Pkn

5 Pengertian Bela Negara Menurut Ahli dan Undang-undang Dasar 1945

pengertian bela negara
Written by Wida Kurniasih

Apa pengertian bela negara? Bela negara sudah tidak asing lagi terdengar. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, murid-murid sudah dikenalkan dengan bela negara.

Pengertian bela negara adalah upaya dalam menjaga NKRI. Apa saja upaya yang harus dilakukan dalam bela negara? Sebelum sampai ke tahap itu, mari kita lihat hal-hal dasar mengenai bela negara.

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian bela negara secara umum dan menurut para ahli, konsep bela negara, pengertian bela negara di Indonesia, unsur-unsur bela negara, fungsi serta tujuan bela negara.

Pengertian Bela Negara

Silhouette of group of soldier hold the weapon and walk along the road with sunset in the back.

Bela negara adalah sebuah perilaku dan sikap dari warga negara. Sikap atau perilaku ini dijiwai oleh kecintaannya kepada negara atau bangsanya. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Kecintaan terhadap NKRI ini didasarkan oleh Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, dalam menjalin kelangsungan hidup negara dan bangsa secara utuh. Kewajiban dalam membela negara ini tidak hanya menjadi tuntutan dari aparat negara seperti POLRI atau TNI, serta Perangkat keamanan saja. Akan tetapi, tugas ini juga diemban oleh seluruh warga negara Indonesia yang dapat disesuaikan dengan profesi serta kemampuan yang dimilikinya.

Bela negara merupakan sebuah konsep. Konsep ini disusun oleh perangkat perundangan serta petinggi suatu negara. Konsep-konsep yang dibahas disini adalah mengenai patriotisme seorang warga negara, sebuah kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara. Hal-hal tersebut dilakukan dalam kepentingan mempertahankan eksistensi dari negara tersebut.

Seluruh warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam hal pembelaan negara. Hal ini adalah sebuah wujud dari rasa cinta seorang warga negara. Rasa cinta tersebut tentu ditujukan kepada tanah air yang sudah memberikan sebuah kehidupan pada orang tersebut. Hal-hal seperti ini sudah terjadi ketika seseorang lahir ke dunia, tumbuh dewasa dan dalam upaya untuk mencari sebuah penghidupan.

Pendidikan Bela Negara Untuk Pelajar SD/MI

Pendidikan Bela Negara Untuk Pelajar SD/MI

Beli Buku di GramediaBuku ini membahas hal-hal yang meliputi: mencintai bahasa dan budaya daerah, nasionalisme, menanamkan cinta perdamaian, mencintai sesama manusia, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, berani membela kebenaran dan keadilan, menunjukkan rasa persatuan, budaya suka menolong, tidak boros dan bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan umum, kepentingan negara dan masyarakat, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, penjabaran nilai-nilai pancasila, rasa persahabatan dan gotong royong. Keseluruhan materi ini disesuaikan dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Pengertian Bela Negara Menurut Para Ahli

1. Menurut Undang-undang Dasar 1945

a. UU No. 3 Tahun 2002

Pengertian bela negara adalah sebuah sikap dan perilaku negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

b. UU No. 20 Tahun 2002 pasal 1, ayat 2

Pengertian bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

c. UU No. 56 Tahun 2002

Pengertian bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar   1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

2. Sunarso

Pengertian bela negara menurut Sunarso adalah mengandung empat esensial yang perlu dibela. Pertama, kemerdekaan dan kedaulatan negara. Kedua, kesatuan dan persatuan bangsa. Ketiga, keutuhan wilayah dan yuridiksi nasional. Keempat, nilai-nilai dari Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

3. Darji Darmodiharjo

Menurut Darji Darmodiharjo pengertian bela negara adalah dilaksanakannya doktrin keamanan yang nasional. Gunanya untuk berusaha menciptakan sebuah sistem pertahanan keamanan nasional. Keamanan nasional tersebut diharapkan mampu mengamankan serta mensukseskan perjuangan nasional pada umumnya.

4. Purnomo Yusgiantoro

Pengertian bela negara adalah sebuah sikap perilaku masyarakat. Sikap tersebut dijiwai dengan kecintaan pada NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu berdasarkan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, untuk menjamin kelangsungan hidup dalam berbangsa dan bernegara.

5. Chaidir Basrie

Pengertian bela negara menurut Chaidir Basrie adalah sebuah sikap, tekad dan tindakan yang dilakukan oleh warga negara. Tindakan  tersebut dilakukan secara menyeluruh, terpadu teratur serta berkelanjutan dilandasi dengan rasa cinta kepada tanah air. Selain itu, juga terdapat sikap kesadaran bernegara Indonesia, kesadaran dalam berbangsa, kesakitan dan juga kesetiaan kepada Pancasila.

Konsep dari Pengertian Bela Negara

Antique black and white photograph of people from islands in the Caribbean and in the Pacific Ocean; Cuba, Hawaii, Philippines and others: American soldiers, Caloocan, Luzon, Philippines

Konsep bela negara dapat dikategorikan menjadi dua tipe. Kedua tipe atau konsep tersebut dikemukakan oleh seorang ahli bernama Sutarman, yaitu tipe fisik dan tipe non fisik. Secara fisik, konsep ini bisa diartikan sebagai usaha dalam pertahanan menghadapi sebuah serangan fisik atau agresi.

Serangan tersebut dapat terjadi dari pihak yang mengancam keberadaan sebuah negara itu. Sedangkan konsep secara non fisik diartikan sebagai sebuah upaya untuk ikut serta dalam berperan aktif. Berperan aktif disini adalah untuk memajukan negara dan bangsa.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam hal ini. Baik melalui cara pendidikan, sosia, moral, atau peningkatan kesejahteraan orang yang Menyusun negara tersebut. Dalam pelaksanaan bela negara, seorang warga negara dapat melakukannya melalui dua cara.

Cara fisik maupun cara non fisik. Bela negara yang dilakukan secara fisik diantaranya seperti perjuangan dengan mengangkat senjata. Contohnya ketika ada serangan dari negara asing, yang mengancam kedaulatan bangsa Indonesia.

Sementara itu, bela negara yang dilakukan secara non fisik diartikan dengan segala usaha dalam menjaga bangsa dan negara, serta kedaulatan negara melalui sebuah proses. Proses tersebut dilakukan untuk meningkatkan nasionalisme.

Nasionalisme adalah sebuah rangkaian kecintaan serta kesadaran di dalam proses berkehidupan dalam bangsa dan negara. Selain itu, sebuah kesadaran di dalam proses berkehidupan di dalam bangsa dan negara. Serta upaya dalam menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.

Bela negara juga dapat dilakukan dengan cara menumbuhkan sebuah keaktifan. Keaktifan dalam berperan aktif untuk mewujudkan kemajuan negara dan bangsa. Hal-hal seperti ini harus ditanamkan sejak dini kepada seluruh warga negara.

Landasan terhadap konsep bela negara adalah adanya kegiatan wajib militer. Subjek dari konsep ini merupakan perangkat ketahanan negara atau seorang tentara. Baik sebagai pekerjaan yang dipilih sendiri, atau sebagai akibat dari sebuah rancangan  tanpa sadar yang berupa wajib militer.

Ada beberapa negara yang melakukan wajib militer bagi warga negaranya yang memenuhi syarat. Seperti Iran, Israel, Singapura dan lain-lain. Selain itu, sebuah negara yang memiliki relawan sepenuhnya militer, umumnya tidak akan membutuhkan layanan dari wajib militer warga negaranya, kecuali sedang dihadapkan pada krisis perekrutan selama masa-masa peperangan.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Di beberapa negara, seperti Inggris, Spanyol, Jerman dan Amerika Serikat, bela negara dilaksanakan melalui pelatihan militer. Umumnya satu akhir pekan pada tiap bulan. Mereka bisa melakukannya sebagai seorang individu atau anggota resimen.

Contohnya seperti Tentara Teritorial Britania Raya. Di dalam beberapa kasus milisi bosa merupakan bagian dari sebuah pasukan cadangan militer. Contohnya seperti Amerika Serikat National Guard.

Di negara lain seperti Republik China atau Taiwan, Israel, dan Republik Korea mewajibkan warga negaranya untuk beberapa tahun setelah seseorang menyelesaikan sebuah dinas nasional. Sebuah pasukan cadangan militer beda dari pembentukan cadangan, terkadang akan disebut dengan nama cadangan militer. Itu adalah sebutan untuk kelompok atau sebuah unit personal militer yang tidak berkomitmen.

Maksud dari tidak berkomitmen adalah tidak berkomitmen dalam pertempuran oleh komandan mereka. Hal itu membuat mereka tersedia untuk menangani situasi yang tidak terduga. Seperti memperkuat pertahanan negaranya.

Pengertian Bela Negara di Indonesia

Army soldiers fighting scene on war with sunset background

Bela negara merupakan sikap serta perilaku dari warna negara Indonesia. Sikap tersebut dijiwai dengan kecintaannya kepada NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut dilakukan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, ketika menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Setiap warga negara berhak sekaligus wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Syarat-syarat mengenai pembelaan diatur di dalam Undang-undang. Kesadaran bela negara tersebut itu hakikatnya adalah kesediaan untuk berbakti pada negara.

Selain itu, kesediaan untuk berkorban dalam membela negara. Spektrum bela negara adalah hal yang sangat luas. Dari yang paling halus sampai yang paling keras. Seperti memulai hubungan baik antar sesama warga negara, sampai secara bersama untuk menangkal ancaman yang nyata bagi musuh bersenjata.

Tercakup di dalamnya merupakan sikap dan perbuatan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Di Indonesia, proses pembelaan negara telah diatur secara formal. Pengaturan tersebut berada dalam Undang-undang. Di antaranya sudah disebutkan ke dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, khususnya dalam pasal 30.

Di dalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa membela negara adalah sebuah kewajiban. Kewajiban tersebut harus dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia, tanpa terkecuali. Pelaksanaan kewajiban bela negara itu, adalah sebuah bukti dan proses untuk seluruh warga negara.

Hal itu dilakukan untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa bangsa. Serta kesadaran untuk mengorbankan diri. Gunanya adalah untuk membela negara.

Pemahaman terhadap bela negara itu sedemikian luas. Di antaranya mulai dengan membina hubungan baik antar sesama warga negara. Kemudian dilanjutkan hingga proses Kerjasama untuk menghadapi ancaman dari berbagai pihak asing.

Hal itu adalah bukti nyata terhadap rasa nasionalisme yang ditanamkan ke dalam setiap sikap dan perilaku warga negara jika dilihat dari posisi sebagai warga negara. Di dalam konsep pembelaan jugara, juga terdapat falsafah mengenai cara bertindak dan bersikap yang terbaik, tentunya untuk bangsa dan negara.

Manajemen Bela Negara-Pendekatan Modern Menjadi Bangsa yang Besar

Manajemen Bela Negara-Pendekatan Modern Menjadi Bangsa yang Besar

Beli Buku di GramediaBuku ini mengulas “Manajemen Bela Negara” dari perspektif yang lebih luas dan mendalam (tidak sekadar terkait kedaulatan dan keamanan), mulai konsep bela negara (guna menyamakan persepsi), aktor-aktor bela negara (bukan hanya anggota TNI dan Polri), dan beragam dampak bela negara. Disajikan dengan bahasa yang ringan, disertai ilustrasi-ilustrasi aktual, baik dari Indonesia maupun negara lain, yang bertujuan untuk mempermudah pemahaman bagi semua lapisan masyarakat. Buku ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk mulai melakukan aktivitas bela negara sesuai kapasitas masing-masing.

Unsur-unsur Bela Negara

Little girl with her hero, Returning from the army

Ada beberapa unsur penting yang perlu diketahui, sebelum menjalankan proses bela negara. Memahami unsur-unsur bela negara dengan benar juga akan menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya bela negara. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa kecintaan kepada tanah air.
  • Rela berkorban demi terciptanya kesejahteraan bangsa dan negara.
  • Memiliki keyakinan bahwa Pancasila adalah ideologi negara.
  • Memiliki sebuah kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.
  • Memiliki keahlian awal untuk bela negara.

Landasan Hukum dalam upaya Bela Negara

Editable vector illustration of soldiers walking on patrol

1. Landasan Ideal

Landasan ideal adalah yang sangat sesuai dengan yang dicita-citakan, diangan-angankan, atau dikehendaki. Landasan ideal dalam upaya bela negara di Indonesia adalah Pancasila

2. Landasan Konstitusional

Landasan konstitusional dalam upaya bela negara di Indonesia adalah Undang-undang Dasar 1945 (amandemen). Ada beberapa pasal yang membahas mengenai upaya bela negara ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

a. Pasal 27 ayat 3, Undang-undang Dasar 1945

Menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib serta dalam upaya pembelaan negara.

b. Pasal 30 ayat 1, Undang-undang Dasar 1945

Menyatakan bahwa:

  • Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
  • Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.
  • Usaha pertahanan keamanan negara dilaksanakan melalui Sishankamrata (TNI sebagai komponen Utama dan Rakyat sebagai komponen Pendukung).

3. Landasan Operasional

Landasan operasional dalam upaya bela negara di Indonesia tercatat di dalam UU No. 3 Tahun 2002, pada pengertian bela negara.

Fungsi Bela Negara

Singapore Aug09 2020 Close up view of armoured vehicle and smiling soldiers waving at spectators during The Mobile Column military parade at Yishun heartlands, on National Day. Foliage in background

  • Fungsi bela negara adalah sebagai berikut:
  • Untuk melindungi serta mempertahankan negara dari sebuah ancaman luar.
  • Untuk menjaga serta memelihara keutuhan wilayah negara Indonesia.
  • Bela negara adalah suatu kewajiban dari seluruh warga negara.
  • Bela negara adalah suatu panggilan sejarah dan wajib dilakukan seluruh warga negara.

Tujuan Bela Negara

Kuala Lumpur, Malaysia – May 06, 2020: Malaysian army guard the entrance to wet market in Chow Kit after 16 new coronavirus infections were detected. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak.

Bela negara dibuat tentu memiliki tujuan. Ada beberapa tujuan bela negara, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bertujuan untuk melakukan hal-hal terbaik untuk bangsa dan negara.
  • Bertujuan untuk mempertahankan kesejahteraan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.
  • Bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa dan negara.
  • Bertujuan untuk menjaga serta memelihara identitas dan integritas bangsa dan negara.
  • Bertujuan untuk menjalankan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

BACA JUGA: Kenali Tujuan Negara Indonesia Menurut UUD 1945

Itulah penjelasan-penjelasan mengenai bela negara. Mulai dari pengertian bela negara sampai fungsi dan tujuan bela negara. Sebagai warga negara yang baik, kita harus ikut serta dalam upaya pembelaan negara ya, Grmaeds!

Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

SMP/MTs Pendidikan Bela Negara Untuk Pelajar

SMP/MTs Pendidikan Bela Negara Untuk Pelajar

Beli Buku di GramediaBuku ini membahas hal-hal yang meliputi penanaman nilai-nilai Pancasila; pemahaman Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia; penerapan Bhinneka Tunggal Ika; penjelasan Sejarah Perjuangan Bangsa; serta pemaparan isu-isu terkini yang dihadapi generasi muda Indonesia seperti Bahaya Narkoba dan Perkelahian Antar Pelajar. Keseluruhan materi ini disesuaikan dengan karakteristik siswa Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien