Best Seller Buku Soal Olimpiade Terlengkap

Jelajahi Best Seller Buku Soal Olimpiade yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

buku top master olimpiade matematika smp nasional

Top Master Olimpiade Matematika SMP Nasional dan Internasional

buku siap jadi juara osn

Smp Siap Jadi Juara Osn (Olimpiade Sains Nasional) Ips

Buku sukses olimpiade matematika

Top Sukses Olimpiade Matematika SD/MI

buku mekanika olimpiade fisika

Mekanika Olimpiade Fisika SMA/MA : Intensif Teori, Soal, dan Pembahasan

Siap jadi juara osn biologi

Siap Jadi Juara Osn Biologi (Olimpiade Sains Nasional)

Siap Jadi Juara Osn ( Olimpiade Sains Nasional ) Matematika Smp Sederajat

Siap Jadi Juara Osn ( Olimpiade Sains Nasional ) Matematika Smp Sederajat

Top Master Olimpiade Matematika SD Nasional & Internasional

Top Master Olimpiade Matematika SD Nasional & Internasional

Siap Jadi Juara Osn Matematika (Olimpiade Sains Nasional)

Siap Jadi Juara Osn Matematika (Olimpiade Sains Nasional)

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tentang Buku Soal Olimpiade Terlengkap

Jelajahi Best Seller Buku Soal Olimpiade Terlengkap dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    6 Olimpiade SMP Tingkat Nasional Yang Rutin Diadakan Setiap Tahunnya

    Mengikuti olimpiade mata pelajaran tertentu dan mewakili sekolah pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang siswa. Apalagi bisa lolos ke tingkat nasional untuk bersaing dengan siswa-siswi dari berbagai penjuru kota di Indonesia. Apakah kamu memiliki impian untuk mengikutinya? Kalau begitu, cari tahu dulu macam-macam olimpiade SMP tingkat nasional berikut.

    Olimpiade adalah ajang perlombaan yang diselenggarakan untuk memilih bibit unggul. Ini merupakan bukti nyata dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia sekaligus mempersiapkan diri bersaing dengan negara lain di era globalisasi seperti sekarang.

    Dengan diselenggarakannya olimpiade diharapkan bisa mewadahi bakat-bakat generasi muda Indonesia dan memaksimalkannya sebaik mungkin.

    Tanpa panjang lebar, ini dia macam-macam olimpiade SMP tingkat nasional.

    1. OSN (Olimpiade Sains Nasional)

    OSN adalah ajang kompetisi di mata pelajaran IPA,IPS, dan Matematika. Untuk tingkat SMP, pesertanya juga bisa berasal dari MTS/sederajat di seluruh Indonesia. Para pesertanya adalah siswa yang berhasil lolos di tingkat Kabupaten dan Provinsi. OSN diselenggarakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda.

    Tujuan dari diselenggarakannya Olimpiade Sains Nasional adalah bisa meningkatkan atmosfer kompetisi yang jujur dan sehat diantara sekolah. Sehingga, masing-masing sekolah terus berusaha meningkatkan program pembelajaran di bidang IPS, IPA, dan Matematika.

    Selain itu, OSN merupakan bagian dari serangkaian seleksi untuk menemukan siswa-siswi terbaik dari berbagai penjuru Indonesia. Nantinya, siswa berprestasi yang berhasil terpilih dibimbing lebih lanjut oleh masing-masing tim sesuai kompetensinya.

    Setelah melalui tahap bimbingan, diikutsertakan ke dalam olimpiade-olimpiade internasional.

    OSN mulai rutin diselenggarakan setelah keberhasilan Indonesia menjabat sebagai tuan rumah IPhO – International Physics Olympiad, tahun 2002. IPhO adalah Olimpiade Fisika Internasional.

    2. O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)

    Selain mewadahi bakat siswa di bidang akademik, pemerintah juga menyelenggarakan kompetisi di bidang olahraga. Siswa yang unggul di cabang olahraga tertentu bisa menunjukkan bakatnya di O2SN. Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia.

    O2SN adalah sebuah event Nasional untuk mencari siswa berprestasi dan memiliki bakat unggul di bidang olahraga. Kompetisi ini akan memfasilitasi tumbuhnya minat, bakat dan prestasi siswa di bidang olahraga.

    Setidaknya ada delapan cabang olahraga yang diperlombakan pada O2SN setiap tahunnya. Seperti berikut:

    Pencak Silat
    Bola Voli
    Atletik
    Karate
    Tenis Meja
    Bulu Tangkis
    Renang

    Sementara itu, olimpiade SMP tingkat nasional ini mempunyai beberapa tujuan:

    Meningkatkan apresiasi dan kecintaan di dalam hati siswa terhadap bidang olahraga
    Meningkatkan kesehatan jasmani
    Meningkatkan kecakapan kooperatif dan kolaboratif
    Melatih tanggung jawab dan sportivitas
    Meningkatkan mutu akademis
    Mengembangkan minat dan bakat siswa di cabang olahraga tertentu
    Menciptakan lingkungan kompetisi yang sehat
    Mempererat kesatuan dan persatuan diantara siswa seluruh Indonesia

    3. OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Nasional)

    OPSI adalah ajang perlombaan bagi siswa-siswi MTS/SMP/sederajat yang tergabung di dalam KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Kompetisi ini berbasis kegiatan penelitian yang diselenggarakan sebagai upaya mendorong daya saing regional di antara sekolah seperti tertuang di dalam RPJMN 2015-2019.

    Sekaligus untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2025. Yaitu membentuk insan Indonesia berkarakter dan cerdas, serta memperkuat penerapan kurikulum 2013 demi meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

    Ditinjau dari tujuan sebenarnya, OPSI merupakan wadah bagi sekolah, guru dan siswa di organisasi KIR untuk berperan aktif mengembangkan IPTEKS (ilmu pengetahuan, teknologi dan seni). Ada tiga mata pelajaran yang diperlombakan dalam Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI).
    Yaitu Seni (Ilmu Teknologi dan Rekayasa), IPS (Kemanusiaan) dan IPA (Lingkungan).

    4. FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional)

    FLS2N adalah sebuah perlombaan di bidang seni dan budaya. Pesertanya bukan hanya siswa-siswi SMP, melainkan juga siswa jenjang pendidikan dasar. Kegiatan ini merupakan bentuk usaha Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewadahi kreativitas dan ekspresi siswa.

    Dengan diselenggarakannya FLS2N, diharapkan bisa memberi ruang kepada siswa SD dan SMP agar bisa memaksimalkan atau semakin mengasah kreativitas dan potensi mereka di bidang kesenian.

    Siswa yang menaruh minat terhadap dunia seni bisa saling berkompetisi di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. Sehingga, mereka yang menyukai seni tidak perlu memaksakan diri menekuni bidang akademik maupun olahraga, karena sudah ada jalur sendiri yang memungkinkan mereka berprestasi.

    Penyelenggaraan olimpiade SMP tingkat nasional di bidang seni atau FLS2N bertujuan untuk:

    Memberi wadah khusus kepada siswa untuk berkreasi dengan memamerkan karya inovatif dan kreatif mereka. Yaitu mengedepankan sportivitas dalam mengembangkan potensi diri, sehingga bisa meningkatkan kualitas.

    Mengekspresikan seni sesuai karakter dan norma budi pekerti siswa.

    Membimbing, memotivasi dan meningkatkan kreativitas peserta didik.

    Membina dan menanamkan apresiasi seni.

    Mengembangkan sikap kompetitif dan sportivitas siswa sejak dini.

    5. OLSN (Olimpiade Literasi Siswa Nasional)

    OLSN adalah kompetisi tingkat nasional yang memperlombakan siswa-siswi di bidang literasi. Selain diikuti oleh siswa SMP, namun juga untuk jenjang pendidikan SMA dan sederajat. Seleksi dan kompetisi berawal dari tingkat terbawah, yaitu masing-masing sekolah.
    Olimpiade SMP tingkat nasional kali ini memperlombakan empat cabang. Yaitu Debat Berbahasa Indonesia, Story Telling, Cipta Puisi, dan Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia. Ditujukan bagi siswa-siswi yang menyukai dunia literasi.

    OLSN menjadi wadah yang akan menampung sekaligus meningkatkan kualitas siswa di bidang sastra dan seni. Diharapkan setiap peserta bisa tumbuh budi pekerti yang positif, seperti jujur, sportif, kompetitif dan lain sebagainya. Sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan gerakan literasi Nasional.

    Disaat yang bersamaan, OLSN mampu mendorong semangat siswa untuk lebih menekuni seni khususnya di bidang literasi. Mengasosiasikan kepada masyarakat bahwa berprestasi juga bisa melalui gagasan-gagasan ide yang dituangkan dalam karya literasi.

    Nah, mulai sekarang tidak perlu takut apabila selama ini hobi menulis puisi. Hampir setiap tahun selalu diselenggarakan Olimpiade Literasi Siswa Nasional.

    6. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

    Liga Sepak Bola Siswa Indonesia Tingkat SMP adalah langkah awal pemilihan bibit-bibit bertalenta Indonesia untuk bersaing di pentas internasional. Seperti yang diketahui, target PSSI adalah bisa lolos ke babak semifinal Piala Dunia sebelum 2045.

    Oleh sebab itu, sejak dini sudah dilakukan pengelolaan dan pembinaan generasi sepak bola. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP merupakan kompetisi hasil kerjasama Dirjen Dikdasmen Kemdikbud, Direktorat Pembinaan SMP dengan KONI dan PSSI.

    Nantinya, juara I Gala Siswa SMP berhak mewakili Indonesia mengikuti kejuaraan internasional. Kompetisi ini juga berguna untuk mencegah banyak bakat generasi muda Indonesia di bidang olahraga sepak bola yang terbuang sia-sia.

    Tujuan Diselenggarakannya Gala Siswa Indonesia:

    Memilih bakat-bakat unggul di cabang olahraga sepakbola
    Mengelola dan memaksimalkan kemampuan siswa
    Meningkatkan kecintaan dan memotivasi semangat belajar siswa terhadap sepakbola

    Demikianlah sedikit pembahasan mengenai enam olimpiade SMP tingkat nasional yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun. Bagaimana, tergolong lengkap bukan?

    Maka dari itu kenali minat dan bakat sejak dini, kembangkan semaksimal mungkin dan semoga kamu bisa mengikuti salah satu kompetisi diatas.