in

10 Cara Menumbuhkan Alis dan Menebalkannya Secara Alami

pexels.com

Cara Menumbuhkan Alis – Banyak orang yang merasa tidak percaya diri karena memiliki alis yang tipis, entah itu laki-laki maupun perempuan. Akhirnya, berbagai cara pun dilakukan oleh orang-orang yang memiliki alis tipis untuk menebalkan alisnya dengan beberapa alat kecantikan.

Banyaknya orang yang ingin menumbuhkan alis agar terlihat tebal karena alis yang tebal dan rapi dianggap lebih menarik. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mencari berbagai macam cara supaya alis matanya bisa tumbuh dengan maksimal.

Akan tetapi, apabila ingin menebalkan alis, maka Grameds harus tahu cara yang tepat untuk menebalkan alis. Dengan begitu, tidak akan timbul gangguan kesehatan terutama gangguan pada sekitar mata. Grameds perlu mengetahui beberapa cara yang aman dan tepat untuk menebalkan alis.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang cara menumbuhkan alis. Berikut rangkuman cara menumbuhkan alis, sehingga bisa terlihat tebal secara alami.

Alis bisa menjadi tipis karena disebabkan oleh berbagai macam faktor, contohnya seperti faktor usia, terlalu sering mencabut atau mencukur alis, hingga faktor kesehatan tubuh.

Kerontokan pada alis serta bulu mata, sebenarnya adalah hal umum yang sering dialami oleh banyak orang. Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Bosley, pada umumnya, rata-rata orang memiliki alis sekitar 250 helai rambut per alisnya. Sementara itu, bulu mata manusia mencapai 75 hingga 80 helai pada setiap kelopak mata bawah.

Sedangkan kelopak mata atas, memiliki 90 hingga 160 bulu mata. Panjang dari bulu mata seseorang pun bervariasi, dan bulu mata juga tidak tumbuh melebihi panjang tertentu.

Faktor genetik tentu saja memiliki banyak kontribusi pada tampilan alis serta bulu mata seseorang. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nature Communications yang diterbitkan pada tahun 2015, disebutkan bahwa ada hubungan yang kuat di antara genetik serta penampilan alis.

Beberapa gen akan mempengaruhi tekstur rambut, bentuk bahkan hingga warna alis. Perawatan waxing maupun mencabut alis akan memiliki dampak yang cukup besar pada alis yang tipis serta akan melukai area sekitar mata, sehingga akan membuat rambut alias menjadi sulit tumbuh kembali.

Hal-hal tersebutlah yang akhirnya membuat alis menjadi tipis dan sulit tumbuh kembali. Namun, Grameds yang memiliki alis tipis tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara menumbuhkan alis yang tepat untuk Grameds.

Cara Menumbuhkan Alis dengan Alami

Cara Menumbuhkan Alis
pexels.com

Agar alis tebal, maka Grameds harus merangsang pertumbuhan alis yang mungkin terhambat karena beberapa faktor. Pada umumnya, agar alis tetap terlihat tebal, banyak orang memilih untuk merapihkan atau bahkan menebalkannya dengan menggunakan pensil alis, pomade atau bahkan sulam alis.

Cara-cara tersebut akan membutuhkan banyak waktu, maupun uang, terutama bagi Grameds yang baru mulai belajar menggambar alis dengan pensil alis. Oleh sebab itu, menebalkan alis tanpa metode alami seseorang perlu belajar teknik-tekniknya agar alis tidak terlihat aneh atau bahkan tebal sebelah.

Nah, supaya Grameds tidak ribet untuk membuat alis dari pensil alis, maka ada beberapa cara menumbuhkan alis secara alami. Berikut ini beberapa cara menumbuhkan alis secara alami.

1. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa saat ini semakin populer digunakan sebagai minyak goreng maupun suplemen makanan. Hal ini dikarenakan manfaat dari minyak kelapa yang baik bagi tubuh. Menurut laman Health Line, selain bermanfaat untuk tubuh, minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk rambut maupun kulit, apabila digunakan secara topikal.

Menurut studi, minyak kelapa dapat bermanfaat untuk masalah kesehatan yang umum, contohnya seperti penurunan berat badan serta dementia. Akan tetapi, memang tidak ada data-data ilmiah yang dapat mendukung penggunaan minyak kelapa untuk menebalkan rambut.

Meskipun begitu, minyak kelapa tetap digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak kelapa dianggap mampu bekerja sebagai kondisioner sekaligus sebagai pelembab yang sangat bagus untuk memperlancar peredaran darah.

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa, mampu bekerja sebagai protein alami yang biasa ditemukan pada rambut, untuk melindungi rambut dari kerusakan. Sementara itu, asam laurat yang ada dalam minyak kelapa mampu bertindak sebagai agen antimikroba dan mampu mencegah infeksi pada folikel rambut.

Berbagai macam protein maupun nutrisi seperti vitamin E dan zat besi dalam minyak kelapa dapat menumbuhkan alis. Bahkan, dapat membuat alis menjadi lebih sehat serta lebih tebal.

Apabila ingin menumbuhkan alis dengan menggunakan minyak kelapa, Grameds bisa mengoleskan minyak kelapa setiap hari. Agar tidak salah penggunaan, berikut langkah-langkahnya.

  • Celupkan kapas dalam minyak kelapa, kemudian oleskan secara merata pada alis.
  • Biarkan minyak berada di alis semalaman.
  • Kemudian, bilas masker minyak di pagi hari dengan menggunakan pembersih wajah.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Grameds bisa mengulangi cara menumbuhkan alis secara alami dengan menggunakan minyak kelapa setiap hari sesuai dengan kebutuhan Grameds.

2. Menggunakan Tea Tree Oil

Seperti halnya minyak kelapa, tea tree oil juga dipercaya mampu merangsang pertumbuhan serta meningkatkan ketebalan alis dengan cara meningkatkan kesehatan sel serta folikel.

Secara historis, tea tree oil telah sering digunakan sebagai perawatan kulit. Oleh karena itu, tea tree oil juga sering tersedia dalam berbagai produk yang dijual secara bebas. Akan tetapi, Grameds juga dapat menemukan ekstrak tea tree oil untuk dioleskan pada alis untuk menumbuhkan alis.

Untuk menggunakan tea tree oil, Grameds bisa mengoleskan minyak ini ke alis setiap hari dan membiarkannya semalaman. Perlu diperhatikan, bahwa minyak tea tree oil ini dapat menyebabkan suatu reaksi alergi yang disebut dermatitis pada sebagian orang.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan tea tree oil untuk menumbuhkan alis, Grameds perlu melakukan uji bahan ini pada area kecil di kulit, contohnya seperti pada lengan.

Selain itu, meskipun tea tree oil merupakan bahan yang bisa dibilang sebagai pengobatan alternatif untuk menumbuhkan alis, tetapi tetapi masih tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung akan klaim ini.

Seperti yang dilaporkan oleh National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), ketika melakukan penelitian pada manusia. Dari jumlah penelitian tersebut, satu-satunya hasil yang menjanjikan dari tea tree oil adalah dapat menjadi pengobatan untuk infeksi jamur serta jerawat.

3. Lavender Oil

Grameds tentu tidak asing dengan lavender oil, biasanya lavender oil ini dikenal dengan khasiatnya yang mampu menenangkan, sehingga biasa digunakan untuk essential oil dan diteteskan pada diffuser.

Selain bermanfaat untuk menangkan, minyak lavender juga dianggap mampu memerangi kerontokan rambut, termasuk rambut pada alis. Apabila ingin menumbuhkan alis dengan lavender oil, Grameds bisa mencoba cara satu ini.

Pijatkan minyak lavender pada area alis setiap hari secara rutin, hingga alis Grameds bisa tumbuh. Meskipun dikenal ampuh untuk mengatasi kerontokan dan dapat menumbuhkan alis, tetapi minyak lavender ini memiliki reaksi alergi seperti tea tree oil.

Jadi, sebaiknya Grameds melakukan uji coba alergi terlebih dahulu sebelum mencobanya pada alis.

Catatan lainnya, Grameds tidak boleh mengkonsumsi minyak lavender secara oral, karena akan menimbulkan efek yang buruk serta menyakitkan. Apabila ketika mencoba minyak lavender maka akan muncul ruam, warna kulit berubah merah atau terasa gatal,. Maka dari itu, Grameds harus segera menghentikan pemakaian minyak lavender pada kulit.

Seperti halnya tea tree oil maupun minyak kelapa, belum ada studi ilmiah yang menyebutkan bahwa minyak lavender dapat secara efektif membantu perawatan rambut. Akan tetapi, minyak lavender dianggap tidak berbahaya sebagai perawatan alami untuk rambut rontok.

Cara Menumbuhkan Alis

4. Castor Oil atau Minyak Jarak

Castor oil atau dikenal pula sebagai minyak jarak merupakan cara lama dan salah satu cara alami yang paling solutif dan paling efektif untuk menumbuhkan alis dan mendapatkan alis yang tebal.

Hal ini dikarenakan castor oil memiliki kandungan protein, antioksidan, asam lemak, serta vitamin. Selain itu, castor oil juga diyakini dapat membantu menutrisi folikel-folikel rambut.

Ketika ingin membuat alis tumbuh dan tebal, pastikan bahwa Grameds mengoleskan castor oil setiap hari pada akar-akar alis Grameds. Dengan melakukan hal ini, maka dipercaya akan meningkatkan pertumbuhan rambut alis serta dapat memastikan bahwa setiap helai rambut akan tumbuh tebal dan kuat, sehingga kamu bisa memiliki alis tebal secara alami.

Grameds bisa mengikuti panduan cara menumbuhkan alis dengan castor oil berikut ini.

  • Ambil beberapa tetes dari castor oil lalu oleskan ke alis dengan menggunakan ujung jari sambil dipijat-pijat.
  • Kemudian diamkan castor oil pada alis Grameds selama 30 menit.
  • Setelah itu, bersihkan serta cuci bersih wajah Grameds menggunakan air hangat.

Sebagai catatan, castor oil yang murni mampu menyebabkan iritasi seperti rasa gatal dan ruam pada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap minyak ini. Oleh sebab itu, kamu harus pastikan bahwa telah melakukan uji alergi terlebih dulu, sebelum menggunakan castor oil pada kulit.

5. Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin A yang mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin E yang ada pada minyak zaitun dapat menutrisi setiap helai rambut.

Sementara itu, vitamin A mampu merangsang produksi sebum, yaitu minyak alami yang ada pada tubuh dan mampu membantu pertumbuhan rambut.

Dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin, maka Grameds bisa menumbuhkan rambut alis dan menebalkan alis secara alami. Grameds bisa rutin mengoleskan minyak zaitun pada alis setidaknya sekali sehari untuk melihat hasil perawatan yang maksimal dalam waktu beberapa minggu atau bahkan seminggu.

Berikut panduan yang dapat Grameds ikuti, apabila ingin menggunakan minyak zaitun sebagai cara menumbuhkan alis.

  • Tuangkanlah setetes minyak zaitun pada ujung jari Grameds, kemudian oleskan dan pijat ke alis Grameds.
  • Lalu, biarkan minyak zaitun menjadi masker selama beberapa jam.
  • Bersihkan dengan air hangat atau pembersih wajah.
  • Lalu ulangi step ini setiap hari selama satu minggu, sesuai kebutuhan.

6. Menggunakan bawang merah

Siapa sangka bumbu dapur yang wajib ada di rumah, yaitu bawang merah juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut alis. Sari bawang merah memiliki banyak kandungan yang baik, contohnya seperti selenium, sulfur, mineral, vitamin B dan vitamin yang tentu saja sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Kandungan nutrisi yang ada pada sari bawang merah ini, dapat membantu pertumbuhan rambut alis menjadi lebih cepat serta lebih padat. Sulfur pada bawang merah dipercaya mampu meningkatkan produksi jaringan kolagen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan alis yang sesuai. Selain itu, sulfur juga bisa memperkuat folikel-folikel rambut.

Namun, karena bawang merah memiliki bau yang cukup menyengat, sebaiknya Grameds menambahkan jus lemon untuk menghilangkan seluruh bau dari bawang merah yang mungkin tersisa.

Selain itu, untuk menumbuhkan alis dengan bawang merah, dikhawatirkan akan terjadi iritasi karena terasa pedas ketika mengenai mata. Oleh karena itu, berikut adalah step yang benar cara menumbuhkan alis dengan bawang merah.

  • Potong-potong bawang merah, kemudian masukan potongan bawang merah dalam blender hingga membentuk pasta.
  • Kemudian saring pasta bawang merah untuk mendapatkan sarinya.
  • Gunakanlah kapas untuk mengambil sari bawang merah, lalu oleskan sari bawang merah pada alis.
  • Biarkan sari bawang merah di alis selama satu jam.
  • Setelah itu, bersihkan sari bawang merah dari alis dengan menggunakan bola-bola kapas yang telah dibasahi oleh sari lemon yang telah dicampur air.
  • Kemudian bilas kembali hingga bersih.
  • Oleskan ramuan ini setiap dua hari sekali atau sesuai kebutuhan Grameds.

7. Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya mengandung senyawa yang bernama aloenin yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki susunan kimiawi yang mirip seperti keratin.

Oleh karena itu, lidah buaya dipercaya mampu meremajakan rambut dengan memberikan nutrisi dan memberikan lebih banyak elastisitas serta mencegah kerusakan rambut.

Grameds bisa mengoleskan gel lidah buaya ke alis beberapa kali sehari. Dengan menggunakan gel lidah buaya, maka akan menghilangkan terlalu banyak minyak serta membuka pori-pori folikel, sehingga akan mendorong pertumbuhan rambut alis. Selain itu, gel lidah buaya pun akan lebih mudah meresap ke kulit.

Cara Menumbuhkan Alis

Cara Menumbuhkan Alis dengan Metode Lain

Cara Menumbuhkan Alis
pexels.com

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami, Grameds juga bisa menggunakan metode lain untuk menumbuhkan alis. Berikut beberapa metode lain yang bisa Grameds coba.

1. Menggunakan Produk Serum Alis

Selain menggunakan bahan alami, saat ini telah banyak brand-brand yang mengeluarkan produk serum alis yang dapat menumbuhkan dan menebalkan alis. Serum alis biasanya mengandung biotin dan peptida yang mampu menebalkan alis serta menjaga kesehatan alis.

2. Mengkonsumsi Suplemen Biotin

Selain menggunakan produk serum alis, Grameds juga bisa mencoba mengkonsumsi suplemen biotin. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen biotin, ada baiknya apabila Grameds tidak asal memilih produk, tetapi mengkonsultasikan lebih dulu pada dokter.

3. Melakukan Transplantasi Alis Atau Sulam Alis

Metode lainnya adalah dengan melakukan transplantasi alis, yaitu mengambil rambut pada kulit kepala untuk dipindahkan pada alis. Prosedur ini tergolong prosedur yang rumit, karena diperlukan penempatan yang tepat, agar meminimalkan bekas luka serta dapat menghindari kerusakan pada alis.

Biasanya, prosedur transplantasi alis membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Setelah itu, rambut alis Grameds akan rontok, kemudian akan kembali tumbuh setelah beberapa minggu setelah melakukan prosedur.

Selain transplantasi alis, Grameds juga bisa menggunakan metode sulam alis. Metode satu ini sudah cukup familiar dan bahkan menjadi trend beberapa tahun belakangan dan dilakukan oleh banyak orang. Hal ini karena sulam alis biasanya tidak memakan banyak dana, serta tidak terlalu ribet seperti transplantasi alis.

Cara Menumbuhkan Alis

Itulah beberapa cara menumbuhkan alis secara alami serta tiga metode lain menumbuhkan alis yang bisa Grameds coba. Apabila Grameds tertarik untuk mengetahui metode merawat rambut serta kulit, Grameds bisa mengulik lebih dalam dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. 23 Makanan untuk Kesehatan Mata dan Tips Kesehatan Mata
  2. 10+ Cara Menjadi Cantik, Sehat, dan Menarik
  3. Ini Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Bikin Rambut Sehat
  4. 15 Cara Merawat Rambut dengan Mudah
  5. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda