in

Ragam Bentuk Alis dan Arti Kepribadian Berdasarkan Bentuknya

unsplash.com

Bentuk Alis – Banyak orang bilang, alis mata adalah bingkai wajah. Jika dipikir-pikir, kalimat itu ada benarnya juga. Meski terlihat kecil dan tampak tidak berarti, alis mata sangat berpengaruh pada wajah kita.

Sepasang alis bisa membuat kita terlihat lebih menarik, dan mendukung berbagai ekspresi di wajah kita. Alis kita bahkan bisa membuat kita terlihat jutek, terlihat galak, atau bahkan terlihat ramah.

Melihat efeknya sangat besar, tidak heran rasanya kalau banyak orang, terutama perempuan sangat memperhatikan alis. Perempuan yang memiliki alis tebal biasanya hanya akan merapikan alisnya.

Namun mereka yang punya alis tipis, biasanya akan menggunakan make up untuk membuat alisnya tampak lebih tebal dan memiliki bentuk yang lebih baik. Entah menggunakan brown gel, atau pensil alis.

Bahkan tak sedikit orang yang memilih untuk melakukan tanam alis bahkan melakukan tato alis agar alis mereka terlihat lebih baik dan hasil yang lebih tahan lama. Namun alis nyatanya bukan hanya sekedar bingkai wajah.

Lebih dari itu, alis juga menyimpan beberapa fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Fakta apa aja? Berikut 5 fakta unik seputar alis yang jarang diketahui!

Bentuk Alis

8 Bentuk Alis dan Pengaruhnya Terhadap Kepribadian

Bentuk Alis
unsplash.com

Banyak orang seringkali menyepelekan alis di wajahnya. Padahal seperti yang sudah dibahas sebelumnya, alis mata kita sebenarnya sangat berpengaruh pada wajah kita. Bayangin deh kalau alis kamu gundul? Bayangin, betapa anehnya wajah kamu.

Makanya banyak perempuan menggunakan pensil alis untuk membentuk alisnya agar terlihat lebih rapi. Dan ngomongin soal bentuk alis kita, nyatanya bukan hanya bisa mempengaruhi wajah kita, tetapi juga kepribadian kita sendiri. Percaya tidak? Berikut 8 bentuk alis dan pengaruhnya terhadap kepribadian yang perlu kamu ketahui!

1. Alis melengkung

Bentuk Alis
Bright Side

Bentuk alis pertama yaitu alis melengkung. Alis melengkung sendiri selalu memberikan kesan yang manis dan ramah bagi wajah. Ternyata kesan ini bukan hanya sekedar penampilannya saja, karena kenyataannya orang yang punya alis melengkung memiliki sifat yang ramah. Mereka bukan tipe orang yang membuat orang lain merasa ketakutan atau segan saat bertemu dengannya.

Kepribadian lain yang dimiliki oleh orang dengan bentuk alis melengkung adalah, mereka merupakan sosok yang peduli pada orang lain. Tidak seperti kebanyakan orang yang lebih mementingkan dirinya sendiri, mereka yang punya bentuk alis melengkung selalu menempatkan kepentingan dirinya di paling akhir.

Tak hanya itu, ketika mereka dalam masalah dan perlu mengambil keputusan besar, dia akan lebih dulu memikirkan dampaknya yang akan didapatkan oleh orang lain, ketimbang dirinya.

Meski sekilas terlihat seperti orang yang suka main-main, orang seperti ini sebenarnya bisa sangat serius dan seorang pencari solusi yang baik. Dengan kepribadian sebaik itu, tidak heran kalau orang dengan bentuk alis melengkung disukai oleh banyak orang.

2. Alis lurus

Beberapa tahun belakangan, alis berbentuk lurus sedang sangat populer di Indonesia. Bentuk alis seperti ini awalnya digunakan oleh banyak perempuan Korea Selatan. Ketika gelombang K-Pop memasuki Indonesia, segala hal tentang Negeri Ginseng itu juga mempengaruhi negara kita. Termasuk soal make up dan juga bentuk alis.

Bentuk alis lurus memberikan kesan lebih muda pada penampilan kita. Namun dari segi kepribadian, orang dengan bentuk alis lurus cenderung memiliki sifat yang logis. Ketika harus mengambil keputusan berat, mereka jarang menggunakan hatinya, melainkan otaknya. Mereka juga bukan tipe gegabah yang akan mengambil keputusan yang salah.

Sama seperti orang dengan bentuk alis melengkung, orang beralis lurus juga tidak egois. Saat mengambil keputusan, mereka melihatnya dari banyak sudut. Alhasil, keputusan yang diambil selalu bijaksana.

3. Alis menukik

Kebalikan dengan alis yang lurus atau melengkung, alis menukik biasanya memberikan kesan wajah yang judes. Meski begitu, tidak semua orang dengan alis menukik benar-benar judes, kok! Ada juga orang yang punya wajah judes, namun memiliki sifat dan kepribadian yang baik.

Dari segi kepribadian, orang dengan alis menukik cenderung mudah emosi. Mengingat sifatnya yang mudah emosi, orang dengan alis seperti ini cenderung kurang hati-hati dalam mengambil keputusan. Kebalikan dari si alis lurus, orang dengan alis menukik bertindak menggunakan hatinya.

Mereka cepat mengambil keputusan, dan sangat mengikuti emosinya. Alhasil, keputusan yang diambilnya lebih sering merugikan diri sendiri juga orang lain. Tentu saja, tidak semua orang seperti ini, kok!

4. Alis panjang

Orang dengan bentuk alis panjang biasanya memiliki kepribadian ekstrovert. Mereka senang bersosialisasi dengan banyak orang. Mereka aktif dalam banyak kegiatan, dan memiliki teman dimana-mana.

Berbeda dengan introvert yang tidak bisa lama-lama berada diantara banyak orang dan suka kecapean sendiri, di ekstrover justru sebaliknya. Keramaian merupakan energinya. Mereka tidak pernah keberatan kalau harus menjadi pusat perhatian, dan tidak masalah kalau harus berhadapan dengan banyak orang.

Mereka juga selalu terlihat ceria, asik diajak bicara, dan membuat banyak orang betah untuk berlama-lama dengannya. Keren banget, ya?

5. Alis pendek

Kalau si alis panjang punya kepribadian ekstrover, gimana ya dengan orang yang punya bentuk alis pendek? Yup, kamu benar! Kebalikan dari si alis panjang, orang dengan alis pendek cenderung introvert. Mereka tipe yang lebih melihat kualitas ketimbang kuantitas.

Dan hal itu juga berlaku dalam hubungan pertemanan. Orang dengan alis pendek biasanya hanya memiliki sedikit teman. Namun sedikit temannya itu adalah orang-orang yang dia kenal selama bertahun-tahun. Dia mempercayai teman-temannya dengan sepenuh hati dan sangat loyal.

Mereka juga anti banget sama drama, dan enggan berurusan dengan drama. Jadi alih-alih membiarkan masalah berlarut-larut, si alis pendek cenderung cepat dalam menyelesaikan masalahnya. Mereka tidak suka basa-basi, melainkan langsung membahas inti masalahnya.

Sisi buruk dari orang dengan alis pendek adalah, mereka cenderung pilih-pilih dalam berteman. Jangan salah, mereka ramah dan berteman dengan semua orang. Namun tidak semua orang yang dianggap teman, bisa otomatis mendapatkan kepercayaannya. Kalau kamu mau mendapatkan kepercayaan darinya, kamu harus sabar, karena mungkin saja butuh bertahun-tahun untuk mendapatkan kepercayaan tersebut.

6. Alis tebal

Memiliki alis tebal menjadi impian banyak orang, terutama perempuan. Dengan alis tebal, setidaknya kita tidak harus repot membentuk alis setiap kali akan pergi.

Namun sisi jeleknya, kadang alis tebal juga membuat wajah kita terlihat galak. Ya walaupun ini tidak selalu benar, kenyataannya alis tebal memang memiliki kepribadian yang tegas. Tegas ya, bukan galak!

Dari segi kepribadian, alis tebal memiliki sifat yang tegas dalam mengambil keputusan. Ketika seseorang dengan bentuk alis tebal mengambil keputusan, mereka akan tetap bertahan dengan pilihannya. Mereka bukan tipe orang yang mudah terpengaruh orang lain.

Bagus sih, karena itu artinya orang tidak akan mudah mengecoh kamu. Namun sisi jeleknya, orang tipe ini juga sulit menerima pendapat dari sekelilingnya. Mereka keukeuh banget kalau sudah mengambil keputusan. Kalau keputusannya bagus sih tidak masalah, yang masalah kalau keputusan dia ambil salah dan malah berbalik menyusahkan dirinya sendiri.

7. Alis tipis

Terakhir adalah bentuk alis tipis. Orang dengan alis tipis konon memiliki rasa percaya diri yang rendah. Mereka sering membandingkan diri sendiri, dan rentan merasa insecure.

Bukan cuma soal penampilan, tetapi juga saat sedang menghadapi masalah. Orang lain setidaknya akan mencoba mengatasi masalah itu sendiri. Namun orang dengan alis tipis malah down duluan. Ibarat perang, mereka sudah kalah duluan bahkan sebelum perang dimulai. Karena sifatnya yang mudah merasa down, orang dengan tipe ini membutuhkan banyak support dari orang-orang terdekatnya agar bisa tetap berdiri tetidak.

Sisi baiknya, dia bukan sosok yang suka memaksakan kehendaknya pada orang lain. Dia juga bukan egois yang hanya akan mementingkan dirinya sendiri. Karena sifatnya ini, mereka juga biasanya memiliki banyak teman. Orang-orang menyukainya, dan dia sendiri juga membutuhkan banyak orang untuk menjaganya.

8. Alis runcing

Alis satu ini bisa dibilang merupakan bentuk alis yang paling sempurna. Tidak terlalu tebal dan tidak tipis. Alis runcing biasanya terlihat tebal di bagian dalam alis saja, lalu menipis di ujungnya.

Sama seperti bentuk alisnya yang sempurna, orang dengan bentuk alis satu ini juga cenderung perfeksionis dan menyukai kesempurnaan. Dalam melakukan pekerjaannya, orang seperti ini akan selalu berusaha sebaik mungkin. Mereka tidak suka melakukan kesalahan, karena itu artinya dia harus bekerja dua kali.

Sisi jeleknya dari kepribadian perfeksionis adalah, mereka mudah sekali merasa stres. Gimana tidak stres coba, mereka selalu menuntut dirinya untuk sempurna dalam setiap kesempatan. Bukan hanya dalam urusan pekerjaan saja, melainkan juga penampilan harus terlihat sempurna.

Di saat banyak orang memaklumi sebuah kesalahan kecil, orang perfeksionis akan merasa sangat kesal. Menurutnya semua hal harus terlihat sempurna, kesalahan kecil saja sudah cukup membuatnya uring-uringan sepanjang hari.

Bentuk Alis

5 Fakta Unik Seputar Alis yang Jarang Diketahui

Bentuk Alis
unsplash.com

Alis kita memang terlihat simpel, namun sama seperti bagian tubuh lainnya, alis kita juga disisi lain sangatlah unik dan menyimpan beberapa fakta menarik. Fakta seperti apa?

1. Alis mata hanya berumur 4 bulan

Dibandingkan dengan alis, kita lebih sering memperhatikan rambut. Salah satu alasannya karena rambut kadang bisa jadi sangat rapuh dan mudah sekali rontok. Padahal, sama seperti rambut, alis kita juga bisa rontok lho!

Namun alis kamu rontok bukan karena kurang sehat. Pada dasarnya, alis mata merupakan salah satu bagian tubuh yang berumur pendek. Yup, alis mata kita hanya bisa bertahan selama 4 bulan saja. Setelah 4 bulan, alis akan rontok dan itu adalah hal yang sangat normal terjadi.

Terus bagaimana jadinya kalau alis kita rontok semua? Apakah alis kita akan jadi gundul? Tenang, tenang! Alis mata kita meski mudah rontok, namun mereka juga mudah sekali untuk tumbuh kembali. Alhasil ketika sehelai alis mata rontok, maka akan ada satu helai lain yang menggantikannya.

2. Terdiri dari ratusan helai

Alis mata kita memang berumur pendek, namun seperti yang sudah dikatakan tadi, mereka bisa tumbuh dengan cepat. Makanya meski ada satu dua helai yang rontok, alis mata kita tetap bertahan dan tidak gundul.

Namun terlepas dari pertumbuhannya yang fantastis, pernahkah kamu bertanya-tanya, kira-kira ada berapa helai alis yang dimiliki oleh manusia? Well, sebenarnya jumlahnya tidak sama satu sama lain. Karena bagaimanapun setiap orang memiliki bentuk alis yang berbeda. Ada yang punya alis tipis, ada juga yang tebal. Semakin tebal alisnya, semakin banyak juga helai alis mata kita.

Namun rata-rata manusia, memiliki sekitar 250 alis. Biasanya jumlah ini untuk orang yang punya alis tipis. Sedangkan mereka yang punya alis tebal biasanya memiliki 1.000 helai rambut halus untuk setiap alis mata. Jadi jika dijumlahkan, seseorang memiliki sekitar 2.000 untuk sepasang alisnya. Banyak banget, kan? Kira-kira alis kamu punya berapa helai rambut halus ya?

3. Dapat menunjukkan perasaan kita

Seperti yang sudah dibilang berulang kali, alis mata itu adalah bingkai wajah agar penampilan kita terlihat lebih menarik. Namun fungsinya bukan cuma itu aja, lho! Alis mata kita juga membantu wajah kita untuk mengekspresikan perasaan yang kita rasakan saat itu.

Saat kita sedang marah misalnya, alis kita secara otomatis akan mengkerut dan membuat ekspresi marah kita jadi terlihat jelas. Hal yang sama juga akan terjadi ketika kita sedang berpikir keras. Contoh lainnya adalah saat kita kaget. Saat kaget, bukan hanya mata yang akan membesar, tetapi alis kita akan naik selama beberapa saat dengan sendirinya.

Terakhir, saat kita sedang kecewa, alis akan cenderung turun dan membuat wajah jadi terlihat sedih. Biasanya, alis juga akan cenderung mengikuti gerakan mata kita. Dia akan naik saat mata kita membesar, dan turun lagi setelah beberapa saat. Sampai sini, kamu paham kan betapa pentingnya keberadaan alis untuk wajah kita?

4. Menunjukkan kepribadian pemiliknya

Selain bisa menunjukkan perasaan pemiliknya, alis mata kita juga konon mempengaruhi kepribadian kita. Dibandingkan fakta sebelumnya, fakta satu ini mungkin terdengar konyol.

Namun sedikit banyak, alis juga mempengaruhi kepribadian pemiliknya. Orang dengan alis tebal misalnya cenderung bersifat tegas dan tidak mudah digoyahkan oleh siapapun. Kebalikannya, mereka yang punya alis tipis cenderung tidak percaya diri dalam banyak hal, termasuk dalam mengambil sebuah keputusan.

5. Membentuk alis sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu

Di masa kini, orang melakukan banyak hal untuk memperbaiki alis mereka. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan pensil alis. Sementara laki-laki cenderung menerima bentuk alis mereka, kebiasaan merapikan alis lebih banyak dilakukan oleh perempuan. Entah dengan pensil alis, tato alis, atau tanam alis.

Tapi kamu tahu tidak bahwa kebiasaan merapikan dan membentuk alis ternyata tidak hanya dilakukan orang-orang di masa kini, tetapi juga oleh mereka yang hidup puluhan hingga ratusan tahun yang lalu.

Bedanya, orang sekarang membentuk alis agar penampilannya terlihat lebih baik. Orang dulu, mengubah bentuk alisnya untuk mengikuti trend yang sedang berlaku saat itu. Orang-orang di era Renaisans contohnya, mencukur seluruh alis mereka hingga menjadi botak. Buat kita sekarang, cukur alis sampai botak adalah sebuah kesalahan besar.

Namun di masa itu, alis botak adalah tren yang sedang digandrungi oleh banyak orang. Makanya orang berlomba-lomba membuat alisnya hilang agar terlihat keren dan kekinian.

Bentuk Alis

Alis mata memang jumlahnya tidak sebanyak rambut. Namun mereka tetap sama pentingnya dengan bagian tubuh yang lain. Terbukti dari beberapa fakta di atas, juga tentang bentuk alis yang ternyata bukan hanya mempengaruhi cara seseorang berekspresi tetapi juga kepribadiannya.

Demikian ulasan mengenai bentuk alis. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang alis mata dan organ tubuh lainnya, kamu bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait, sehingga kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah

BACA JUGA:

  1. 10 Cara Menumbuhkan Alis dan Menebalkannya Secara Alami 
  2. 11 Bentuk Hidung dan Hubungannya dengan Kepribadian Pemiliknya
  3. 23 Makanan untuk Kesehatan Mata dan Tips Kesehatan Mata
  4. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Wajah 
  5. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda