Pendidikan Jasmani

Manfaat Senam Lantai Beserta Aturan dan Alatnya

manfaat senam lantai beserta aturan dan alatnya
Written by Ricky

Manfaat senam lantai ini tentunya sangat banyak. Senam lantai dapat membuat tubuh menjadi sehat, otot semakin kuat, tubuh semakin lentur, dan masih banyak lagi. Dengan rutin melakukan senam lantai maka semakin hari tubuh kita akan berkembang dengan proporsional sesuai dengan gerakan yang dilakukan dalam senam lantai.

Senam lantai akan bermanfaat banyak untuk tubuh kita jika dilakukan dengan baik dan benar. Hal itu harus dilakukan karena senam lantai membutuhkan kombinasi gerakan dan keserasian antar anggota tubuh, sekaligus koordinasi otot-otot dan persendian. Jika tidak dilakukan dengan baik dan benar bukan menjadi manfaat, tetapi dapat mengakibatkan cedera.

Oleh karena itu, jika kalian ingin melakukan senam lantai perhatikan cara melakukannya dengan benar, jangan sampai salah dalam gerakan kalian. Bila perlu kalian harus memiliki instruktur senam untuk mengajari kalian cara melakukan macam-macam gerakan senam lantai yang baik dan benar.

Manfaat Senam Lantai Beserta Aturan dan Alatnya 1

beli sekarang

Buku ini membahas tentang latihan fisik yang ringan dan mudah dilakukan pada awalnya yang berfungsi untuk memperbaiki peredaran darah, pernapasan, jantung, penyebaran nutrisi, dan fungsi organ lain; dengan tampaknya gejala tubuh terasa sehat dan bugar, otot kencang dan kekar, serta memudarnya kerutan-kerutan pada kulit.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal tentunya dalam melakukan kegiatan senam lantai perlu diperhatikan aturan-aturan dalam melakukannya. Selain itu kamu juga harus memperhatikan alat-alat yang harus dipakai untuk mendukung latihan senam lantai.

Manfaat Senam Lantai

Setelah melakukannya dengan benar maka akan menimbulkan banyak manfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaat yang kita dapat dari senam lantai? Yuk Grameds, simak ulasan berikut!

1. Membuat Tubuh Menjadi Lentur

Senam lantai bermanfaat untuk membuat tubuh kita menjadi lebih lentur dari sebelumnya, apalagi kamu adalah orang yang jarang berolahraga. Dengan rutin melakukan senam lantai kamu akan dapat bergerak lebih fleksibel, sehingga kamu akan terhindar dari cedera saat melakukan aktivitas lainnya.

Fleksibilitas dalam tubuh dapat memberikan kelincahan dan kecepatan otot-otot dan persendian untuk membantu pergerakan kamu dalam aktivitas selain olahraga. Misalnya seperti saat berjalan, mengangkat barang, memanjat pohon mungkin. Semua hal dapat dilakukan dengan mudah.

2. Menguatkan Tulang

Dalam aktivitas senam lantai, tubuh dilatih untuk menahan beban diri sendiri. Jika dilakukan dengan rutin maka kamu bisa merasakan manfaatnya seperti menguatnya tulang yang kamu miliki, tentunya tulang juga akan semakin sehat.

Selain itu, jika kamu masih muda kepadatan tulang akan terbentuk secara maksimal. Dengan kamu memperkuat tulang-tulangmu sejak dini, kamu dapat mengurangi risiko penyakit osteoporosis di hari tua nanti. Oleh karena itu perbanyaklah berolahraga seperti senam lantai ini untuk menyehatkan dan memperkuat tulang.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Selain tulang yang kuat, otot juga dapat bertambah kekuatannya jika kita rutin melakukan kegiatan senam lantai. Karena senam lantai ini melibatkan seluruh anggota tubuh kita untuk bergerak. Dalam pergerakannya secara tidak langsung membuat otot akan mengenali beban yang didapat dari senam ini. Setelah otot sudah mengenal maka otot lama kelamaan akan menguat dengan sendirinya, otot terbiasa dengan beban yang diterima pada saat senam lantai.

Seluruh otot yang bergerak dalam senam lantai seperti pada otot kaki, lengan, dada, punggung, paha, bokong, betis, dan juga otot-otot lainnya. Tidak hanya menguat, bahkan massa otot akan terbentuk karena seringnya melakukan senam lantai.

banner-promo-gramedia

4. Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

Kegiatan senam lantai membutuhkan kombinasi dan koordinasi dari anggota tubuh untuk dapat melakukan gerakan-gerakan dalam senam lantai. Koordinasi ini berguna agar saat bergerak tidak timbul cedera yang dapat menyakiti diri sendiri. Jika salah satu anggota tubuh kaku maka akan mengakibatkan salah pergerakan dalam persendian dan membuat tubuh menjadi cedera.

Dengan rutin senam lantai, koordinasi anggota tubuh lama kelamaan akan terbentuk dengan sendirinya. Hal tersebut tumbuh bersama gerakan-gerakan baru yang kamu pelajari saat melakukan senam lantai. Seiring berjalannya waktu, tubuhmu akan mengenali pergerakan dan mengurangi risiko cedera saat senam lantai atau kegiatan lainnya.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senam lantai juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang rutin melakukan kegiatan senam lantai akan terbentuk perlindungan yang kuat secara otomatis. Hal ini akan menurunkan risiko untuk terkena penyakit pada tubuh. Senam lantai secara teratur ini dapat membangun daya tahan tubuh seperti melakukan latihan kardiovaskular.

Risiko-risiko penyakit seperti asma, diabetes, osteoporosis, obesitas, serta kanker juga bisa diminimalkan. Namun senam lantai saja tidak cukup untuk menurunkan risiko tersebut. Kalian juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi dan juga vitamin.

6. Mencukupi Kebutuhan Olahraga

Senam lantai memiliki manfaat untuk mencukupi kebutuhan olahraga. Olahraga tentunya dibutuhkan untuk siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Menurut The American Heart Association merekomendasikan agar anak-anak berolahraga 60 menit sehari. Sedangkan untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas berolahraga minimal 30 menit sehari sebanyak 5 hari dalam satu minggu.

Apabila kamu tidak suka berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang dapat membuat kamu berkeringat maka senam lantai bisa menjadi solusi untuk kamu. Dengan melakukan senam lantai maka kebutuhan olahragamu akan tercukupi dengan baik.

7. Membakar Kalori dalam Tubuh

Melakukan aktivitas fisik di setiap harinya dapat membuat kalori dalam tubuh terbakar. Apalagi melakukan senam lantai secara rutin, kalori yang terbakar juga akan semakin banyak. Kalori dalam tubuh terbakar karena ketika melakukan senam lantai, kita melibatkan beberapa anggota tubuh seperti otot-otot lengan, kaki, punggung, baju, perut, dan paha untuk melakukan senam.

Dengan terbakarnya kalori maka lemak juga ikut berkurang. Berkurangnya lemak ini dapat menurunkan berat badan bagi yang berlebihan. Bagi yang tidak memiliki kelebihan berat akan membuat berat badan menjadi stabil.

8. Meningkatkan Perilaku Disiplin dalam Diri

Dalam berolahraga pastinya membutuhkan kedisiplinan yang tinggi agar tubuh menjadi ideal dan sehat. Senam lantai juga membutuhkan konsentrasi dan disiplin yang tinggi. Apalagi senam lantai memiliki banyak gerakan yang susah, setiap orang yang belajar harus berkonsentrasi penuh dan disiplin dalam latihan agar semakin mudah melakukannya.

Untuk mencapai tujuan menyehatkan diri, membentuk otot, dan juga tubuh yang ideal dibutuhkan kedisiplinan dan kesabaran yang tinggi dalam menjalaninya. Tubuh tidak akan dengan instan terbentuk menjadi ideal jika kita malas berolahraga.

9. Mengatasi Depresi

Depresi membuat seseorang menyendiri dan bahkan dapat melampiaskannya dengan menyakiti diri sendiri. Orang yang depresi seharusnya pergi ke psikolog dan melakukan terapi yang dapat menenangkan pikiran. Dalam hal ini senam lantai bisa mengatasinya.

Senam lantai ini dapat membuat tubuh menjadi tenang dan juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang membuat perasaan senang muncul. Perasaan senang ini akan sedikit mengobati rasa depresi seseorang.

Hormon endorfin merupakan zat kimia dalam tubuh yang dapat mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan positif dalam diri. Hormon endorfin ini diproduksi oleh saraf pusat manusia dan kelenjar pituitari.

10. Meningkatkan Sosialisasi

Bagi pemula yang belum bisa melakukan senam lantai sendiri biasanya mereka bergabung dengan grup yang mengadakan senam lantai. Grup tersebut dipimpin oleh instruktur senam yang andal dan dapat melatih para pemula dalam kegiatan senam lantai.

Dengan melakukan senam lantai bersama-sama maka hal ini akan meningkatkan sosialisasi dari dalam diri sendiri. Kita akan memperhatikan, mendengarkan, mengikuti arahan instruktur, dan juga bisa bertanya jika kita kurang paham mengenai gerakan yang dicontohkan. Di dalam pelatihan tersebut kita juga akan belajar menghormati orang lain yang sedang mengajarkan gerakan senam lantai kepada kita.

Aturan dalam Senam Lantai

Dalam melakukan senam lantai untuk mencapai hasil yang maksimal maka harus diperhatikan hal-hal penting dalam kegiatan senam lantai agar tidak terjadi cedera saat melakukannya. Berikut adalah aturan dalam senam lantai.

  • Selalu gunakan matras jika ingin melakukan senam lantai. Hal ini menurunkan risiko cedera saat berlatih.
  • Peletakan matras juga harus diperhatikan. Kamu harus meletakannya di atas lantai yang rata dan halus. Usahakan juga untuk menjauhi benda-benda yang bisa membuat kamu celaka saat berlatih.
  • Latihan senam lantai dilakukan dari gerakan yang paling mudah terlebih dahulu, jika sudah bisa maka lanjut pada tahap yang lebih sulit. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko cedera.
  • Harus melakukan pemanasan sebelum mulai latihan senam lantai. Hal ini dilakukan agar tubuh sudah renggang dan tidak kaku. Kaku pada bagian tubuh akan membuat cedera saat latihan.
  • Dilarang melakukan gerakan senam lantai tanpa arahan dari instruktur senam jika kalian belum menguasai tekniknya. Kalian boleh melakukannya sendiri jika dinilai sudah menguasai teknik dalam senam lantai.
  • Jaga kebersihan matras sebaik mungkin agar tidak cepat rusak.

Manfaat Senam Lantai Beserta Aturan dan Alatnya 2

beli sekarang

Ebook ini memberikan gambaran umum, tindakan pencegahan dan penanganan yang dapat dilakukan oleh praktisi olahraga. Ebook ini juga dapat menjadi referensi bagi mahasiswa S1 dan S2 kesehatan sebagai bahan pegangan untuk perkuliahan. Ebook ini juga bermanfaat bagi para peneliti atau seseorang yang melaksanakan penelitian mengenai cedera olahraga.

Alat yang Digunakan dalam Senam Lantai

Dalam kegiatan olahraga pastinya membutuhkan alat-alat tertentu untuk menunjang keefektifan dalam kegiatannya. Senam lantai ada dua cara dalam melakukannya, yaitu menggunakan alat dan tanpa alat. Kali ini akan dijelaskan beberapa alat senam lantai yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatannya.

1. Lantai

Seperti namanya yaitu senam lantai tentunya membutuhkan lantai sebagai alat utama dalam melakukan kegiatan tersebut, karena setiap gerakan senam selalu menggunakan lantai.

Lantai untuk senam lantai ini memiliki standar khusus. Ukuran lantai untuk melakukan kegiatan senam lantai harus berukuran 12 meter x 12 meter. Perhatikan juga tekstur lantai, lantai harus halus namun tidak licin. Lantai yang licin dapat memperbesar risiko cedera pada peserta senam.

2. Matras

Alat yang kedua ini merupakan alat pendukung dari alat utama, yaitu lantai. Setiap kegiatan senam lantai pastinya membutuhkan matras agar dapat melakukan gerakan dengan aman dan nyaman.

Matras yang digunakan harus tebal, empuk, dan tidak licin. Hal tersebut berguna untuk kenyamanan dan keamanan peserta senam lantai dalam melakukan gerakan-gerakannya.

3. Gelang-Gelang

Selain alat-alat dasar, senam lantai juga membutuhkan alat pendukung seperti gelang-gelang ini. Gelang-gelang dalam senam lantai memiliki bentuk yang besar. Gelang-gelang ini memiliki ukuran dengan tinggi 2,8 meter sampai 3 meter, diameternya 13 cm, dan memiliki jarak antar gelang sebesar 50 cm.

Penggunaan gelang ini adalah dengan dihubungkan dua tali, setelah itu atlet senam bisa menggantung pada gelang-gelang tersebut. Selain dipakai untuk menggantungkan tubuh, gelang itu bisa digunakan untuk angkat beban agar otot-otot pada tangan menjadi semakin kuat.

4. Kuda-Kuda Pelana

Alat kuda-kuda pelana ini bentuknya sangat mirip seperti tempat duduk yang ada di punggung kuda.

Alat ini digunakan untuk melatih lompatan dalam senam lantai. Caranya adalah dengan melompat sejauh mungkin dan jangan sampai mengenai kuda pelana ini. Gerakan yang digunakan dalam latihan ini adalah flank, thomas fair, dan double circle.

5. Kuda-Kuda Lompat

Alat kuda-kuda lompat ini hanya memiliki sedikit perbedaan dengan alat kuda-kuda pelana. Alat ini memiliki panjang 1,2 meter dan tinggi 1,35 meter. Penggunaannya pun sama, untuk latihan melompat.

6. Palang Tunggal

Palang tunggal dalam senam lantai biasanya digunakan untuk gerakan-gerakan yang menantang dan sangat atraktif. Palang ini juga sudah diatur ketinggiannya sesuai dengan gerakan.

Palang tunggal ini biasanya digunakan dalam kejuaraan dunia. Gerakan yang dipakai dengan palang tunggal ini memiliki gerakan yang rumit seperti gerakan back hip circle, run under single, pull over, back mill, front hip circle, single knee mount, dan masih banyak gerakan rumit lainnya.

7. Palang Sejajar

Palang sejajar juga sering digunakan dalam kegiatan senam lantai. Kamu bisa mengatur ukuran dari palang sejajar sesuai keinginan. Ukuran standar palang ini memiliki panjang sekitar 330 cm, tinggi 175 cm, dan lebar 40 sampai 50 cm.

Gerakan yang biasa dipakai untuk palang sejajar itu seperti mengayunkan bagian lengan. Dalam gerakannya hanya bagian bahu dan tangan saja  yang boleh diayunkan, gerakan badan lain tidak boleh dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan gerakan front dosmount, shoulder stand, straddle travel, rear dimount, dan masih banyak gerakan lainnya.

Kesimpulan

Dalam melakukan kegiatan senam lantai tentunya memiliki manfaat yang begitu banyak untuk masing-masing tubuh. Manfaat ini tentunya harus didukung dengan adanya konsumsi gizi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, tidak lupa juga kualitas hidup yang baik agar manfaat dari senam lantai tidak sia-sia.



Manfaat senam lantai itu beragam, mulai dari membuat tubuh menjadi lentur, menguatkan tulang, meningkatkan kekuatan otot, melatih koordinasi anggota tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mencukupi kebutuhan olahraga, membakar kalori dalam tubuh, meningkatkan disiplin dalam diri, mengatasi depresi, dan dapat meningkatkan sosialisasi.

Sudah banyak bukan manfaat yang ditawarkan dari kegiatan senam lantai? Jika kamu merasa tidak memiliki salah satunya, kamu bisa mempelajari senam lantai ini untuk melengkapi kesehatan tubuhmu.

Selain itu, dalam melakukan senam lantai juga memiliki aturannya tersendiri. Kalian harus memperhatikan matras yang dipakai, jangan sampai matras tersebut membuat kalian tidak nyaman dan terjadi cedera dalam penggunaannya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan matras juga.

Lalu, berlatihlah dari gerakan yang mudah terlebih dahulu, jika sudah bisa menguasai maka akan lanjut ke tahap berikutnya. Kemudian, setiap melakukan kegiatan harus melakukan pemanasan agar tidak cedera. Dalam senam lantai juga tidak boleh melakukan sendiri, harus ada instrukturnya.

Senam lantai juga memiliki beberapa alat pendukung dalam kegiatannya seperti, lantai, matras, gelang-gelang, kuda-kuda pelana, kuda-kuda lompat, palang tunggal, dan juga palang sejajar.

Manfaat Senam Lantai Beserta Aturan dan Alatnya 3

beli sekarang

Ebook Tips Menangkal Penyakit dengan Olahraga ini membahas keterkaitan berbagai jenis olahraga untuk menangkal penyakit-penyakit tertentu. Misalnya olahraga kaitannya dengan penderita tekanan darah tinggi; penyakit jantung; penyakit kencing manis; gangguan tulang dan otot; gangguan kehamilan; sakit maag; stres dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat senam lantai beserta aturan dan alat-alatnya. Jika kalian tertarik dengan senam lantai kalian bisa mempelajarinya lebih lanjut agar mendapatkan manfaat seperti yang telah dituliskan di atas.

Bagi kalian yang ingin belajar tentang kesehatan jasmani dengan baik dan benar, kalian bisa membeli buku yang telah disediakan oleh Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas memiliki buku-buku berkualitas untuk membantu kamu mendapatkan banyak ilmu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Baca juga artikel terkait “Manfaat Senam Lanti” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien