in

Cara Cepat Tidur Agar Terhindar Dari Insomnia

Cara Cepat Tidur Agar Terhindar Dari Insomnia – Tidur merupakan kebutuhan dasar seseorang. Akan tetapi, tidak semua orang dapat memeroleh kualitas tidur yang berkualitas dan cukup. Ada banyak orang yang mengalami susah tidur dan tidak bisa memperoleh kualitas tidur yang baik, bahkan banyak orang yang mengalami gangguan tidur. Umumnya, kondisi tersebut bisa terjadi karena seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Akhirnya, seseorang tersebut tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami masalah susah tidur pasti mencari cara tidur cepat untuk menurunkan masalah sulit tidur.

Nah, kira-kira apa saja ya cara yang tepat untuk cepat tertidur? Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang memiliki masalah susah tidur.

Cara Cepat Tidur yang Ampuh Mengatasi Insomnia

Jika kamu mengalami kesulitan tidur atau insomnia, mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa cara yang cukup efektif dan bisa kamu terapkan untuk membantu dalam mengatasi masalah sulit tidur. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa cepat tertidur.

1. Konsisten Dengan Jadwal Tidur yang Telah Dibuat

Cara yang pertama adalah dengan membuat jadwal tidur. Bukan hanya itu saja, kamu juga harus menaati dan konsisten dengan jadwal yang telah dibuat. Itu artinya, kamu akan tidur dan juga bangun di jam atau waktu yang sama setiap harinya. Cara tersebut dinilai cukup efektif untuk menghadapi masalah susah tidur.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan rutinitas tersebut di akhir pekan. Dimana kamu harus tidur dan bangun sesuai jadwal yang telah kamu terapkan sebelumnya. Terlebih jika kamu mempunyai rutinitas ataupun kebiasaan yang sama, maka tubuh akan mudah mengenali kapan waktunya kamu harus tidur dan kapan waktunya bangun.

Sedangkan jika kamu tidak memiliki kebiasaan atau rutinitas semacam itu, bahkan sering terjaga hingga tengah malam dan juga terlalu banyak tidur pada hari libur. Maka kamu akan berisiko mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh pada jam biologis tubuh. Sehingga kamu akan mendapatkan masalah susah tidur atau insomnia.

2. Meningkatkan Kuantitas Olahraga

Selain membuat sebuah jadwal tidur dan bangun, cara selanjutnya adalah dengan meningkatkan kuantitas olahraga. Itu artinya, kamu harus membuat kebiasaan baru yaitu rutin berolahraga. Mulai dari olahraga ringan, sedang, dan berat bisa membantu kamu supaya mudah merasa ngantuk. Tak hanya itu, olahraga secara rutin juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko mengalami insomnia.

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas penderita insomnia kronis yang rutin melakukan olahraga bisa memangkas waktu yang biasanya mereka habiskan untuk menunggu rasa kantuk. Itu berarti, para penderita insomnia yang rutin berolahraga akan semakin cepat untuk tertidur.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyepelekan aktivitas tersebut. Semakin rutin melakukan olahraga, maka akan semakin besar peluang kamu untuk bisa menerapkan pola tidur yang berkualitas. Terlebih, kondisi tersebut juga bisa membantu kamu untuk mengatur ulang jam biologis tubuh loh.

3. Melakukan Yoga Untuk Relaksasi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa 59% dari orang dewasa yang rutin melakukan yoga atau relaksasi mengalami peningkatan kualitas tidur secara signifikan. Jadi, semakin kamu sering melakukan yoga, maka semakin besar juga potensi untuk meningkatkan kualitas tidur yang akan kamu dapatkan.

Bagi kamu yang mengalami gangguan tidur. Cobalah untuk menerapkan cara tersebut secara rutin. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa seseorang yang lebih cepat tidur apabila melakukan yoga secara rutin.

Oleh karena itu, salah satu cara agar bisa tidur lebih cepat adalah dengan menenangkan pikiran serta membuat tubuh merasa rileks dengan melakukan yoga sebelum menjelang tidur. Berbeda dengan olahraga, aktivitas ini justru membuat kamu lebih mudah merasa ngantuk.

banner-promo-gramedia

4. Kurangi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Apabila kamu suka menonton TV atau bermain smartphone sebelum tidur, maka mulai sekarang kamu harus menghentikan atau mengurangi kebiasaan tersebut. Pada dasarnya, kebiasaan tersebut justru akan membuat kamu menjadi sulit tertidur. Semakin sering menggunakan gadget, maka akan semakin sulit pula kamu bisa tertidur.

Hal tersebut tentu saja berisiko terhadap kualitas tidur kamu. Bahkan kamu akan mengalami berbagai masalah tidur karena tidak bisa memperoleh waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu, walaupun kamu merasa nyaman dengan gadget, tapi lebih baik jauhkan benda tersebut sebelum tidur. Setidaknya satu jam sebelum jadwal kamu untuk tidur.

Sinar biru yang berasal dari layar gadget, mulai dari smartphone hingga laptop bisa menekan hormon yang bertugas untuk meregulasi waktu tidur kamu. Dengan mengurangi intensitas penggunaan gadget, maka dapat dipastikan kamu akan lebih mudah tertidur.

5. Mengatur Pola Makan

Perlu kamu ketahui bahwa pola makan juga berpengaruh pada kualitas tidur kamu loh. Cara selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan yang sehat. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa ada jenis makanan serta nutrisi yang bisa membuat kamu lebih mudah tertidur.

Makanan dan nutrisi tersebut antara lain, makanan yang mengandung banyak triptofan seperti keju, kalkun, serta ikan. Kemudian ada juga makanan yang mengandung banyak melatonin, yaitu seperti buah tomat, ceri, dan juga kacang kenari. Selain itu, karbohidrat seperti pasta dan roti juga bisa membantu kamu supaya lebih mudah tertidur.

Adapun jenis makanan untuk mengatasi susah tidur lainnya yaitu sayur dan buah-buahan, serta gandum utuh yang mengandung banyak serat. Selain makanan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin yang mengandung nutrisi seperti zinc dan juga vitamin B yang bisa membantu kamu agar mudah mengantuk.

6. Menghindari Stres

Cara berikutnya adalah dengan cara mengurangi pikiran negatif atau stres. Terlebih pikiran-pikiran yang bisa membuat kamu sulit tertidur. Mulai dari merasa cemas, overthinking, hingga stres.

Hal tersebut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kamu susah tertidur. Oleh karena itu, apabila kamu merasa belum merasa mengantuk, walaupun sudah memasuki jam tidur, lebih baik kamu melakukan aktivitas yang bisa membuat tubuh kamu merasa rileks. Misalnya yoga atau meditasi sebelum tidur.

Dengan membuat pikiran tenang dan rileks, bisa jadi kamu akan lebih mudah tertidur. Sedangkan jika kamu lebih banyak berpikir, maka akan membuat kamu semakin stres dan terjaga hingga tengah malam.

7. Menerapkan Teknik Tidur Cepat

Teknik tidur lebih mudah yang bisa kamu lakukan adalah teknik 4-7-8. Fokus dari teknik ini adalah menjadikan pikiran kamu lebih rileks dan juga tenang. Para ahli menilai bahwa pernapasan merupakan sebuah cara yang ampuh dalam membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Tapi harus kamu pahami bahwa jika kamu belum pernah melakukan cara ini, mungkin akan terasa lebih sulit. Itu berarti, kamu perlu melakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Kamu mungkin tidak akan langsung terlelap di percobaan pertama atau kedua.

Namun semakin tubuh kamu terbiasa dengan teknik ini, maka semakin lama sistem saraf kamu akan terlatih untuk cepat terlelap. Bahkan untuk orang-orang yang sudah ahli dengan cara ini, mereka bisa terlelap hanya dengan hitungan menit.

Manfaat Cepat Tidur Bagi Kesehatan

Tidur tepat waktu juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Selain membuat tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tidur lebih awal juga bisa menurunkan risiko insomnia. Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur tepat waktu bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Ketika tertidur, imun tubuh akan mengeluarkan senyawa yang biasanya dikenal dengan sebutan sitokin. Senyawa tersebut mempunyai efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh. Nah, sistem tersebut sangat penting untuk mengatasi peradangan ataupun infeksi.

Apabila kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka kemungkinan kamu tidak mempunyai cukup sitokin yang berguna untuk melawan penyakit. Sedangkan jam tidur yang kurang juga bisa meningkatkan senyawa peradangan di dalam tubuh. Sehingga kamu bisa saja mengalami alergi atau asma.

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Ketika tidur di waktu malam, kebutuhan kalori akan berkurang karena berkurangnya gerakan tubuh kita. Hal tersebut akan membuat kebutuhan energi dalam tubuh menjadi menurun. Akan tetapi ketika kamu kurang mendapatkan waktu tidur, maka organ otak akan menurunkan kadar leptin, yaitu hormon yang bisa menciptakan rasa kenyang. Sehingga kamu akan mudah merasa lapar.

Dengan begitu, kamu akan didorong untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut dengan memakan makanan lebih banyak. Hal itulah yang bisa menyebabkan berat badan kamu semakin meningkat dan sulit untuk dikendalikan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan memperoleh waktu tidur yang cukup, bisa membantu kamu dalam menghindari berbagai risiko penyakit jantung. Mulai dari serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Sebab, ketika kamu tidak memperoleh waktu tidur yang cukup, maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol lebih banyak. Hormon ini adalah hormon stres yang bisa membuat kerja jantung menjadi lebih berat.
Hampir mirip seperti sistem kekebalan tubuh, bagian jantung juga butuh istirahat supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan juga maksimal. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya.

4. Meningkatkan Kebahagiaan

Apakah kamu tahu bahwa tidur yang cukup juga bisa meningkatkan suasana hati? Dengan memperoleh istirahat yang cukup akan membuat kamu merasa lebih segar dan juga bahagia. Terlebih, tidur yang cukup mampu meningkatkan energi. Sehingga kamu akan terbangun keesokan harinya dengan tubuh yang lebih bugar dan berenergi. Ketika kondisi seperti itu, maka kamu tidak akan mudah terganggu oleh hal-hal yang membuat stres atau sedih.

Oleh karena itu, kamu akan merasa lebih bahagia dan mampu menebarkan aura positif kepada orang-orang sekitar. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif untuk diri sendiri dan juga orang sekitar.

banner-promo-gramedia

5. Meningkatkan Daya Ingat

Jika kamu sering merasa lupa, maka bisa jadi kamu kurang tidur. Sebab, tidur yang cukup bisa meningkatkan daya ingat kamu. Apabila dilakukan setelah belajar, maka akan membuat memori dan ingatan kamu menjadi lebih kuat. Sehingga jika kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, kamu akan lebih mudah lupa dengan hal-hal yang sudah kamu jalani sebelumnya.

Dengan melakukan tidur selama tujuh sampai delapan jam, akan membuat kamu mengalami semua fase tidur. Dalam aktivitas tidur, terdapat dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep. Dimana dua fase tersebut bisa melancarkan proses mengingat dan juga berpikir kreatif.
Sedangkan orang yang kurang tidur akan mengalami hal-hal yang bisa mengganggu daya ingat. Mulai dari sulit menerima informasi, cenderung menafsirkan suatu kejadian secara berbeda, dan kehilangan kemampuan mengingat sebuah informasi.

6. Memperpanjang Umur

Terlalu banyak tidur atau bahkan kurang tidur bisa jadi berkaitan dengan harapan hidup manusia. Walaupun hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh hal-hal seperti penyakit. Akan tetapi, kualitas tidur dan jam tidur seseorang memiliki peran cukup penting dalam memperpanjang usia kamu. Semakin kurang waktu tidur kamu, maka akan semakin berisiko mengalami kematian.

Disisi lain, dengan tidak memenuhi waktu tidur yang cukup juga bisa meningkatkan risiko kematian yang lebih cepat. Hal ini berarti tidur yang cukup memiliki manfaat untuk memanjangkan harapan hidup seseorang.

Aplikasi Pengantar Tidur

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara di atas namun tetap tidak bisa tidur cepat. Kamu bisa menggunakan rekomendasi aplikasi tidur di bawah ini. Sekarang ini sudah banyak tersedia aplikasi yang diciptakan khusus untuk penderita insomnia. Dimana aplikasi tersebut bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat kamu install di ponsel untuk membantu menghilangkan masalah susah tidur.

1. Sleepio

Aplikasi Sleepio ini menggunakan program yang berbasis bukti. Sleepio bisa membantu pengguna dalam menyelesaikan masalah susah tidur. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pengguna untuk tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Untuk kamu yang mengalami gangguan tidur, aplikasi Spleepio bisa kamu coba. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini dengan gratis. Namun di dalam aplikasinya, kamu bisa membeli beberapa konten yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

2. Relax Melodies

Aplikasi yang satu ini memiliki lebih dari 100 suara relaksasi, mulai dari white noise, binaural beats, hingga melodi-melodi yang menenangkan. Aplikasi Relax Melodies dapat kamu gunakan untuk meredam masalah insomnia. Disini juga terdapat program meditasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, akan tetapi kamu bisa membeli beberapa konten yang tersedia untuk memperluas fitur yang bisa kamu gunakan.

3. Nature Sounds Relax and Sleep

Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat dengan suara-suara alam yang dihasilkan. Suara tersebut dapat membuat kamu lebih rileks, santai, dan bisa tidur lebih lelap. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh dengan gratis namun dengan pilihan pembelian dalam aplikasi. Akan tetapi aplikasi tersebut hanya tersedia di Android saja.

4. Sleep Genius

Aplikasi Sleep Genius pada awalnya hanya dikembangkan dengan maksud untuk membantu para astronot NASA tertidur lebih nyenyak. Aplikasi tersebut diciptakan untuk membantu otak melalui siklus tidur yang lebih lengkap. Sehingga pengguna bisa tertidur lebih cepat, waktu tidur mereka berkualitas, dan mereka bisa bangun di waktu yang tepat, yaitu saat tubuh sudah optimal. Akan tetapi, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Artinya, kamu tidak bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis.

5. Pzizz

Aplikasi ini bekerja dengan urutan suara yang dapat membantu mengoptimalkan kualitas tidur penggunanya. Sehingga pengguna dapat tidur lebih nyenyak, nyaman, dan rileks. Kabar gembiranya, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis, baik untuk Android ataupun IOS. Namun aplikasi ini juga menawarkan pembelian konten yang tersedia di dalamnya.

Itulah beberapa cara cepat tidur yang bisa kamu praktikkan di rumah. Jika cara di atas tidak bekerja mengurangi masalah tidurmu, maka kamu bisa menggunakan aplikasi pengantar tidur yang sudah disebutkan di atas.



Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah