Tips dan Trik

Tipe Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah, Kamu yang Mana?

tipe kerpibadian berdasarkan golongan darah
Written by Farah Fadila

Tipe Kepribadian Seseorang Berdasarkan Golongan Darah, Kamu yang Mana?– Apa golongan darah kamu? Jawabannya mungkin akan mengungkapkan beberapa hal menarik dibaliknya. Menebak kepribadian seseorang melalui astrologi mungkin sudah akrab di telinga Grameds.

Namun, menebak kepribadian seseorang juga bisa dilakukan melalui tipe golongan darah. Di banyak negara, seperti Amerika Serikan dan India masih mengandalkan hal berbau astrologi untuk memeriksa kepribadian seseorang.

Tetapi, negara seperti Jepang dan Korea Selatan menggunakan standar yang sedikit berbeda. Mereka menggunakan golongan darah untuk mengungkap kepribadian seseorang.

Di sana, kehidupan, pekerjaan, bahkan percintaan seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh golongan darah. Ya, golongan darah kamu dapat mengungkapkan tipe kepribadian.

Apa Itu Kepribadian Menurut Golongan Darah?

Ilustrasi Golongan Darah A, B, AB, dan O (sumber: timesofindia.com)

Ketsueki-gata adalah padanan istilah bahasa Jepang yang berarti menganalisis kepribadian seseorang berdasarkan golongan darahnya. Istilah ini populer sejak tahun 1930-an berkat seorang profesor Jepang bernama Takeji Furukawa yang menerbitkan sebuah makalah dengan klaim bahwa setiap golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang.

Empat golongan darah primer, A, B, O, dan AB dibedakan berdasarkan antigennya. Sebenarnya, antigen dapat ditemukan di permukaan sel darah merah.

Kemudian antigen dapat membantu menjelaskan seberapa efektif sistem kekebalan tubuh seseorang. Grameds akan sangat terkejut ketika mengetahui bahwa di Jepang sebagian besar orang suka menanyakan golongan darah orang lain karena mereka sangat percaya dengan teori kepribadian golongan darah.

Orang Jepang menggunakannya sebagai alat untuk menilai potensi seorang karyawan dan menguji kecocokan dua orang yang akan menikah. Sebagian besar orang percaya bahwa tipe kepribadian seseorang dapat dilihat melalui golongan darah, meskipun teori tersebut belum memiliki dukungan ilmiah.

Saat mengenal seseorang dari Korea Selatan, kemungkinan besar kamu akan ditanya “Apa golongan darah kamu?”. Informasi golongan darah bagi sebagian besar orang mungkin hanya dianggap sebagai informasi yang dibutuhkan untuk menemukan kecocokan saat akan melakukan transfusi darah.

Namun, di Korea Selatan golongan darah seseorang diyakini secara luas dapat memprediksi kepribadian. Hal ini mirip dengan memprediksi kepribadian dengan horoskop.

Berdasarkan teori kepribadian golongan darah, seseorang dengan golongan darah A dipercaya lebih rajin dan peduli terhadap orang lain. Tetapi, orang dengan golongan darah tersebut juga dipercaya perfeksionis dan terlalu cemas. Kemudian mereka yang bergolongan darah B diyakini sebagai orang yang optimis, bersemangat, pelupa, dan egois.

Teori kepribadian golongan darah telah berkembang menjadi norma budaya meskipun belum terbukti secara ilmiah. Jika dilihat dalam perspektif ilmiah, golongan darah berbeda menurut jenis protein dalam darah.

Hal tersebut merupakan sifat genetik yang diturunkan oleh orang tua tanpa adanya hubungan dengan kepribadian seseorang. Sebenarnya dapat disimpulkan bahwa teori kepribadian berdasarkan golongan darah tergolong ilmu semu atau pseudosains.

Beli Buku di Gramedia

Sejak kemunculannya di tahun 1930-an, teori ini terus bertahan di Korea Selatan sebagai salah satu cara potensial untuk mempelajari tentang karakteristik kamu dan orang-orang di sekitarmu. Teori ini telah menjadi pertanda baik dalam budaya “pengembangan diri”.

Popularitas teori kepribadian berdasarkan golongan darah didorong oleh keinginan umum untuk belajar lebih banyak tentang ciri-ciri diri sendiri dan ciri-ciri orang lain. Penasaran bagaimana tipe kepribadian seseorang berdasarkan golongan darahnya? Jika Grameds ingin mengetahui hubungan luar biasa antara golongan darah dan kepribadian kamu, baca artikel ini sampai tuntas.

Kepribadian Menakjubkan Golongan Darah A

Ilustrasi Golongan Darah A (sumber: timesofindia.com)

Salah satu golongan darah yang paling umum di dunia adalah orang-orang dengan golongan darah A. Jiwa mereka cenderung lembut, baik, dan ingin hidup damai dengan semua orang.

Karena golongan darah A selalu ingin menghindari konflik, tidak ingin membebani orang lain, dan tidak mampu mengekspresikan diri, kamu akhirnya akan merusak diri sendiri dengan emosi dan perasaan yang terpendam. Emosi yang kurang stabil tadi akan membuat bom waktu yang meledak dalam bentuk kemarahan, depresi, atau kecemasan.

Mereka dengan golongan darah A diyakini sebagai orang dengan pribadi yang cenderung lebih sensitif, emosional, kooperatif, bersemangat, dan pintar. Mereka sangat sabar, setia dan mencintai kedamaian karena tidak suka berkelahi dengan siapa pun.

Tetapi, terkadang orang-orang ini menjadi terlalu sensitif. Mereka tidak suka melanggar aturan, sangat peduli dengan etika, dan standar sosial. Orang dengan golongan darah ini cenderung meluangkan waktu mereka hanya untuk membuat keputusan yang terorganisir.

Mereka menyukai hal-hal yang rapi dan bersih di tempat yang tepat. Tak heran jika banyak orang dengan Obsessive Compulsive Disorder atau yang kerap disingkat OCD bergolongan darah A.

Orang dengan golongan darah A juga mudah stres sehingga memiliki kadar hormon kortisol atau stres yang tinggi. Hal tersebut dapat berkontribusi pada masalah kesehatan dan penurunan kekebalan tubuh. Meski tergolong mudah stres, orang dengan golongan darah A sangat baik dalam mengelola keadaan darurat.

  • Ciri-ciri Kepribadian Umum

Baik hati, penuh perhatian, pemalu, individu keras kepala, sopan, dapat diandalkan, terlalu sensitif, perfeksionis, cemas, bertanggung jawab, dan pendiam.

  • Ciri-ciri Kepribadian Positif

Loyal, perfeksionis, teratur, dan konsisten.

  • Ciri-ciri Kepribadian Negatif

Obsesif, terlalu sensitif, pesimis, keras kepala, kaku, mudah stres, dan rewel.

Orang dengan golongan darah A diyakini mampu menjadi teman yang andal dan dapat dipercaya. Selain itu, mereka tidak suka menunjukkan emosi dan perasaan mereka kepada siapa pun kecuali orang yang mereka anggap nyaman untuk berbagi cerita.

Beli Buku di Gramedia

Capaian Karier Orang dengan Golongan Darah A

Karena kesadaran dan kecerdasan golongan darah A, ada beberapa profesi tertentu yang dinilai cocok untuk mereka. Orang dengan golongan darah A dapat menjadi kutu buku dan membangun karier sebagai penulis, penyair, atau bahkan pustakawan.

Di sisi lain, mereka juga dianggap perfeksionis dan teliti. Orang dengan golongan darah ini kerap menjadi ilmuwan yang paling teliti di Jepang. Kemudian mereka juga pribadi yang dapat menjajaki karier sebagai programmer atau akuntan.

Kepribadian Luar Biasa dari Golongan Darah B

Ilustrasi Golongan Darah B (sumber: timesofindia.com)

Orang dengan golongan darah B adalah pendengar yang baik. Kemudian mereka tidak menyimpan emosi ke tingkat yang berbahaya layaknya kartu As. Mereka cenderung membuat keputusan dengan sangat cepat dan kreatif.

Selain itu, orang dengan golongan darah ini memiliki keinginan dan dorongan yang sangat kuat untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal yang mereka lakukan. Sama seperti orang dengan golongan darah A, orang-orang ini juga tidak pandai multitasking.

Orang dengan golongan darah B tergolong bijaksana, berempati terhadap orang lain, dan cenderung dapat diandalkan dalam hal pertemanan. Orang dengan golongan darah B adalah ekstrovert yang sangat menarik dan antusias dalam menggunakan pengetahuan mereka untuk membaca individu, lalu berperilaku mengikuti lingkungan mereka, dan menjadikan mereka manusia seutuhnya.

Mereka juga kerap mendapatkan banyak diskriminasi karena sifat negatif yang dimilikinya, seperti keegoisan dan terkadang kurang kooperatif. Banyak orang hanya menilai sisi negatif dari seseorang dengan golongan darah B.

Tak heran jika hal tersebut kerap membuat mereka menjadi penyendiri. Fakta menarik lainnya, laki-laki dengan golongan darah B di masyarakat tertentu dianggap sebagai yang terburuk dalam perselingkuhan karena mereka kerap dikenal sebagai pemarah dan penggoda yang tidak dapat berubah.

  • Ciri-ciri Kepribadian Positif

Pribadi kuat, santai, kreatif, suka berpetualang, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selalu bersemangat, ceria, aktif, dan ramah.

  • Ciri-ciri Kepribadian Negatif

Egois, terkesan liar, tidak menentu, kurang kooperatif, tidak bertanggung jawab, dan tidak terduga.

Beli Buku di Gramedia

Capaian Karier Orang dengan Golongan Darah B

Rute karier yang dianggap terbaik untuk individu dengan golongan darah B ialah psikiater, polisi, dan reporter. Mereka adalah pengamat yang baik untuk membaca ruang pada pikiran orang lain. Mereka bisa menjadi terapis yang mempelajari perilaku pasien, detektif yang membaca kuesioner tersangka, atau jurnalis yang dapat menemukan laporan menarik untuk publik.

Kepribadian Mengejutkan dari Golongan Darah AB

Ilustrasi Golongan Darah AB (sumber: timesofindia.com)

Umumnya, golongan darah AB merupakan individu yang sangat otonom dan rasional. Orang dengan golongan darah AB adalah orang dengan campuran dan tipe kepribadian A dan B.

Mereka tergolong orang yang rumit dan dapat memiliki kepribadian ganda, seperti mereka bisa menjadi pemalu dalam satu waktu layaknya golongan darah A dan bisa juga ramah dalam satu waktu layaknya golongan darah B.

Uniknya, mereka juga dianggap sebagai invidu yang sulit diprediksi dan terlihat aneh. Orang-orang ini cenderung mencoba untuk menjaga kepribadian mereka yang sebenarnya dari orang asing sehingga membuat sebagian besar orang percaya bahwa mereka berkepribadian ganda.

Sulit untuk menebak suasana hati orang dengan golongan darah AB sampai kamu mengenal mereka secara menyeluruh. Golongan darah yang satu ini tergolong paling langka di dunia. Mereka akan terlihat menawan dan mudah berteman.

Tidak akan pernah ada momen yang membosankan dalam kelompok pertemanan dengan orang bergolongan darah AB. Tetapi, orang dengan golongan darah ini tergolong buruk dalam menangani stres.

Orang AB sangat berhati-hati saat berurusan dengan orang lain atau dalam hal empati. Tak heran jika mereka disebut humanis oleh orang Korea Selatan. Kemudian mereka juga memiliki kemampuan analitis dan logis yang luar biasa.

  • Ciri-ciri Kepribadian Positif

Keren, lebih terkontrol, tampan, pengejar mimpi, tingkat kepedulian tinggi, rasional, dapat dipercaya, mudah beradaptasi, dan kreatif.

  • Ciri-ciri Kepribadian Negatif

Rumit, tidak bertanggung jawab, egois, pelupa, dan kritis.

Capaian Karier Orang dengan Golongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB tergolong cukup hebat dan sangat menarik dalam waktu yang sama. Ada berbagai pilihan karier yang bisa kamu jalani, mulai dari menjadi manajer, negosiator, guru, diplomat, hingga pengacara. Pemikirannya yang sangat rasional dapat membuat mereka bekerja dengan baik dan terstruktur dalam suatu organisasi.

Beli Buku di Gramedia

Karakter yang Kuat dari Golongan Darah O

Ilustrasi Golongan Darah O (sumber: timesofindia.com)

Pribadi dengan golongan darah O identik dengan sikapnya yang terkesan easy going atau mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka adalah orang yang memiliki keberanian, ramah, dan giat.

Mereka memiliki kebiasaan untuk menetapkan standar tinggi bagi diri mereka sendiri. Kemudian mereka melakukan semua hal untuk mencapainya.

Memiliki pribadi yang percaya diri dan intuitif kerap membuat mereka dianggap menawan dan haus kekuasaan. Orang-orang ini memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik dan hal-hal kecil tidak akan mengganggu mereka.

Hal tersebut membuat mereka tampak egois bagi orang lain, terutama bagi orang dengan golongan darah A. Orang dengan golongan darah O juga murah hati, baik, dan penuh kasih. Mereka dapat beradaptasi dengan baik dalam hal perubahan.

Mereka tergolong tangguh, fleksibel, dan dapat melakukan segala sesuatunya lebih baik daripada golongan darah lain dalam situasi sulit. Namun, mereka cenderung penyendiri dan membutuhkan waktu untuk sendiri layaknya orang introvert. Orang Jepang menyebut mereka yang bergolongan darah O pejuang karena mereka kuat dan tahan banting. Orang- orang ini cenderung jujur dan membenci orang yang menyembunyikan kebenaran.

  • Ciri-ciri Kepribadian Positif

Berpandangan positif, kualitas kepemimpinan sangat baik, percaya diri, tenang, santai, ramah, berhati-hati, setia, cinta damai, bersemangat, mandiri, dapat diandalkan, riang, dan menjadi trendsetter.

  • Ciri-ciri Kepribadian Negatif

Cemburu, kejam, kasar, tidak tepat waktu, tidak peka, dingin, tidak terduga, egois, dan terkesan sombong.

Beli Buku di Gramedia

Capaian Karier Orang dengan Golongan Darah O

Golongan darah O kerap berkaitan dengan kepraktisan dan ambisi daripada kreativitas dan intuisi. Hal tersebut membuat mereka lebih cocok berada di lingkungan bisnis.

Mereka dapat menjadi seorang akuntan profesional. Jika tidak, golongan darah O bisa menjadi orang yang memimpin lingkungan politik dan perusahaan karena pribadi mereka penuh dengan karisma dan tanggung jawab.

Itulah ulasan seputar kepribadian berdasarkan golongan darah. Nah, apakah penjelasan di atas sudah sesuai dengan golongan darah kamu? Jika kamu ingin mengetahui tipe kepribadian yang lebih akurat, sebaiknya gunakan metode disiplin ilmu psikologi untuk mengetahui karakter, minat, dan bakat yang dimiliki.

Baca juga artikel terkait “Tipe Kepribadian Berdasarkan Kepribadian” :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien