in ,

Rekomendasi 15+ Aeni, Animasi Korea Selatan yang Menarik Untuk Ditonton!

Anime Korea – Negara Ginseng selama ini memang telah identik dengan dunia hiburannya, baik dari segi K-Pop, K-Hip-Hop, K-Drama, hingga K-Movie yang selalu mendunia. Namun, jika Grameds ingin mencoba sensasi lain, dapat pula menonton film animasi korea yang ternyata tak kalah jika dibandingkan dengan anime Jepang lho… Saat kata “anime” disebutkan, biasanya orang akan berpikir itu adalah sebutan untuk film animasi di negara Jepang, Sedikit trivia saja nih, film animasi di Jepang biasanya disebut dengan anime, sedangkan di negara Korea Selatan, disebut dengan aeni. Maka dari itu, apabila menyebut aeni sebagai anime Korea ya… 

Dari segi cerita, film-film animasi asal Korea Selatan atau aeni ini ternyata cukup beragam lho! Apalagi saat ini, aeni telah mengalami peningkatan popularitas dan hampir sama bagusnya dengan anime Jepang. Banyak beberapa judul aeni yang terkenal dan bahkan ada yang telah diadaptasi menjadi K-Drama dengan rating yang cukup tinggi. Lalu, apa saja ya rekomendasi aeni alias animasi Korea Selatan yang menarik untuk ditonton? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. The Haunted House

Genre: Action, Mystery

Episode: 24

Hayo, siapa yang sering menonton petualangan Shinbi, sosok goblin tua berusia 102 tahun dan kawan-kawannya dalam menghadapi berbagai jenis hantu di channel NET TV ini? Yap, serial animasi tersebut ternyata merupakan aeni dari Korea Selatan lho!

Sesuai dengan judulnya, aeni ini menceritakan petualangan dua bersaudara dan teman-temannya dalam mengungkap misteri rumah atau tempat berhantu di sekitar mereka. Tentu saja mereka akan mendapatkan bantuan dari goblin Shinbi dalam upaya menyelidiki hal-hal supernatural. Jika Grameds suka dengan cerita hantu yang seram, ada baiknya menonton aeni yang satu ini ya…

2. Lost in The Moonlight

Genre: Fantasy, Adventure

Episode: 1

Pada tahun 2016 lalu, Korea Selatan telah merilis aeni alias animasi dari negaranya yang berfokus pada dunia fantasi dimana semua orang ingin memasukinya. Dunia fantasi itu dinamakan sebagai Istana Cahaya Bulan (Moonlit Palace) yang banyak memiliki makhluk ajaib. Tokoh utama dalam aeni ini bernama Hyunjuli yang kala itu tengah bermain bersama teman-temannya. Tiba, tiba, dirinya memasuki sebuah dunia baru dan mendapatkan teman baru, kemudian bersama-sama menemukan sebuah cara untuk menyelamatkan dunia. Tepatnya, untuk mengalahkan penguasa Moonlit Palace yang berlaku semena-semena, dan tentu saja, menemukan cara untuk kembali ke dunianya semula.

Jika Grameds berminat untuk menonton aeni Lost in The Moonlight, dapat menontonnya di Amazon Prime Video.

3. Super Girly: Flowering Heart

Genre:Kids, Fantasy

Episode: 26

Untuk aeni yang satu ini, layak ditonton bersama adik atau keponakan yang masih kecil! Menceritakan tentang Ari, seorang siswa kelas 5 SD yang selalu peduli dengan lingkungannya. Lantas, dirinya bersama teman-temannya, Suha dan Min, bertekad membuat sebuah klub Pemecahan Masalah.

Sayangnya, banyak hal yang berjalan tidak sesuai rencana, sebab tampaknya tidak ada seorangpun di sekolah yang memiliki masalah untuk mereka bantu selesaikan. Ari tentu saja merasa sedih, kemudian dirinya menemukan seekor hamster yang dapat berbicara ketika pulang sekolah. Hamster tersebut secara aneh, tiba-tiba berkata bahwa dirinya harus menemukan sebuah cincin ajaib. Nah, petualangan Ari bersama Suha dan Min pun dimulai untuk menemukan bagaimana rupa dari cincin ajaib tersebut!

Aeni yang satu ini bahkan pernah ditayangkan di channel RTV lho pada  April 2019 lalu lho.

4. Little Dino Dooly

Genre: Adventure, Kids

Episode: 26

Di negara asalnya, aeni ini begitu populer dan disukai banyak orang lho, tak hanya anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Menceritakan tentang kehidupan dari Dooly, seekor bayi dinosaurus yang berbentuk chibi. Bersama teman-temannya, Dooly berpetualang menjelajah berbagai kota di Korea Selatan.

Jika Grameds, ingin menonton aeni ini, ada beberapa episode yang diunggah di YouTube.

5. Pucca

Genre: Comedy, Romance

Episode: 26

Meskipun tidak tahu siapa namanya, pasti Grameds tak asing dong dengan rupa dari karakter animasi yang satu ini? Yap, film animasi berjudul Pucca ini termasuk aeni yang berasal dari Negara Ginseng. Menceritakan seorang putri pemilik toko mie Cina bernama Pucca. Pucca sangat menyukai mie, tetapi ada satu yang lebih disukainya, yakni Garu, seorang ninja.

Aeni Pucca ini secara keseluruhan menceritakan tentang perjalanan romantis dan fantastis antara Pucca dan Garu. Walaupun tampak seperti animasi anak-anak, tetapi ada beberapa adegan yang kurang cocok dengan anak-anak ya…

6. Empress Chung

Genre: Fantasy

Episode: 1

Empress Chung adalah sebuah film animasi Korea yang rilis pada tahun 2015 dan didasarkan pada cerita rakyat Korea yang terkenal. Menceritakan tentang Cheng, yang merasa dilema atas apa yang harus dilakukannya sebagai seorang putri kerajaan. Dirinya mengorbankan banyak hal untuk menyelamatkan penglihatan dari sang ayah.

7. King of Pigs

Genre: Psychological, Drama, Thriller

Episode: 1

Film aeni berjudul “King of Pigs” ini begitu populer lho, bahkan telah diadaptasi menjadi drama dengan judul yang sama di channel TVING dengan dibintangi oleh Kim Dong Wook dan Kim Sung Kyu. Apakah Grameds pernah menontonnya? Berfokus pada isu sosial berupa kekerasan, perundungan, hingga status sosial yang ada di masyarakat Korea. Menceritakan Kyung Min, yang kehilangan bisnisnya kemudian membunuh sang istri. Setelah aksinya tersebut, dirinya menghubungi teman masa SMA yang sudah sejak 15 tahun tidak bertemu, Jong Suk. Selama bertemu, mereka saling bercerita mengenai kehidupan semasa sekolah dan ingatan jatuh pada sosok Chul, yang dijuluki sebagai King of Pig.

Lalu, bagaimana kisah Kyung Min dan Jong Suk selanjutnya? Siapa sebenarnya sosok Chul hingga diberikan julukan King of Pig? Nah, jika Grameds penasaran, yuk tonton aeni yang satu ini sebab tentu saja berbeda dengan adaptasi dramanya. Film aeni King of Pigs ini dapat ditonton di situs Bstation ya… 

8. A Day Before Us

Genre: Romance

Episode: 10

Serial aeni ini cocok bagi Grameds penggemar tontonan bergenre romantis. Menceritakan dua pasangan yakni Yeo Reum dengan Ha Eun dan Kim Wook dengan Yeon Woo yang membawa kisah romantis dan penuh kenangan. Sama halnya dengan pasangan di kehidupan nyata pada umumnya, kedua pasangan ini akan selalu memiliki pemikiran yang saling bertentangan tetapi juga saling mencintai.

9. The God of High School

Genre: Martial Arts, Action, Supernatural

Episode: 13

Aeni ini cukup populer yang bahkan telah ditunggu rilisnya oleh banyak orang. Menceritakan sebuah turnamen seni bela diri yang biasa disebut dengan turnamen The God of High School. Pemenang dari turnamen ini akan mendapatkan hadiah berupa apapun keinginannya akan dikabulkan.

Jin Mo Ri berteman dengan Han Dae Hwi dan Yu Mi Ra yang sama-sama peserta turnamen dan harus memenangkan suatu kompetisi pertarungan paling brutal. Lantas, akankah mereka bertahan dan menjadi The God of High School selanjutnya?

10. Cheonnyeon- Yeowoo Yeowoobi (Yobi, The Five Tailed Fox)

Genre: Fantasy, Sci-Fi, Drama

Episode: 1

Grameds pasti tahu dong jika Korea Selatan memiliki salah satu legenda paling populer, yakni sosok Gumiho, seekor rubah yang memiliki 9 ekor. Namun, berbeda dengan Yobi pada aeni ini, yang justru hanya memiliki 5 ekor saja. Yobi kehilangan anggota keluarganya karena ulah pemburu rubah dan kini dirinya harus tinggal di hutan yang jauh dari keberadaan manusia, bersama dengan teman aliennya.

Kehidupan Yobi tiba-tiba berubah ketika salah satu teman aliennya diculik oleh manusia. Mau tidak mau, Yobi harus melakukan perjalanan menuju ke desa manusia untuk menyelamatkan sahabatnya. Yobi yang memiliki kemampuan sihir, berubah menjadi bentuk wanita dan bertemu dengan Geun Yee. Setelah pertemuan itu, Yobi justru lupa dengan tujuan awalnya dan menikmati kehidupan barunya sebagai manusia. Namun sayangnya, ada seorang pemburu rumah dan seorang pria misterius yang terus mengejarnya. Lalu, bagaimana ya nasib dari Yobi selanjutnya?

11. Tower of God

Genre: Fantasy, Action

Episode: 13

Aeni ini lebih dikenal dengan judul Kami no Tou yang tayang perdana pada tahun 2020 lalu. Aeni ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama.  Menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Bam yang telah terperangkap di bawah menara misterius bersama teman dekatnya, Rachel. Sepanjang cerita, Grameds pasti akan diajak untuk memahami berbagai pengetahuan, sejarah, hingga karakter dari tokohnya yang mencoba keluar dan mengubah nasib dari menara tersebut.

Sedikit trivia saja, saking populernya aeni ini, bahkan pada tahun 2013, pihak Naver turut merilis sebuah permainan mobile berjenis RPG yang didasarkan pada aeni Tower of God ini.

12. Dae Jang Geum: Jang Geum’s Dream

Genre: Comedy, Adventure, Historical

Episode: 26

Kisah Dae Jang Geum memang telah banyak diabadikan di berbagai tontonan, mulai dari drama hingga aeni ini. Sedikit informasi, Dae Jang Geum adalah dokter wanita pertama dalam sejarah Korea, tepatnya pada Dinasti Joseon. Nah, aeni ini juga menceritakan kehidupan Jang Geum muda yang tidak hanya baik hati dan pintar saja, tetapi juga memiliki impian besar yakni menjadi seorang koki.

Selama perjalanan hidupnya, Jang Geum mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan istana, tetapi ternyata kehidupan di istana tidak seperti yang dipikirkannya. Istana penuh dengan aksi korupsi dan orang-orang jahat. Lalu, bagaimana usaha Jang Geum untuk mencapai mimpinya di tengah-tengah lingkungan seperti itu?

13. The Fake

Genre: Psychological, Thriller

Episode: 1

Negara Ginseng ini memang selalu berhasil dalam memberikan tontonan dengan genre psychological-thriller, baik dalam film, drama, maupun aeni. The Fake yang tayang perdana pada tahun 2013 ini memberitakan tentang seorang tetua gereja yang berbohong dan menipu banyak penduduk desa. Para penduduk desa tentu saja percaya dengan apapun yang dikatakan oleh tetua, sebab dirinya dianggap sebagai orang paling dihormati. Namun, berbeda dengan Min Chul yang sama sekali tidak mempercayai tetua tersebut. Lalu, bagaimana ya kisah Min Chul dan penduduk desa lainnya?

14. Oseam

Aeni Oseam ini didasarkan pada dongeng Korea, yang menceritakan tentang dua saudara yatim piatu bernama Gil Son yang berusia 5 tahun dan adiknya Gam-I. Kedua saudara tersebut secara tiba-tiba jatuh cinta dengan alam dan berteman dengan siapapun. Namun tiba-tiba, ketika hari bersalju, terjadi sebuah misteri yang kemudian membawanya kepada petualangan yang mendebarkan.

15. Seoul Station

Genre: Zombie, Adventure

Episode: 1

Tak banyak yang tahu bahwa aeni berjudul Seoul Station ini merupakan prekuel dari film terkenal Train To Busan. Apakah Grameds pernah menonton film yang penuh zombie tersebut?

Aeni ini dimulai dengan menampilkan bangunan terminal dari Stasiun Seoul yang penuh dengan darah manusia dan manusia-manusia yang telah berkerumun menjadi sosok zombie. Namun,  dalam prekuel ini lebih berpusat pada kisah seorang ayah yang tengah mencari putrinya. Putrinya tersebut diketahui telah melarikan diri dan bekerja menjadi seorang pelacur. Ayah dan anak perempuan tersebut akhirnya bertemu kembali setelah mendapatkan bantuan dari seorang mucikari, yang ternyata adalah pacar dari sang anak.

16. Dallyeora Hani (Run, Hani!)

Aeni yang tayang pada tahun 1988 ini membuktikan bahwa ternyata Korea Selatan mampu memproduksi sebuah animasi bergenre olahraga. Menceritakan tentang Hani, seorang anak tomboy yang berjiwa bebas dan selalu bertingkah ceroboh. Sejak ibunya meninggal dan ayahnya bekerja di luar negeri, Hany tidak memiliki bimbingan atau konseling akan apa bakat yang dimilikinya. Namun ternyata, bakat Hani diketahui setelah dirinya mampu berlari dengan sangat cepat. Lalu, muncullah pelatih lari di sekolah dan tertarik dengan bakat Hani itu sehingga mengajaknya untuk berlatih secara serius.

17. Hello Jadoo

Sama halnya dengan aeni The Haunted House, aeni yang satu ini juga ditayangkan di channel NET TV lho… Apakah Grameds sering menontonnya?

Aeni yang diproduksi sejak tahun 2011 ini ternyata merupakan adaptasi dari komik yang rilis pada tahun 1999 lho… Menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga yang memiliki 3 anak, dan anak keduanya bernama Choi Jadoo. Choi Jadoo diceritakan sebagai anak perempuan yang tomboy, berjiwa bebas, sayang dengan keluarga dan teman-temannya, tetapi sering mendapatkan masalah.

Baca Juga!

Written by Rifda Arum