Pendidikan Jasmani

15 Manfaat Permainan Sepak Bola

manfaat sepak bola
Written by Farah Fadila

15 Manfaat Sepak Bola – Grameds, apakah kamu merupakan salah satu penggemar olahraga sepak bola? Pernah mencoba memainkannya? Jika kamu belum pernah memainkan permainan sepak bola sebelumnya, kamu harus mencobanya.

Sepak bola adalah salah satu kegiatan olahraga yang paling populer dan disukai oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Mengapa begitu populer? Olahraga yang satu ini sangat populer di dunia bukan tanpa alasan.

Sepak bola adalah olahraga yang sangat menyenangkan dan bisa dimainkan semua orang. Selain itu, sepak bola bisa dimainkan hampir di mana saja tanpa mengenal ruang, baik itu lapangan hijau, pantai, bahkan jalanan.

Untuk memainkannya juga tidak membutuhkan banyak biaya. Sepak bola menjadi olahraga paling populer karena kemudahan aksesibilitasnya.

Secara historis olahraga yang satu ini telah ada sejak 3.000 tahun lalu, lho Grameds. Sepak bola pertama kali dimainkan dengan nama tsu chu di Negeri Tirai Bambu China.

Pada awal kemunculannya, permainan ini ditujukan untuk melatih prajurit agar lebih tangkas. Ribuan mil jauhnya, Yunani juga memiliki permainan yang serupa dengan nama episkyro.

Setelah itu, permainan sepak bola menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hingga akhirnya dibuat sebuah federasi sepak bola internasional pada tahun 1904 dengan nama FIFA (Federation Internationele de Football Association) yang didirikan oleh 7 negara di Eropa.

Sepak bola sendiri adalah olahraga yang melibatkan sebelas anggota dalam tim dan memiliki aturan yang sama di setiap negara. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui olahraga sepak bola sehingga ingin memainkannya sepanjang hari.

Tak hanya menyenangkan untuk dimainkan, sepak bola juga membuka peluang kamu dalam bersosialisasi dengan orang lain. Nah, tahukah kamu apa saja manfaat sepak bola bagi kesehatan tubuh seseorang?

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai bintang lapangan hijau punya tubuh yang bugar berkat olahraga sepak bola yang ditekuninya. Kehebatan keduanya dalam menggiring bola tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika mereka diidolakan banyak orang.

15 Manfaat Permainan Sepak Bola 1

Beli Buku di Gramedia

Mungkin kamu mengetahui bahwa tujuan utama permainan sepak bola hanya untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Lebih dari itu, permainan sepak bola ternyata memiliki tujuan lain sebagai permainan yang melatih kecerdasan otak, menciptakan solidaritas, dan lain sebagainya.

Sepak bola ternyata juga memiiki beragam manfaat, mulai dari kesehatan fisik, emosional, dan mental. Di samping itu, ada serangkaian keterampilan hidup yang bisa dikembangkan melalui olahraga sepak bola, seperti komunikasi, disiplin, kepemimpinan, dan kerja sama tim. Simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui beragam manfaat yang bisa Grameds dapatkan melalui permainan sepak bola.

15 Manfaat Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola sangat baik untuk melatih fisik seseorang karena olahraga tersebut akan membuatmu berlari di sekitar lapangan secara terus-menerus. Hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung melalui sprint dan shuttle run.

Selain itu, sepak bola dapat membantumu mendapatkan otot, kekuatan, dan stamina untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat fisik, emosional, dan mental yang bisa kamu dapatkan dari olahraga sepak bola.

1. Meningkatkan Kapasitas dan Daya Tahan Tubuh

Permainan sepak bola menuntut kamu untuk berlari cepat di lapangan selama sembilan puluh menit. Sepak bola juga akan membuatmu bersaing untuk memperebutkan bola.

Semakin banyak berlatih, semakin besar pula kapasitas dan daya tahan tubuh yang terbentuk. Sepak bola memiliki banyak efek positif bagi tubuh kamu secara keseluruhan.

2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi dan Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Sepak bola membantu mengurangi tekanan darah tinggi seseorang. Saat kamu berlari, itu akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Sepak bola juga dapat mengurangi kemungkinan kamu menderita stroke atau komplikasi kesehatan di kemudian hari. Dengan berolahraga secara teratur, kamu bisa membantu menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan arteri.

3. Membangun Otot dan Mengurangi Lemak Tubuh

Pemain sepak bola menggunakan seluruh tubuh mereka saat pertandingan berlangsung. Permainan sepak bola sangat bagus untuk membangun otot dan mengurangi lemak tubuh.

Saat kamu berlari, menendang, melompat, dan memperebutkan bola, secara tidak langsung melibatkan serat otot. Kombinasi tersebut sangat cocok untuk membakar kalori, mengencangkan tubuh, dan membentuk otot.

4. Memperkuat Tulang

Selain menambah kekuatan dan stamina, permainan sepak bola akan memperkuat tulang kamu. Saat berlari di lapangan, berat badan kamu akan memberi tekanan pada tubuh.

Hal tersebut akan memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang dalam prosesnya. Latihan yang teratur akan membantu kamu menghindari cedera dan patah tulang.

5. Meningkatkan Koordinasi, Kelincahan, dan Refleks

Sepak bola juga membantu koordinasi, kelincahan, dan refleks kamu. Karena permainan sepak bola menuntut kamu untuk bereaksi cepat dalam waktu singkat saat menggiring dan mengoper bola.

Hal tersebut menguji koordinasi tubuh dan mata kamu. Selain meningkatkan koordinasi tubuh dan refleks, permainan sepak bola dapat membantu kamu menjadi lebih lincah. Grameds dituntut harus cepat dan siap untuk berlari ke segala arah saat pertandingan berlangsung.

15 Manfaat Permainan Sepak Bola 2

Beli Buku di Gramedia

6. Meningkatkan Fleksibilitas

Pemain sepak bola harus melakukan kombinasi gerakan berlari, mengoper, dan menggiring bola saat pertandingan. Hal ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak kamu. Dengan latihan teratur sambil melakukan peregangan yang tepat, tubuh akan terbiasa melakukan berbagai gerakan yang berbeda.

7. Mengurangi Kemungkinan Cedera

Sepak bola adalah olahraga yang menuntut fisik pemain mengalami cedera. Bermain sepak bola secara teratur tak hanya membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tetapi juga membantu mencegah cedera. Hal tersebut bergantung pada bagaimana kamu melakukan pola hidup yang sehat, pemanasan, dan latihan yang benar.

8. Meningkatkan Mood

Saat Grameds berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan stres. Tak hanya itu, melepaskan endorfin juga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kamu merasa lebih baik.

9. Mengurangi Stres, Kecemasan, dan Depresi

Pelepasan endorfin secara teratur juga membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, dan depresi. Berolahraga juga turut merangsang dopamin dan serotonin yang berperan penting dalam mengatur suasana hati seseorang.

10. Meningkatkan Empati

Sepak bola sebagai olahraga tim mengharuskan pemain bekerja sama dengan rekan satu tim jika ingin memiliki peluang sukses. Hal tersebut menuntut pemain untuk saling memotivasi dan peduli. Sepak bola dapat meningkatkan empati seseorang ketika melihat orang lain bekerja keras, mengalami kekalahan, dan merayakan kemenangan.

11. Belajar Mengendalikan Emosi

Bermain sepak bola juga membantu kamu belajar mengandalikan emosi dengan lebih baik. Hal ini berdampak positif pada kehidupan kamu, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Menangani kemenangan, kekalahan, kesuksesan, dan kekecewaan adalah bagian dari olahraga. Jadi, seiring berjalannya waktu kamu akan belajar untuk memproses dan mengendalikan emosi dengan lebih baik.

banner-promo-gramedia

12. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Olahraga yang satu ini memerlukan konsentrasi dan fokus pemain saat pertandingan berlangsung. Perhatian mereka hanya akan tertuju pada bola dan situasi yang terjadi saat itu. Jika pemain terganggu atau kehilangan fokus, mereka akan kehilangan lawan sekaligus peluang untuk mencetak gol.

13. Mengembangkan Keterampilan Motorik

Sepak bola akan membantu kamu meningkatkan keterampilan motorik dengan melakukan koordinasi tubuh dan otak. Kombinasi gerakan yang dilakukan saat melakukan latihan dan pertandingan akan melatih otot beserta pikiran kamu untuk bekerja secara sinkron.

15 Manfaat Permainan Sepak Bola 3

Beli Buku di Gramedia

14. Meningkatkan Keterampilan Analisis dan Pemecahan Masalah

Pemain harus dapat bereaksi dengan cepat dan memilih opsi terbaik dalam pertandingan. Oleh karena itu, olahraga sepak bola akan membantumu mengembangkan keterampilan analisis dan kemampuan pemecahan masalah saat merespon skenario baru yang dihadapi.

15. Meningkatkan Ketahanan dan Kekuatan Mental

Tidak setiap pertandingan akan meraih kemenangan. Pemain harus memiliki ketahanan yang kuat untuk menghadapi setiap kekalahan yang menghampiri.

Sesi latihan dan pertandingan akan membantu kamu membangun kekuatan mental, baik di dalam maupun di luar lapangan. Selain itu, sepak bola mendorong pemain mempelajari hal-hal baru yang dapat mengajarkan mereka untuk tidak takut gagal dan menerima segala situasi demi mencapai suatu tujuan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah beberapa manfaat fisik, emosional, dan mental yang bisa kamu dapatkan melalui permainan sepak bola. Jadi, tertarik untuk menuai manfaatnya?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien