Pkn

21 Contoh Nilai Persatuan serta Faktor Penghambat dan Pendukung-nya!

contoh nilai persatuan
Written by M. Hardi

Contoh nilai persatuan – Indonesia adalah suatu negara yang terdiri akan banyak kekayaan di dalamnya. Salah satunya dari kekayaan akan keberagaman, mulai dari pulau, suku, adat, budaya, agama dan lain sebagainya. Namun, dari setiap perbedaan yang ada, seluruh bangsa Indonesia mampu bersatu tanpa adanya perpecahan antar suku.

Hal ini merupakan suatu hal yang wajib kita banggakan sebagai warga negara Indonesia. Sebab, di tengah perbedaan yang ada, kita semua masih terus bisa menjaga keutuhan Indonesia dengan selalu bersatu padu dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

Kemerdekaan yang diraih oleh negara Indonesia bukanlah sebuah hadiah yang diberikan oleh para penjajah, tetapi karena tekad yang dimiliki oleh Indonesia untuk bisa memerdekakan dirinya sendiri. Tentunya dalam proses memerdekakan diri, seluruh bangsa Indonesia pada masa itu berjuang bersama tanpa ada yang melihat perbedaan yang ada.

Pentingnya persatuan bangsa Indonesia juga dicantumkan dalam sila ke-3 Pancasila, dimana Pancasila dijadikan ideologi dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Persatuan bangsa Indonesia mengandung banyak unsur dan cita-cita dari persaudaraan dan persahabatan srta diliputi oleh suasana kebaikan, kesucian dan keindahan.

Persatuan dan kesatuan bangsa memang harus dijaga agar Indonesia bisa tetap utuh dan terus menjadi bangsa yang mandiri.

Makna Persatuan Indonesia

Pada dasarnya, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia memiliki konsep yang harus dipahami terlebih dahulu. Konsep dasar dari persatuan dan kesatuan Indonesia adalah seperti persatuan, kesatuan, bangsa integrasi, nasionalisme dan patriotisme.

Sederhananya, persatuan memiliki arti gabungan, ikatan, dan kumpulan dari beberapa bagian yang nantinya akan menjadi satu kesatuan secara utuh. Itu artinya, persatuan juga mampu menyatukan bermacam-macam corak ke dalam sebuah wadah hingga menjadi satu keutuhan.

Bersatunya bangsa Indonesia tak lain karena adanya dorongan oleh kemauan akan kesadaran untuk bisa mencapai kehidupan bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan juga makmur. Jika kita lihat ke belakang lagi tentunya sejarah mengajarkan kita betapa pentingnya persatuan dan kesatuan.

Dahulu kala, para penjajah berhasil menjajah Indonesia sampai dalam kurun waktu yang cukup lama. Salah satu faktor yang menjadikan bangsa Indonesia mampu dijajah dalam waktu yang lama adalah karena pada saat itu bangsa Indonesia belum mampu untuk bersatu, masyarakat belum bisa memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

https://www.gramedia.com/products/sdmi-pr-tematik-kl6-tema-2-persatuan-dalam-perbedaan-rev2?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Nilai Persatuan dan Kesatuan Indonesia

contoh nilai persatuan

Sumber: Pixabay

Setelah mengetahui tentang makna dari nilai kesatuan dan persatuan. Berikutnya kita akan membahas bersama tentang contoh dari nilai persatuan dan kesatuan Indonesia. Contoh yang akan dijelaskan di bawah ini berfokus pada nilai persatuan yang telah dan kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari oleh bangsa Indonesia.

Agar kalian tak begitu bingung apa saja contoh nilai persatuan dan kesatuan Indonesia, berikut merupakan penjelasan selengkapnya.

  1. Bergaul dengan siapa saja tanpa perlu melihat perbedaan yang ada seperti ras, suku, agama maupun budaya.
  2. Menghargai perbedaan pendapat dari setiap kelompok yang ada.
  3. Mengikuti gerakan gotong royong di lingkungan sekitar seperti turut mengikuti gotong royong di lingkungan RT.
  4. Selalu menjunjung tinggi sikap toleransi serta mudah memaafkan sesama.
  5. Selalu menjaga kerukunan yang ada di dalam lingkungan masyarakat.
  6. Selalu memiliki sifat saling menghargai serta menghormati perbedaan antar suku dan budaya.
  7. Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi maupun golongan tertentu.
  8. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
  9. Selalu mengembangkan rasa cinta akan Tanah Air dan bangsa.
  10. Memiliki rasa bangga menjadi salah satu bagian dari Indonesia.
  11. Tidak memiliki sifat egois.
  12. Mengakui setiap peran dari masing-masing anggota keluarga.
  13. Belajar dengan tekun.
  14. Membantu menjaga suasana kelas agar tetap dalam kondisi tenang.
  15. Mampu memunculkan rasa kekeluargaan agar bisa tercipta kehidupan yang begitu rukun.
  16. Turut terlibat dalam kegiatan di lingkungan sekitar.
  17. Mendukung adanya pengenalan budaya dan kesenian daerah.
  18. Mendukung adanya persatuan antar sesama anak bangsa agar bisa tercipta persatuan dan kesatuan.
  19. Memberikan dukungan dan turut berpartisipasi dalam kegiatan nasional dengan tujuan mengembangkan kebudayaan.
  20. Turut memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar.
  21. Bermusyawarah untuk bisa memecahkan masalah yang ada.

Itulah beberapa contoh nilai persatuan dan kesatuan Indonesia. Tentunya masih banyak lagi contoh dari nilai persatuan dan kesatuan Indonesia. Namun, sebagai bangsa Indonesia, sudah seharusnya kita selalu menjaga keutuhan bangsa dengan selalu bersatu dan saling menghargai perbedaan yang ada.

Alasan Pentingnya Persatuan bagi Bangsa Indonesia

contoh nilai persatuan

Sumber: Pixabay

Dilihat dari contoh di atas tentunya kita sepakat jika persatuan dan kesatuan memang begitu penting bagi bangsa Indonesia. Namun, ada beberapa alasan lagi yang menjadikan kedudukan rasa persatuan dan kesatuan begitu dibutuhkan dan penting bagi bangsa Indonesia yang begitu besar ini. Berikut merupakan beberapa penjelasan akan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia.

1. Agar Tidak Mudah Dipecah Belah oleh Bangsa Lain

Setelah mendapatkan kemerdekaan Indonesia, tentunya kita sebagai bangsa penerus jasa para pahlawan juga harus menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan. Salah satu alasan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah agar tidak mudah dipecah belah oleh bangsa lain.

Politik devide et impera atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah politik adu domba akan menjadi pengingat bagi kita bahwa persatuan itu penting sekali. Dahulu kala, Belanda membagi dua golongan pribumi Nusantara yaitu golongan yang ditolong dan golongan yang diperangi.

Dimana golongan Nusantara yang telah berhasil mengalahkan golongan yang diperangi, golongan yang ditolong akan dimintai bayaran oleh pihak Belanda. Selanjutnya, pihak Belanda akan meminta hak istimewa kepada golongan yang ditolong.

Hal istimewa tersebut bisa didapatkan dalam wujud mencampuri urusan keluarga, monopoli perdagangan serta mencampuri urusan kesultanan. Hal ini menjadikan suatu kesimpulan jika tidak adanya rasa persatuan akan menjadikan suatu kelompok mudah untuk dipecah belah oleh pihak luar.

2. Memperkuat Jati Diri Bangsa

Alasan yang berikutnya adalah untuk memperkuat jati diri bangsa Indonesia. Jika jati diri suatu bangsa bisa lebih kuat tentunya hal tersebut juga akan menjadi salah satu metode untuk menjaga budaya daerah dari setiap suku yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu saja, persatuan juga dapat membantu memperkuat jati diri bangsa akan serangan budaya bangsa lain karena maraknya era globalisasi, seperti saat ini yang seakan-akan menghapus batas antar negara. Selain itu, adanya persatuan juga bisa memperkuat jati diri bangsa agar tidak terjadi perbedaan yang menonjol diantara manusia.

3. Pembangunan Nasional Dapat Berjalan dengan Lancar dan Aman

Adanya persatuan juga akan mempermudah proses pembangunan nasional. Selain itu, adanya persatuan antar bangsa juga bisa mempermudah tercapainya tujuan nasional yang sudah ada di dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4.

Tanpa adanya persatuan bisa memungkinkan terjadinya kekacauan sipil. Tentunya, kondisi tersebut akan menjadikan fokus pemerintah dalam proses pembangunan nasional menjadi teralihkan. Selain itu, kekacauan yang ada di masyarakat sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya persatuan antar bangsa untuk memperlancar proses pembangunan nasional sekaligus mengurangi terjadinya konflik.

4. Menjaga Kerukunan dan Menjalin Silaturahmi

Adanya rasa persatuan juga akan bisa menjaga perdamaian serta mampu terjalinnya silaturahmi. Selain itu rasa persatuan juga bisa mewujudkan suasana damai, aman dan tentram.

Adanya rasa persatuan juga akan menjadikan bangsa Indonesia mewujudkan kehidupan yang lebih seimbang, selaras serta lebih serasi antar sesama. Itu artinya adanya rasa persatuan akan mampu mengatasi semua perbedaan yang salam ini ada dengan penuh kesadaran.

5. Memperkuat Ketahanan Nasional

Persatuan dan kesatuan bangsa begitu penting karena mampu menjadi pondasi dalam mempertahankan ketahanan nasional. Dahulu, kaum kolonialis dan imperialis pernah menjajah bangsa ini pada saat era eksplorasi.

Pada saat itu, pahlawan nasional Indonesia mampu memberikan perlawanan kepada penjajah dari Portugal, Spanyol, Belanda, Inggris, dan Jepang. Misalnya, Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien yang berperang dalam mengusir penjajah demi tanah Aceh.

Pada saat itu, pahlawan nasional berusaha bangkit melawan tindakan penjajah dengan melakukan perjuangan dan peperangan yang bersifat kedaerahan. Penjelasan tersebut menjadi salah satu bukti jika rasa persatuan memang begitu penting agar bisa memperkuat ketahanan nasional.

6. Mencegah terjadinya perang

Demi mencegah terjadinya suatu konflik yang bisa merugikan kedua belah pihak, persatuan memang sangat penting untuk ditanamkan guna menjaga keutuhan sebuah negara. Tanpa adanya rasa persatuan, maka bisa mengakibatkan hubungan sosial jangka pendek maupun jangka panjang menjadi rusak.

Selain itu, adanya rasa persatuan juga bisa menjadikan bangsa Indonesia hidup secara berdampingan dan terhindar dari adanya konflik. Bahkan, persatuan bangsa juga bisa dikatakan sebagai senjata yang begitu ampuh untuk merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

https://www.gramedia.com/products/insan-berkarakter-pancasila?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Manfaat Adanya Persatuan dan Kesatuan

contoh nilai persatuan

Sumber: Pixabay

Menjaga persatuan yang ada di negara Indonesia menjadi sebuah kewajiban bagi masyarakat Indonesia itu sendiri. Hal ini juga tertuang dalam Pancasila, sila ketiga. Manfaat dari persatuan dan kesatuan tentunya juga harus selalu dijaga oleh bangsa Indonesia sampai kapanpun. Nah, untuk lebih tahu apa saja manfaat dari persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Dapat menjadi faktor yang bisa memperkuat jati diri bangsa
  2. Rasa saling tolong menolong dan bekerja sama selalu tertanam di dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Kerukunan dan tali silaturahmi selalu terjaga.
  4. Persatuan dan kesatuan akan mewujudkan kehidupan yang selaras di dalam kehidupan masyarakat.
  5. Gotong royong akan terlaksana dengan baik.
  6. Masyarakat merasa lebih aman dan nyaman.
  7. Mempermudah dalam memajukan bangsa dalam berbagai bidang.
  8. Memperkuat ketahanan nasional, sehingga siap dalam menghadapi ancaman atau gangguan dari musuh.
  9. Pergaulan antar sesama anggota masyarakat menjadi lebih akrab.
  10. Tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 menjadi lebih mudah untuk dicapai.
  11. Bisa mengatasi perbedaan yang ada dengan kesadaran penuh.
  12. Pembangunan nasional bisa berjalan dengan lancar dan aman.
  13. Konflik dalam kehidupan bermasyarakat akan dapat terhindari.
  14. Terciptanya suasana yang damai, aman dalam kehidupan bangsa yang disebabkan karena masyarakat sangat menjunjung tinggi solidaritas dan toleransi.
  15. Menghindari pertengkaran atau permusuhan di dalam masyarakat Indonesia.

Faktor Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan antar bangsa tidak bisa dibilang mudah. Hal ini karena pada perjalanan kehidupan ini akan ada faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya pecah belah atau konflik antar anggota masyarakat.

Meski begitu, kita sebagai bangsa Indonesia juga harus menjaga rasa persatuan yang sudah ada sejak dahulu kala. Beberapa faktor yang memungkinkan menjadi penghambat terjadinya persatuan dan kesatuan antar bangsa adalah sebagai berikut.

1. Keberagaman Yang Ada di Dalamnya

Keberagaman yang dari dulu sudah ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah salah satu faktor penghambat adanya persatuan dan kesatuan Indonesia jika tidak diiringi dengan sikap saling menghargai, toleransi dan menghormati. Perbedaan budaya tentunya akan bisa memungkinkan munculnya perbedaan pendapat yang bisa menumbuhkan perasaan benci yang begitu berlebihan, sehingga memunculkan konflik antar suku.

2. Letak Geografis

Indonesia merupakan negara yang didalamnya terdapat ribuan pulau. Ribuan pulai ini pastinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Daerah yang bisa berpotensi memisahkan diri dari negara adalah daerah yang keberadaannya paling jauh dari area ibu kota.

Selain itu, daerah yang memiliki pengaruh dari negara perbatasan atau negara tetangga serta daerah yang memiliki pengaruh global yang begitu besar, seperti daerah wisata atau yang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah.

Dari kondisi geografis yang berbeda-beda tentunya dapat menjadi suatu faktor melemahkan persatuan dan kesatuan. Terlebih lagi, jika adanya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan yang masih belum bisa ditangani.

3. Adanya Gejala Etnosentrisme

Etnosentrisme merupakan suatu sikap yang sangat menonjolkan kelebihan budaya yang dimilikinya serta memandang rendah budaya orang lain. Sikap etnosentrisme yang mulai muncul dan tak segera diatasi akan mampu melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Adanya Nilai Budaya yang Lemah

Budaya asing yang kuat mampu melemahkan nilai budaya bangsa sendiri, baik itu secara langsung maupun tak langsung. Selain itu, hal ini akan mampu menjadi faktor yang bisa melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Adanya pengaruh budaya asing secara langsung bisa melalui unsur wisata. Sedangkan untuk pengaruh budaya asing yang secara tak langsung adalah melalui media cetak hingga media elektronik.

5. Adanya Pembangunan yang Tak Rata

Proses pembangunan yang hanya berpusat pada wilayah tertentu saja bisa menjadi salah satu faktor yang mampu melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini akan bisa menimbulkan kesenjangan dalam berbagai sektor tentunya. Jika hal itu terus dibiarkan, maka bukan tak mungkin kalau persatuan dan kesatuan akan luntur.

Faktor Pendorong Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa

contoh nilai persatuan

Sumber: Pixabay

Setelah sebelumnya kita membahas tentang apa saja faktor yang bisa memberikan pengaruh terhadap melemahnya rasa persatuan dan kesatuan antarbangsa. Berikutnya, kita akan membahas terkait dengan faktor apa saja yang bisa menjadi pendorong terhadap rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

1. Nasionalisme

Adanya rasa nasionalisme juga bisa menjadi faktor pendorong terjadinya persatuan antar bangsa. Nasionalisme sendiri merupakan suatu paham untuk mencintai bangsa dan negaranya sendiri. Hal ini juga bisa menimbulkan suatu kesadaran yang secara bersama-sama untuk mempertahankan, mengabaikan identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa.

2. Rasa Toleransi yang Tinggi

Toleransi merupakan suatu sikap yang mana diantara dua kelompok dengan budaya yang berbeda mampu berhubungan dengan penuh. Indonesia memiliki keberagaman dalam berbagai macam hal. Mulai dari ras, budaya, suku dan agama, tentunya membutuhkan rasa toleransi yang tinggi untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan.

https://www.gramedia.com/products/pancasila?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

3. Rela Berkorban Untuk Bangsa dan Negara

Rela berkorban merupakan salah satu faktor yang bisa menjaga persatuan dan kesatuan antarbangsa. Hal ini dahulu juga dilakukan oleh para pahlawan untuk bisa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

4. Adanya Kesadaran untuk Hidup Bermasyarakat

Kesadaran hidup dalam bermasyarakat juga harus ada agar bisa saling membantu antar sesama serta mengikuti segala kegiatan yang ada di suatu kelompok masyarakat. Dengan begitu, rasa aman damai antar anggota masyarakat bisa terus terjalin dengan baik.

Itulah pembahasan tentang contoh nilai persatuan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya bisa saja, tetapi bisa dibilang memang harus segera dilakukan agar persatuan dan kesatuan tetap bisa terjaga.

Mendalami setiap nilai Pancasila merupakan hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kamu bisa juga memahami nilai-nilai Pancasila dengan cara membaca buku tentang Pancasila yang bisa didapatkan di Gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien