Ekonomi Lifestyle

Black Card Adalah: Pengertian, Keuntungan, Jenis, dan Para Pemiliknya

Written by Rifda Arum

Black Card Adalah – Apakah Grameds tahu apa itu Black Card? Singkatnya, Black Card ini adalah kartu kredit yang hanya dimiliki oleh kaum elit saja sebab jumlahnya memang terbatas. Yap, dapat dibilang bahwa Black Card ini hanya dapat dimiliki oleh orang kaya saja, sehingga dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Namun, tidak semua orang kaya yang dapat memilikinya, ada beberapa persyaratan dan bahkan pihak bank yang terkait akan memberikan undangan khusus bagi mereka yang memang berhak menjadi pemegang kartu kredit istimewa ini. Di Indonesia sendiri, ada satu orang artist yang diketahui menjadi pemilik dari Black Card. Coba tebak, kira-kira siapa ya?

Keberadaan Black Card ini semakin dikenal oleh masyarakat awam karena dimiliki oleh para idola mereka, terutama idol K-Pop. Yap, banyak dari para idol ini yang ternyata termasuk dalam kaum elit sehingga berhak menjadi pemegang Black Card. Lalu, apa sih Black Card itu? Apa saja manfaat yang diberikan dari kartu elit ini? Siapa saja pemegang Black Card yang ada di dunia ini? Yuk, simak ulasan berikut ini supaya Grameds memahami akan hal-hal tersebut!

Apa Itu Black Card?

Singkatnya, Black Card ini adalah kartu kredit yang hanya dimiliki oleh kaum elit saja sebab jumlahnya memang terbatas. Kartu kredit istimewa ini pertama kalinya diterbitkan oleh American Express (AMEX) pada tahun 1999. American Express (AMEX) ini memang merupakan perusahaan penerbit kartu kredit terbesar di dunia. Keberadaannya hanya dapat digunakan oleh masyarakat kelompok menengah atas alias orang kaya. Selain itu, wujud kartunya dibuat dari bahan yang tidak sembarangan, yakni dari titanium dan dilengkapi desain mewah nan elegan.

Meskipun di dunia ini banyak sekali orang kaya, tetapi tidak semuanya dapat memiliki Black Card ini. Hal tersebut karena Black Card hanya dapat dimiliki oleh mereka yang telah diundang langsung oleh pihak American Express Centurion Bank itu sendiri. Selain itu, dapat dikatakan bahwa para pemilik Black Card ini adalah nasabah VVIP. Undangan untuk memiliki Black Card ini akan diberikan ketika calon pemilik berbelanja dengan minimal transaksi sebesar USD 250,000 dalam setiap tahunnya, yang mana menggunakan kartu AMEX Platinum maupun AMEX Gold. USD 250,000 ini jika dalam bentuk rupiah sekitar Rp3.711.512.500! Tidak hanya berhenti disitu saja, para pemilik Black Card ini harus sanggup membayar biaya keanggotaan sebesar USD 5.000 atau setara dengan Rp66 juta.

Lalu, apa saja keistimewaan dari kepemilikan Black Card ini? Apakah sama saja dengan kartu kredit yang kita miliki pada umumnya ini? Tentu saja tidak! Banyak keistimewaan yang hanya dapat dirasakan oleh para pemilik Black Card. Mulai dari kemudahan dalam mengakses fasilitas mewah hingga mendapatkan diskon super besar di restoran maupun hotel bintang lima! Wah benar-benar menguntungkan ya!

Apa Saja Keuntungan Memiliki Black Card?

Para pemilik Black Card ini tentu saja dapat merasakan banyak fasilitas mewah yang ditawarkan oleh tempat-tempat mewah juga. Namun, fasilitas-fasilitas mewah yang didapatkan ini juga sepadan dengan pengeluaran mereka yang mana bisa mencapai angka milyaran dalam setahunnya.  Memangnya, apa saja sih fasilitas mewah itu? Yuk simak uraian berikut!

1. Pelayanan Akses VIP

Siapapun para pemilik Black Card tentu saja akan merasakan pelayanan akses VIP ke tempat atau event manapun. Bahkan jika pemilik kartu istimewa ini hendak menonton konser, maka dirinya akan mendapatkan tempat di barisan depan dan menjadi sosok yang diprioritaskan.

2. Berhak Menutup Toko Untuk Berbelanja Tanpa Batas

Fasilitas istimewa kedua dari Black Card adalah pemiliknya berhak menutup toko atau bahkan keseluruhan mall supaya dirinya dapat berbelanja tanpa batas. Yap, dapat disebut bahwa Black Card ini menjadikannya sosok yang eksklusif untuk memperoleh apapun, termasuk ketika tengah berbelanja.

3. Mendapatkan Undangan Eksklusif Dari Brand Terkenal

Tahukah kamu akan event fashion berkenamaan di dunia seperti Fashion Show Victoria’s Secret? Nah, jika kamu pemilik Black Card maka dapat dengan mudah mendapatkan undangan eksklusif untuk hadir dalam acara tersebut. Tidak hanya itu saja, banyak brand ternama yang akan memberikanmu undangan eksklusif untuk event besar mereka.

4. Akses Mewah di Kapal Pesiar

Keuntungan lain dari memiliki Black Card adalah dirinya dapat mengakses fasilitas mewah di kapal pesiar, mulai dari akses ke kamar hingga pelayanannya. Wah, keuntungan ini sangat berguna ketika hendak berlibur ya!

5. Menjadi Tamu Elit di Hotel Mewah

Keberadaan Black Card ini akan memberikan keuntungan lebih dengan menjadikan kita sebagai tamu elit di hotel mewah. Melalui status ‘tamu elit’ ini, kamu juga akan mendapatkan pelayanan terbaik bahkan dapat memundurkan waktu check-out. Tidak hanya itu saja, kamu akan berhak mendapatkan askes centurion Lounge di bandara.

6. Mendapatkan Akses Istimewa Pada Penyewaan Mobil Elit

Jika kamu pemilik Black Card, maka kamu akan berhak mendapatkan akses istimewa terutama di tempat penyewaan mobil elit, seperti Hertz dan Aviz. Bahkan kamu juga dapat memperoleh akses untuk program Centurion Auto yang merupakan program akses layanan penyewaan mobil mewah dengan berbagai pilihan harga.

Banyak merk mobil mewah yang dapat kamu sewa dengan menunjukkan Black Card ini, sebut saja ada Bentleys, Lamborghini, hingga mobil balap di F1.

Jenis-Jenis Black Card di Dunia

Meskipun American Express (AMEX) adalah pencetus dari keberadaan Black Card ini, tetapi sekarang kartu kredit istimewa tersebut telah memiliki beberapa jenis. Apa saja ya?

1. American Express Centurion Card

Para pemilik Black Card yang dikeluarkan oleh pihak American Express Centurion Card ini dapat menikmati beragam fasilitas mewah, mulai dari akses lounge bandara yang luas, program pramutamu hotel (petugas kantor bagian depan hotel akan mengantarkan tamu ke kamar), kepemilikan status elit di hotel mewah, penyewaan mobil mewah, dan masih banyak lainnya.

Black Card dari pihak American Express ini memang ditujukan bagi para nasabah yang memiliki intensitas belanja yang tinggi. Tidak hanya itu saja, pada Black Card ini akan mematok biaya pendaftaran sebesar $10.000 atau sekitar 148 juta rupiah. Selanjutnya, untuk biaya tahunan adalah sebesar $5.000 atau sebesar 74 juta rupiah.

2. Mastercard Black Card

Keberadaan kartu kredit istimewa yang dikeluarkan oleh pihak Mastercard Black Card ini juga memiliki biaya tahunan tetapi dapat disebut paling terjangkau, yakni sebesar $495 atau sekitar 7 juta rupiah. Selain itu, pemiliknya juga tetap dapat menikmati fasilitas mewah dan eksklusif. Mulai dari akses ruang VIP, paket liburan mewah, tidak ada biaya transaksi di luar negeri, dan masih banyak lagi.

3. J.P. Morgan Reserve Card

Nah, untuk Black Card yang satu ini tidak semua orang kaya dapat memilikinya. Yap, pemilik Black Card yang dikeluarkan oleh pihak bank J.P. Morgan harus mendapatkan undangan eksklusif. Saat ini, sudah terdapat 5.000 pengguna Black Card jenis J.P. Morgan ini. Salah satu pengguna Black Card ini bahkan memiliki aset senilai 10 juta dollar AS.

Apabila hendak mendaftar untuk memiliki J.P. Morgan Reserve Card ini harus membayarkan biaya tahunan sekitar $595 atau 8 juta rupiah. Banyak keuntungan yang diperoleh dari kepemilikan Black Card ini, mulai dari keanggotaan lounge bandara yang gratis, bonus tahunan, kredit perjalanan tahunan hingga $300, dan masih banyak lagi.

Siapa Saja Pemilik Black Card di Dunia Ini?

Di dunia, banyak sekali orang kaya tetapi tidak semuanya dapat memiliki kartu kredit istimewa ini. Selain itu, para pemilik Black Card juga tidak harus seorang pengusaha kok, ternyata banyak juga para idol K-Pop yang memiliki kartu kredit elit ini. Siapa saja ya para pemilik Black Card ini? Yuk simak ulasannya!

1. Nagita Slavina

Yap, Nagita Slavina selaku istri dari Raffi Ahmad yang juga memiliki banyak perusahaan ini juga menjadi pemilik Black Card. Hal tersebut muncul dalam satu video di kanal Youtube miliknya. Wajar-wajar saja jika Nagita Slavina memiliki kartu kredit istimewa ini sebab syarat untuk memperolehnya memang harus mempunyai gaji minimal Rp18,5 miliar per tahun!

2. G-Dragon BIGBANG

Idol K-Pop generasi 2 yang sekaligus menjadi leader ini juga menjadi pemilik Black Card. G-Dragon alias Kwon Ji-Young dapat disebut sebagai idol yang sukses, sebab dirinya tidak hanya menjadi idol K-Pop BIGBANG saja, tetapi juga pengusaha dan pencipta lagu. Maka dari itu, tidak mengherankan bahwa kekayaannya seolah tidak akan habis dalam 7 turunan! Total kekayaan G-Dragon pada tahun 2017 lalu diperkirakan mencapai Rp283 miliar!

3. Taeyeon Girls’ Generation

Penyanyi solo sekaligus leader dalam girlband generasi dua, Girls’ Generation ini juga diketahui memiliki Black Card. Hal tersebut terlihat di salah satu episode Taengoo TV (TGTV), ketika dirinya tengah membayar beberapa barang. Taeyeon memang telah lama berkecimpung di industri hiburan Korea Selatan, mulai dari bernyanyi solo, mengisi soundtrack drama, hingga membintangi beberapa iklan ternama.

4. Suho EXO

Leader dari boyband EXO ini juga menjadi pemilik Black Card yang sudah lama diketahui oleh para penggemarnya. Hal itu diketahui dalam acara EXO’s Showtime, ketika member EXO diminta untuk membongkar isi dompet mereka. Menurut penggemar, Suho alias Kim Jun-Myeon memang sudah menjadi sosok yang kaya sejak dirinya belum debut menjadi idol. Dirinya juga kerap mentraktir para anggota EXO dan staff lainnya. Saat ini, Suho masih aktif menjadi anggota EXO dan menjadi soloist serta aktor.

5. Jaehyun NCT

Jaehyun adalah salah satu member dari boyband NCT yang hingga saat ini masih aktif berkecimpung di dunia hiburan Korea Selatan. Para penggemar mengetahui Jaehyun menjadi pemilik Black Card adalah ketika beberapa video tentang dirinya, tidak sengaja memperlihatkan keberadaan Black Card tersebut di tangannya. Saat ini, Jaehyun tidak hanya aktif sebagai idol K-Pop saja tetapi juga sebagai penulis lagu dan aktor.

Pada bulan Juni lalu, Jaehyun datang ke event yang diselenggarakan oleh merk fashion ternama di dunia yakni Prada. Saat itu, Jaehyun juga bertemu dengan beberapa aktor besar, yakni Win Metawin (Thailand) dan Song Kang (Korea Selatan).

6. Member BTS

Diketahui beberapa member BTS juga memiliki Black Card ini, sebut saja Jin, Jungkook, dan Suga. Untuk anggota yang lainnya belum diketahui sebab mereka belum memperlihatkannya di video manapun. Pada ulang tahunnya ke-27, akun Twitter resmi milik BTS membagikan video Jin tengah melakukan transaksi untuk para staff dan membernya. Di video tersebut, terlihat Jin mengeluarkan Black Card Hyundai.

Sementara pada salah satu episode Run, variety show milik BTS, juga memperlihatkan bahwa Jungkook memiliki kartu kredit istimewa tersebut. Satu lagi member BTS yang diketahui memiliki Black Card adalah Suga. Suga tidak hanya sukses sebagai idol K-Pop saja, tetapi dirinya juga bekerja sebagai produser untuk berbagai proyek lagu, salah satunya adalah lagu milik PSY.

7. Sandara Park

Sandara Park adalah mantan member dari girlband 2NE1 yang juga memiliki Black Card. 2NE1 merupakan girlband generasi 2 yang kala itu berada di bawah naungan YG Entertainment. Hal ini diketahui ketika dirinya berada di sebuah acara televisi bertajuk Getting Beauty, dan terlihat tengah mengeluarkan sebuah Black Card untuk membayar jasa pembuatan alis.

Nah, itulah ulasan mengenai apa itu Black Card beserta keuntungan dan siapa saja pemilik dari kartu kredit istimewa tersebut. Apakah Grameds berminat untuk menjadi salah satu pemilik kartu elit ini?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien