in

Daftar Nama Hewan dari T, Ada Apa Saja? Simak Disini!

pixabay.com

Daftar Nama Hewan dari T – Mengulas tentang dunia binatang memang seru dan semakin menambah wawasan kita. Ada banyak sekali hewan yang bisa kita temui, baik hewan yang ada di darat, di laut, maupun di sekitar lingkungan rumah kita.

Semua hewan memiliki cara bertahan hidup dengan caranya, dan bagaimana mereka hidup di alam yang ditinggalinya, semua hewan mempunyai cara gerak yang berbeda, mulai dari hewan darat, hewan air, reptil, amphibi dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Gramedia akan merangkum beberapa nama hewan berawalan dengan huruf T beserta penjelasannya, serta mengenalkan sistem gerak pada hewan yang harus kamu ketahui. Yuk, kita simak penjelasan berikut!

Daftar Nama Hewan Berawalan Huruf T

Berikut Gramedia telah merangkum nama hewan yang berawalan dari huruf T, yang mungkin bisa menambah wawasan kita. Apa saja nama hewan dengan huruf T? Yuk, kita simak selengkapnya!

1. Tupai

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Tupai merupakan hewan mamalia kecil yang mirip bajing, tetapi sebenarnya tupai dan bajing adalah hewan yang berbeda. Tupai memiliki bulu-bulu halus dan sangat lincah dalam melompat dari pohon satu ke pohon lainnya.

Selain itu, tupai juga merupakan hewan herbivora, ia memakan hasil tumbuhan seperti buah-buahan dan biji-bijian. Umumnya tupai memiliki warna bulu cokelat atau abu-abu dan ekor yang panjang.

Tupai mempunyai keunikan, yaitu mengubur hasil mengumpulkan makanannya, untuk dimakan dilain hari, dan disimpan secara menyebar agar tidak ditemukan hewan lain. Uniknya lagi, tupai tidak pernah lupa di mana ia menyembunyikan makanannya.

2. Tikus

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Semua orang pasti tahu hewan yang satu ini. Tikus merupakan hewan pengerat yang menjijikkan dan jorok. Hal ini karena tikus menyukai tempat kotor dan kumuh, dan mudah sekali dijumpai disekitar lingkungan rumah kita.

Tikus mempunyai bentuk tubuh yang kecil dan ramping, tikus dewasa ukurannya lebih besar sedikit, memiliki bulu tipis, dan telinga sedikit menonjol. Tikus mempunyai warna yang cukup bervariasi, ada yang berwarna putih, cokelat, bahkan hitam, contoh tikus yang hidup di parit atau tempat pembuangan sampah.

Tikus merupakan hewan pengerat dan aktif dimalam hari, dan termasuk hewan perusak, bagi para petani tertentu, tikus termasuk hama yang sangat mengganggu.

3. Tapir

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Tapir merupakan hewan mamalia darat yang memiliki empat spesies, dan jumlah terbanyak berada di Amerika. Selain itu, spesies ini juga tersebar di Asia Tenggara, termasuk negara Indonesia.

Tapir termasuk hewan herbivora, yaitu pemakan tumbuhan, biasanya tapir menyukai daun muda atau pucuk daun yang baru tumbuh, rumput, dan tumbuhan perdu. Tapir mempunyai ciri hidung dan bibir atasnya agak panjang seperti belalai. Fungsi belalai itu sendiri untuk mengambil makanan.

4. Teripang

Teripang merupakan hewan yang hidup di bawah laut dan sering disebut timun laut sebab bentuknya yang mirip. Meski begitu, mereka adalah hewan yang berbeda. Teripang masuk dalam kelas echinodermata, yang mana mereka masih satu keluarga dengan landak laut, dolar pasir, dan bintang laut. Teripang sebenarnya terdapat ribuan spesies dan berukuran sekitar 2 meter.

Teripang memakan hewan kecil di lautan dan partikel tumbuhan di terumbu karang, mereka mencernanya menjadi partikel yang lebih kecil sebagai makanan bakteri. Jadi, bisa disebut kalau teripang mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting untuk ekosistem laut, sebab teripang sebagai hewan pembersih.

Kelebihan dari teripang ini adalah mekanisme pertahanannya, dalam keadaan terancam teripang dapat mengeluarkan organ tubuhnya sebagai pengalih perhatian predator, sebab teripang mempunyai regenerasi tinggi, sehingga dalam waktu beberapa hari organ yang hilang akan tumbuh kembali.

5. Teri (Ikan)

Teri adalah jenis ikan kecil dalam keluarga engraulidae, spesies ikan teri terbanyak tersebar di perairan laut. Namun, ada beberapa spesies yang dapat hidup di air payau, atau air tawar dalam jumlah terbatas.

Penampilan secara fisik, ikan teri mempunyai bentuk yang sangat kecil-kecil, dan tidak mempunyai ciri khas warna. Ikan ini hidup secara bergerombol dan biasanya, ikan teri ditangkap untuk diolah menjadi bahan makanan ikan asin atau bahan camilan, seperti keripik ikan teri.

6. Tuna

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Tuna juga merupakan jenis ikan dengan nama thunnus. Ikan tuna biasanya hidup di pertengahan air laut dan termasuk binatang karnivora, yaitu pemakan hewan-hewan kecil di laut.

Ikan tuna dikenal mampir berenang secara cepat hingga 77 km per jam, maka terkadang nelayan sulit mendapatkan tangkapan ikan tuna. Ikan tuna juga merupakan ikan yang dapat dimakan. Hal ini karena dalam penelitian, ikan tuna mengandung banyak gizi seperti vitamin, mineral, asam amino, lemak, dan omega-3 yang sangat bagus.

7. Tongkol

Ikan tongkol bisa dibilang termasuk ikan yang sangat populer akan kelezatan dan rasanya yang khas. Ikan tongkol yang masih satu keluarga dengan ikan tuna dan ikan makarel ini memiliki nama Inggris Euthynnusn affinis, ikan tongkol hidup di laut.

Ikan tongkol mempunyai ciri khas bentuk, yaitu kulitnya licin atau tidak bersisik, mulutnya seperti cerutu, dan mempunyai sirip yang kecil, dan sirip ekor yang pendek.

Ikan tongkol memiliki tekstur daging yang tebal dan empuk, rasanya pun gurih khas dan enak, kini ikan tongkol dapat diolah menjadi berbagai menu olahan ikan yang lezat.

Buat kamu penggemar ikan tongkol, mungkin bisa membaca buku Gemar Makan Ikan – 25 Cita Rasa Ikan Tongkol sebagai menu makanan di rumah.

8. Tarantula

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Tarantula tergolong dalam hewan serangga. Hewan ini masuk dalam spesies laba-laba atau kelas theraphosidae, dan populasi nya cukup banyak, yang telah teridentifikasi hingga 800 spesies. Tarantula mempunyai ukuran yang cukup besar, dan biasanya memiliki bulu di tubuhnya.

Tarantula sebenarnya tidak terlalu berbahaya, apalagi kita tidak mengganggunya. Bila tidak sengaja terkena racun dari tarantula, umumnya hanya menimbulkan reaksi seperti tersengat lebah. Hewan ini dapat ditemukan dimana saja, dan kabarnya, hewan ini mampu bertahan hidup hingga 40 tahun.

9. Tomcat

Selanjutnya masih dalam kelas serangga, yaitu Tomcat. Tomcat merupakan serangga yang mirip seperti kumbang, namun ukurannya lebih kecil, dan terlihat seperti pesawat tempur. Tomcat tergolong berbahaya, sebab, jika terkena gigitannya, dapat menimbulkan infeksi serta penyakit kulit.

Tomcat masuk dalam keluarga sthapylinide, dan kelas spesies fuscipes, ciri khas tomcat yaitu memiliki ukuran kecil, mempunyai sayap, ada garis kuning disekitar perut, dan umumnya berwarna hitam.

Buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang dunia serangga, mungkin buku Fabel Edukasi Serangga untuk menambah wawasan kamu.

10. Tarsius

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Hewan tarsius, mungkin namanya masih asing di telinga kita. Karena memang hewan ini jarang kita temukan. Tarsius merupakan keluarga primata , tarsius menjadi jenis primata terkecil di dunia. Ciri khas tarsius yaitu mempunyai dua bola mata yang cukup besar, umumnya dikenal hewan nokturnal atau lebih aktif dimalam hari, khususnya untuk mencari mangsa. Hewan yang tergabung dalam keluarga tarsidae ini memiliki 13 spesies.

Tarsius memiliki ukuran yang sangat kecil untuk ukuran jenis primata yaitu hanya sekitar 16 cm. Beberapa jenis spesies lain seperti Tarsius Filipina menjadi primata terkecil ke dua, dengan panjang sekitar 15cm dan berat 140gr saja. Selain di Filipina, Tarsius juga ada di Malaysia dan Indonesia, namun jumlahnya sangat sedikit.

Nah, itulah beberapa rangkuman daftar nama hewan dengan awalan huruf ‘T’, semoga artikel kali ini dapat membantu kamu menambah wawasan dalam mengenal dunia hewan ya, Grameds.

Klasifikasi Hewan

Daftar Nama Hewan dari T
pixabay.com

Tidak hanya manusia, hewan juga mempunyai cara bergerak tersendiri sebagai suatu ciri setiap makhluk hidup. Sistem gerak pada hewan juga didasari adanya otot-otot dan rangka tubuhnya. Yang kemudian keduanya menciptakan suatu gaya otot. Gaya otot itulah yang membuat hewan bergerak sebagaimana mestinya.

Rangka pada tubuh hewan disebut organ gerak pasif, dan otot adalah organ gerak aktif. Hewan bisa bergerak tentunya bertujuan untuk mencari makan, berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, berlari dari kejaran predator, dan untuk kelangsungan hidupnya seperti berkembang biak.

Organ gerak yang terdapat pada hewan contohnya seperti tangan, kaki, sayap, sirip, ekor. Tentunya, setiap hewan memiliki cara bergerak yang berbeda, menyesuaikan habitatnya, apakah di darat, di air, di udara dan lainnya.

Dikutip dari buku berjudul ‘Organ Gerak Hewan dan Manusia’ Tematik Terpadu, berikut ulasan tentang organ gerak hewan vertebrata. Simak selengkapnya ya!

1. Aves

Aves merupakan burung atau hewan vertebrata yang bergerak dengan menggunakan sayap, mengepakkan kedua sayapnya untuk bergerak di udara. Aves atau jenis burung ini merupakan hewan berdarah panas.

2. Amfibi

Lalu, yang kedua ada hewan Amfibi, hewan ini dikenal dapat hidup di dua alam, yaitu dapat hidup di darat dan di air. Contoh hewan amfibi adalah katak. Katak memiliki tungkai panjang yang berfungsi untuk menyesuaikan tekanan air, sehingga katak dapat bergerak dengan mudah di dalam air.

3. Reptilia

Jenis hewan reptil yang terkenal adalah Ular. Semua orang tahu hewan satu ini. Ular adalah hewan reptil yang bergerak dengan cara merayap di tanah maupun pohon, otot-otot pada ular cukup elastis, sehingga ular mudah untuk bergerak secara cepat.

Ular merupakan hewan reptil yang berbahaya, meskipun sebagian spesies ular tidak berbisa, tetapi kita tetap harus berhati-hati.

4. Mamalia

Mamalia adalah hewan yang melahirkan dan menyusui. Hewan mamalia umumnya hidup di darat, tetapi ada pula yg hidup di air dan udara. Misalnya, seekor zebra yang mempunyai otot-otot yang kuat untuk bergerak dan berlari kencang ketika ada predator. Tendangan zebra terkenal sangat menyakitkan untuk predator.

5. Hewan Air

Hewan air tentunya hewan yang hidupnya di dalam air, seperti Ikan. Ikan bergerak menggunakan sirip dan ekornya. Keunikan dari ikan ialah memiliki gelembung di dalam tubuhnya, yang berfungsi sebagai pengatur oksigen untuk tetap bisa berenang, serta memiliki tulang belakang dan otot yang fleksibel.

Beberapa spesies hewan air mempunyai sirip tambahan yang berfungsi untuk mengatur jika terjadi hambatan ketika sedang bergerak atau gerakan yang tidak diinginkan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang kehidupan hewan air, bagaimana keberlangsungan hidup mereka, kamu bisa membaca buku Fisiologi Hewan Air

Sistem Gerak Berdasarkan Habitat

Binatang merupakan makhluk hidup seperti halnya manusia, mereka bergerak dan berpindah tempat sesuai tujuannya. Lalu, gimana hewan-hewan itu berpindah tempat? Nah, ini disebabkan hewan juga memiliki sistem gerak. Bagaimana caranya?

Kita akan merangkum penjelasan sistem gerak binatang berdasarkan habitat.

Tentunya setiap binatang berbeda cara dalam bergerak, ini disebabkan setiap binatang menyesuaikan habitatnya masing-masing. Ada hewan yang hidup di air, udara, dan darat. Lalu apa bedanya? Berikut penjelasannya.

1. Sistem Gerak Hewan Akuatik

Air memiliki gaya angkat yang besar dibanding berat atau massa ikan. Oleh sebab itu, ikan dapat berenang bebas di dalam air.

Misalnya, ikan lumba-lumba, bentuk tubuhnya memiliki sirip samping dan sirip ekor yang lebar, sehingga memungkinkan lumba-lumba bergerak cepat dan dapat meliuk-liuk. Sirip ekornya membantu dorongan ke depan, sehingga lumba-lumba dapat bergerak lebih cepat.

Selain ikan, ada juga hewan air yang berjalan menggunakan kaki, contohnya seperti kelomang dan kepiting. Spesies animalia tidak terjadi pergerakan, dan spesies cnidaria bergerak menggunakan tentakel.

2. Sistem Gerak Hewan Aeralis

Sistem gerak hewan selanjutnya yaitu aeralis atau bergerak di udara. Hewan apa ya bisa terbang di udara? Ya, tentunya dari spesies burung. Burung dapat terbang sebab gaya gravitasi bumi yang dapat diimbangi oleh sayap burung sebagai alat gerak burung.

Sayap burung berfungsi untuk memberikan gaya angkat pada burung, sehingga burung dapat terbang tinggi seperti yang kita lihat. Sayap pada burung mempunyai susunan rangka yang kuat namun ringan, otot serta tulang dada yang kuat.

Ketika burung mengepakkan sayapnya, udara yang ada disekitar burung akan mengalir mengikuti irama sayap membentuk gaya angkat, sehingga burung tersebut dapat terbang dan bertahan di udara. Selain burung, ada hewan mamalia yang dapat terbang, contohnya kelelawar. Kelelawar juga bergerak terbang menggunakan sayap seperti burung, tetapi struktur sayap pada kelelawar berbeda dengan burung.

3. Sistem Gerak Hewan Ar-borealis

Beberapa jenis hewan reptil juga juga dapat hidup dan bergerak di pohon, seperti ular, kadal, dan beberapa spesies amphibi juga ada yang dapat merayap ke pohon. Ular sering merayap di atas pohon dan berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lainnya.

4. Sistem Gerak Hewan Terestrialis

Sistem gerak pada hewan terestrialis atau hewan darat menggunakan otot dan tulang yang dimilikinya. Tulang dan otot tersebut berfungsi untuk membentuk gerakan dan menyimpan energi untuk beraktivitas.

Struktur otot dan tulang yang dimiliki binatang darat juga berbeda, karena mereka mempunyai bentuk tubuh dan fungsi yang berbeda. Misalnya, bentuk pada kaki kuda yang tangguh dan mempunyai pelindung di kakinya, sehingga membuat kuda dapat berlari kencang dan kaki yang tahan terhadap panas. Begitu pula dengan hewan darat lainnya, mereka mempunyai gerak dan fungsi tubuh yang berbeda beda.

Selain hewan darat yang berjalan menggunakan kakinya, ada juga hewan yang bergerak dengan cara lain, misalnya hewan reptil, seperti ular, ular bergerak dengan cara melata atau merayap diatas tanah menggunakan otot tubuhnya.

Demikian pembahasan tentang daftar nama hewan dari T hingga klasifikasi hewan. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu dan juga bisa menambah wawasan kamu.

Jika ingin mencari buku tentang hewan-hewan, maka kamu bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

BACA JUGA:

  1. Mengenal Daftar Nama Hewan dari L 
  2. Mengenal Daftar Nama Hewan dari M 
  3. Mengenal 30 Daftar Nama Hewan dari K 
  4. Daftar Nama Hewan dari Z dan Penjelasan Lengkap 
  5. Mengenal Jenis Hewan Peliharaan Beserta Cara Merawatnya 
  6. Mengenal 10 Nama Hewan di Darat 
  7. 14 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda