Pendidikan Jasmani

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Bahan Rumputnya

ukuran lapangan sepak bola
Written by Ricky

Ukuran Lapngan Sepak Bola – Olahraga sepak bola adalah salah satu olahraga yang banyak peminatnya di dunia. Di Indonesia pun banyak sekali penggemar olahraga ini. Baik laki-laki, perempuan, tua, dan muda hampir semua suka dengan sepak bola. Sepak bola tidak mengenal jenis kelamin dan umur.

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing 11 orang, dengan tujuan memperebutkan satu bola yang digunakan untuk mencetak poin dengan memasukkannya ke dalam gawang. Selain 22 orang yang bermain, sepak bola ini juga memiliki wasit yang mengatur jalannya pertandingan agar lebih tertib dan seru tentunya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Bahan Rumputnya 1

beli sekarang

Di dalam buku Ini Membahas Secara lengkap dan Jelas Mengenai Sepak Bola, Mulai Dari: 1. Sejarah Sepak Bola dan Pengertiannya 2. Peraturan Permainan / Laws Of Game 3. Teknik dasar Sepak Bola 4. Hakikat Latihan 5. Variasi Latihan Sepak Bola 6. Pola Formasi dalam Sepak Bola

Dalam olahraga sepak bola, lapangan sepak bola adalah suatu bagian yang penting. Tentu saja selain pemain dan bola yang digunakan, lapangan bola juga sangat penting. Olahraga sepak bola ini membutuhkan lapangan yang biasanya sesuai dengan ketentuan dari FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

Lapangan sepak bola ini ibarat rumah bagi para pemainnya. Lapangan juga harus memiliki kesesuaian dan kenyamanan mulai dari ukuran, jenis rumput, ukuran gawang, termasuk ukuran bola untuk dimainkan. Semua ini harus sesuai dengan ketentuan FIFA agar tidak melanggar peraturan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

ukuran lapangan sepak bola

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Dalam satu lapangan ini dibagi menjadi dua area yang memiliki ukuran yang sama untuk kedua tim. Tepat di tengah lapangan ada lingkaran di antara dua bagian lapangan yang memiliki diameter 9,15 meter. Tengah lapangan ini biasanya digunakan untuk kick off pada awal babak dimulai.

Ukuran standar untuk lapangan sepak bola adalah dengan panjang 90 – 120 meter dan lebarnya 45 – 90 meter. Sedangkan untuk pertandingan internasional menurut FIFA, memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan panjang (touch line) 100 – 100 meter sedangkan lebarnya (goal line) 64 – 75 meter. Semua garis yang menghubungkan lapangan satu sama lain harus memiliki lebar yang sama yaitu tidak boleh lebih dari 12 cm.

Ukuran Area Gol atau Area Penalti Sepak Bola

Lapangan sepak bola memiliki dua area yang berbeda di depan gawang, yaitu area gol dan area penalti. Pada area gol memiliki 2 garis yang ditarik ke dalam lapangan dengan jarak 5,5 meter dari kedua sisi gawang. Kemudian 2 garis ini dihubungkan lagi dengan garis lurus sejajar kanan dan kiri sepanjang 5,5 meter juga. Area gol ini terletak di dalam area penalti.

Area penalti juga memiliki standar ukurannya sendiri. Ukuran area penalti ini ditarik dua garis sejajar dari samping ke gawang ke dalam lapangan sepanjang 16,5 meter. Ukuran dari sisi gawang ke garis penalti ini sepanjang 11 meter. Kedua garis ini dihubungkan dengan garis lain sepanjang 40,3 meter.

Titik penalti juga memiliki ukuran 11 meter dari tengah gawang. Dalam praktiknya biasanya disebut dengan tendangan 12 pas karena merujuk pada jarak 12 yard dari titik penalti ke depan gawang. Selain itu, pada area penalti juga terdapat setengah lingkaran dengan jarak dari titik penalti sepanjang 9,15 meter.

Selain area gol dan area penalti, terdapat area sepak pojok yang ditandai dengan bendera. Bendera tersebut memiliki ukuran yang tidak melebihi 1,5 meter. Bendera tersebut diletakkan saat pemain melakukan sepak pojok. Opsi lain, bendera juga diletakkan di luar garis dengan jarak 1 meter dari touch line.

banner-promo-gramedia

Ukuran Gawang Sepak Bola

Ukuran gawang ini juga disesuaikan dengan ukuran dari lapangan. Untuk ukuran standar gawang sesuai dengan ukuran lapangan di atas biasanya memiliki panjang gawang 7,32 meter. Pengukuran panjang gawang harus memperhatikan posisi yang tepat di tengah seperti titik penalti.

Lalu tiang gawang dan mistar yang diatur oleh FIFA memiliki ukuran 2,33 meter. Ukuran tiang gawang ini diukur dari bagian atas, bawah, serta mistar dengan permukaan tanah. Ukuran mistar gawang dengan tanah juga tidak boleh lebih dari 12 cm. Ada aturan khusus bahwa mistar gawang tidak boleh rusak. Jika terjadi kerusakan pada saat pertandingan, maka akan dihentikan sementara hingga mistar diperbaiki sesuai standarnya.

Gawang sendiri biasanya tertancap di dalam tanah. Namun, beberapa gawang tidak tertancap di dalam tanah, hal ini membuat gawang bisa digeser ke mana pun. Biasanya yang tidak ditancap ini adalah lapangan-lapangan bebas tidak untuk pertandingan internasional. Lapangan internasional harus paten agar gawang juga aman dari pergeseran.

Standar Bola dalam Sepak Bola

Bola sepak

Bola yang digunakan untuk pertandingan sepak bola harus sesuai dengan ketentuan dan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA. Beberapa hal terkait dengan standar dari bola seperti berat bola, bahan bola, diameter bola, tekanan udara pada bola, dan juga warna bola yang harus disesuaikan. Semua itu harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Hal tersebut dilakukan agar pertandingan sepak bola berjalan dengan kualitas yang baik juga.

1. Bentuk Bola

Bola yang dipakai tentunya berbentuk bulat sempurna, usahakan tidak ada kecacatan agar bola dapat stabil ketika menggelinding di lapangan atau berputar di udara saat ditendang oleh pemain. Bola yang bulat sempurna dan stabil dapat memudahkan pemain untuk mengontrol bola.

Umumnya bentuk bola dalam sepak bola ini sama saja dengan permainan olahraga lain yang membutuhkan bola seperti, basket, futsal, voli, tenis. Semua bola yang dipakai dalam beberapa olahraga tersebut adalah bola yang bulat sempurna.

2. Bahan Bola

Tidak semua material bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan bola sepak. Bahan untuk sepak bola ini sudah ditentukan oleh FIFA, di mana bahan untuk pembuatan bola ini harus terbuat dari kulit. Bahan ini dianggap cocok untuk olahraga sepak bola.

Setiap bola pada masing-masing olahraga juga memiliki bahan-bahan yang berbeda. Tidak semua bola menggunakan bahan kulit. Hal tersebut tergantung bagaimana cara memainkan bolanya. Tekstur kulit yang tebal dapat menahan tendangan dari pemain, sehingga bola tetap kuat dan tidak mudah rusak.

3. Diameter dan Keliling Lingkaran Bola

FIFA telah menetapkan standar internasional ukuran bola dari diameter bola sebesar 21 – 22,5 cm dan keliling lingkaran bola dengan minimal 68 cm dan maksimal 71 cm.

4. Berat Bola

Dalam sepak bola, bola memiliki ukuran berat sebesar minimal 410 gram dan maksimal 450 gram. Ukuran ini sedikit lebih berat daripada bola futsal.

5. Tekanan Bola

Bola yang dipakai untuk olahraga sepak bola ini memiliki tekanan udara antara 0,6 sampai 1,1 atmosfer. Tekanan ini juga suda ditetapkan oleh FIFA sebagai persyaratan standar internasional.

6. Warna Bola

Untuk warna bola FIFA tidak mengatur apa warna yang diharuskan dalam pertandingan internasional. Warna bola ini tentunya juga harus disesuaikan dengan keadaan lapangan agar dapat dilihat dengan mudah oleh pemain.

Biasanya bola menggunakan warna putih. Warna putih ini terang kontras dengan warna hijau dari lapangan, sehingga bola sangat mudah untuk terlihat. Namun warna bola ini juga bisa tergantung dari pelaksana pertandingan. Misalnya dalam piala dunia, warna bola disesuaikan dengan tema yang sedang diangkat dalam pertandingan tersebut.

7. Logo Bola

Jika kalian ingin membeli bola sepak yang asli dan sesuai dengan standar internasional, kalian harus memperhatikan logo bolanya. Bola sepak yang asli akan memiliki logo yang ada di permukaan bola seperti logo “FIFA Approved”, “FIFA Inspected”, atau juga “Internasional Matchball Standard”. Logo-logo tersebut menandakan bahwa bola telah lulus uji tes yang sesuai dengan standar internasional.

8. Jenis Bola

Bola sepak memiliki beberapa tingkatan ukuran, mulai dari ukuran 1 hingga ukuran paling besar yaitu 5. Biasanya, yang digunakan dalam pertandingan liga internasional seperti piala dunia menggunakan bola dengan ukuran 5.

Akan tetapi, tidak semua pertandingan sepak bola menggunakan bola ukuran 5. Hal ini harus disesuaikan dengan grup dari permainan sepak bola itu. Contohnya seperti pertandingan bola pada anak usia 8 tahun maka ukuran bola yang cocok untuk mereka adalah ukuran 3 dengan keliling lingkaran 23 – 24 inci.

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Bahan Rumputnya 2

beli sekarang

Dalam buku ini akan dijelaskan beragam informasi tentang sejarah permainan sepakbola, prasarana dan sarana bermainnya, teknik dasar pemain serta bagaimana model drill-drill melatih teknik dasar tersebut, taktik dan strategi, serta peraturan permainan sepakbola sesuai dengan FIFA Law of The Game 2017

Rumput Lapangan Sepak Bola

rumput lapangan sepak bola

Dalam sepak bola internasional, rumput adalah sebuah media yang digunakan untuk bermain bola dalam olahraga ini. Meski olahraga sepak bola ini bisa dimainkan di mana saja asal memiliki tempat yang datar, namun rumput adalah tempat yang ideal bagi pemain sepak bola.

FIFA juga telah menetapkan bahwa lapangan yang sesuai untuk olahraga sepak bola adalah dengan dasar rumput yang memiliki jenis dan ukuran tertentu. Dengan menggunakan rumput, pemain juga akan lebih nyaman dalam bergerak, ketika terjatuh pun tidak akan sesakit jika tanpa rumput.

Ada beberapa jenis rumput yang digunakan dalam olahraga sepak bola, yaitu rumput  Zoysia Matrella (ZM), Cynodon Dactylon (CD), Axonopus Compressus (AC), rumput sintetis, dan rumput campuran. Kedua rumput terakhir merupakan sebuah opsi, namun tiga rumput pertama adalah rumput yang banyak dipakai sebagai dasar lapangan sepak bola. Berikut adalah penjelasan bagi setiap jenis rumputnya.

1. Zoysia Matrella (ZM)

Rumput Zoysia Matrella ini dapat juga disebut dengan rumput manila. Rumput jenis ini ditemukan di area pantai karena media tanam dari rumput ini adalah pasir. FIFA mengatakan bahwa rumput ini cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis. Rumput ini adalah rumput dengan kasta tertinggi daripada rumput lain. Oleh karena itu kebanyakan stadion besar menggunakan rumput ZM ini.

Ada beberapa stadion sepak bola di Indonesia yang menggunakan rumput ini seperti, stadion Maguwoharjo, Gelora Bung Karno, dan Gelora Bandung Lautan Api.

Rumput ini adalah rumput yang baik digunakan untuk lapangan sepak bola. Rumput ini berwarna hijau pekat, warnanya lebih pekat daripada jenis rumput lainnya. Elastisitas pada rumput ini juga tergolong baik. Tekstur yang tajam pada rumput ini juga aman untuk pul yang ada di sepatu bola.

Rumput ini memiliki kekuatan akar yang baik. Untuk tetap menjaga kualitasnya yang baik maka perlu dilakukan perawatan yang membutuhkan pengelolaan tingkat tinggi. Perawatan untuk rumput ini tentunya lebih sulit dan membutuhkan biaya yang mahal. Selain perawatannya yang mahal, rumput ini juga memiliki harga yang mahal. Harga rumput ini berkisar antara Rp80.000,00 – Rp100.000,00 per meter persegi.

2. Cynodon Dactylon (CD)

Rumput Cynodon Dactylon ini biasa disebut dengan rumput bermuda. Rumput ini digunakan di stadion-stadion yang ada di Eropa, Asia Timur, Amerika Utara, dan negara-negara yang memiliki iklim dingin. Dalam pertandingan sepak bola di Eropa pasti pernah terjadi rumput yang terkelupas saat pemain menendang bolanya. Rumput ini memang rentan untuk terkelupas karena gesekan dari pul sepatu. Biasanya pemain yang menyebabkan rumput terkelupas akan mengembalikannya ke tempat semula lagi.

Walaupun memiliki kualitas yang hampir sama dengan rumput ZM, namun rumput CD ini tidak sekuat rumput ZM karena rumput ini mudah terkelupas. Mudahnya terkelupas membuat rumput ini lebih banyak digunakan untuk lapangan golf. Warna pada rumput ini juga tidak sepekat warna rumput ZM. Jika dilihat dari kejauhan, rumput ini tetap terlihat cukup hijau.

Perawatan yang dibutuhkan untuk rumput CD juga terbilang cukup mahal, walaupun tidak semahal rumput ZM. Harga rumput CD di pasaran juga lebih murah. Kalian bisa menemukan rumput CD ini dengan harga sekitar Rp70.000,00 – Rp100.000,00 per meter persegi.

3. Axonopus Compressus (AC)

Rumput Axonopus Compressus ini juga sering disebut sebagai rumput gajah. Rumput ini sering ditemukan di taman dan alun-alun kota. Kekuatan akar rumput ini cukup baik. Namun rumput ini memiliki daun yang lebih lebar, hal tersebut mengakibatkan rumput lebih mudah rusak terkena pul sepatu bola.

Rumput ini memiliki warna hijau yang cukup baik. Dengan perawatan yang baik maka warna yang dihasilkan juga akan baik. Namun jika perawatan yang dilakukan itu buruk maka akan menurunkan kualitas warna pada rumput. Rumput akan berubah warnanya menjadi pucat dan kekuningan.

Harga rumput ini juga lebih murah daripada kedua rumput lainnya. Rumput ini bisa kalian temukan dengan harga sekitar Rp35.000,00 – Rp50.000,00 per meter persegi. Dalam perawatannya, rumput ini juga tidak terlalu mahal. Hal tersebut yang membuat sebagian besar lapangan sepak bola di Indonesia menggunakan jenis rumput Axonopus Compressus ini.

4. Rumput Sintetis



Karena perkembangan teknologi, saat ini lapangan sepak bola dapat menggunakan rumput sintetis atau biasa disebut rumput buatan. Rumput sintetis ini memiliki keuntungan yang tidak rumput lain miliki, yaitu perawatannya yang cukup mudah.

Namun, penggunaannya untuk lapangan sepak bola profesional ini masih cukup mengundang kontroversi. Beberapa pihak menganggap bahwa rumput sintetis memiliki potensi cedera yang tinggi terhadap para pemain. Hal ini disebabkan karena tekstur rumput sintetis lebih keras dan kasar daripada rumput alami lainnya.

5. Rumput Campuran

Rumput campuran ini merupakan campuran dari rumput alami dengan rumput buatan. Rumput buatan nomor satu di dunia adalah merek rumput Desso GrassMaster. Rumput campuran ini sering digunakan di stadion di Eropa, khususnya Inggris.

Rumput campuran ini tidak sepenuhnya buatan saja. Komposisi dari rumput ini adalah rumput fiber yang disuntik sedalam 20 cm ke bawah permukaan tanah dan menutup 3% permukaan tanah. Rumput aslinya juga tetap hidup meski dicampur rumput buatan. Akar pada rumput asli akan tercampur dengan akar fiber pada rumput buatan.

Pembuat rumput ini mengatakan bahwa rumput ini lebih solid dan enak ketika digunakan untuk bermain sepak bola. Rumput ini juga memiliki drainase yang baik seperti rumput alami. Walaupun campuran dengan rumput buatan, namun rumput ini juga perlu dipotong karena masih ada rumput aslinya.

Demikian paparan mengenai lapangan sepak bola yang meliputi ukuran lapangan, ukuran area gol dan penalti, ukuran gawang, standar bola, hingga rumput yang digunakan untuk lapangan sepak bola. Bagi Grameds yang memiliki hobi bermain sepak bola harus tahu apa saja unsur-unsur yang dimiliki dalam satu lapangan sepak bola.

Untuk mempelajarinya lebih dalam, kamu bisa membacanya dari buku-buku yang telah disediakan oleh Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku yang berkualitas. Yuk, Grameds beli bukunya sekarang juga!

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Bahan Rumputnya 3

beli sekarang

Buku ini membahas tentang konsep, contoh, dan analisis data pada statistika deskriptif dan inferensial dalam kajian bidang pendidikan dan keolahragaan, di antaranya: konsep statistik, pengumpulan dan penyajian data, ukuran kecenderungan memusat, ukuran penyebaran, estimasi parameter dan pengujian hipotesis, uji prasyarat analisis (uji normalisasi dan uji homogenitas), korelasi, pengujian perbedaan parameter rata-rata, regresi, analisis varians, uji validitas dan reliabilitas serta pembahasan daya beda soal dan tingkat kesukaran.

Baca juga artikel terkait “Ukuran Lapangan Sepak Bola” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien