri.

8. Deep Rooted Tree (2011) – 8.2

inisajamostory.blogspot.com
inisajamostory.blogspot.com

Pertama kali dikenal sebagai novel sejarah dengan nama sama oleh Lee Jung-myung, “Deep Rooted Tree” cocok bagi Grameds yang ingin menonton drama dengan banyak sensasi. Ceritanya mengisahkan seorang penjaga kerajaan yang tengah menyelidiki pembunuhan berantai terhadap para sarjana Jiphyeonjeon.

Meski bukan genre utama, drama ini juga banyak memunculkan kesan romansa. Kisahnya tentang seseorang yang pernah menjadi budak muda raja, Ddol-bok. Raja pernah menyebabkan kematian mertua dan budaknya untuk menyelamatkan mereka dari ayahnya. Sayangnya, budak ini ingin bertahan.

Bertahun-tahun berlalu, Ddol Bak justru menjadi penjaga kerajaan yang ingin balas dendam tetapi terjerat pembunuhan misterius. Penciptaan alfabet Korea saat rahasia terungkap pun bisa memberi atau mengambil alih kekuasaan.

9. Rebel: Thief Who Stole The People (2017) – 8.2

asianwiki.com

Drama ini berlatar pada zaman pemerintahan raja ke-10 Dinasti Joseon. Bagi banyak penontonnya, drama ini akan terasa sangat berkaitan dengan kisah terkenal Robin Hood. Kisah di drama diceritakan sebagai anak seorang hamba yang tak punya kedudukan mulia di masyarakat, dan tidak punya ruang untuk dirinya sendiri.

Ia, Hong Gil-dong, memutuskan untuk memimpin sekelompok pencuri yang akan mencuri dan memberikan kembali hak-hak rakyat miskin saat Raja Yeonsangun justru menindas rakyat dengan kejam. Dikisahkan juga percintaan permaisuri raja yang tak bisa melupakan cinta pertamanya yang kebetulan adalah Gil-dong.

10. Rookie Historian Goo Hae-ryung (2019) – 8.1

id.wikipedia.org

Tayang perdana di Netflix pada 2019, “Rookie Historian Goo Hae-ryung” menghadirkan bintang K-pop Cha Eun-woo sebagai Dowon Yi-rim. Ada banyak fakta sejarah yang mesti dibongkar penonton meski drama ini cenderung bergenre komedi dan romansa.

Dalam drama, terjadi dua alur cerita, yakni alur “saat ini” pada awal abad ke-19 Joseon dan 20 tahun sebelumnya. Alur pertama cenderung ringan dengan berbagai lelucon, sedangkan alur lainnya adalah serangkaian kilas balik yang penuh penindasan yang tak adil.

Ada pula kisah cinta seorang wanita berjiwa bebas yang ingin menjadi sejarawan wanita, serta seorang pangeran yang secara rahasia merupakan penulis roman.

11. Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016) – 8.0

Hwarang - AsianWiki
asianwiki.com

Drama ini cukup terkenal karena menghadirkan aktor terkenal Park Seo-joon dan Park Hyung-sik. Belum lagi sekaligus sebagai drama debut aktor seorang Kim Tae-hyung (V BTS) yang sangat dinantikan pada masanya.

“Hwarang: The Poet Warrior Youth” merupakan drama Korea romantis yang berpusat di sekelompok pria muda kalangan elit. Berlatar pada era Kerajaan Silla (57 SM-935 M), Ratu dikisahkan mengirim putranya menjauh dari tembok istana agar tetap aman dari musuh-musuh kerajaan.

Saat sudah dewasa, putra mahkota menunggu bersama orang-orangnya untuk bisa menampakkan diri. Masalahnya, ratu tiba-tiba khawatir tentang bangsawan kuat yang pernah mencoba mengambil alih tahta. Jadi, ia berencana membentuk kelompok prajurit elit: Hwarang, tanpa tahu bahwa putranya ada di antara anggota kelompok itu.

Hwarang sendiri dikisahkan akan melampaui faksi kekuatan yang ada dan melindungi tahta putra mahkota. Para anggotanya sendiri juga tak sadar bahwa orang yang takhtanya mereka lindungi ada di antara mereka.

12. Moon Embracing The Sun (2012) – 8.0

Sinopsis The Moon Embracing the Sun, Drakor Kim Soo Hyun yang Tayang Gratis  di Viu Halaman all - Kompas.com
kompas.com

Berlatarkan zaman Dinasti Joseon, “Moon Embracing The Sun” merupakan kisah tentang dinasti kekaisaran terlama di Korea, yang khususnya menggambarkan cinta segitiga antara seorang pangeran yang sah, saudara tiri dari selir yang diabaikan, serta seorang dukun wanita.

Jika dibandingkan dengan drama Korea sejarah lainnya, “Moon Embracing The Sun” cukup menakjubkan dari segi set, kostum, sampai sinematografi yang sangat mencerminkan periode tersebut. Dengan cerita dan narasi yang mengalir sempurna, drama ini sukses membuat penontonnya jauh dari kata bosan.

13. Gu Family Book (2013) – 8.0

Gu Family Book - AsianWiki
asianwiki.com

Bagi Grameds yang ingin melihat tayangan tentang keajaiban dan sejarah sekaligus, wajib menonton “Gu Family Book” yang sangat epik. Ia menceritakan makhluk setengah manusia dan setengah rubah yang namanya Choi Kang-chi sebagai karakter utama.

Ia lantas bertemu seorang ahli seni bela diri dan panahan yang pada akhirnya menjadi orang terkasih.

Drama yang satu ini terbilang drama historikal yang luar biasa, memadukan makhluk mitologi dengan kisah cinta yang memikat. Penampilan para pemerannya pun patut dipuji karena mereka turut melakukan adegan aksi, bernyanyi, sampai menjalin chemistry yang luar biasa.

14. Love in the Moonlight (2016) – 7.8

Love in the Moonlight - AsianWiki
asiwanwiki.com

Selanjutnya, ada “Love in the Moonlight” yang mengisahkan seorang cendekiawan, Hong Ra-on, yang memberi nasihat kencan pada seorang pria yang menyamar menjadi kasim. Ia lalu pada akhirnya menemukan bahwa pria yang berkaitan dengannya ialah seorang putra mahkota.

Drama ini digarap berdasarkan novel populer dengan judul “Moonlight Drawn by Clouds”, yang dalam penampilannya menyajikan aktor populer Park Bo-gu dan Kim Yoo-jung

Alur cerita yang romantis dan memikat sampai karakternya, “Love in the Moonlight” menjadi drama korea kerajaan yang sangat menghibur bagi mereka yang ingin mengenal sejarah Korea.

15. Tale of Arang (2012) – 7.3

Tale of A-rang (TV Series 2012) - IMDb
imdb.com

Pada peringkat ke-15, ada “Tale Of Arang” yang tak hanya menampilkan plot sejarah, tetapi juga menawarkan unsur-unsur fantastik. Ini menceritakan seorang bangsawan bernama King Eun-oh yang mencoba mencari ibunya di desa terpencil dan punya kemampuan melihat hantu.

Pada suatu waktu dalam masa pencarian, ia bertemu dengan hantu bernama Arang yang sangat ingin tahu bagaimana ia bisa meninggal.

Meski tak punya efek apa pun dan tampak biasa saja, “Tale Of Arang” sukses mendapatkan ulasan positif dari pemirsa karena narasi yang menyentuh. Pengembangan karakter selama pertunjukannya juga banyak menyumbang nilai karena pengalaman yang membentuk karakter.

Penutup

Grameds, itulah deretan drama korea kerajaan terbaik yang sangat menarik dan punya tempat tersendiri di hati penontonnya. Dari sekian banyak film drama Korea kerajaan yang telah direkomendasikan di atas, kamu akan menonton yang mana?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang budaya Korea, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai toko buku online terbesar di Indonesia. Yuk, jadi #LebihDenganMembaca!

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton
  2. 12 Drama Korea Sekolah yang Wajib Kamu Tonton
  3. 20 Rekomendasi Drama Korea Terpopuler 
  4. Rekomendasi Film dan Drama Song Joong Ki yang Wajib Ditonton 
  5. Drama Korea Komedi Romantis yang Wajib Ditonton 
  6. Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca 

Written by Ananda