in

9 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris untuk Tingkat SMP

Buku belajar bahasa Inggris untuk SMP – Bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal yang dipergunakan sebagai bahasa bersama supaya seluruh negara bisa berkomunikasi. Maka itu, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari sebagai bahasa kedua selain bahasa ibu. Bidang pendidikan di Indonesia juga telah mewajibkan seluruh tingkat pendidikan untuk belajar Bahasa Inggris.

Maka itu, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga kuliah, kita akan mendapati mata pelajaran Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sendiri dinilai cukup mudah untuk dipelajari, tetapi layaknya bahasa, memiliki sejumlah aturan atau struktur yang harus dipahami.

Bagi Grameds yang sedang mencari buku belajar bahasa Inggris untuk anak, adik, saudara, atau kerabat yang masih dalam tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), simak artikel ini sampai selesai ya! Berikut ini akan diuraikan 9 rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris untuk tingkat SMP.

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Untuk SMP

1. Saat-Saat Jelang US/USP + AKM & SK Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2021

 

 

Buku Saat-Saat Jelang US/USP + AKM & SK Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2021 disusun oleh Tim Alfa Cendekia. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Srikandi Empat pada November 2020. Buku ini memiliki total 104 halaman.

Pada dasarnya, perubahan orientasi ujian dalam sistem pendidikan di Indonesia memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, termasuk kualitas para lulusannya. Perubahan tersebut tentunya harus disikapi dengan persiapan yang matang. Buku Saat-Saat Jelang US/USP + AKM & SK Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2021 ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi utama dalam menghadapi ujian, baik itu US/USP atau AKM & SK.

Buku Saat-Saat Jelang US/USP + AKM & SK Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2021 ini memiliki sejumlah kelebihan dan fitur-fitur yang lengkap. Berikut adalah uraiannya.

  1. Kolom khusus mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) & Survei Karakter (SK), yang detail membahas perbedaan antara AKM & SK dengan UN, dan capaian kompetensi pada AKM yang meliputi Numerasi, Literasi, dan Survei Karakter, yang dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasannya.
  2. Sekilas penjelasan tentang Ujian Sekolah (US) atau Ujian Satuan Pendidikan (USP), serta kaitannya dengan kelulusan peserta didik. Ada juga bentuk ujian yang meliputi soal tertulis dan penugasan berupa tugas proyek, tugas portofolio, dan lain sebagainya.
  3. Ringkasan materi yang lengkap, yang mencakup semua bahan ujian dan disusun dalam beberapa materi pokok.
  4. Contoh soal dan pembahasan yang disajikan dalam 3 level kognitif, mulai dari level pengetahuan dan pemahaman, level aplikasi, sampai level penalaran.
  5. Latihan soal yang disajikan secara khusus untuk mengetahui tingkat pemahaman Anda dalam menguasai materi dan cara menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat.
  6. Paket latihan pemahaman dan latihan pemantapan, yang mempersiapkan diri Anda supaya semakin percaya diri dalam menghadapi ujian.
  7. Simulasi US atau USP, yang bisa Anda jadikan simulasi untuk berlatih menghadapi US/USP yang sebenarnya.
  8. Prediksi US/USP, yang bisa Anda jadikan simulasi untuk berlatih menghadapi US/USP sebenarnya.

Tunggu apa lagi, Grameds? Mari wujudkan impian Anda dan raih kesuksesan bersama buku Saat-Saat Jelang US/USP + AKM & SK Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2021!

2. Cerdas Ulangan Harian Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 7

 

Buku Cerdas Ulangan Harian Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 7 disusun oleh Thie Suharno dan diterbitkan oleh Penerbit Bintang Kelas pada Maret 2018. Buku ini memiliki total 128 halaman.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Bahasa Inggris merupakan bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada pertengahan abad awal dan sekarang ini menjadi bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah Bahasa Mandarin dan Bahasa Spanyol.

Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), serta beragam organisasi lainnya. Buku ini dilengkapi dengan rangkuman materi yang lengkap, contoh soal dan pembahasannya, ulangan harian pada setiap bab, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan kunci jawaban.

Buku ini sangat cocok untuk latihan bagi siswa yang akan menghadapi ujian Bahasa Inggris dan menambah pengetahuan tentang bahasa Inggris. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2016 yang sesuai digunakan siswa SMP/MTs kelas VII dalam mendalami materi Bahasa Inggris. Materi yang disajikan dalam buku ini mudah dipelajari, karena disajikan dalam bentuk bab dengan konsep ulangan harian.

Pada setiap bab, terdapat rangkuman materi, contoh soal yang disertai pembahasannya, dan paket soal ulangan harian. Siswa juga dapat mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester dengan mengerjakan soal-soal yang tersedia pada buku ini.

3. Buku Klasik: Kekinian, Lengkap, Sistematik Bahasa Inggris SMP/MTS

 

Buku Klasik: Kekinian, Lengkap, Sistematik Bahasa Inggris SMP/MTS ini disusun oleh Meirly Natianessy, dan diterbitkan oleh Penerbit Cakrawala pada Juni 2017. Buku ini memiliki total 250 halaman.

Anda bingung, karena tiba-tiba ada ujian? Ingin dapat nilai bagus dalam waktu semalam saja?

Ada gak ya buku yang simpel dan enak untuk bahan belajar? Apakah pasti dapat nilai bagus jika belajar dengan buku ini?

Yup! Jika Anda bisa menguasai materi yang ada di buku ini, dijamin nilai Anda akan sangat memuaskan. Apalagi kalau Anda bisa mengerjakan seluruh soal latihan yang ada di buku ini dengan mandiri.

Memangnya, apa saja sih kelebihan buku ini? Buku ini akan menyajikan peta konsep, intisari materi yang sering keluar di ujian, penjelasan materi praktis dan super lengkap, trik cerdik menghafal cepat dan menyelesaikan soal dengan tepat. Anda juga bisa mendapatkan contoh soal di setiap bab, yang disertai pembahasan yang rinci dan mudah dipahami, latihan soal disertai pembahasan dan kunci jawaban yang akurat, serta berbagai fakta unik.

Buku Klasik: Kekinian, Lengkap, Sistematik Bahasa Inggris SMP/MTS akan menyajikan materi pelajaran paling lengkap dan paling update. Ada contoh soal dan pembahasan untuk mempermudah proses belajar, ada latihan soal dengan pembahasan yang akurat, dan buku ini memungkinkan Anda untuk bisa menghafal semua materi dengan cepat.

Nah, semua kebingungan Anda bisa terjawab dengan buku ini kan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan buku ini dan persiapkan diri Anda untuk menghadapi ujian agar mendapatkan nilai yang memuaskan!

4. PR Interaktif Bahasa Inggris Semester 1 SMP/MTs Kelas 8

 

Buku PR Interaktif Bahasa Inggris Semester 1 SMP/MTs Kelas 8 disusun oleh E. Nirmala Kusumaning Ayu dan Susiningsih. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Intan Pariwara pada Mei 2022. Buku PR Interaktif Bahasa Inggris Semester 1 SMP/MTs Kelas 8 ini mengacu pada Permendikbud RI No. 37 Tahun 2018.

Tahu gak? Ternyata Anda termasuk dalam generasi yang istimewa, lho. Iya, Anda adalah generasi Z, yakni generasi yang lahir antara tahun 2005 hingga 2010. Sebagai generasi Z, Anda memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh generasi sebelumnya.

Keistimewaan itu, yakni cakap Teknologi Informasi (TI), gemar berkomunikasi, mandiri, dan bisa multitasking. Buku PR Interaktif Bahasa Inggris Semester 1 SMP/MTs Kelas 8 ini diperuntukan bagi siswa dan siswi yang termasuk ke dalam Generasi Z. Buku PR Interaktif Bahasa Inggris Semester 1 SMP/MTs Kelas 8 ini terintegrasi dengan platform pendidikan Jelajah Ilmu.

Di Jelajah Ilmu, Anda bisa mengeksplorasi dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Nah, di sini kecakapan berteknologi akan tersalurkan. Anda juga bisa men-scan barcode yang tersedia di sampul buku untuk membuka latihan soal-soal yang tersedia dan mempelajari materi tambahan!

5. Intisari & Bank Soal Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9

 

Buku Intisari & Bank Soal Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9 disusun oleh Yuke Hilma Ambarini. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Yrama Widya pada Desember 2017. Buku ini memiliki total 240 halaman.

Dalam beberapa tahun ini, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kurikulum sekolah. Perubahan tersebut tentunya memengaruhi isi materi pelajaran, termasuk juga mata pelajaran Bahasa Inggris. Namun, jangan khawatir, karena Buku Intisari & Bank Soal Bahasa Inggris SMP/MTs ini hadir untuk Anda.

Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai materi-materi Bahasa Inggris dari kelas VII hingga IX secara ringkas dan lengkap. Buku ini menyajikan kumpulan soal mata pelajaran bahasa Inggris SMP/MTs selama tiga tahun, yakni kelas 7, 8, & 9. Buku ini memberikan ringkasan materi, mulai dari ragam teks, teknik membaca, ungkapan, gramatika, hingga kosakata yang lengkap.

Selain itu, materi-materi tersebut juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang beragam dan bisa membantumu mengukur pemahaman terhadap materi dan kemampuan berbahasa Inggris. Soal-soal yang tersedia dilengkapi dengan pembahasan yang mudah dipahami siswa. Dengan rajin mengerjakan soal latihan pada buku ini, siswa tidak hanya mengenal bentuk dan ragam soal yang sering muncul dalam tes atau ujian, dan kuis, tetapi juga memperdalam pengetahuan teoritis melalui kupasan jawaban setiap soal.

Jangan khawatir karena, semua soal latihan dalam buku ini juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Dengan buku Intisari & Bank Soal Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9 ini, Anda dapat belajar bahasa Inggris secara mandiri dan mempersiapkan diri untuk ujian mendatang.

6. Step Up Kupas Tuntas Pola Soal Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII, VIII dan IX

 

Buku Step Up Kupas Tuntas Pola Soal Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII, VIII dan IX disusun oleh Dewi Masitoh, S. Pd. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Widyatama pada Juli 2017. Buku ini memiliki total 217 halaman.

Ingin menulis tentang keunikan tanaman kantong semar itu menggunakan kata kerja bentuk pertama atau kedua sih? Sahabat dari New Zealand bertanya tentang tempat wisata di Indonesia melalui e-mail. Cara menjawab pertanyaannya gimana ya?

Ternyata belajar Bahasa Inggris banyak manfaatnya ya? Yuk belajar dengan buku ini, karena isinya lengkap untuk belajar seluruh materi bahasa Inggris SMP, mulai dari kelas VII, VIII, hingga IX.

Buku ini memuat peta konsep dan ringkasan materi, pola soal ulangan harian dan Ujian Nasional (UN) yang disertai pembahasannya, notifikasi, simulasi UN, dan bank soal ulangan harian dan UN yang juga disertai pembahasan.

7. Ringkasan Materi 3 Tahun Bahasa Inggris Smp Kelas VII, VIII, IX

 

Buku Ringkasan Materi 3 Tahun Bahasa Inggris Smp Kelas VII, VIII, IX disusun oleh Maria Suci Wuryanti, S. Pd. dan Yohanes Sanaha Purba, S. Pd., M. Hum. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Outre Publication pada April 2016. Buku ini memiliki total 226 halaman.

Buku Ringkasan Materi 3 Tahun Bahasa Inggris Smp Kelas VII, VIII, IX ini hadir secara khusus untuk memudahkan siswa SMP menguasai bahasa Inggris. Ringkasan materi yang tersedia dalam buku ini tersusun secara sistematis, singkat, jelas, dan dilengkapi dengan contoh-contoh soal yang pernah muncul dalam Ujian Sekolah, Ujian Nasional, dan Ebtanas sejak tahun 1990-an.

Adapun sejumlah materi yang akan Anda temukan dalam buku ini, yaitu complete reading passages, grammar knowledge, speaking expressions, regular and irregular verbs, kumpulan soal ujian, ragam lengkap bacaan, kosakata terpenting, dan daily conversation. Buku ini praktis dan efektif dalam mempersiapkan diri siswa SMP menghadapi ujian sejak kelas VII hingga IX. Tak diragukan lagi, buku ini akan menjadi teman setia saat harus mengerjakan PR, mempersiapkan kuis, ulangan harian, ujian sekolah, maupun Ujian Nasional.

8. Buku Siswa Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 9

 

Buku Siswa Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 9 disusun oleh Siti Arina Budiastuti, S.Pd., M.Pd BI. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia pada Februari 2022. Sesuai dengan judulnya, buku dengan total 176 halaman ini diperuntukan untuk siswa kelas 9.

Buku ini adalah buku siswa yang dipersiapkan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013. Buku Siswa Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 9 ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak yang berada di bawah koordinasi Penerbit Grasindo. Buku ini menjadi “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan perubahan zaman dan dinamika kebutuhan.

9. Strategi Kuasai Bahasa Inggris SMP Kelas 7, 8, 9

 

Buku Strategi Kuasai Bahasa Inggris SMP Kelas 7, 8, 9 disusun oleh Tim Smart Nusantara. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia pada April 2017. Buku dengan total 332 halaman ini dapat digunakan selama 3 tahun, mulai dari kelas 7 hingga kelas 9.

Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang menarik bagi sebagian siswa. Namun, bagi sebagian besar siswa lainnya, Bahasa Inggris mungkin dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Banyak siswa yang yang menjadikan pelajaran Bahasa Inggris sebagai beban selama proses belajar.

Padahal di tingkat SMP, memahami konsep dasar Bahasa Inggris sangat penting sebagai modal untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Buku Strategi Kuasai Bahasa Inggris SMP Kelas VII, VIII, IX hadir sebagai solusi untuk siswa SMP dan MTs yang ingin memahami Bahasa Inggris secara mendalam dan menyeluruh. Dengan buku ini, siswa diharapkan bisa semakin memahami bahasa Inggris, sehingga memudahkan dalam menghadapi Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, dan Ujian Nasional.

Nah, itu dia Grameds 9 rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris untuk tingkat SMP. Yuk langsung saja dapatkan buku yang Anda butuhkan hanya di Gramedia.com. Selamat belajar! Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel