Tips dan Trik

Ciri-ciri, Tujuan dan Contoh Inovasi

Inovasi Dan Contoh Inovasi, Ini Penjelasan Lengkapnya
Written by Wida Kurniasih

Ciri-ciri, Tujuan dan Contoh Inovasi – Inovasi telah menjadi perdebatan serius di banyak bidang akhir-akhir ini, karena masyarakat dapat berkembang lebih baik dari sebelumnya dengan pemikiran dan hasil yang inovatif. Ada banyak bentuk inovasi dan contoh inovasi  dalam kehidupan kita sehari-hari.

Namun yang pasti inovasi ini tidak terlepas dari efisiensi penggunaan waktu yang minimal dan hasil yang maksimal. Memang, model penemuan, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam situasi sosial, telah mempengaruhi penyediaan solusi  yang berbeda dari pada situasi sebelumnya.

Kita tahu bahwa setiap generasi memiliki keunikannya masing-masing untuk menciptakan sesuatu yang baru. Setiap generasi dapat menciptakan “terobosan baru” mereka sendiri yang dapat mengejutkan generasi lain. Bukan hanya terobosan baru, tapi banyak orang bisa memanfaatkannya. Misalnya, generasi muda milenial menciptakan kosakata slang baru, dan seseorang kemudian mengubah kosakata itu menjadi objek yang inovatif.

Ada banyak jenis inovasi dan contoh inovasi dalam kehidupan kita, dan ada juga manfaat yang bisa dibawa oleh inovasi bagi kehidupan manusia. Lalu apa sebenarnya bagaimana inovasi dan contoh inovasi tersebut bisa kita lakukan? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Pengertian Inovasi

Pengertian InovasiMenurut para ahli, inovasi adalah contoh bagaimana  kreativitas, kecerdikan, dan inisiatif yang kuat dapat menghasilkan  jauh lebih baik daripada penemuan sebelumnya. Oleh karena itu, salah satu tujuan inovasi adalah menciptakan kenyamanan baru dalam kehidupan manusia melalui penemuan atau pengembangan baru dari ide-ide inovatif yang berhasil diimplementasikan.

Inovasi juga erat kaitannya dengan inovasi produk. Inovasi produk mencakup beberapa elemen seperti teknologi baru, layanan dan solusi baru, pengalaman baru, proses dan metode baru,  hasil yang sangat berharga, model dan desain baru, artikel atau produk sosial yang umum bagi banyak orang. Ini adalah kreasi baru.

Inovasi adalah upaya memperbarui sumber daya yang ada dan menjadi pembaruan dari sumber daya yang sebelumnya. Sumber daya ini dapat memengaruhi alam, energi, ekonomi, pekerjaan, penggunaan teknologi, dan banyak lagi. Inovasi adalah proses memperbarui berbagai sumber  daya agar lebih bermanfaat bagi manusia. Saat ini, inovasi didorong oleh penggunaan teknologi, yang memudahkan pembuatan berbagai produk  baru.

Inovasi terkait erat dengan pembaruan budaya, terutama di bidang penggunaan teknologi dan ekonomi. Proses inovasi  erat kaitannya dengan penemuan-penemuan baru, baik  yang berupa teknologi maupun yang berupa invensi. Discoveries dapat diartikan sebagai penemuan unsur-unsur baru yang ditemukan oleh individu atau kelompok, misalnya berupa alat atau gagasan.

Invensi ini dapat diartikan sebagai suatu penemuan yang  diakui oleh masyarakat, serta penerapan dari penemuan tersebut. Inovasi ini sendiri sangat identik dengan anak muda. Karena jiwa muda masih memiliki banyak tenaga dan pikiran. Dengan cara ini, banyak hal baru dan unik  lahir dari anak muda. Saat ini, anak-anak muda ini  dikenal sebagai generasi millennial. Menurut beberapa ahli, pengertian inovasi adalah seperti berikut ini:

1. Menurut Nurdin (2016)

Definisi inovasi adalah kebaruan yang mengenalkan dan diimplementasikan oleh praktik atau proses baru (baik barang  atau jasa), atau hasil adopsi oleh organisasi lain.

2. Menurut Sa’ud (2014)

Inovasi adalah sekelompok orang dengan pilihan kreatif, penempatan, sumber materi baru, dan penggunaan metode unik untuk meningkatkan hasil dari tujuan mereka sebelumnya.

3. Menurut Kuniyoshi Urabe

Inovasi didefinisikan sebagai proses yang panjang dan kumulatif, bukan fenomena satu kali. Ini termasuk proses pengambilan keputusan  anggota organisasi, mulai dari brainstorming dan brainstorming hingga tujuan pemasaran.

4. Menurut Van de ven, Andrew H

Inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru yang dijalankan oleh seseorang dalam periode waktu tertentu yang melibatkan aktivitas transaksional tertentu  dalam suatu organisasi.

5. Menurut Steven Robbins

Inovasi adalah ide atau gagasan baru yang  diterapkan untuk meluncurkan dan memperbarui  produk, proses, atau layanan yang sudah ada.

6. Menurut Everett M. Rogers

Konsep inovasi adalah suatu ide, ojek, suatu ide dan praktek berdasarkan suatu yang baru, dan diterima sebagai sesuatu yang baru baik oleh individu maupun kelompok yang diterapkan atau diadopsi.

Ciri- Ciri Inovasi

Ciri- Ciri Inovasi1. Baru

Ciri pertama inovasi adalah kebaruan. Segala sesuatu yang berasal dari inovasi  ini tidak pernah ada  atau sudah selesai. Konsep baru ini lahir dari gagasan yang keras untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia tanpa mengurangi fungsi atau perannya. Inovasi  baru juga berarti bahwa gagasan itu murni dan belum pernah digunakan oleh siapa pun. Itu sudah  ada, tetapi itu berarti akan diadopsi karena itu adalah solusi yang baik.

2. Perencanaan

Rencanakan inovasi  sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Hal ini  penting karena akan mempengaruhi masa depan. Kesengajaan, inovasi dilakukan dengan proses dan persiapan yang matang, jelas dan terencana agar tidak terburu-buru dalam prosesnya. Tentu saja, apa pun bisa mengecewakan jika tidak merencanakannya.

3. Khas

Karakteristik ketiga dari inovasi adalah kekhasan atau unik. Sebagai sesuatu yang baru, inovasi memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan hasil adopsi pun harus memiliki kepribadian yang unik. Dengan aplikasi di lokasi baru, inovasi menciptakan keunikannya sendiri, meskipun dimulai dengan adopsi.

4. Memiliki Tujuan Yang Jelas

Ciri khas dari inovasi adalah adanya tujuan yang jelas. Ada objek-objek tertentu yang perlu diteliti dan dikembangkan berdasarkan temuan-temuan yang jelas. Dengan cara ini, arah dan tujuan  inovasi diperjelas terlebih dahulu. Tanpa tujuan yang jelas,  inovasi bisa  salah arah dan tidak diimplementasikan dengan baik.

Tujuan Inovasi

Tujuan InovasiInti dari inovasi adalah tujuan untuk memperbaiki  yang  sudah ada. Sebagian besar inovasi yang diciptakan tentu membutuhkan eksperimentasi, risiko  besar, dan kreativitas tingkat tinggi. Oleh karena itu, hal ini menimbulkan banyak ketidakpastian dalam menemukan solusi yang tepat dan cepat untuk mencapai tujuan inovasi seperti berikut ini:

1. Hemat waktu

Inovasi membuatnya lebih mudah untuk mengatur waktu. Inovasi bertujuan untuk memungkinkan orang menggunakan waktu mereka secara lebih efektif dan efisien. Misalnya, pembuat peralatan masak telah berhasil mengembangkan oven dan pemanggang roti yang dapat memasak makanan  dalam waktu kurang dari 10 menit. Grameds mungkin butuh waktu 30 menit untuk melakukan ini. Dengan demikian, kita dapat menggunakan waktu saya dengan sangat efektif.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

2. Tingkatkan Produktivitas

Inovasi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Dengan menerapkan inovasi, kita dapat melakukan banyak hal dan menghasilkan hasil dalam waktu  singkat. Misalnya, jika Grameds memiliki mesin fotokopi, maka tidak perlu menyalin catatan ke selembar kertas, cukup masukkan ke mesin fotokopi dan buat banyak salinan.

3. Meningkatkan Efisiensi

Tentu saja, inovasi juga membantu kita bekerja lebih efisien. Efisiensi tinggi meningkatkan kinerja yang kami hasilkan, tetapi tanpa biaya atau pengeluaran yang tidak semestinya.

4. Memperbaiki Dan Meningkatkan Kualitas Produk Atau Layanan

Bisnis terus berubah dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, inovasi bertujuan untuk membantu masyarakat secara terus menerus menyesuaikan kualitas produk dan layanannya dengan kebutuhan zaman.

5. Penciptaan Kenyamanan

Inovasi bertujuan untuk membuat segalanya  lebih mudah bagi pelanggan. Misalnya tidak harus antre di depan Kantor Imigrasi pagi-pagi sekali untuk membuat paspor, tetapi dengan inovasi masyarakat umum mengisi formulir melalui internet dengan cepat dan mudah.

6. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan manusia  tidak terbatas, tetapi inovasi  membantu kita secara perlahan tapi pasti memenuhi kebutuhan manusia. Sebagai contoh, para ahli berusaha  menemukan obat anti kanker yang efektif untuk pasien kanker saat ini. Jika pelanggan memiliki pengalaman pelayanan yang memuaskan atau sangat baik dengan produk atau layanan kita, mereka cenderung tetap setia pada bisnis kita. Inovasi memudahkan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan melalui perkembangan teknologi.

7. Kurangi Risiko

Inovasi juga bertujuan untuk memitigasi risiko bisnis yang  sering terekspos di masa lalu. Misalnya, risiko seringnya tabrakan saat memarkir mobil. Inovasi membantu mengembangkan peringatan parkir yang membantu menghindari kecelakaan dan risiko lain di tempat parkir.

8. Mempercepat Kinerja Individu Dan Karyawan

Inovasi juga harus membantu mempercepat kinerja operasi kita sehari-hari. Inovasi memungkinkan kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

9. Mengembangkan Ilmu

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Semakin banyak inovasi yang terjadi, semakin bertambah pula pengetahuan kita. Misalnya,  belajar bahasa asing bisa jadi sulit di masa lalu. Namun inovasi  perkembangan teknologi telah membantu kami belajar secara online.

10. Bisnis Kami Menjadi Semakin Kompetitif

Dengan bantuan inovasi, tidak dapat disangkal  bahwa  bisnis kita akan lebih kompetitif dan luar biasa.

11. Menjamin Keberlanjutan Kehidupan Masa depan

Inovasi memungkinkan orang yang hidup hari ini bekerja keras untuk memastikan kelangsungan hidup anak dan cucu mereka di masa depan. Inovasi, misalnya, membantu  peneliti menemukan bahan bakar alternatif yang bisa mereka gunakan di masa depan.

12. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tujuan akhir dan penting dari inovasi  adalah untuk meningkatkan kehidupan kita, seperti membuat peta kota  ramah lingkungan di mana manusia dan alam  lebih seimbang di masa depan.

Jenis- Jenis Inovasi Dan Contoh Inovasinya

Jenis- Jenis Inovasi Dan Contoh Inovasinya1. Produk

Produk ini merupakan sektor penting yang ditemukan dalam penelitian kelembagaan ekonomi. Produk ini membantu memenuhi kebutuhan masyarakat baik primer maupun sekunder. Misalnya, contoh nyata dari produk ini adalah menggunakan air sebagai pengganti bensin.

2. Pendidikan

Dalam hal inovasi pendidikan, hal ini terlihat pada pengenalan kurikulum antikorupsi di sekolah. Kurikulum ini belum ada pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Itu karena masalah seriusnya tingkat korupsi yang tinggi. KPK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya mengembangkan kurikulum pemberantasan korupsi di sekolah.

3. Layanan Publik

Kalau soal inovasi bisa dilihat di pelayanan publik yang dulu manual, sekarang sudah bisa online. Implementasi online ini dirancang tidak hanya untuk menyeimbangkan bentuk-bentuk perubahan sosial  di  masyarakat dengan munculnya teknologi baru, tetapi juga untuk mereduksi birokrasi bagai hantu yang  menakutkan bagi masyarakat umum.

4. Kewirausahaan

Segmen wirausaha lah yang dapat dimanfaatkan dari inovasi ini dan dengan langkah ini negara dan masyarakat secara langsung  mengurangi dampak pengangguran. Salah satu produk wirausaha yang  baru dipertimbangkan adalah pendirian Markobar milik putra Jokowi.

Marco Bar adalah Murtabak yang dulunya dianggap kertas murahan, dan tidak memiliki nilai potensial. Menurut pengusaha seperti putra Jokowi, ada kabar bahwa Markobar kini bisa melebarkan sayapnya di berbagai wilayah Indonesia dan akan diluncurkan di negara-negara Asia Tenggara.

Kewirausahaan Inovasi Dan Legalitas Bisnis

Kewirausahaan Inovasi Dan Legalitas Bisnis

Beli Buku di Gramedia5. Teknologi

Untuk melakukan penelitian secara mendetail dari perspektif inovasi, fokuslah pada teknologi, khususnya media sosial. Pada  awal kemerdekaan Indonesia, media sosial tidak secepat sekarang ini, namun globalisasi dan penemuan-penemuan yang maju telah menjadikan media sosial seperti Facebook, blogger, website, Twitter, dan Instagram menjadi tempat komunikasi dan interaksi sosial.

6. Budaya

Yang bisa diambil adalah  sifat budayanya dan nilai-nilai budaya yang dikaitkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia  saat itu menarik untuk dipelajari negara lain. Misalnya, festival budaya dan festival batik diadakan untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

7. Transportasi

Gerakan sosial harus ditantang untuk menghadapi kehidupan dengan keras, dan langkah strategis ingin mencari bentuk inovasi yang terus  terjadi. Hal ini terkait dengan transportasi, misalnya dengan adanya aplikasi ojek online seperti  Gojek.

Gojek sebenarnya merupakan bagian dari inovasi yang menghubungkan pengemudi ojek online dengan masyarakat yang membutuhkan. Tentu saja, untuk memanfaatkan sistem ini, kota mana pun dapat dengan mudah menerima layanan dan menghindari biaya tinggi. Di sisi lain, pengemudi ojek tidak perlu menunggu lama di satu kawasan karena link-nya saling terhubung.

8. Penggalangan Dana

Crowdfunding dapat dilihat sebagai salah satu inovasi di bidang sosial dengan membuat dana terbuka untuk umum secara langsung. Ini kasusnya, misalnya jika kita adalah anggota organisasi nirlaba. Organisasi ini bekerja untuk menyelamatkan kucing-kucing liar yang terlantar.

Niat baik merawat kucing terlantar membutuhkan banyak biaya, sehingga kita dapat membuka donasi di platform donasi digital seperti Kitabisa dan NUCare. Bagian dari pembiayaan online sebenarnya adalah inovasi strategis.

9. Pemerintahan

Ide, gagasan, dan objek tertentu yang ada dalam sistem sosial pemerintahan juga erat kaitannya dengan inovasi. Hal ini dapat berupa upaya untuk memecahkan masalah yang muncul. Menemukan ide-ide inovasi dalam pemerintahan  tidak selalu diterima oleh masyarakat, yang pada akhirnya membutuhkan proses  yang penting dan panjang. Misalnya, saat membuat NPWP online atau memperbarui SIM  online. Menghemat waktu dan tidak mengganggu birokrasi.

10. Kesehatan

Bidang medis untuk inovasi dan penemuan baru yang ada di masyarakat, seperti program pemerintah yang menangani masalah wabah virus corona. Oleh karena itu, dalam rangka mengenali perjalanan seseorang, akan segera membuka aplikasi Care for Protect agar dapat segera melacak adanya tanda-tanda Covid.

Manfaat Inovasi Pada Dunia Bisnis

Manfaat Inovasi Pada Dunia Bisnis1. Memberikan Solusi Untuk Memecahkan Masalah

Salah satu manfaat  inovasi adalah kemampuan untuk memecahkan masalah. Anda dapat mengganti yang  lama yang bermasalah dengan yang baru. Adanya ide dan gagasan baru membantu untuk memecahkan masalah yang ada  dengan lebih baik. Apalagi  jika ada produk lama yang tidak bisa lagi dijual karena masalah produk, inovasi harus diciptakan untuk merangsang minat masyarakat terhadap produk tersebut di pasar.

2. Meningkatkan Produktivitas

Muncul dengan ide-ide dan inovasi baru berarti orang-orang meluangkan waktu untuk menggunakan pikiran mereka yang luar biasa. Ketika seseorang bereksperimen atau meneliti, tidak hanya pemikiran tetapi juga inovasi yang tumbuh. Melalui inovasi, berarti orang tersebut juga telah menghabiskan waktu untuk bekerja dan tetap produktif di tempat kerja. Banyak yang bisa melakukannya, termasuk bos, karyawan, siswa, guru, dan  banyak lagi.

3. Tingkatkan Ketangguhan

Orang yang inovatif cenderung menggunakan kecerdasannya. Singkatnya, ini sulit karena orang  harus beradaptasi dengan masalah baru dan menemukan solusi untuk masalah ini untuk berinovasi.

4. Dapat Membuat Sesuatu Yang Unik

Inovasi dapat menciptakan dan bahkan membuat sesuatu yang unik dan berharga. Orang yang inovatif antara lain tergolong orang yang berkualitas. Selain itu, keberhasilan implementasi inovasi yang ia kembangkan berarti ia dapat menciptakan sesuatu yang baru yang berbeda dari yang sudah ada.

BACA JUGA:

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu inovasi dan contoh inovasi. Apakah Grameds tertarik untuk membuat inovasi? Untuk melakukannya tentan perlu banyak referensi dan pemahaman. Grameds bisa kunjungi koleksi buku Gramedia tentang berbagai jenis inovasi dan jenis inovasi di www.gramedia.com, seperti rekomendasi buku berikut ini: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Inovasi

Inovasi

Beli Buku di Gramedia

Inovasiku untuk Negeri

Inovasiku untuk Negeri

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien