in

Profil Chaeryeong ITZY dan Perjalanan Karirnya dengan Chaeyeon

https://itzy.fandom.com/

Chaeryeong ITZY – Dari kelima member ITZY yang baru saja kemarin melangsungkan konser bertajuk The 1st World Tour CHECKMATE di Tennis Indoor Senayan pada 4 Februari 2023 lalu, sosok Chaeryeong ITZY disorot oleh para penggemar.

Bagi penggemar K-Pop yang masih awam, pasti akan bertanya-tanya mengapa wajahnya mirip dengan salah satu member IZ*ONE yakni Chaeyeon. Padahal sebenarnya, keduanya memanglah saudara kandung yang lahir dengan jarak setahun saja,

Yap, Chaeryeong ITZY dan Chaeyeon adalah kakak adik yang sama-sama menjadi idol K-Pop di grup berbeda tentunya. Meskipun sebenarnya, dalam perjalanan karirnya, mereka berdua berjuang bersama tetapi takdir antara keduanya tetap berbeda. Meski begitu, keduanya tetap menjadi saudara kandung yang memiliki interaksi layaknya saudara kembar!

Lantas, siapa sih sebenarnya Chaeryeong ITZY itu? Bagaimana perjalanan karirnya hingga menjadi member ITZY keempat yang diungkapkan ke publik? Bagaimana pula cerita kehidupan seorang Chaeryeong ITZY bersama saudaranya Chaeyeon? Yuk, simak ulasannya berikut ini supaya Grameds semakin jatuh cinta dengan idol kelahiran 2001 ini!

Biodata dan Profil Chaeryeong ITZY

Chaeryeong ITZY
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Lee Chae Ryeong
  • Nama Panggung: Chaeryeong
  • Nama Inggris: Judy Lee
  • Tanggal Lahir: 5 Juni 2001
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Ular (Snake)
  • Tinggi Badan: 168 cm (5’5”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • MBTI: INFJ-ISFJ (sebelumnya ESFJ)
  • Pendidikan: Hanlim Arts School
  • Posisi di Group: Main Dancer, Vocalist, dan Lead Rapper

Perjalanan Karir Chaeryeong ITZY

Perjalanan karir seorang Chaeryeong ITZY hingga dirinya debut bersama ITZY, pasti akan selalu bersama kakak kandungnya, Chaeyeon. Namun sayangnya, keduanya harus ‘berpisah’ karena kakaknya tidak lolos pada audisi putaran selanjutnya. Lalu, bagaimana kabar dan perjalanan karir antara kakak beradik yang wajahnya begitu mirip itu? Yuk, simak ceritanya berikut ini!

2013: Berpartisipasi pada K-Pop Star 3

Chaeryeong ITZY
https://www.soompi.com/

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Chaeryeong memulai perjalanan karirnya sebagai idol K-Pop adalah dengan menjadi kontestan pada sebuah survival show K-Pop Star 3 yang tayang di saluran SBS pada tahun 2013. Kala itu, Chaeryeong masih berusia 12 tahun, sedangkan Chaeyeon berusia 13 tahun. Selama menampilkan bakat, keduanya sama-sama dipuji oleh juri karena keterampilan dance-nya yang luar biasa.

Setelah penampilannya di K-Pop Star 3, tentu saja banyak orang yang terkesan dan menantikan eksistensinya sebagai idol K-Pop di masa depan. Chaeryeong bahkan mendapatkan sebutan sebagai salah satu “It Girls” di industri K-Pop karena kemampuannya.

Sayangnya, dirinya tidak berhasil sampai di episode final acara survival tersebut. Meskipun demikian, Chaeryeong dan kakaknya justru direkrut oleh JYP Entertainment sebagai trainee!

2015: Menjadi Peserta di Sixteen

Setelah direkrut oleh JYP Entertainment untuk menjadi trainee di agensi mereka, tentu saja baik Chaeryeong maupun Chaeyeon selalu berlatih dengan keras. Hingga akhirnya, setelah menjadi trainee selama satu tahun, mereka berpartisipasi pada survival show SIXTEEN yang bertujuan untuk membentuk girl group TWICE, tepatnya pada Mei 2015.

Pada survival show SIXTEEN ini, para peserta harus bersaing satu sama lain untuk memperebutkan posisi 9 teratas supaya dapat menjadi line-up member debut TWICE. Itulah mengapa, Chaeryeong sangat akrab dengan member TWICE. Sayangnya, keduanya tidak lolos dalam perebutan posisi 9 teratas itu sehingga baik Chaeryeong maupun Chaeyeon tidak debut bersama TWICE.

Perlu diketahui bahwa setelah acara SIXTEEN ini, sebagian besar peserta yang tidak lolos akan melanjutkan masa trainee mereka di agensi. Namun tidak dengan sang kakak, Chaeyeon, yang memilih untuk mengundurkan diri dari agensi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2019: Debut Bersama ITZY

Chaeryeong ITZY
https://itzy.fandom.com/

Setelah menjalani masa trainee yang cukup panjang di agensi, akhirnya pada tahun 2019, JYP Entertainment menyatakan bahwa mereka akan mendebutkan girl group baru dengan nama ITZY. Sama halnya dengan agensi lain yang hendak mendebutkan sebuah grup baru, pastilah akan merilis teaser photo para membernya, termasuk Chaeryeong.

Nah, pada 12 Februari lah menjadi waktu dimana Chaeryeong resmi debut bersama keempat member ITZY lainnya dibawah naungan JYP Entertainment. Dirinya mendapatkan posisi sebagai main dancer, vocalist, dan lead rapper. Bersama keempat member ITZY lainnya, mereka berhasil memenangkan single Dalla Dalla sebagai lagu debut dalam waktu kurang dari satu bulan, tepatnya 9 hari!

Cerita Kehidupan Chaeryeong ITZY  Bersama Saudaranya Chaeyeon

Chaeryeong ITZY
https://www.koreastardaily

Sebenarnya, pernah beredar kabar bahwa Chaeryeong ITZY dan Chaeyeon ini memiliki satu saudara perempuan lagi, yakni Lee Chae Min. Namun, Lee Chae Min ini tidak terjun ke industri K-Pop seperti kedua kakaknya sehingga informasi tentangnya sulit untuk diketahui. Meskipun demikian, yuk simak cerita kehidupan antara kakak beradik yang wajahnya bak anak kembar ini!

Pada keluarga Lee, memiliki 3 anak perempuan yakni Lee Chaeyeon yang lahir pada tahun 2000, Lee Chaeryeong yang lahir pada 2001, dan Lee Chaemin. Chaeyeon dan Chaeryeong kompak berjuang di industri K-Pop hingga akhirnya seperti sekarang. Mulai dari mengikuti survival show K-Pop Star 3 hingga SIXTEEN. Sayangnya, kakak beradik ini tidak dapat debut di grup yang sama.

Sedikit trivia saja nih, ada juga kok kakak beradik yang dapat debut di satu grup sama. Salah satunya adalah Youngmin dan Kwangmin dari boy group BOYFRIEND. Keduanya adalah saudara kembar dan sudah sejak lama disorot oleh media karena wajah mereka benar-benar mirip sehingga penggemar agak kesulitan untuk membedakan antara Youngmin dan Kwangmin.

Setelah Chaeyeon tereliminasi dari acara SIXTEEN, dirinya memutuskan untuk meninggalkan agensi dan pindah ke agensi lain, yakni WM Entertainment. Tak lama setelah Chaeyeon keluar, sang adik didapuk menjadi member yang hendak didebutkan di sebuah grup ITZY pada tahun 2019.

Walaupun keduanya adalah kakak beradik, bukan berarti takdir harus berjalan sama ‘kan? Nah, Chaeyeon pun mengikuti survival show bertajuk Produce 48 pada pertengahan tahun 2018. Produce 48 ini merupakan program survival show yang para pesertanya adalah gabungan dari trainee Korea Selatan dengan beberapa member AKB48. Pada acara tersebut, Chaeyeon menjadi perwakilan dari WM Entertainment, agensi yang menaungi grup Oh My Girl dan ONF.

Selama berpartisipasi pada survival show tersebut, Chaeyeon akhirnya menempati ranking 12 pada episode final. Artinya, dirinya berpeluang besar untuk debut bersama IZ*ONE selama 2,6 tahun. Setelah debut di grup yang memang kontraknya sementara itu, IZ*ONE bubar pada April 2021 lalu. Beberapa member lainnya “pulang” ke agensi masing-masing dan menjalani kesibukannya sendiri, tak terkecuali dengan Chaeyeon yang kemudian menjadi soloist.

Nah, selama Chaeyeon masih berada di grup IZ*ONE, tentu saja dirinya sering berinteraksi dengan Chaeryeong ITZY selaku adiknya. Ditambah lagi, jadwal grup ITZY dan IZ*ONE sering berjalan bersama sehingga pertemuan antar keduanya pun mudah dilakukan. Suatu hari ketika ITZY tengah comeback, Chaeryeong turut membicarakan sang kakak.

https://www.koreaboo.com/

Kedekatan antara Chaeryeong ITZY dan soloist Chaeyeon sebagai kakak adik ini memang telah disorot oleh penggemar sejak lama. Sebelum debut, baik Chaeryeong maupun Chaeyeon sering mengunggah foto diri mereka di rumah. Hal yang dibicarakan oleh para netizen adalah rumah mereka benar-benar memiliki interior yang mewah! Rumah mereka terlihat seperti rumah milik para Chaebol (julukan orang kelas atas di Korea Selatan).

Bahkan ketika Chaeyeon melakukan syuting untuk acara IZ*ONE Chu, terlihat jelas dinding dan interior rumahnya benar-benar mewah. Ditambah lagi, ketika masa predebut dulu, baik Chaeryeong maupun Chaeyeon seringkali mengenakan pakaian bermerek!

Interaksi Kebersamaan Chaeyeon-Chaeryeong Di Berbagai Acara

Sejak debut, baik Chaeyeon maupun Chaeryeong seringkali dianggap kembar. Hal tersebut wajar saja karena wajah mereka terlihat begitu mirip. Namun ternyata, Chaeyeon sang kakak lahir terlebih dahulu yakni pada 11 Januari 2000, sementara Chaeryeong ITZY lahir pada 5 Juni 2001. Terdapat perbedaan usia kira-kira 1 tahun 4 bulan antara keduanya.

2013: K-Pop Star 3

Chaeryeong ITZY
https://ptanime.com/

Pada tahun 2013, Chaeyeon dan Chaeryeong ITZY mengikuti sebuah kompetisi K-Pop Star 3 di saluran SBS. Kala itu kedunya masih berusia 13 dan 12 tahun, tetapi berhasil meraih dukungan dari banyak penonton karena bakat mereka. Sayangnya, keduanya harus tereliminasi dan tidak dapat meneruskan acara hingga episode final.

Nah, saat itulah pihak JYP Entertainment memberikan kesempatan kepada keduanya untuk menjadi trainee di agensi tersebut. Tentu saja keduanya setuju dan sejak itulah mereka bergabung bersama trainee lain di JYP Entertainment.

Jika bicara tentang Kpop, terkadang kita masing bingung tentang arti dari lagu Korea. Namun, apabila kita sudah mempelajari bahasa Korea dengan baik, maka lagu Korea pun akan lebih mudah dipahami. Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari tentang bahasa Korea, maka buku Smart Book Bahasa Korea ini bisa dijadikan sebagai referensi.

2015: SIXTEEN

Pada tahun 2015, JYP Entertainment bekerja sama dengan Mnet untuk membuat project survival show bertajuk SIXTEEN. Acara ini sejatinya memang dibuat untuk membentuk girl grup baru bernama TWICE. Nantinya, ke-16 peserta akan bersaing satu sama lain untuk mengamankan posisi 9 teratas sehingga dapat menjadi member TWICE. Hal yang dinilai tidak hanya kemampuan menari dan dance saja, tetapi juga karisma dan kepribadian mereka.

Baik Chaeyeon maupun Chaeryeong tentunya berusaha maksimal untuk dapat mengamankan posisi 9 teratas itu. Sayangnya pada misi kedua, Chaeyeon harus tereliminasi dari acara tersebut. Ketika sang kakak meninggalkan panggung setelah dieliminasi itu, tentu saja Chaeryeong tidak dapat membendung air matanya.

Sementara itu, Chaeryoung berhasil bertahan hingga babak final tetapi tidak masuk pada 9 teratas. Atas hal itulah, dirinya kembali menjadi trainee dan dalam beberapa tahun debut bersama ITZY.

2019: M2 x Genie Music Awards (MGMA)

Tahun 2019 menjadi waktu dimana Chaeyeon telah debut bersama IZ*ONE, dan adiknya Chaeryeong debut bersama ITZY. Keduanya pun bertemu di sebuah acara penghargaan musik M2 x Genie Music Awards. Sedikit trivia saja nih, acara penghargaan ini hanya berfokus pada konten digital alias konten-konten yang dibagikan secara online saja.

Tepatnya pada 1 Agustus, MGMA ini berlangsung di Olympic Gymnastic Arena, Seoul. Kedua kakak beradik ini bertemu di acara penghargaan tersebut dan disorot oleh banyak penggemar. Chaeyeon selaku bagian dari IZ*ONE, masuk dalam nominasi penghargaan untuk kategori The Female Group and The Performing Artist (Female). Sementara itu, sang kakak yakni Chaeryeong ITZY masuk dalam salah satu nominasi penghargaan untuk kategori The Female New Artist.

Selama acara penghargaan tersebut berlangsung, tempat duduk ITZY dan IZ*ONE pun juga berdekatan. Dari beberapa fancam, terlihat kedekatan antara kakak beradik itu, terutama ketika satu sama lain tengah menampilkan lagunya masing-masing. Jika Grameds ingin menonton fancam dari kedekatan Chaeyeon-Chaeryeong, dapat klik link ini.

2019: Idol Star Athletics Championship (ISAC)

Chaeryeong ITZY
https://www.koreaboo.com/

Satu lagi momen kedekatan antara kakak beradik ini yang disorot oleh penggemar adalah ketika keduanya mengikuti acara Idol Star Athletics Championship (ISAC) pada tahun 2019. Sesuai dengan namanya, acara ISAC ini memang menampilkan acara kompetisi berbagai olahraga yang dilakukan oleh para idol K-Pop. Pertandingan yang dikompetisikan yakni ada panahan, ssireum (gulat Korea), adu tendang penalti, lari jarak pendek, lari estafet, menunggang kuda, hingga eSports.

Banyak sekali idol K-Pop yang berpartisipasi dalam acara yang dibesut oleh saluran MBC ini. Tak terkecuali IZ*ONE dan ITZY yang tentunya menampilkan interaksi kedekatan antara Chaeyeon dan Chaeryeong. Tak jarang, sang kakak akan memeluk adiknya ketika pertandingan tengah istirahat.

Yuna ITZY

25 Fakta Menarik Chaeryeong ITZY

Chaeryeong ITZY
https://itzy.fandom.com/
  1. Lahir di wilayah Nonsan, Chungcheongnam-do, tetapi besar di Kota Yongin.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan dua saudara perempuan yakni Lee Chaeyeon (2000) serta Lee Chaemin (2006).
  3. Kakaknya adalah Lee Chaeyeon yang pernah debut bersama IZ*ONE dan saat ini telah menjadi seorang soloist di bawah naungan WM Entertainment.
  4. Memiliki 2 anak anjing jenis maltese dengan nama Chaeri dan Chaeso.
  5. Pada Februari 2020 lalu, Chaeryeong ITZY lulus dari Hanlim Arts School pada jurusan musik, bersama dengan rekannya Ryujin.
  6. Sebelum debut, Chaeryeong sudah tampil di beberapa survival show. Mulai dari ‘K-Pop Star Season 3’, ‘Sixteen’, dan ‘Stray Kids Showcase’.
  7. Ketika berpartisipasi pada K-Pop Star Season 3 pada tahun 2013 silam, dirinya bersama kakaknya menggunakan nama grup WanjeonChae (artinya “Complete Chae”)
  8. Pada tahun 2015, Chaeryeong bersama kakaknya mengikuti survival show SIXTEEN, tetapi kakaknya harus tereliminasi.
  9. Chaeryeong berhasil bertahan hingga babak final tetapi tidak dapat debut bersama member TWICE. Atas hal itu, dirinya kembali ke agensi dan menjalani masa trainee kembali. Sementara kakaknya pindah ke agensi WM Entertainment dan kemudian mengikuti ajang survival show Produce 48.
  10. Kepribadian Chaeryeong ITZY adalah lembut, menghibur, dan selalu menyemangati member ITZY lainnya.
  11. Memiliki selera humor yang baik.
  12. Suara dari Chaeryeong ITZY sangat menenangkan, sehingga cocok untuk ASMR.
  13. Chaeryeong ITZY selalu membawa obat di dalam tasnya. Selain itu, dirinya juga rutin menjaga kesehatan secara baik.
  14. Chaeryeong ITZY rajin berolahraga.
  15. Banyak penggemar yang mengatakan bahwa Chaeryeong ITZY mirip dengan rubah gurun karena telinganya yang tipis dan besar, mata tajam, serta kulitnya putih pucat.
  16. Sejak 2004, Chaeryeong ITZY menjadi penggemar dari aktor Lee Seung Gi.
  17. Bersama kakaknya, sama-sama menjadi penggemar tim baseball KIA Tigers.
  18. Menurut para member ITZY, Chaeryeong sering berbicara sendiri.
  19. Pernah memenangkan medali perunggu untuk olahraga lompat tali di sebuah Festival Olahraga Nasional.
  20. Chaeryeong sangat suka lagu-lagu trot.
  21. Jika dilahirkan kembali sebagai hewan, Chaeryeong memilih menjadi anak anjing.
  22. Sebelum bergabung dengan JYP Entertainment, Chaeryeong sempat gagal mengikuti audisi di Fantagio Entertainment.
  23. Total masa trainee-nya adalah 5 tahun sebelum debut bersama ITZY.
  24. Berteman baik dengan semua member TWICE, Jeon Somi, Lee Dae Hwi AB6IX, dan Jiwon Fromis_9. Mereka dekat karena sempat menjalani masa trainee bersama-sama di JYP Entertainment.
  25. Sangat suka belajar dance dari lagu-lagu seniornya. Mulai dari Fancy oleh TWICE hingga Senorita oleh (G)I-dle.

Demikian pembahasan kita tentang Chaeryeong ITZY. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu, Grameds. Jika ingin mencari buku tentang belajar bahasa Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Sumber:

https://en.kepoper.com/

https://kprofiles.com/

https://channel-korea.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.