Geografi

Letak Geografis & Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya Bagi Indonesia

Letak geografis dan astronomis Indonesia
Written by M. Hardi

Letak geografis dan astronomis Indonesia – Letak geografis dan astronomis Indonesia merupakan posisi negara Indonesia yang diartikan pada batasan-batasan yang mengelilingi Indonesia. Negara ini mempunyai banyak pulau yang tersusun dari Sabang hingga Merauke.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai letak geografis astronomis Indonesia. Untuk Anda yang penasaran bagaimana penjelasannya, simak informasi di bawah ini ya.

Tampilan dari permukaan alam Indonesia ini terdiri dari daratan dan perairan dengan perbandingan antara 4:1. Penampakan daratan sendiri yakni berupa gunung tertinggi, sungai terpanjang di Indonesia, danau yang membuat Indonesia menjadi negara terluas ke 15 di dunia.

Letak geografis dan astronomis Indonesia

Sumber: Good News From Indonesia

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang terletak di posisi yang strategis dan digambarkan dari letak geografis serta letak astronomis. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Indonesia adalah negara kepulauan yang paling besar di dunia. Negara yang satu ini juga mempunyai posisi geografis yang cukup unik dan menjadikannya strategis. Hal tersebut bisa kita lihat dari letak Indonesia yang berada diantara dua samudra dan juga dua benua serta mempunyai perairan yang menjadi salah satu jantung perdagangan internasional.

Judul: Buku Ajar Sistem Informasi Geografis

https://www.gramedia.com/products/buku-ajar-sistem-informasi-geografis-kelautan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/buku-ajar-sistem-informasi-geografis-kelautan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi
Posisi tersebut kemudian menempatkan Indonesia berbatasan dengan laut dan darat secara langsung dengan sepuluh negara di kawasan. Kondisi ini membuat Indonesia menjadi rentan terhadap sengketa perbatasan dan juga ancaman keamanan yang bisa menyebabkan instabilitas di dalam negeri dan juga di kawasan itu sendiri.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis adalah salah satu determinan yang nantinya akan menentukan masa depan dari sebuah negara dalam melakukan hubungan secara internasional. Walaupun untuk sementara waktu sedang dihiraukan, namun kondisi geografis yang ada di sebuah negara akan menentukan berbagai macam peristiwa yang mempunyai pengaruh secara global.

Menurut Robert Kaplan, geografis secara luas dapat menjadi determinan dan mempengaruhi berbagai peristiwa lebih banyak dibandingkan dengan yang pernah terjadi sebelumnya.

Di masa mendatang, keberadaan Indonesia akan dipengaruhi oleh keadaan dan letak geografisnya. Oleh karena itu, tata kelola sumber daya alam, pertahanan yang mumpuni, dan wilayah perbatasan yang mumpuni menjadi sangat dibutuhkan.

Karena letaknya yang cukup strategis, sejak dulu Indonesia sudah menjadi sebuah arena perebutan pengaruh oleh pihak asing. Negara yang satu ini sudah melewati beberapa periodisasi penguasaan dan juga perebutan pengaruh.

Mulai dari Belanda, Portugal, sampai Amerika Serikat dan juga Uni Soviet saat Perang Dingin berlangsung. Di masa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia akan kembali menjadi sebuah wilayah perebutan pengaruh oleh negara-negara besar lain. Hal tersebut dapat kita lihat dengan hadirnya China sebagai negara hegemon baru yang ada di kawasan yang mana sudah menggeser perimbangan kekuasaan dan juga mengikis pengaruh Amerika di kawasan.

Tak hanya itu saja, Indonesia dan kawasan sekitarnya bisa menjadi daerah yang rawan sengketa. Sengketa tersebut dapat terjadi karena Indonesia masih belum juga menyelesaikan masalah-masalah seperti batas laut dengan negara Australia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, dan Pulau.

Proses perundingan perbatasan tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar, sedangkan hal itu akan menjadikan Indonesia lebih rentan terhadap pengaruh asing karena adanya kontrol yang terjadi di perbatasan yang lemah. Mulai dari terorisme sampai kejahatan transnasional yang mungkin saja dilakukan di Indonesia yang sangat luas ini dengan kondisi geografisnya serta pengawasan yang cukup terbatas.

Jika dilihat secara geografis, Kepulauan Indonesia berada di antara Benua Asia dan juga Benua Australia serta diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Untuk batas wilayah Indonesia sendiri yaitu:

  1. Sebelah utara: Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik.
  2. Sebelah timur: Papua Nugini.
  3. Sebelah selatan: Samudra Hindia.
  4. Sebelah barat: Samudra Hindia.

Sementara untuk luas wilayah Indonesia mencapai 5.194.143 km2 dan dua pertiga dari luas wilayah Indonesia adalah lautan.

Kenampakan Alam Indonesia

Letak geografis dan astronomis Indonesia

Sumber: Google

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang paling besar di dunia. Oleh karena itu, negara Indonesia ini sangat kaya akan bentang alam. Selain itu, sumber daya alam yang ada di Indonesia juga sangat melimpah. Dimana kekayaan alam itu menjadi salah satu modal dasar untuk pembangunan Indonesia. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kita menggunakan kekayaan alam yang ada dengan sebaik-baiknya.

Beberapa wilayah daratan yang ada di Indonesia, dulunya terbentuk dari aktivitas vulkanik. Hal tersebut ditandai dengan adanya kenampakan pulau-pulaunya yang memiliki bentuk seperti pegunungan debu, lava, dan juga lumpur dari letusan gunung berapi yang membuat tanah yang ada disekitarnya menjadi lebih subur. Oleh sebab itu, sebagian besar penduduk Indonesia memanfaatkan lahan yang sudah ada untuk perkebunan dan juga pertanian.

Sementara rangkaian pegunungan yang ada di Indonesia ini membentang dari ujung Pulau Sumatra sampai ke ujung utara Pulau Sulawesi. Adapun salah satu gunung yang sangat terkenal di Indonesia yakni Gunung Anak Krakatau. Gunung yang satu ini berada diantara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Dulu, letusan yang sangat dahsyat dari Gunung Krakatau terjadi pada tahun 1883. Dari letusan tersebut, tiga per empat pulau gunung api tersebut hancur dan menyebabkan gelombang tsunami yang menewaskan ribuan orang.

Setelah adanya letusan Gunung Krakatau tersebut, muncullah gunung baru yang kini disebut dengan Gunung Anak Krakatau. Wilayah Indonesia sendiri terletak di kawasan khatulistiwa. Hal ini mengakibatkan Indonesia mempunyai iklim tropis.

Sementara untuk perbedaan suhu di setiap wilayah cenderung sangat kecil, kecuali di Puncak Jaya, yang ada di Provinsi Papua. Puncak gunung ini diselimuti oleh salju abadi. Puncak Jaya ini terletak di daerah Pegunungan Sudirman.

Untuk curah hujan yang ada di berbagai wilayah di Indonesia juga bervariasi. Tempat yang paling basah di Indonesia yakni pegunungan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Papua. Sedangkan untuk curah hujan di tempat-tempat tersebut mencapai 3.000 mm per tahunnya.

Judul: Sistem Informasi Geografis

https://www.gramedia.com/products/sistem-informasi-geografis-konsep2-dasar-edisi-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sistem-informasi-geografis-konsep2-dasar-edisi-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi
Sementara untuk wilayah dataran rendah hanya menerima curah hujan antara 1.0600 – 2.200 mm per tahun. Curah hujan yang tinggi akan menyebabkan banyak wilayah di Indonesia menjadi lebih subur. Lebih dari 2.000 tahun, penduduk yang ada di kepulauan Indonesia memiliki mata pencaharian di bidang agraris, terutama padi. Selain itu, Indonesia juga kaya akan flora dan juga fauna.

Terdapat ribuan jenis tumbuhan yang bisa ditemukan di wilayah ini. Untuk jenis fauna yang ada di Indonesia dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu fauna tipe Asia dan fauna tipe Australia. Fauna tipe Asia ini hidup di wilayah bagian utara dan barat. Misalnya saja, fauna tipe Asia yakni gajah dan harimau.

Letak geografis dan astronomis Indonesia

Sumber: Bukalapak

Sedangkan untuk fauna tipe Australia hidup di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Di pulau terpencil juga ditemukan fauna yang cukup unik. Contohnya saja komodo yang ada di Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Keadaan Penduduk Indonesia

Di tahun 2006, jumlah penduduk Indonesia mencapai 206.265.000 jiwa. Ada lebih dari 300 suku bangsa yang ada di Indonesia. Dimana sebagian besar penduduknya menganut Agama Islam. Adapun agama lain yang berkembang di Indonesia adalah Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

Sementara untuk kegiatan ekonomi utama penduduk Indonesia yakni pertanian. Selain padi, pertanian yang ada di Indonesia juga menghasilkan singkong, jagung, karet, teh, dan kedelai. Aktivitas ekonomi lain yang ada di Indonesia yakni peternakan, perikanan, pertambangan, dan industri.

Letak Astronomis Indonesia

Letak geografis dan astronomis Indonesia

Sumber: Media Indonesia

Selain letak geografis, ada pula letak astronomis yang mana posisi Indonesia dipengaruhi oleh garis khayal bumi yaitu garis lintang dan juga garis bujur yang mengelilingi bumi. Dinamakan garis khayal ini karena memang berada di permukaan bumi yang sebenarnya.

Garis yang satu ini tak hanya ada di pengembangan ilmu astronomi yang ada di cabang-cabang ilmu biologi Berikut ini adalah letak astronomi Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujur, yaitu:

a. Garis Lintang

Garis lintang membagi struktur bumi menjadi 2 bagian yang sama besar yakni antara utara dan juga selatan. Dimana garis lintang yang sejajar dengan garis khayal khatulistiwa (equator) yang membentang sampai kutub utara dan kutub selatan. Letak astronomis Indonesia berada di titik 6 o Lintang Utara (LU) hingga 11 o Lintang Selatan (LS).

b. Garis Bujur

Garis Bujur ini telah membelah bumi secara horizontal, yakni dari barat ke timur Garis bujur ini disebut juga dengan garis meridian yang mana membatasi letak astronomis Indonesia antara 95o bujur timur (BT) – 141o bujur timur (BT).

Pengaruh Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi Indonesia berdasarkan letak geografisnya.

a. Mempengaruhi Musim

Letak geografis Indonesia yakni dilalui oleh hembusan angin muson atau monsoon. Angin muson ini membawa perbedaan musim di Indonesia. Yang mana hal tersebut akan mempengaruhi proses terjadinya hujan pada musim penghujan dan juga kemarau yang panas. Selain itu, angin muson sendiri akan bergerak secara bergantian sepanjang tahun sebanyak dua kali.

b. Wilayah strategis

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa letak Indonesia sendiri berada diantara dua benua dan dua samudra. Hal ini membuat Indonesia menjadi jalur perlintasan Internasional, baik itu melalui laut ataupun udara. Dengan begitu, peristiwa tersebut akan mempengaruhi perkembangan ekonomi yang ada di zona ekonomi eksklusif Indonesia yang dilalui oleh industri-industri besar.

c. Mempunyai Keberagaman Budaya

Karena letak wilayah Indonesia berada diantara dua benua, yakni Benua Australia dan Benua Asia, sehingga Indonesia berada di cross position. Alasan itulah yang membuat Indonesia mempunyai keberagaman budaya berupa bahasa, seni, agama, dan juga peradaban.

d. Mempunyai Lokasi Dagang Strategis

Letak geografis Indonesia ini membuat negara ini memiliki lokasi dagang yang strategis. Hal ini karena wilayah Indonesia menjadi jalur distribusi barang dagang. Alasan inilah yang membuat Indonesia mempunyai mitra dagang dengan negara sekitarnya. Sehingga aktivitas perdagangan menjadi semakin meningkat.

Selanjutnya, berikut ini adalah pengaruh letak astronomis Indonesia, sebagai berikut :

a. Mempengaruhi Iklim

Indonesia berada di sepanjang garis khatulistiwa yang artinya Indonesia mempunyai iklim tropis. Wilayah yang memiliki iklim tropis akan mendapatkan sinar matahari sebagai pusat tata surya sepanjang waktu. Hal ini tentu akan berbeda dengan yang terjadi pada negara yang memiliki iklim subtropis empat musim. Begitu pula dengan wilayah beriklim kutub.

Ciri-Ciri Wilayah dengan Iklim Tropis

  • Curah hujan tinggi
  • Terdapat hutan hujan tropis yang luas
  • Sinar matahari sepanjang tahun
  • Kelembaban udara yang tinggi

b. Mempengaruhi Perbedaan Waktu

Letak astronomis ini dapat mempengaruhi perbedaan waktu yang ditetapkan mulai dari titik lintang dan juga bujur 0 o di Kota Greenwich Inggris. Untuk Indonesia sendiri dibagi menjadi tiga zona waktu, yakni WIB (Waktu Indonesia Barat), WIT (Waktu Indonesia Timur), dan WITA (Waktu Indonesia Tengah) sesuai dengan Keputusan Presiden No.41 Tahun 1987.

  • Waktu Indonesia bagian Barat (WIB): meliputi wilayah bagian barat Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
  • Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA): meliputi wilayah bagian tengah Indonesia seperti Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.
  • Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) meliputi wilayah Indonesia bagian timur seperti Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

https://www.gramedia.com/products/referensi-pintar-atlas-geografi-indonesia-dunia?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/referensi-pintar-atlas-geografi-indonesia-dunia?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Demikian penjelasan mengenai letak geografis astronomis Indonesia yang perlu dipahami. Dengan penjelasan singkat di atas, kita jadi lebih memahami bagaimana pengaruh letak suatu negara terhadap kondisi alam dan juga perekonomiannya. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait di Garmedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Siti Badriyah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien