Pkn

Pengertian Sadar Berbangsa dan Bernegara dan Contohnya

Written by Laeli Nur Azizah

Di zaman modern ini, masyarakat Indonesia, khususnya para kalangan anak-anak muda perlu memahami pentingnya membangun kesadaran yang kuat terkait praktik berbangsa dan bernegara. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum paham tentang pengertian sadar berbangsa dan bernegara. Sehingga nantinya dapat dipraktikkan secara langsung. Ditambah lagi, beberapa contoh kesadaran berbangsa dan bernegara yang akan kita bahas di bawah ini dapat dilakukan secara rutin.

Sebenarnya, terdapat beberapa contoh aktivitas yang menunjukkan bagaimana kesadaran untuk berbangsa dan bernegara dapat dipraktikkan oleh semua orang. Bahkan, ada juga yang berhubungan dengan hal-hal sederhana seperti saat berdiskusi mengenai sesuatu dengan orang lain atau saat sedang melakukan gotong royong. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian sadar berbangsa dan bernegara, contoh sikapnya, dan bagaimana cara menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Sadar Berbangsa dan Bernegara

Pengertian sadar berbangsa dan bernegara merupakan salah satu sikap dan tingkah laku yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan selalu mengaitkan dirinya dengan cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia. Kesadaran berbangsa dan bernegara ini perlu kita tanamkan sedari masih kecil, yakni sejak masih di bangku sekolah dasar. Sebab, kesadaran tersebut perlu ditanamkan di tengah derasnya pengaruh globalisasi dan juga modernisasi yang tidak dapat dihindarkan.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana informasi menyebar tanpa batas, banyak tantangan memang untuk negeri kita tercinta ini. Akan tetapi, kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama memberikan pemahaman untuk masyarakat, khususnya anak-anak muda. Pemerintah harus ikut serta bertanggung jawab dalam mengemban amanat untuk memberikan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk masyarakatnya.

Jika masyarakat bangsa Indonesia tidak mempunyai kesadaran berbangsa dan bernegara, maka hal itu merupakan bahaya besar untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Dimana dapat mengakibatkan bangsa ini jatuh ke dalam kondisi yang parah bahkan jatuh terpuruk dari bangsa-bangsa lainnya yang sudah mempersiapkan diri dari berbagai gangguan yang muncul dari bangsa lain.

Cara Menumbuhkan Sikap Sadar Berbangsa dan Bernegara

Supaya tumbuh sikap sadar berbangsa dan bernegara, secara rutin kita perlu melakukan berbagai macam kegiatan bersama dengan anggota pelajar dan juga siswa, serta masyarakat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menumbuhkan sikap sadar berbangsa dan bernegara, antara lain:

1. Aktif untuk Mengikuti Gerakan Pramuka

Kegiatan pramuka yang dilakukan di sekolah dan masyarakat, dapat mengajarkan para siswa untuk mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila yanki Persatuan Indonesia. Gerakan pramuka ini juga menjadi salah satu contoh perilaku yang menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan. Dimana gerakan pramuka biasanya juga akan mengajarkan berbagai macam kegiatan untuk memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa. Generasi muda wajib untuk menjunjung tinggi nilai persatuan bangsa tanpa memandang suku, ras, dan agama.

Adapun contoh dari kegiatan pramuka yang memajukan pergaulan demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yaitu perkemahan Sabtu-Minggu atau Persami. Secara nasional, kegiatan ini juga dilakukan secara menyeluruh dan diisi dengan berbagai macam kegiatan untuk memupuk cinta tanah air.

2. Mengembangkan Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara ini, bangsa Indonesia ditempatkan di dalam kerangka satu kesatuan politik, budaya, sosial, dan juga pertahanan keamanan. Dengan demikian, bangsa Indonesia akan merasa satu, yakni senasib, sebangsa, sepenanggungan, dan setanah air, dan mempunyai satu tekad dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional.

3. Donor Darah Sebagai Sikap Rela Berkorban

Cara menumbuhkan sikap sadar berbangsa dan bernegara yaitu melalui donor darah yang biasanya diadakan oleh Palang Merah Indonesia atau PMI. Dengan mendonorkan darah kita, maka kita sudah membantu sesama yang membutuhkan serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata. Donor darah merupakan salah satu tindakan pengambilan darah dengan volume tertentu melalui pembuluh darah. Dimana darah tersebut nantinya akan diproses oleh PMI dan digunakan sebagai pengganti darah kepada orang yang membutuhkan.

Aktivitas yang satu ini adalah salah satu kewajiban bagi setiap masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap orang lain. Dengan mendonorkan darahnya, maka itu artinya kita sudah mengamalkan Pancasila, khususnya sila kedua dengan mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia, melakukan kegiatan kemanusiaan, dan juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Contoh Sikap Sadar Berbangsa dan Bernegara

Berikut ini adalah beberapa contoh sikap sadar berbangsa dan bernegara yang dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Menghargai Pendapat Orang Lain

Untuk jenis kegiatan pertama yang sangat cocok untuk dicoba secara langsung adalah dengan menghargai berbagai macam pendapat yang disampaikan oleh orang lain. Berbagai macam pendapat ini bisa kita temui dengan mudah di beberapa acara. Sehingga yang kita butuhkan adalah keyakinan dan juga ketekunan untuk mencobanya. Sekarang ini, masih ada banyak orang yang mudah merasa tersinggung atau bersikap berlebihan saat menemukan pendapat yang berbeda. Padahal, baik itu di kalangan keluarga ataupun masyarakat, sikap seperti ini menjadi salah satu hal yang penting demi menjaga hubungan yang baik.

2. Menjaga Nama Baik

Berikutnya, contoh sikap dasar berbangsa dan bernegara lainnya yang dapat dilakukan setiap orang tapi khusus untuk kepentingan individu adalah dengan menjaga nama baik. Bentuk dari sikap sadar berbangsa dan bernegara ini bisa dilakukan dengan cara menjaga nama baik yang telah ada melalui setiap hal yang kita lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga setiap kalimat yang keluar dari mulut kita.

3. Selalu Menjalankan Kewajiban

Tak kalah penting dari dua contoh di atas, ada pula contoh yang cukup menarik lainnya yakni hanya dengan menjalankan setiap kewajiban secara rutin dan benar. Setiap orang hanya perlu melakukan setiap kewajiban yang memang sudah kita miliki, baik di dalam lingkungan keluarga ataupun masyarakat. Bahkan, nantinya hanya dengan sikap ini, beberapa hak juga dapat dinikmati oleh masyarakat.

4. Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

Pancasila sebagai ideologi, dasar negara Indonesia, dan juga falsafah benar-benar menjadi pedoman hidup yang harus kita hayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara. Dengan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila, maka keutuhan NKRI bisa terjaga.

5. Meningkatkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan bangsa Indonesia ini bisa menjadi pengikat kemajemukan yang ada di dalam masyarakat. Belajar untuk menerima kebhinekaan sebagai sebuah kenyataan merupakan wujud nyata dalam menjaga keutuhan NKRI dan menumbuhkan sikap sadar berbangsa dan bernegara dalam diri.

6. Menjalani Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Sesuai UUD 1945

Di dalam UUD 1945, sudah diatur secara jelas tentang hak dan kewajiban warga negara. Oleh sebab itu, apabila dijalankan dengan baik, maka hal itu akan menciptakan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang tertib dan aman.

7. Melaksanakan Usaha Pertahanan Negara

Hal ini sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 yang menjelaskan tentang Pertahanan Negara. Dimana pertahanan negara merupakan usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, dan juga keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan juga gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

8. Sikap Gotong Royong

Hidup dengan kerukunan di dalam masyarakat dan mempunyai jiwa gotong royong menjadi bagian dari contoh sikap sadar berbangsa dan bernegara. Misalnya saja yaitu dengan berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan dan saling menolong antar tetangga dan masyarakat lainnya.

9. Saling Menghormati Perbedaan

Untuk contoh sikap sadar berbangsa dan bernegara yang satu ini dapat dilakukan oleh semua orang yakni hanya dengan menghormati setiap perbedaan yang ada. Kali ini tidak hanya perbedaan dalam penyampaian pendapat, tapi juga perbedaan perihal suku, ras, dan agama. Belum lagi terkait perbedaan profesi atau pendidikan seseorang.

10. Menampilkan Rasa Bangga Terhadap NKRI

Jangan sampai hal ini dilewatkan begitu saja. Untuk bisa menunjukkan kesadaran terkait dengan hubungan berbangsa dan bernegara, setiap orang wajib menampilkan rasa bangga akan keberadaan NKRI. Rasa bangga ini bisa dimulai dengan tidak mengejek persoalan sejarah.

Sikap Menjaga Keutuhan NKRI

Di dalam kehidupan sehari-hari, terdapat tiga contoh dari sikap yang dapat kita terapkan dalam menjaga keutuhan NKRI, antara lain cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan bangsa dimanapun kita berada, serta sikap rela berkorban. Sikap cinta tanah ini bisa kita wujudkan dengan cara menjaga wilayah negara dari ancaman yang datang, baik itu dari dalam ataupun dari luar negeri. Selain itu, kita juga bisa menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, mengolah kekayaan alam yang ada dengan cara menjaga ekosistem untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Sementara untuk para pelajar, harus meningkatkan sikap rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai jenis disiplin untuk diabdikan kepada negara.

Selain itu, contoh sikap dengan membina persatuan dan kesatuan dimanapun kita berada dapat diwujudkan dengan cara menjalin kerjasama antar daerah, menjalin persahabatan antar suku bangsa, mempelajari berbagai macam kesenian dari daerah lain, memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa, mengerti dan juga merasakan kesedihan serta penderitaan orang lain, dan tidak mudah marah atau menyimpan dendam. Kita juga harus menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan agama, ras, suku, dan juga golongan. Sikap menjaga keutuhan NKRI yang ketiga yaitu rela berkorban yakni kesediaan dan juga keikhlasan memberikan sesuai yang kita miliki untuk orang lain, meskipun akan menimbulkan penderitaan untuk diri sendiri.

Demikian penjelasan mengenai pengertian sadar berbangsa dan bernegara beserta contoh dan cara menerapkannya. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang pengertian sadar berbangsa dan bernegara lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien