in

Berapa Ukuran Postingan Instagram Yang Bagus?

London, UK - July 30, 2018: The buttons of the photo app Instagram, surrounded by WhatsApp, Facebook, Messages and other apps on the screen of an iPhone.

Berapa Ukuran Postingan Instagram Yang Bagus? – Gramdes, apakah kamu adalah pengguna aplikasi foto dan video instagram? Aplikasi instagram ini adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Selain sebagai media foto dan video, instagram juga digunakan untuk media komunikasi.

Saat ini, banyak informasi-informasi yang disampaikan melalui instagram. Bahkan, instansi besar sampai instansi pemerintahan juga kerap membagikan informasi melalui instagram.

Akan tetapi, untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut perlu adanya pengaturan. Harus ada peraturan mengenai foto dan video yang akan diunggah. Seperti mengenai durasi, rasio sampai ukurannya.

Artikel ini akan membahas mengenai ukuran-ukuran postingan dalam instagram.

Ukuran Gambar Instagram Yang Pas Untuk Diupload

Close-up of an unrecognizable person installing the Instagram App from Google Play Store on a Lenovo A916 Android smartphone. Instagram is a popular free photo and video sharing app owned by Facebook.

Jika ingin memposting suatu gambar di instagram, harus memperhatikan ukuran dari gambar tersebut. Gambar di instagram bisa berupa postingan atau  foto profil akun instagram.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, kamu harus mengikuti aturan-aturan yang dikeluarkan oleh instagram. Jika kamu memposting atau mengguggah foto yang salah, maka foto kamu akan secara otomatis terpotong.

Berikut ini adalah aturan memposting gambar di instagram:

1. Ukuran Foto Profil

Umumnya, pengguna instagram menggunakan foto profil. Hal itu berguna supaya dapat dikenali oleh seseorang. Selain itu, penggunaan foto profil juga akan membuat akun milikmu menjadi terlihat aktif. Terlebih jika akun tersebut adalah akun online shop. Jika ingin dianggap tidak berbohong atau akun bodong, maka harus mengunggah foto profil.

Dalam mengunggah foto profil, perlu diperhatikan mengenai ukurannya. Untuk ukuran gambar profil yang optimal, kamu bjsa menggunakan gambar dengan ukuran 110 x 110 piksel. Sementara untuk ukuran resolusi foto tersebut, maksimal sebesar 180 x 180 piksel.

Ukuran foto yang bisa digunakan untuk foto profil harus memiliki resolusi yang tinggi. Hal ini akan membuat foto menjadi lebih baik dan jelas. Misalnya dengan ukuran 1080 x 1080 piksel.

2. Ukuran Foto Postingan

Salah satu hal yang sering dilakukan penggunanya adalah memposting foto. Postingan foto ini akan tersimpan pada feeds atau tempat unggahan foto. Dalam memposting foto, instagram memiliki beberapa aturan.

Seperti ukuran yang diunggah sebesar 640 x 640 piksel. Ukuran ini untuk aspek rasio persegi atau sekitar 1 : 1. Resolusi yang mendukung postingan foto ini kemudian ditingkatkan. Peningkatan terjadi pada tahun 2015. Resolusi tersebut menjadi 1080 x 1080 piksel.

Maka sejak saat itu terdapat variasi lain dalam mengunggah foto ke instagram. Pengguna instagram dapat mengunggah foto secara horizontal maupun vertikal ke akun instagram mereka.

Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan Desain Grafis
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan Desain Grafis

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Pembahasan di dalam buku ini meliputi:  Langkah pertama menjadi seorang selebgram, Memilih username dan menulis bio yang menarik, Membuat rencana konten dan mengenal seluk beluk tentang hak cipta, Memanfaatkan carousel dan Instagram Story secara optimal, Menggunakan fitur terbaru seperti Guides (Panduan), Membuka toko online dan menjual produk tanpa harus memiliki produk, Mengoptimalkan Direct Message dan Close Friends, termasuk pembuatan IGTV dan memanfaatkan Canva.

Berikut ini adalah ukuran-ukuran foto terbaik yang bisa dipakai untuk mengunggah foto di instagram:

a. Foto Persegi

Pada foto yang berbentuk persegi, aspek rasio foto ini sebesar 1:1. Resolusi pada foto persegi sekitar 1080 x 1080 piksel. Pada saat mengunggah foto, instagram akan mengompresi file fotonya. File foto tersebut akan dibuat mendekati 600 x 600 piksel.

b. Foto Horizontal atau Lanscape

Pengguna instagram dapat memposting foto dengan bentuk horizontal atau lanskap. Aspek rasio yang direkomendasikan dalam bentuk foto inj sekitar 1,91:1. Ajan tetapi, rasio ini bisa dinaikan. Rasio dapat naik sampai 16:9.

Untuk peraturan resolusi foto yaitu sebesar 1080 x 566 piksel. Meskipun begitu, tetapi pengguna dapat menggunakan ukuran foto yang lebih kecil. Ukuran tersebut sekitar  600 x 400 piksel

c. Foto Vertikal atau Potret

Selain dalam bentuk horizontal, pengguna juga dapat mengunggah foto dengan bentuk vertikal. Pada unggahan ini, aspek rasio foto sebesar 4:5. Resolusi foto vertikal atau potret sebesar 1080 x 1350 piksel. Akan tetapi, ketika mengunggah foto nanti, instagram akan mengkompres foto tersebut. Sehingga foto berukuran 480 x 600 piksel.

Ukuran Video di Instagram

Paris: Man holding Barack Obama Instagram photos feed on the new Apple iPhone X 10 Display while seating in couch with Retina Display screen

Instagram tidak hanya memiliki fitur unggahan untuk foto saja. Namun, terdapat fitur yang mendukung mengunggah video. Sama seperti gambar, video dapat diunggah di dalam feeds atau di instagram stories. Dalam melakukan unggahan, terdapat beberapa peraturan ukuran video.

Berikut adalah beberapa aturan untuk ukuran video:

1. Video persegi

Pada video persegi aspek rasionya adalah 1:1. Untuk resolusi videonya sekitar 1089 x 1089 piksel. Untuk lama atau durasi video postingan hanya sekitar 2 detik sampai 60 detik saja.

Video horizontal atau lanskap

Video juga bisa diunggah dalam bentuk lanskap atau horizontal. Aspek rasio yang dibutuhkan pada video horizontal sekitar 1,91:1 sampai 16:9. Resolusi dari video horizontal sebesar 1089 x 607 piksel.

2. Video instagram stories

Video juga bisa diunggah dalam bentuk instagram stories. Aspek  rasio video untuk instagram stories adalah 9:16. Sedangkan resolusinya sekitar 1080 x 1920 piksel.

3. Video IGTV

Video dalam IGTV bisa dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Untuk rasionya, maksimal rasio untuk video IGTV vertikal adalah 9:16. Sedangkan rasio minimalnya sebesar 4:5. Resolusi untuk video IGTV sebesar 1080 x 1920 piksel.

Video yang berbentuk horizontal rasio maksimalnya adalah 16:9. Rasio minimalnya sebesar 5:4. Resolusi untuk video horizontal di IGTV sekitar 1929 x 1089 piksel.

(Creative Art Photo Decoration) Kreasi Manipulasi Foto Digital Dengan Photoshop Untuk Pemula+cd
(Creative Art Photo Decoration) Kreasi Manipulasi Foto Digital Dengan Photoshop Untuk Pemula+cd

tombol beli buku

Buku ini akan menjelaskan mengenai cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengedit foto di Photoshop. Melalui buku ini, kemampuan kamu dalam hal mengedit foto akan bertambah.

4. Video instagram live

Untuk panjang waktu melakukan instagram live atau siaran langsung adalah tergantung dari lama pengguna melakukan siaran langsung. Aspek rasionya sekitar 9:16. Resolusi untuk video instagram live adanya 1080 x 1920 piksel.

5. Video fitur reels

Reels adalah fitur baru yang bisa digunakan oleh pengguna instagram. Reels adalah fitur yang ada pada platform TikTok dan Snack Video. Meskipun belum lama, tetapi fitur reels di instagram ini sudah banyak digunakan oleh penggunanya.

Fitur reels di dalam instagram dapat mengakomodir video singkat. Durasi video yang bisa diunggah dalam reels sekitar 15 detik.

Sama seperti platform lain, reels di instagram juga dapat dikreasikan. Kamu bisa menambahkan berbagai musik. Selain itu, tersedia efek visual dan beragam filter. Fitur-fitur yang tersedia ini menambah lebih banyak pengguna.

banner-promo-gramedia

Untuk ukuran instagram reels diatur sama seperti instagram live dan instagram stories. Rasionya adalah 9:16. Untuk ukuran videonya adalah sekitar 1080 x 1920 pixel.

Anda bisa menambahkan berbagai musik, efek visual, serta berbagai filter untuk membuat video semakin semarak. Adapun ukuran untuk Instagram Reels sendiri sama seperti IG Live dan IG Story video, yaitu rasio 9:16 dengan ukuran 1080 x 1920 pixel.

Itulah beberapa aturan mengenai aturan postingan di instagram. Pastikan kamu mengikuti aturan-aturan tersebut ya, supaya foto atau video yang diunggah menjadi tetap jernih dan terlihat bagus.

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Manipulasi Dan Memperbaiki Foto Digital Dengan Adobe Photoshop
Manipulasi Dan Memperbaiki Foto Digital Dengan Adobe Photoshop

tombol beli buku

Buku ini berisi mengenai cara-cara untuk mengedit foto. Aplikasi yang akan dipakai dalam mengedit foto adalah Adobe Photoshop. Bagi kamu yang sedang belajar mengenai editing, bisa menjadikan buku ini sebagai panduan.

Baca juga artikel terkait “Ukuran Spanduk & Banner” :

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
banner-promo-gramedia

Written by Wida Kurniasih