Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Saran, Pengertian, dan Karakteristiknya

Contoh Kalimat Saran, Pengertian, dan Karakteristiknya 1
Written by Tasya Talitha

Contoh Kalimat Saran, Pengertian Kalimat Saran, dan Karakteristik kalimat saran – Dalam berbahasa Indonesia terdapat berbagai bentuk kalimat yang bisa digunakan untuk melakukan percakapan dengan satu sama lain. Salah satunya adalah kalimat saran yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat saran adalah sebuah kalimat yang diungkapkan oleh seseorang kepada orang lain yang berisi mengenai opini maupun harapan akan suatu hal.

Kalimat saran seringkali digunakan oleh seseorang untuk mengungkapkan suatu pendapat mengenai hal maupun mengajukan sebuah anjuran terhadap orang lain.

Selain itu, kalimat saran juga seringkali digunakan dalam sebuah karya sastra, dimana penulis tersebut memberikan halaman saran untuk dijadikan sebuah rekomendasi, resensi, tajuk rencana yang dibuat dalam bentuk sebuah paragraf argumentasi.

Berikut penjelasan mengenai kalimat saran serta pengertian, karakteristik, dan contohnya,

Apa Itu Kalimat Saran?

Contoh Kalimat Saran, Pengertian, dan Karakteristiknya 2
Kata kalimat adalah sebuah kumpulan dari berbagai kata yang tersusun atas subjek dan predikat dalam sebuah susunan, kadang juga ditambahkan dengan objek dan keterangan.

Kalimat juga diakhiri dengan sebuah tanda baca baik tanda baca titik (.), tanda seru (!) yang menandakan sebuah kalimat sebagai kalimat perintah, maupun tanda tanya (?) yang menandakan sebuah kalimat sebagai kalimat tanya.

Kata saran dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah pendapat atau usul, ajuran, maupun cita-cita yang dikemukakan oleh seseorang untuk mempertimbangkan suatu hal. Kalimat saran merupakan sebuah kalimat yang diungkapkan oleh seseorang kepada orang lain yang berisi mengenai opini maupun harapan akan suatu hal.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk memberikan saran ke orang lain, tidak memandang umur maupun jenis kelamin dari orang tersebut. Namun, dalam memberikan sebuah opini maupun harapan kepada seseorang dalam bentuk kalimat saran akan lebih baik untuk menyampaikannya dengan baik tanpa membuat orang lain merasa tersinggung akan opini kita tersebut.

Bahasa Indonesia: Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU)

Bahasa Indonesia: Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU)

Beli Buku di Gramedia
Buku ini disusun untuk Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang menekankan keterampilan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Keterampilan berbahasa mahasiswa dapat dibina melalui kegiatan menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus.

Oleh karena itu, bagi kalian mahasiswa yang ingin mencapai pada keterampilan tersebut, beli dan pelajari buku ini sekarang juga.

Perbedaan Antara Saran dan Kritik

Seringkali kita tidak dapat membedakan mana yang merupakan sebuah saran dan mana yang merupakan sebuah kritik. Berikut perbedaan antara saran dan kritik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kritik merupakan sebuah kecaman maupun bentuk tanggapan yang kadang disertai dengan uraian serta pertimbangan baik dan juga buruk yang diberikan oleh seseorang terhadap suatu karya, pendapat, dan sebagainya. Kritik juga dapat dibilang sebagai pengoreksian perbuatan maupun tindakan yang telah terjadi.

Saran biasanya berisi akan pesan untuk perbaikan, sehingga citranya akan lebih positif. Sedangkan kritik, yang menggambarkan pesan dengan lebih negatif seperti memberikan lontaran yang kurang baik dan komentar negatif.

banner-promo-gramedia

Salah satu contoh perbedaan antara saran dan juga kritik sebagai berikut.

  • Kritik: Karya tulis kamu jelek sekali.
  • Saran: Akan lebih baik jika karya tulis kamu diganti cara penulisannya agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Karakteristik dari Kalimat Saran 

Untuk mengetahui apa yang membedakan kalimat saran dengan jenis kalimat lain, kamu harus mengetahui karakteristik dari kalimat saran. Berikut karakteristik dari kalimat saran.

  1. Karakteristik yang pertama dari kalimat saran adalah biasanya terdapat kata penanda yang digunakan biasanya ada pada awal kalimat maupun pada tengah kalimat. Berikut contoh dari kata penanda yaitu seharusnya, sebaiknya, lebih baik jika, perlu diingat bahwa, usahakan, hendaknya, saran saya dan berbagai kata penanda lainnya yang serupa.
  2. Karakteristik yang kedua dari kalimat saran adalah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga sebuah karya sastra. Kalimat saran juga bisa digunakan untuk teks tajuk rencana, resensi, maupun paragraf argumentasi.
  3. Karakteristik yang ketiga dari kalimat saran adalah pada akhir kalimat, kalimat saran tidak menggunakan tanda baca seru yang menggambarkan sebagai sebuah kalimat seruan maupun kalimat larangan.
22 Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI

22 Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI

Beli Buku di Gramedia
Buku ini mengenai tata bahasa Indonesia yang cukup banyak. Buku ini dirancang untuk memenuhi keterbatasan referensi terkait pendalaman materi bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum berbasis teks di SD/MI.

Dengan begitu, buku ini hadir guna memenuhi harapan semua yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Indonesia, mulai dari guru, mahasiswa, dosen hingga praktisi yang mendalami dan mengembangkan materi bahasa Indonesia.

Contoh Kalimat Saran

Berikut berbagai contoh kalimat saran yang dapat digunakan ketika kamu ingin memberikan opini maupun harapan kepada orang lain:

  1. Sebaiknya kamu lebih fokus belajar untuk ujian besok daripada bermain agar kamu dapat menghadapi ujian tersebut.
  2. Sebaiknya kamu menyelesaikan tugas yang diberikan guru agar tidak mendapatkan sanksi nantinya.
  3. Sebaiknya kamu tidak menyia-nyiakan waktu yang kamu miliki agar tidak menyesal di kemudian hari.
  4. Menurutku, kamu harus meminta maaf kepadanya atas perbuatan yang kamu lakukan waktu itu.
  5. Alangkah baiknya jika kalian semua saling berkenalan satu sama lain.
  6. Sebaiknya kamu tidak terlalu banyak menonton TV karena dapat merusak mata kamu.
  7. Pemerintah seharusnya dapat mencari sebuah solusi untuk mengendalikan harga BBM yang terus menerus naik.
  8. Sebaiknya kamu membersihkan kamar tidurmu agar ibu tidak marah.
  9. Alangkah lebih baiknya jika kamu menghindari debat yang dapat menimbulkan pertikaian.
  10. Sebaiknya kamu tidak pergi kemana-mana di tengah situasi seperti ini.
  11. Sebaiknya kamu merubah sikapmu terhadap orang tua yang melahirkan dan membesarkanmu.
  12. Usahakan untuk tidak menjadi beban bagi orang lain dan berusaha dengan kerja kerasmu sendiri.
  13. Sebaiknya perbaiki tugasmu sekarang jika kamu ingin mendapatkan nilai yang baik.
  14. Seharusnya kamu tidak mengorbankan waktumu untuk bermain, dan fokuslah untuk belajar demi masa depanmu.
  15. SIM seharusnya diberlakukan seumur hidup agar masyarakat tidak lagi perlu untuk direpotkan dengan urusan mengenai perpanjangan SIM setiap lima tahun sekali.
  16. Jika kamu ingin menjadi orang sukses, janganlah terus bermalas-malasan di rumah setiap hari.
  17. Hormati orang tuamu yang telah merawat dan membesarkan kamu, maka kamu akan bahagia di dunia maupun nantinya di akhirat.
  18. Semestinya kamu jangan membuat masalah di kantor yang dapat menyebabkan kamu dipecat dari pekerjaan.
  19. Sepengetahuan saya, akan lebih baik jika setiap pegawai diberikan hak untuk cuti agar semangatnya dalam bekerja tidak hilang dan tetap terjaga.
  20. Menurut saya pribadi, laba perusahaan yang ada saat ini dapat kita tingkatkan dengan membuat sub usaha baru.
  21. Menurut pengalaman saya, pegawai baru seharusnya mendapat pelatihan awal pegawai dengan minimal waktu satu bulan agar mereka memahami cara dan sistem kerja yang ada diperusahaan ini.
  22. Sekolah seharusnya memberikan ilmu dan ruang untuk mengembangkan bakat kepada setiap siswa agar mereka bisa berkembang.
  23. Setiap orang seharusnya dapat memiliki integritas dalam diri mereka agar masalah korupsi yang ada di Indonesia dapat berkurang.
  24. Mata pelajaran yang ada di sekolah seharusnya tidak membebani siswanya untuk belajar terus menerus agar mereka bisa memiliki waktu untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki.
  25. Sebaiknya kamu lupakan masa lalu buruk yang sudah berlalu dan mulai berjalan ke depan dengan pikiran yang jernih dan optimisme.
  26. Pemerintah seharusnya memberikan jaminan sosial yang adil kepada setiap masyarakatnya karena itu merupakan hak setiap orang.
  27. Setiap murid di sekolah seharusnya dapat menghormati guru mereka sebagaimana mereka menghormati orang tuanya di sekolah.
  28. Jalan seharusnya diberikan pertanda yang jelas agar setiap pengendara kendaraan dapat menaati peraturan yang berlaku.
  29. Seharusnya pesawat tidak menunggu pesawat yang telat karena kelalaian personal yang dapat menyebabkan penerbangan menjadi ditunda keberangkatannya.
  30. Helm yang kamu gunakan seharusnya dicuci dan dibersihkan secara rutin agar kulit kepalamu tetap terjaga kebersihannya.
  31. Orang tua sebaiknya tidak terlalu sering membentak anaknya agar anak tersebut tidak mengalami trauma.
  32. Untuk menjaga kesehatan gigi kita, sebaiknya menggosok gigi setiap harinya minimal dua kali.
  33. Setiap rumah sakit yang ada seharusnya memiliki jadwal berkunjung pasien yang teratur agar pasien dapat beristirahat dengan tenang.
  34. Sebaiknya kita pergi lebih awal ke restoran agar nantinya tidak perlu mengantri untuk memesan tempat duduk
  35. Sebaiknya kita memesan tiket pesawat dari sekarang agar tidak terburu-buru dan mendapatkan harga yang lebih terjangkau serta kursi yang nyaman.
  36. Pemerintah seharusnya memikirkan keadaan masyarakat dengan menaikkan tarif iuran BPJS yang berpeluang besar diberatkan dengan keputusan tersebut.
  37. Guru sebagai orang tua di sekolah seharusnya dapat menjadi contoh serta teladan yang baik bagi semua muridnya.
  38. Sebaiknya kamu membawa sepeda motormu ke bengkel untuk dicek secara rutin agar kondisi kendaraan tetap prima dan tidak adanya resiko terjadi kecelakaan.
  39. Sebaiknya kamu memesan tiket bioskop dari sekarang agar mendapatkan kursi agak belakang dan tidak terlalu dekat dengan layar bioskop.
  40. Sebaiknya kita menjual handphone lama kita sebelum rusak total dan tidak ada harganya lagi di pasaran.
  41. Ada baiknya kita menghentikan segala hal negatif yang ada semuanya sampai di sini.
  42. Seharusnya kamu dapat berpikir lebih matang agar masalah yang ada tidak menjadi serumit seperti saat ini.
  43. Sebaiknya kamu mengambil cuti libur hari ini dan menenangkan pikiran dari semua masalah yang ada.
  44. Sebaiknya kita semua berolahraga secara rutin agar terlihat lebih segar dan tubuh menjadi lebih sehat setiap harinya.
  45. Akan lebih baik jika kamu menentukan topik judul penelitian yang mau kamu ambil terlebih dahulu sebelum menentukan judul dari penelitian tersebut.
  46. Lebih baik kamu tidak terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan berpikir matang untuk mencari solusi terbaik.
  47. Sebelum berolahraga baik ringan maupun berat, akan lebih baik untuk pemanasan terlebih dahulu untuk merenggangkan otot-otot tubuh.
  48. Akan lebih baik jika bumbu tersebut diulek saja dari pada diblender agar cita rasanya lebih enak.
  49. Seharusnya kamu sudah menyelesaikan tugas yang diberikan agar nilai kamu tidak bermasalah di sekolah.
  50. Sebaiknya kamu tidak membawa segala alat elektronik ke dalam ruang ujian saat ke sekolah, sehingga tidak ada resiko untuk melanggar aturan.
  51. Ada baiknya kita mulai menyiapkan bekal untuk perjalanan kita nanti,
  52. Usahakanlah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan tidak melakukan hal-hal buruk seperti itu lagi.
  53. Periksalah dan pastikan semua alat elektronik sudah dimatikan sebelum kamu meninggalkan rumah.
  54. Disarankan bagi semua orang untuk tidak terlalu dekat dengan layar komputer agar kesehatan mata tetap terjaga.
  55. Anda sebaiknya mulai mematuhi aturan yang ada di kantor jika tidak ingin terkena masalah di masa depan.
  56. Gunakanlah pisau yang lebih tajam jika ingin memotong daging dengan lebih mudah.
  57. Pastikan setiap orang mendapatkan hak dan kewajiban mereka sebagai pegawai di kantor ini agar tidak adanya diskriminasi.
  58. Pastikan semua bumbu sudah tercampur dengan rata jika ingin menghasilkan cita rasa yang enak.
  59. Sebaiknya kamu memprioritaskan sekolah terlebih dahulu jika ingin menjadi sukses.
  60. Berhentilah merokok jika ingin memiliki hidup yang sehat dan terhindar dari penyakit pernapasan.
SMP/MTS Kelas VIII Kurikulum 2013 Mahir Berbahasa Indonesia

SMP/MTS Kelas VIII Kurikulum 2013 Mahir Berbahasa Indonesia

Beli Buku di Gramedia
Buku ini hadir dan dirancang khusus untuk kalian siswa SMP/MTs agar Mahir Berbahasa Indonesia sesuai dengan kompetensi belajar yang kompetitif.

Buku yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 ini, akan memaparkan metode yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan juga keterampilan. Tentu buku ini akan sangat membantu kalian dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.

Tips untuk Membuat Kalimat Saran

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat kalimat saran yang baik dan benar.

1. Buat dengan Kalimat yang Membangun dan Sopan

Tips yang pertama adalah membuat kalimat saran yang memiliki sifat untuk membangun dan menggunakan bahasa yang sopan agar pendengar dapat menerima opini yang kamu berikan dengan baik. Seringkali orang memberikan saran agar dilihat dan dipandang baik oleh orang lain dan bukan penerimanya.

Jadi seringkali orang yang memberikan terlalu to the point, dimana ketika orang sedang dalam masalah yang dia perlukan adalah untuk berpikir tenang dan mencari solusi dengan baik. Dengan menggunakan bahasa yang sopan, saran yang kamu berikan akan lebih mudah diterima dan mungkin dia akan menerima saran kamu dengan baik.

2. Buat dengan Kalimat yang Memberikan Solusi

Tips yang kedua adalah membuat kalimat saran yang memberikan solusi maupun sebuah penyelesaian dari masalah kepada orang yang menerimanya agar orang tersebut dapat menyelesaikan masalahnya.

Ketika kamu memberikan sebuah saran, sebaiknya terlebih dahulu memposisikan diri kamu sebagai orang tersebut, jadi kamu bisa mengerti bahwa masalah yang dihadapinya bukanlah hal yang sepele.

3. Memberikan Saran di Situasi dan Kondisi yang Tepat

Tips yang ketiga adalah memberikan saran pada waktu dan tempat yang tepat kepada penerimanya. Hal yang dimaksud adalah, kamu tidak bisa secara langsung memberikan saran kepada orang lain di depan umum dimana banyak orang yang dapat mendengar, kecuali memang keadaan mendesak atau kamu diminta untuk menyatakan pendapat.

Biasanya saran diberikan kepada orang yang sedang bermasalah, dengan menceritakannya ke khalayak umum tidak akan menyelesaikan masalah tersebut. Akan lebih jika kamu memberikan saran secara personal dan diwaktu yang tepat sehingga apa yang kamu ingin sampaikan dapat diterima dengan baik.

4. Membuat Kalimat Saran tanpa Menggurui Penerimanya

Tips yang keempat adalah membuat kalimat saran tanpa menggurui penerimanya. Kita semua pasti tidak suka jika ada orang secara tiba-tiba menggurui kita mengenai masalah yang kita miliki, begitulah perasaan ketika orang yang sedang bermasalah didatangi oleh kamu yang tiba-tiba memberikan saran untuk masalahnya. Kamu dapat memulai dengan basa basi agar saran yang kamu berikan dapat diterima dengan baik.

5. Membuat Kalimat Saran yang Logis

Tips yang kelima adalah membuat kalimat saran yang logis serta dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Ketika kamu ingin memberikan sebuah saran, pastikan saran tersebut logis dan dapat mengatasi permasalahan yang ada maupun menunjukkan jalan yang lebih baik. Jangan sampai saran menyesatkan yang kamu berikan malah membuat permasalahan penerimanya semakin memanas dan berdampak negatif lebih besar.

PUEBI

PUEBI

Beli Buku di Gramedia
Buku PUEBI ini sebagai buku rujukan yang dapat dimiliki dan digunakan oleh siapapun untuk membantu kalian mahir dalam melakukan tulis-menulis. Buku ini menghadirkan empat bab yang berisi pemakaian huruf, tanda baca, penulisan kata, dan unsur serapan yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Dengan kalian memiliki dan membaca buku ini, praktik tulis-menulis yang kalian tekuni akan semakin bagus dan tertata sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk dalam membuat kalimat saran.

Kesimpulan

Kalimat saran merupakan sebuah susunan kata yang digunakan untuk memberikan opini maupun harapan kita kepada orang lain. Dengan mempelajari dan memahami hal ini, kita jadi memiliki cara untuk mengatakan suatu hal dengan lebih baik dan opini yang kita berikan mungkin saja akan diterima oleh orang yang kita tujukan.

Seringkali orang tidak dapat membedakan mana saran dan mana kritik, dengan mempelajari penjelasan yang ada di atas mengenai pengertian, karakteristik, dan berbagai contoh dari kalimat saran diharapkan dengan ini setiap orang mau berusaha untuk mengubah cara pandang dan berbicaranya dengan lebih baik dan sopan.

Nah, begitulah penjelasan mengenai kalimat saran yang seringkali kita gunakan tanpa kesadaran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya penjelasan di atas, kita jadi memahami bagaimana kita dapat memberikan opini kita mengenai suatu masalah orang lain dengan baik.

Jika Grameds ingin mempelajari hal ini lebih lanjut atau mengerti cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mulailah mencari referensi baik dari sumber internet maupun referensi buku mengenai bagaimana cara berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kamu dapat mulai membaca buku mengenai cara bertutur kata yang baik dan benar yang hanya tersedia di Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas kamu, seperti salah satu contohnya adalah e-book Mahir Berbahasa Indonesia yang dibuat oleh Puji Santosa dan Muhammad Jaruki yang menjelaskan mengenai bagaimana cara mengasah keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun.

MAHIR BERBAHASA INDONESIA

MAHIR BERBAHASA INDONESIA

Beli Buku di Gramedia

E-Book ini hadir sebagai buku ajar bagi mahasiswa di perguruan tinggi yang menghimpun keterampilan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta santun. Karena dengan mengetahui dan memahami kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga santun, akan membentuk kepribadian bangsa yang berbudaya, beradab, dan bermartabat.

Maka dari itu, e-book ini wajib dimiliki dan dibaca oleh mahasiswa di perguruan tinggi atau siapapun sebagai bahan pembelajaran agar Mahir Berbahasa Indonesia: Baik, Benar, dan Santun.

Penulis: Andrew

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.



logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien