in

11 Bentuk Hidung dan Hubungannya dengan Kepribadian Pemiliknya

Vocket.id

Bentuk Hidung – Hidung merupakan alat indera penciuman pada manusia. Tentunya hidung memiliki banyak sekali fungsi untuk keberlangsungan hidup manusia, terutama dalam hal pernapasan. Itu sebabnya hidung juga menjadi salah satu alat indera yang harus diperhatikan kesehatannya karena penyakit yang bisa terjangkit pada hidung juga bermacam-macam.

Selain itu tentu saja bentuk hidung setiap individu juga berbeda-beda. Grameds, mari kita pelajari mengenai bentuk hidung, fungsi, juga penyakit-penyakit yang bisa menjangkiti hidung manusia.

Menurut Wikipedia, secara anatomi hidung adalah penonjolan pada vertebrata yang mengandung nostril, yang menyaring udara untuk pernapasan. Hidung adalah bagian yang paling menonjol pada bagian wajah. Hidung memiliki fungsi sebagai penghirup udara pernapasan, menyaring udara yang masuk, menghangatkan pernapasan dan juga berperan dalam resonansi suara.

Hidung adalah tonjolan yang berada tepat di tengah wajah dan berfungsi sebagai organ pernapasan, indera penciuman, bahkan indera pengecap. Hidung juga berperan sebagai saringan yang membersihkan dan menyaring udara yang akan memasuki tubuh. Hidung memiliki kemampuan alami untuk menghangatkan udara yang terlalu dingin dan melembabkan udara yang terlalu kering sebelum udara mencapai paru-paru.

Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang seperti bau atau zat kimia yang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau, sekitar 10-20 juta sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus (silia olfaktori) di ujungnya yang diliputi oleh selaput lendir yang memiliki fungsi sebagai pelembab rongga pada hidung.

Jadi saat kita bernapas, zat kimia yang berupa gas ikut masuk ke dalam hidung. Zat kimia yang merupakan sumber bau akan dilarutkan pada selaput lendir, kemudian akan merangsang rambut-rambut halus pada sel pembau. Sel pembau tersebut akan meneruskan rangsang ini ke otak untuk diolah sehingga bisa mengetahui jenis bau dari zat kimia tersebut.

Pada dalam rongga hidung, udara mengalami penyesuaian temperatur dan kelembapan. Proses seperti ini dilakukan melalui sekat rongga hidung (concha nasalis). Pada suatu rongga hidung terdapat 3 buah conchae yang membagi 3 bagian rongga.

Pada saat melewati conchae, udara akan disesuaikan terhadap temperatur panas atau dingin. Udara yang terlalu panas akan diturunkan temperaturnya dan yang terlalu dingin akan dihangatkan.

Setelah mengetahui bagaimana kerja hidung sebagai salah satu indera, sekarang mari kita ulas beberapa bentuk hidung yang ternyata memiliki pengaruh terhadap kepribadian seseorang.

Bentuk-Bentuk Hidung dan Kepribadian Orang yang Memilikinya

Hidung selain sebagai alat pernapasan, juga sebagai salah satu icon kecantikan. Bentuk hidung juga mempengaruhi bentuk pada wajah. Banyak yang melakukan operasi untuk mendapatkan bentuk hidung yang maksimal sesuai dengan keinginan kita.

Tapi tahukah Grameds bahwa sebenarnya bentuk hidung juga mempengaruhi kepribadian seseorang, lho! Simak penjelasannya lebih lanjut.

1. Hidung Mancung

Bentuk Hidung
Hello Sehat

Hidung mancung merupakan bentuk hidung yang banyak diidamkan oleh orang-orang pada umumnya. Bentuk hidung mancung ini memiliki batang hidung yang lurus naik dengan ujung hidung yang lancip. Biasanya bagi sebagian orang yang memiliki hidung mancung didapatkan dari keturunan.

Pemilik bentuk hidung mancung mencerminkan karakter orang yang memiliki jiwa pemimpin, insting yang tajam, ambisius dan keinginan untuk selalu menonjol. Bagi orang yang memiliki hidung mancung ini suka membuat diri mereka tampil berbeda, entah itu dari segi penampilan pakaian hingga cara berbicara.

Meskipun memiliki selera bisnis yang baik, ambisi yang berjalan, dan insting tajam membuat Anda dengan mudah mencari jalan menuju kesuksesan. Masalah terbesar yang sering muncul bagi hidung mancung adalah masalah dari kekuatan terbesar diri sendiri. Tetapi ketika sudah menentukan tujuannya, maka ia pantang menyerah dan selalu berusaha dengan keras.

2. Hidung Pesek

Bentuk Hidung
Beautynesia

Apakah Grameds pemilik bentuk hidung pesek? Jika iya, hidung pesek memiliki beberapa kelebihan, lho! Berikut kelebihan dari hidung pesek, seperti:

  1. Minim membutuhkan tenaga untuk menghirup oksigen
  2. Awet muda
  3. Susah dimasuki kotoran
  4. Ciri khas bagi wajah
  5. Tidak ribet dalam menggunakan helm dan juga masker

Tidak hanya itu, karakter bagi pemilik bentuk hidung pesek, yaitu tidak sabaran, mudah merasa frustasi dan mudah galau. Orang dengan bentuk hidung pesek punya suasana hati yang mudah berubah.

Meski demikian, pemilik hidung pesek memiliki sifat yang suka menolong dan selalu bekerja keras. Mereka juga mudah dalam bergaul sehingga sangat disukai oleh teman-teman serta orang-orang di sekitarnya.

3. Hidung Besar

Bentuk Hidung
Merdeka

Grameds, bentuk hidung besar yaitu memiliki volume lebih besar dari ukuran hidung biasanya. Bentuk hidung seperti ini tidak pesek tetapi tidak mancung juga. Konon katanya, jika pemilik hidung besar adalah lakI-laki maka sangat cocok untuk dijadikan suami. Berikut alasan mengapa harus menikahi laki-laki berhidung besar:

  1. Memiliki otot yang kuat
  2. Sosok yang bijaksana
  3. Pandai dalam mencari uang
  4. Tak rentan terserang penyakit
  5. Bergairah

Bagi pemilik hidung besar ini memiliki karakter yang kaku, tegas dan berani. Mereka sangat suka berkontribusi dalam sebuah rapat atau organisasi tertentu. Pemilik hidung besar juga memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi. Mereka akan sangat bertanggung jawab dan bisa membawa perubahan dalam kelompok atau organisasi yang dipimpinnya.

4. Hidung Bengkok

Bentuk Hidung
HonestDocs

Pemilik hidung bengkok atau dikenal dengan the crooked nose adalah bentuk hidung yang cukup unik karena bentuk hidung ini bengkok pada bagian atasnya. Tulang hidung bengkok ini terjadi ketika septum hidung yang berpindah ke satu sisi. Kondisi seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, yaitu:

  1. Kelainan saat lahir
  2. Keturunan
  3. Cedera pada hidung
  4. Kondisi kesehatan

Bagi pemilik hidung bengkok juga terdapat beberapa resiko, seperti:

  • Proses penuaan yang dapat mempengaruhi struktur hidung dan memperburuk tulang hidung yang bengkok seiring waktu
  • Penyumbatan salah satu atau kedua lubang hidung
  • Hidung tersumbat di satu sisi
  • Sering mimisan
  • Sering mengalami infeksi sinus
  • Napas berbunyi saat tidur jika terjadi pada bayi dan anak-anak

Untuk kepribadian yang dimiliki orang bentuk hidung bengkok, yaitu to the point, mereka tidak akan segan untuk mengungkapkan keinginan mereka. Pemilik hidung ini juga punya sifat pendengar dan pengamat yang sangat baik.

Mereka juga sangat pandai menilai situasi yang sedang berlangsung dan bertindak dengan penuh pertimbangan. Kepribadian inilah yang menjadi salah satu alasan mereka sangat cocok untuk dijadikan sebagai partner bisnis.

5. Hidung Lurus

Bentuk Hidung
Grid.ID

Bentuk hidung lurus atau straight nose merupakan bentuk hidung yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang di Eropa. Ciri khas bentuk hidung lurus adalah tegak lurus meruncing ke bawah. Tulang hidung dari straight nose juga sangat lurus dan rata dengan lubang hidung besar menyempit.

Karakter pemilik hidung lurus biasanya memiliki kepribadian yang bisa mengendalikan emosi. Meski demikian, mereka juga sangat pandai membaca emosi orang lain dan memiliki empati yang tinggi. Pemilik hidung lurus sangat tenang dan tidak mudah terprovokasi.

6. Hidung Kancing

Hidung kancing atau button nose adalah bentuk hidung pendek dan juga mungil. Dari samping, tampilan hidung ini agak melengkung dan bagian bawahnya berbentuk bulat menyerupai kancing.

Kepribadian bagi pemilik hidung kancing yaitu spontanitas, tekad yang kuat, dan sangat menghargai waktu sehingga mereka selalu mengerjakan segala sesuatu secara tepat waktu.

7. Hidung Concave

Bentuk Hidung
Suara.com

Hidung concave adalah tipe hidung perpaduan antara hidung mancung, hidung lurus, dan hidung kancing. Jadi bentuk hidung ini lurus mancung, tapi pada bagian ujungnya akan sedikit berubah bentuk menjadi agak sedikit menonjol dan melebar.

Bagi orang yang memiliki bentuk hidung concave memiliki kepribadian yang sangat ramah, mudah dalam bersosialisasi, sering tersenyum, dan pastinya punya jiwa empati yang tinggi sehingga mereka disukai banyak orang. Kebaikan yang dimiliki hidung concave sering membuat mereka ditipu dan dimanfaatkan oleh orang lain.

8. Hidung Hook

Bentuk Hidung
The Asian Parent

Bentuk hidung hook di negara Indonesia lebih dikenal dengan sebutan hidung burung betet. Hal ini karena bentuknya yang mirip dengan paruh burung betet. Bentuk hidung seperti ini akan bengkok ke bawah dari pangkal tulang hidung hingga ujung.

Bagi orang yang memiliki bentuk hidung hook dikenal memiliki kepribadian yang bijaksana, rela berkorban, diplomatis, dan punya sisi kreativitas yang cukup tinggi.

9. Hidung Arched

Bentuk Hidung
Orami

Bentuk hidung arched memiliki tampilan yang melengkung pada bagian tengah hidung. Tampilan hidung seperti ini tertekan ke bawah, tapi bagian ujungnya terlihat runcing. Bentuk hidung seperti ini mirip dengan busur panah. Kepribadian yang dimiliki bentuk hidung ini merupakan orang yang terorganisir.

Hidupnya tertata dengan baik, punya jiwa kepemimpinan yang kuat, dan suka mempedulikan orang lain. Hal yang dibenci oleh pemilik hidung arched adalah tidak setia. Jika mereka menemukan orang yang tidak setia, maka mereka akan menaruh dendam.

10. Hidung Greek

Bentuk Hidung
Celebrities.com

Bentuk hidung greek dengan ciri hidung yang panjang dan lurus tapi sempit dan runcing. Kepribadian yang dimiliki tipe hidung ini memiliki kepribadian yang dikenal cukup bijaksana, simpel, dan memiliki loyalitas tinggi, baik itu terhadap teman, keluarga, hingga pekerjaan.

Pemilik bentuk hidung greek juga akan menjaga rahasia dengan baik. Mereka dengan tipe hidung ini memiliki kepribadian agak tertutup sehingga susah untuk mendapatkan kepercayaan.

11. Hidung Nubian

Bentuk Hidung
Wikipedia.com

Bentuk hidung nubian mirip dengan bentuk hidung mancung, bedanya pada lubang hidung yang lebih lebar. Pada bagian bawah hidung akan sedikit membesar dengan lubang hidung yang agak lebar dan terlihat sedikit jatuh.

Bentuk hidung nubian adalah bentuk hidung atas lurus dan jatuh ke bawah. Karakter yang dimiliki bentuk hidung nubian, yaitu rendah hati, selalu ingin tahu, ekspresif, dan selalu optimis dalam melakukan sesuatu hal.

Organ-Organ Hidung Beserta Fungsinya

Selain bentuk-bentuk hidung, kita juga perlu memahami beberapa bagian hidung yang membuatnya mampu untuk berfungsi dengan baik. Berikut bagian-bagian hidung serta fungsinya.

1. Lubang Hidung

Lubang hidung merupakan bagian hidung yang mempunyai fungsi untuk melindungi hidung dari berbagai ancaman dari luar. Lubang hidung juga memiliki peran sebagai pengatur ukuran sesuatu yang bisa masuk ke dalam hidung. Bagian ini berkaitan langsung dengan rongga hidung. Diperoleh 2 buah lubang hidung pada manusia yang dipisahkan dengan septum (pemisah) hidung.

Septum yang terbuat dari tulang dan tulang rawan. Septum memiliki fungsi sebagai pemisah antara rongga hidung menjadi dua saluran yang dilewati oleh udara.

Dinding septum dilapisi dengan lendir dan memiliki pembuluh darah, sehingga berguna untuk melembabkan dan juga mengatur suhu udara yang masuk. Septum terbentuk dari tulang dan tulang rawan hidung.

2. Bulu Hidung

Bulu hidung yang terdiri dari rambut-rambut halus pada hidung. Bulu hidung memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Bulu hidung nantinya akan menahan kotoran sehingga tidak bisa masuk ke sistem pernapasan selanjutnya.

3. Rongga Hidung

Rongga hidung terdapat selaput lendir dan silia (rambut halus). Rongga hidung memiliki fungsi untuk melanjutkan udara yang masuk yang mengarah pada tenggorokan. Rongga hidung juga bisa sebagai penjaga kelembaban, suhu dan tekanan udara.

Rongga hidung ini letaknya di belakang cuping hidung. Rongga hidung terdiri dari tiga bagian, (a) bagian vestibulum, yaitu area luar pada lubang hidung, (b) bagian olfactory, berada di bagian atas dan dipenuhi silia (rambut-rambut kecil) dan saraf yang mengirim sinyal penciuman pada otak, dan (c) bagian pernapasan yang menyaring udara sebelum mencapai paru-paru.

Dalam melakukan fungsinya, bagian ini akan dibantu oleh tulang tengkorak yang akan membentuk dinding-dinding pada hidung. Terdapat 4 dinding yang saling berkaitan, yaitu dinding superior (atas), inferior (bawah), medial (tengah), dan lateral (samping).

4. Saraf Hidung/Saraf Olfaktori

Saraf hidung atau olfaktori ialah salah satu dari 12 saraf kranial yang berhubungan langsung dengan otak. Saraf olfaktori ini ialah saraf kranial 1 yang memiliki fungsi sebagai reseptor utama dalam indera penciuman.

Saraf ini akan menerima rangsangan berupa aroma yang terbawa bersama dengan udara yang dihirup lalu mengirimkan informasi berupa impuls. Fungsi dari saraf olfaktori akan berkaitan dengan rasa makanan atau minuman yang kita konsumsi.

5. Sinus Hidung

Sinus merupakan bagian berbentuk rongga yang berada di sekitar hidung. Manusia memiliki 4 pasang sinus hidung. Struktur inti disebut juga sinus paranasal. Semua sinus akan berakhir ke dalam rongga hidung. Sinus hidung memiliki fungsi untuk melembabkan dan menyaring udara.

4 sinus yang dimiliki manusia adalah Sinus maksilaris yang berada di tulang pipi, Sinus Frontalis yang berada di tengah dahi atau alis mata, Sinus ethmoidalis berada di antara mata dan hidung bagian atas, dan Sinus sphenoidalis yang letaknya di belakang rongga hidung. Ruang yang berisi udara ini dibatasi oleh membran mukosa yang mengalirkan lendir di dalam rongga hidung secara berkala.

6. Tulang Rawan Hidung

Tulang rawan pada hidung adalah bagian kuat namun elastis pembentuk bagian ujung hidung. Tulang rawan memiliki bentuk yang menyusun hidung dan juga menentukan bentuk hidung.

Tulang rawan yang membentuk bagian hidung dinamai tulang rawan hialin yang memiliki sifat semi transparan, kuat dan juga fleksibel. Walaupun memiliki sifat kuat dan elastis, tulang rawan juga bisa rusak jika terjadi benturan yang sangat keras.

7. Membran Mukosa

Membran mukosa adalah jaringan tipis yang melapisi bagian dalam rongga hidung. Fungsi utama membran mukosa adalah sebagai pembersih udara yang memasuki hidung. Lapisan mukosa mengandung silia yang menangkap bakteri dan allergen berbahaya agar tidak memasuki paru-paru. Partikel yang terjebak perlahan mundur hingga ke ujung rongga hidung dan dikeluarkan secara paksa melalui bersin atau batuk.

8. Silia

Silia merupakan bagian bulu hidung yang sangat halus, silia berfungsi untuk mengerjakan penyaringan udara yang masuk ke hidung.

9. Selaput Lendir

Selaput lendir pada hidung adalah bagian yang memiliki fungsi untuk menghasilkan mukus (ingus). Jadi pada hidung dapat terlindung dari berbagai jenis kotoran dan bakteri.

10. Saluran Hidung-Tenggorokan/Nasofaring

Bagian belakang hidung ini diperoleh saluran yang berkaitan dengan tenggorokkan. Pada Nasofaring ada tuba eustachius dan juga tonsil adenoid (faringeal). Nasofaring memiliki peran untuk mengatur tekanan udara oleh tuba eustachius, yaitu saluran penghubung telinga dengan tenggorokkan dan juga sebagai pelindung dari infeksi oleh tonsil adenoid.

Ternyata bentuk hidung setiap orang juga mempengaruhi kepribadiannya, ya Grameds. Untuk mendapatkan informasi lebih terkait hidung Grameds bisa membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan yang terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Fungsi Hidung dan Bagian-Bagiannya
  2. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Atau Mampet 
  3. Sistem Pernapasan Manusia: Pengertian, Proses, Organ, dan Bagian-Bagiannya
  4. Mengenal 5 Panca Indera Manusia Beserta Struktur dan Fungsinya
  5. Mengenal 14 Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Penyakitnya 
  6. Apakah Bersin dengan Mata Terbuka Bisa Membuat Bola Mata Copot? 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda