in

8 Cara Melupakan Seseorang dengan Mudah

Cara Melupakan Seseorang dengan Mudah – Masihkah ada seseorang di masa lalu yang membayangi hidupmu hingga saat ini? Seseorang yang memberikan banyak kenangan dan masih terbayang di dalam hati dan pikiranmu.

Di sisi lain, kamu harus melupakannya. Bagaimana caranya? Grameds, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara untuk melupakan seseorang. Untukmu yang susah melupakan dia, jangan lewatkan tulisan ini ya.

Kebersamaan yang pernah kamu lalui bersamanya tentu meninggalkan kenangan di hati dan pikiranmu. Kadang kamu berusaha melupakannya, namun kenangan tersebut seringkali muncul kembali. Tidak semua kenangan harus dilupakan. Ada sebagian kenangan yang perlu diingat.

Kenangan yang memberikan rasa sakit, membuka luka lama, dan menghadirkan trauma, sebaiknya kamu lupakan. Bukan hanya kenangannya, tetapi juga orangnya. Mengikhlaskan adalah jalan terbaik agar kamu bisa melupakannya. Hal ini tentu mudah untuk dikatakan, namun prakteknya perlu perjuangan keras.

Cara Melupakan Seseorang

Mengingat seseorang tidak selamanya negatif. Selama dengan mengingatnya kita menjadi lebih baik, tidak masalah. Namun jika dengan mengingatnya kita menjadi tak bersemangat atau terluka, sepertinya melupakan adalah jalan terbaik.

Kira-kira apa sih yang membuatmu harus melupakan seseorang? Coba kira sebutkan ya. Dia sudah menjadi orang lain. Dia mengkhianati kamu. Dia menyakiti kamu. Dia sudah pergi dan kamu ingin memulai hidup baru dengan yang lain. Dan tentunya masih banyak alasan lain yang mengharuskanmu lupa pada dirinya.

Di bawah ini, merupakan cara-cara yang kami rekomendasikan agar kamu bisa melupakan seseorang yang seharusnya kamu lupakan.

1. Menerima Kenyataan

Menerima KenyataanMenerima kenyataan merupakan salah satu cara yang sangat penting agar dapat melupakan seseorang. Bayang-bayang tentang dirinya muncul karena hatimu belum bisa menerima kenyataan bahwa dia tidak bisa lagi kamu perjuangkan.

Semakin kamu tidak terima pada keadaan, kamu akan semakin terbelenggu oleh kenangan lama. Kamu harus ingat bahwa hidup harus berlanjut. Life must go on. Seperti yang dikatakan oleh legenda campur sari Indonesia, Pak Dhe Didi Kempot, “Yang sudah berlalu ya sudah. Sakit hati boleh-boleh saja. Tapi kamu harus tetap kerja ya. Sebab hidupmu tidak bisa dibiayai oleh tangisanmu.”

Berdamailah dengan diri sendiri. Tidak perlu memaksakan diri kalau dia masih ada untukmu. Dengan menerima kenyataan, kamu bisa hidup lebih bebas dan tenang. Jika selama proses menerima kenyataan kamu menangis, lepaskan saja tangisan itu. Kamu berhak untuk menangis, meskipun kamu seorang laki-laki.

2. Berdoa

BerdoaHatimu berada dalam genggaman-Nya. Tuhan lah yang menguasai hatimu. Maka dari itu, jika kamu merasa sulit melupakan seseorang, berdoalah kepada Tuhan agar Dia membebaskan hatimu dari masa lalumu.

Sampaikan pada-Nya bahwa kamu ingin hidup bebas tanpa harus terbelenggu oleh seseorang di masa lalu. Dia dengan mudah membuatmu lupa pada seseorang, jika Dia berkehendak. Berdoalah agar semua rasa cinta, rindu, sayang, bahkan benci kepadanya dilenyapkan oleh Tuhan. Dengan demikian, tidak ada perasaan apapun yang tersisa untuk orang itu.

Oh ya, kami harap kamu tidak sampai mendoakan yang buruk-buruk untuk orang itu. Enggak perlu. Cukup berdoa untuk kebaikanmu saja.

3. Jangan Kepo Tentangnya

Jangan Kepo TentangnyaGodaan terbesar selama proses melupakan seseorang adalah ingin tahu kabar terbarunya. Knowing every particular object atau kepo merupakan sikap ingin tahu segala hal bahkan sampai hal-hal terkecil dari obyek yang jadi sasaran kepo.

Mungkin saja kamu ingin tahu gimana kabarnya sekarang. Sekarang dia jadi apa. Sekarang dia sama siapa. Apakah kehidupannya menyedihkan setelah pergi darimu. Dan banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mendiorongmu untuk kepo.

Salah satu bentuk kepo adalah stalking media sosialnya. Hal ini banyak dilakukan oleh banyak orang, bahkan mereka yang sedang berusaha melupakan. Ingin tahu keadaannya sama saja menggagalkan upayamu untuk melupakannya.

4. Jangan Respon Dia

Jangan Respon DiaSetelah semua kisah dengannya berakhir, ternyata dia datang lagi dalam kehidupanmu. Bayangkan Grameds, badai yang berkecamuk dalam hidupmu sudah reda dan kamu sudah tenang. Lalu tiba-tiba dia datang kembali.

Kalau kamu tidak cukup kuat, pendirianmu akan goyah. Namun kalau kamu kuat, kamu tidak akan terpengaruh apa-apa. Salah satu cara melupakan yang paling ampuh adalah tidak merespon dia sama sekali.

Misalkan dia mengirim pesan lewat medsos. Dia menyapamu dan menanyakan kabarmu. Jawablah seperlunya. Biarkan natural dan jangan tampakkan kesan kamu marah atau benci. Tampilkan kesan bahwa perasaanmu datar. Kalau kamu mau, kamu tidak meresponnya sama sekali. Menampakkan kebahagiaan saat dia menghubungimu sama saja menhancurkan pondasi yang telah kamu bangun.

5. Sibukkan Diri Dalam Produktivitas

Sibukkan Diri Dalam ProduktivitasSibuk dalam kebaikan telah terbukti efektif untuk melupakan seseorang. Pikiran dan hatimu akan fokus pada kesibukanmu, bukan lain dia. Dengan menyibukkan diri dalam kebaikan, kamu tidak lagi punya waktu untuk melamun. Kamu juga tidak lagi sempat larut dalam kegalauan jiwa.

Kesibukanmu dalam kebaikan akan menaikkan standar hidupmu dalam apapun, tidak terkecuali soal pasangan. Kebaikan-kebaikan yang melarutkanmu setiap hari akan meningkatkan kualitasmu sehingga dia bukan lagi orang yang sepadan untukmu.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

6. Lakukan Olahraga

Lakukan OlahragaBiasanya, upaya melupakan seseorang disertai dengan perasaan sedih. Untuk menyembuhkan perasaan sedih, kamu perlu melakukan olahraga. Asal kamu tahu ya Grameds, olahraga dapat menstimulus tubuh untuk mengeluarkan hormone endorphin.

Hormon ini disebut hormon kebahagiaan. Hormon ini dapat menghadirkan rasa bahagia dan kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, sering-seringlah melakukan olahraga di saat kamu ingin melupakan seseorang.

7. Jauhi Apapun Yang Mengingatkanmu Padanya

Jauhi Apapun Yang Mengingatkanmu PadanyaMendengar lagu galau, melamun, mendatangi tempat yang spesial, menengok foto album bersama, membaca riwayat komunikasi, hingga mendengarkan rekaman suaranya adalah aktivitas yang semakin membuat kesusahan untuk melupakannya.

BACA JUGA: 20 Kado Anniversary Untuk Pasangan

Kalau kamu memang serius untuk melupakannya, tinggalkan dan jauhi apapun yang berhubungan dengannya. Awalnya mungkin kamu kesulitan karena tidak biasa. Namun jika kamu membulatkan tekad, kamu akan bisa berjalan maju.

8. Berhentilah Untuk Melupakannya

Berhentilah Untuk MelupakannyaSalah satu cara yang banyak dilupakan orang adalah berhenti untuk melupakannya. Semakin kamu ingin melupakan, semakin kamu ingat. Kok bisa? Jika kamu memaksakan diri untuk melupakan seseorang, kamu akan teringat padanya setiap kamu ingin memulai usaha itu. Karena dia menjadi obyek untuk dilupakan, mau tidak mau dia hadir dalam ingatanmu.

Untuk melupakan seseorang, biarlah kamu ingat tentangnya jika memang masih teringat. Hingga kamu menyibukkan diri dengan kegaiatanmu. Sampai kamu tidak memikirkannya lagi dengan sendirinya. Maka di saat itu, kamu mulai bisa melupakannya.

Di saat kamu rehat dari aktivitasmu, mungkin sesekali kamu akan teringat padanya. Tapi porsi ingatanmu tentang dia sudah tidak sebesar sebelum-sebelumnya. Lakukan saja hal ini secara konsisten, maka kamu akan melupakannya seutuhnya. Ya bagaimana lagi, memang dia harus dilupakan.

BACA JUGA:

Grameds, gimana nih sekarang? Sudah siap belum melupakan dia? Tenang saja, Gramedia nggak akan pernah meninggalkan kamu sendiri. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia siap menyibukkan dalam kebaikan agar bisa melupakannya. Caranya? Buku-buku pilihan kami banyak loh.

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

Move On! : Sesungguhnya, Segala Sedih Akan Berganti Bahagia
Move On! : Sesungguhnya, Segala Sedih Akan Berganti Bahagia

tombol beli buku

Move On, Yuk!
Move On, Yuk!

tombol beli buku

Shut Up, Move On (Edisi 2020) Panduan Terus Terang untuk Sukses dalam Hidup
Shut Up, Move On (Edisi 2020) Panduan Terus Terang untuk Sukses dalam Hidup

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih