Pendidikan Pendidikan Jasmani

15 Manfaat Sit Up Yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat Sit up Melakukan work out sebagai kegiatan fisik bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang cukup ampuh untuh membakar kalori, membuat badan lebih bugar, dan bahkan untuk melepas penat usai bekerja. Apakah Grameds pernah mencobanya?

Seperti yang telah diketahui, sit up merupakan salah satu jenis olahraga sederhana yang dapat Grameds coba dimanapun baik  di rumah, di kantor, maupun di taman. Sit up menjadi salah satu jenis olahraga atau kegiatan fisik yang bisa Grameds lakukan di mana saja dan berguna untuk melatih berbagai macam otot, misalnya otot perut, pinggul, pinggang, dan juga dada.

Gerakan yang satu ini sangat umum dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sit up menjadi salah satu olahraga yang tak memerlukan keahlian khusus. Sit up menjadi latihan dasar yang dapat dilakukan untuk membentuk  otot perut dan menjaga berat badan. Grameds dapat mendapatkan berbagai macam manfaat dari sit up ketika melakukannya dengan rutin.

Apa Itu Sit Up?

Sit up adalah salah satu latihan dasar dengan gerakan yang tumpuannya berada pada pinggul dan pantat. Selain itu, gerakan sit up juga identik dengan badan yang telentang beserta posisi lutut yang diarahkan ke atas. Teknik latihan yang satu ini sebenarnya memiliki tujuan untuk menguatkan otot-otot abdomen.

Sit up sebagai latihan fisik mampu untuk melancarkan metabolisme lemak yang ada pada bagian perut untuk mengatasi keluhan lingkar perut yang berlebih. Bisa dikatakan bahwa sit up adalah sebuah latihan kontraksi otot secara isometrik dengan posisi awalnya ialah berbaring telentang.

Para laki-laki kerap kali melakukan sit up sebagai kegiatan fisik untuk mendapatkan bentuk perut yang six pack. Sementara para wanita pada umumnya melakukan gerakan sit up untuk menghindari kram perut ketika sedang menstruasi.

Meski tergolong sebagai latihan dasar, ternyata sit up mampu memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat sit up untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

15 Manfaat Sit up bagi Kesehatan Tubuh

istock

1. Meningkatkan Massa Otot

Grameds dapat memperoleh manfaat sit up ketika melakukannya secara rutin dan teratur. Rutin melakukan sit up diyakini efektif untuk mengencangkan sekaligus meningkatkan massa otot.

Mempunyai massa otot yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Manfaat sit up yang satu ini bisa Grameds rasakan terutama pada otot bagian pinggul dan perut.

Sebuah penelitian mendapatkan hasil temuan bahwa melakukan sit up denga rutin dan teratur bisa menurunkan risiko sarkopenia bagi para lansia. Sarkopenia bisa diartikan sebagai kondisi di mana massa otot mengalami penurunan efektivitas karena bertambahnya usia atau penuaan pada otot.

2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Sit up sebagai sebuah latihan kontraksi untuk otot tentu saja melibatkan beberapa bagian otot, misalnya otot pinggul, otot panggul, dan punggung bagian bawah. Melakukan sit up dengan rutin diyakini bisa memberikan efek yang baik untuk memperbaiki kemampuan keseimbangan tubuh.

Bagian punggung, perut, bahu, lengan, dan pinggul akan menjadi lebih seimbang ketika rutin melakukan gerakan sit up dengan benar. Disamoung itu, melakukan gerakan sit up tanpa menggunakan bantuan peralatan bisa memperkuat otot perut dan mengangkat beban tubuh. Latihan dasar yang satu ini bisa menjaga keseimbangan yang baik untuk menghindari risiko melukai diri sendiri akibat jatuh.

3. Memperindah Bentuk Perut

Sit up bisa dikategorikan sebagai sebuah latihan otot pada core muscles atau inti tubuh. Melakukan sit up dengan rutin telah dipercaya ampuh untuk menjadikan otot perut lebih rata dan lebih kencang. Manfaat sit up yang satu ini juga dapat dimaksimalkan dengan melakukan senma aerobik yang berguna untuk membakar lemak perut.

4. Membakar Lebih Banyak Kalori

Selain membentuk dan memperindah bentuk perut, melakukan sit up dalam jangka yang panjang memiliki manfaat untuk membakar lebih banyak kalori. Sit up bisa membakar kalori tubuh dengan efektif, hal tersebut dapat diatikan bahwa sit up menjadi salah satu latihan fisik yang sangat pas bagi Grameds yang ingin menurunkan berat badan tanpa menjalani diet ketat.

5. Menjaga Sistem Metabolisme

Tubuh memerlukan sistem metabolisme yang sesuai untuk mengolah berbagai jenis zat yang masuk ke dalam tubuh. Berbagai jenis hormon yang salah satunya ialah hormon pertumbuhan juga dilibatkan dalam sistem metabolisme.

Sisa-sisa dari proses metabolisme akan berkumpul pada beberapa organ tubuh ketika sistem metabolisme tak berjalan dengan lancar. Gerakan sit up diyakini mampu untuk menjaga keberlangsungan sistem metabolisme dalam tubuh.

Latihan dasar yang satu ini akan membangun semua otot pada bagian perut. Pasokan oksigen akan mendorong darah dan membantu sistem metabolisme pada tubuh ketika semua otot perut bekerja aktif.

6. Menjaga Pencernaan

Pada dasarnya manusia sebagai mahluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan tersebut akan diolah oleh organ pencernaan, yang dimulai dari kerongkonan hingga usus.

Organ usus menjadi salah satu bagian pencernaan yang kerap kali mengalami gangguan. Sisa-sisa makanan yang terkumpul pada usus bisa meningkatkan risiko terjadinya radang atau kanker usus ketika kekurangan serat.

Melakukan sit up dengan rutin bisa menggerakkan semua otot perut serta melakukan pekerjaan untuk mengolah semua makanan yang masuk. Dengan begitu, gerakan sit up memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan serta menurunkan risiko radang atau kanker usus.

7. Memperbaiki Postur Tubuh

Tubuh Grameds akan tampak lebih proposional ketika mempunyai postur tubuh yang baik. Gerakan sit up bisa mengurangi risiko terjadinya cedera otot, sendi, dan skoliosis dan berguna untuk memperbaiki postur tubuh.

Akan tetapi, Grameds dianjurkan untuk menjauhi latihan sit up ketika sedang mengalami kondisi saraf terjepit atau nyeri punggung. Melakukan sit up ketika memiliki keluhan nyeri punggung bisa membuat otot punggung menjadi kencang.

Hal tersebut dikarenakan sit up bisa memperburuk gejala nyeri punggung yang tengah dialami. Sit up memiliki untuk memperbaiki postur tubuh, bisa mengurangi ketegangan otot, mengurangi rasa sakit pada otot, melancarkan pernapasan, dan juga untuk meningkatkan energi.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Sit up dapat memperlancar peredaran darah yang fungsinya yaitu untuk memenuhi kandungan oksigen dalam jumlah tertentu dan dapat menjadi salah satu cara supaya darah dapat bekerja secara maksimal.

Sistem metabolisme tubuh akan menjadi buruk ketika manusia mengalami kekurangan oksigen dalam darah. Kondisi tersebut bisa memicu berbagai jenis penyakit, seperti gagal ginjal dan serangan jantung. Grameds dapat melakukan gerakan sit up secara rutin untuk memperlancar peredaran darah.

9. Pembentukan Pinggul

Pada umumnya, para wanita tentu saja menginginkan bentuk pinggul yang indah. Melakukan sit up dengan rutin bisa membentuk pinggul yang indah dan rendah kandungan lemak.

Semua otot dalam tubuh akan menjadi stabil ketika dengan rutin melakukan sit up. Selain itu, gerakan sit up bisa mencegah terjadinya berbagai masalah tulang dan otot pada masa tua.

10. Melatih Bagian Inti Tubuh

Grameds bisa melatih bagian inti tubuh dengan melakukan sit up dengan rutin. Memperkuat sekaligus mengencangkan inti tubuh merupakan salah satu tujuan dari olahrah sit up.

Melakukan sit up dengan rutin bisa mengurangi risiko terjadinya cedera dan sakit punggung. Selain itu, Grameds dapar mendapatkan manfaat sit up yakni untuk membuat tubuh menjadi lebih ringan serta cekatan ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

11. Meningkatkan Performa Atletik

Melakukan sit up dengan rutin tentu bisa untuk membentuk bagian inti tubuh. Gerakan sit up dapat memberikan kesesuaian pada postur, stabilitas, serta bentuk tubuh yang lebih baik. Kemudian sit up sebagai latihan kontraksi otot bisa memberikan peluang yang baik untuk melakukan kegiatan fisik dan atletik tanpa merasa lelah.

12. Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan sit up salah satunya dapat menggerakkan tulang belakang bisa membantu untuk mengendurkan kekakuan. Gerakan tersebut secara otomatis akan menjadikan punggung serta pinggul menjadi lebih fleksibel.

Latihan dasar yang satu ini bisa meningkatkan mobilitas, mengurangi ketegangan, dan mengurangi kekakuan tubuh. Sit up telah dipercaya bisa untuk meningkatkan fleksibilitas serta mengurangi stres, meningkatkan energi, dan meningkatkan konsentrasi.

13. Memperkuat Diafragma

Sit up merupakan kegiatan fisik yang efektif untuk melatih pernapasan diafragma. Memiliki diafragma yang sehat dapat mengurangi stres, memperbaiki pola pernapasan, dan meningkatkan daya tahan atletik. Rutin melakukan sit up terbukti mendatangkan manfaat dalam meningkatkan fungsi pernapasan dan memperkuat diafragma.

14. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Melakukan sit up dengan rutin dipercaya ampuh untuk menguatkan otot jantung. Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dalam sistem peredaran darah.

Mempunyai daya tahan kardiovaskular yang mumpuni bisa meningkatkan kesehatan jantung. Grameds dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung dengan melakukan gerakan sit up dengan rutin.

15. Mengurangi Risiko Cedera dan Sakit Punggung

Grameds bisa memperkuat otot punggung bagian bawah, panggul, pinggul, serta perut dengan melakukan gerakan sit up secara rutin dan teratur. Grameds juga bisa membantu otot tubuh untuk bekerja sama serta menstabilkan tubuh dan melindungi diri dari segala jenis cedera.

Ketika mempunyai otot inti yang kuat, Grameds bisa mengurangi risiko terjadinya kejang otot, sakit, dan cedera punggung. Selain itu, gerakan sit up juga diyakini efektif untuk melatih fleksor bagian perut serta pinggul.

Fleksor tersebut menjadi salah satu bagian stabilitator yang paling penting dalam kegiatan harian misalnya membungkuk dan berputar. Grameds perlu memastikan bahwa gerakan sit up yang dilakukan harus benar untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

Cara Melakukan Sit up dengan Benar

Untuk menghindari kerusakan atau cedera pada otot tubuh, Grameds wajib untuk melakukan gerakan sit up dengan benar dan tidak berlebih. Lakukan langkah berikut ini untuk melakukan sit up yang benar :

  • Grameds bisa memulai gerakan sit up dengan posisi berbaring telentang.
  • Lalu tekuk lutut dan kaki menapak pada lantai untuk membuat tubuh stabil.
  • Kemudian letakkan tangan di dekat telinga atau dalam posisi silang di atas dada.
  • Pastikan untuk mengencangkan bagian inti ketika melakukan sit up.
  • Berikutnya, angkat badan ke arah lutut dengan menggunakan otot perut.
  • Lakukan gerakan tersebut sambil menghembuskan napas.
  • Setelah itu, turunkan badan kembali ke posisi berbaring telentang seperti semula.
  • Ulangi gerakan sampai menyelesaikan set yang ditentukan.

Grameds dapat melakukan gerakan sit up hingga sebanyak 10 kali sehari ketika baru memulai untuk berlatih. Kemudian Grameds dapat menambahnya secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan tubuh. Sit up merupakan gerakan yang cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan ini sangat sesuai bagi para pemula yang ingin untuk mendapatkan manfaat efektif.

Variasi Sit up

Variasi Sit up dapat membuat Grameds mempunyai berbagai pilihan untuk melakukan salah satu gerakan olahraga tersebut. Dengan adanya variasi dalam melakukan sit up, tentu Grameds tak akan merasa bosan ketika akan melakukan gerakan untuk membentuk otot bagian perut tersebut.

Kendati demikian, dengan adanya berbagai macam gerakan sit up, jadi tak sekadar otot perut saja yang akan dilatih. Meski demikian, otot dada, panggul, dan pinggang pun akan tetap ikut memperoleh manfaat dari gerakan sit up tersebut.

Lantas apa saja variasi gerakan sit up? Setidaknya ada empat gerakan sit up yang bisa Grameds lakukan di rumah tanpa bantuan alat.

1. V-Ups

https://www.self.com/

Gerakan ini membuat perut Grameds akan berbentuk menyerupai huruf V, tepatnya dari bagian pinggul hingga bagian pinggang. Gerakan tersebut dilakukan saat tubuh berbaring di lantai sembari merentangkan tangan ke sisi kepala. Lalu angkat kaki Grameds hingga membentuk menyerupai V.

Lanjutkan gerakan dengan mengangkat tangan Grameds hingga tubuh menjadi menyerupai huruf V. Apabila sudah, kembalikan tubuh ke posisi semula dan ulangi hingga beberapa kali.

2. Standards Crunch

https://bandoflovers.net/

Standards crunch adalah sebuah gerakan sit up di mana Grameds berbaring dan seakan menemuk badan Grameds, selanjutnya letakkan tangan Grameds ke belakang seperti menyerupai siku. Grameds kemudian bisa mulai mengangkat tubuh Grameds dan mengarahkannya ke kiri dan kana.

Sembari mengangkat tubuh tersebut, Grameds dapat menarik serta melepaskan nafas dengan perlahan-lahan. Sambil menggerakan bahu ke atas seakan diangkat Grameds pun bisa menghilangkan otot perut yang sedang tegang. Kemudian lakukan gerakan seakan membengkokkan leher. Lalu, terakhir ambil nafas perlahan hingga ke posisi yang semula lagi

3. Bicycle Crunch

https://www.menshealth.com/

Pada gerakan yang selanjutnya ialah merupakan campuran dari sit up sambil bersepeda juga crunch. Nama variasi ini adalah bicycle crunch. Gerakan ini dapat dilakukan juga untuk melatih koordinasi otot perut secara bersamaan hingga menjadi stabil.

Lebih lanjut otot di panggul dan pinggang Grameds pun bisa lebih terbagi rata dan terlihat jelas bentuknya. Grameds bisa memulai gerakan ini dengan membaringkan tubuh Grameds hingga merata ke lantai. Kemudian Grameds bisa meletakkan tangan Grameds ke bawah kepala dan mulai mengangkat kaki hingga terangkat seluruhnya dan tahan. Angkatlah kaki secara bergantian dari kaki kanan ke belok ke lutut kiri dan juga sebaliknya.

4. Full Sit up

https://apmusicales.com/

Kemudian ada juga gerakan sit up yakni dengan posisi badan menempel ke lantai, tetapi angkat badan bagian atas Grameds hingga posisi setengah duduk. Pastikan seluruh kekuatan dipusatkan pada otot perut Grameds.

Lalu tahan hingga Grameds benar-benar lelah dan mengeluarkan keringat. Kemudian angkat lagi posisi tubuh hingga perut Grameds menjadi tampak lebih rata.

Jadi, begitlah kurang lebih macam-macam gerakan sit up yang bisa Grameds ikuti. Tentunya sit up sangatlah bermanfaat dalam berbagai hal, seperti menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, menjaga daya tahun tubuh, membentuk otot dada, serta membentuk pinggul yang lebih indah.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien