Lifestyle Tokoh

Role Model : Pengertian, Manfaat, Dan Bagaimana Cara Memilihnya

role model

Role Model : Pengertian, Manfaat, Dan Cara Memilihnya – Role model merupakan teladan yang bisa memberikan contoh yang baik kepada orang lain. Role model ini biasanya merupakan orang yang berpengaruh. Di mana, akan banyak sekali orang dengan sukarela mengikuti kegiatan atau perilaku yang telah ia contohkan. Bisa jadi, hal ini disebabkan karakter karakteristik yang kuat serta kharisma yang mereka pancarkan.

Melalui tulisan ini, kami telah merangkum berbagai informasi menarik dan penting untuk diketahui mengenai role model. Mulai dari pengertian atau definisi, hingga alasan mengapa kita memerlukan kehadiran seorang di sekitar kita untuk dijadikan sebagai contoh saat menjalani hari demi hari sesuai dengan tujuan kita masing-masing. Yuk, simak catatan di bawah ini!

Pengertian Role Model

role model

http://www.pexels.com

Role model artinya adalah seseorang yang bisa menjadi teladan yang baik dari segi pola pikir maupun perilaku yang dilakukan sehari-hari. Seseorang yang berpengaruh dapat menjadi sebuah role model dalam sebuah perusahaan, organisasi, ataupun masyarakat luas.

Apabila ia memiliki peran sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, maka peran yang ia emban cukuplah besar. Di mulai dari memberikan contoh yang baik bagi bawahannya, hingga memberikan pemikiran-pemikiran yang mengandung nilai-nilai kebajikan. Di mana, nilai-nilai ini wajib mendukung visi dan misi organisasi yang telah disepakati bersama.

Untuk menjadi seorang teladan yang dapat dijadikan contoh, tentu bukanlah hal yang mudah. Tak serta merta langsung bisa menjadi contoh, tetapi harus memulai dari bawah. Perlahan naik tingkat, hingga mencapai pada kepemimpinan tertinggi untuk mendapatkan kesempatan sebagai teladan.

character excellence - role model

Banyak juga orang yang menjadi teladan tanpa diminta, biasanya hal ini kerap kali terjadi dalam kehidupan masyarakat modern. Sebut saja seorang internet influencer yang awalnya bukan siapa-siapa, tetapi karena apa yang ia unggah, kini ia diikuti oleh banyak orang dalam waktu yang singkat.

Pentingnya Role Model Dalam Kehidupan Sehari-hari

role model

https://www.pexels.com

Kesuksesan hidup tiap orang tentunya tidaklah sama. Halangan serta rintangan yang dilalui untuk mencapai kesuksesan itu pun pasti berbeda-beda. Proses panjang seseorang untuk mencapai titik sukses itulah yang kerap kali dijadikan sebagai contoh atau teladan untuk orang lain.

Dari orang-orang sukses ini Grameds dapat mempelajari berbagai hal seperti bagaimana cara mereka meraih kesuksesan, seperti apa mereka menghadapi rintangan, bagaimana cara mereka untuk memecahkan masalah yang ada, serta apa yang mereka lakukan supaya dapat bangkit dari keterpurukan.

Secara tidak langsung, para role model inilah yang akan mengajarkan serta membimbing Grameds untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu, keberadaan role model dalam hidup sangatlah penting.

Ada beberapa hal penting yang dapat kita petik dari mempunyai seorang role model dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya yakni :

1. Role Model Membuat Grameds Tahu Tujuan Hidup Dan Proses Yang Akan Dijalani

Ketika Grameds mempunyai mimpi yang besar dalam hidup, tentunya Grameds membutuhkan seseorang yang dapat Grameds jadikan contoh atau panutan. Grameds membutuhkan sosok orang sukses yang memiliki kompeten serta memiliki pengaruh yang besar dalam bidangnya.

Dengan memiliki role model, Grameds akan mengetahui gambaran keseluruhan perihal apa yang menjadi impian besar seperti kehidupan masa depan seperti apa yang ingin Grameds raih dan wujudkan. Keberadaan role model ini dapat menjadi Grameds supaya bisa menjadi seperti mereka.

2. Role Model Membuat Grameds Memahami Dan Mengenali Diri Sendiri

Setiap orang mempunyai ketertarikan atau minat yang berbeda-beda. Dengan mempunyai role model, Grameds akan terbantu dalam menemukan apa yang menjadi minat dan bakat sehingga mengetahui potensi apa yang ada dalam diri.

Dengan mengenali diri sendiri, Grameds akan memahami kelebihan serta kekurangan sehingga memudahkan dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri, sesuatu yang menonjol, serta menjadi passion. Gali dan kembangkanlah apa yang ada dalam dirimu!

Apabila Grameds merasa ragu atas potensi yang ada dalam diri, cobalah untuk meminta bantuan orang tua, teman, guru, atau pasangan untuk mengenali potensi yang ada dalam dirimu.

3. Role Model Akan Membantu Pembentukan Karakter

Karakter dari tiap-tiap orang sudah pasti berbeda. Begitu pula dengan cara pandangnya. Mempunyai lebih dari satu role model merupakan hal yang wajar. Mereka akan membantu Grameds untuk menemukan karakter yang sesuai dengan kepribadian.

Sebab, sekalipun Grameds melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh role model, hasilnya belum tentu akan sama. Begitu pula dengan proses yang Grameds lakukan juga pasti tidaklah sama. Cari karakter role model yang sesuai dengan kepribadianmu. Grameds harus pandai serta jeli dalam menerapkan tiap-tiap tindakan dan cara pandang role model-mu ke dalam kehidupan.

4. Grameds Tahu Standar Hidup Dan Kesuksesan Yang Ingin Dicapai

Selain dari tiga poin yang telah disebutkan, keberadaan role model akan menjadi motivasi bagi Grameds supaya bisa lebih sukses daripada role model-mu, setidaknya bisa sama suksesnya dengan role model-mu. Grameds jadi mengetahui standar hidup serta kesuksesan yang ingin Grameds capai.

Dream struggle victory - role model

Dari para role model tersebut Grameds dapat memperbaiki segala kesalahan yang pernah mereka lakukan sehingga Grameds dapat mengantisipasinya. Jadi, Grameds tidak akan mendapatkan kegagalan atau kesalahan yang sama, seperti yang telah terjadi pada role model-mu.

5. Role Model Membuatmu Menjadi Orang Yang Menghargai Proses Dan Kerja Keras

Perjuangan panjang serta kerja keras dalam mewujudkan mimpi tersebut akan menempamu untuk menjadi sosok yang leibh tangguh, tidak mudah putus asa, dan bertanggung jawab. Grameds menjadi tahu keberhasilan serta kesuksesan bukanlah suatu hal yang instan. Semua tergantung kepada seberapa keras Grameds berusaha tanpa mengabaikan campur tangan dari Tuhan.

Nah, proses panjang yang Grameds lalui serta jatuh bangun supaya bisa sukses akan memberi pelajaran hidup yang berharga bahwa tiap usaha dan kerja keras tak ada yang sia-sia.

Cara Menemukan Role model untuk Diri Sendiri

http://www.pexels.com

Lalu, pertanyaannya ialah, bagaimana cara menemukan role model untuk kehidupan diri sendiri agar dapat memiliki panutan yang bisa diikuti?

1. Kenali Diri Grameds Sendiri

Tentunya, dengan cara mengenali diri sendiri terlebih dulu. Apa kelebihan yang dimiliki, apa kekurangannya, dan juga apa saja impian yang ingin diraih dalam hidup. Serta, bagaimana cara untuk mencapainya dengan berbagai rencana yang ada.

2. Cari Orang yang Lebih Sukses

Jika telah kenal dan memiliki rencana, giliran Grameds untuk mencari siapa orang yang telah sukses di bidang tersebut. Buat daftarnya, lalu pilih mana yang ingin dipelajari kisah hidup dan pemikiran-pemikiran yang ia punya selama ini hingga bisa sukses.

3. Kenali Karakteristik Mereka

Lebih dalam lagi mempelajari karakter-karakter kuat yang ada dalam diri mereka sehingga dapat mencapai kesuksesan. Apa nilai-nilai yang dapat diteladani serta apa saja yang dapat dihindari. Apakah sifatnya sebagai pekerja keras, gigih, mudah bergaul, apapun itu; cobalah untuk dipahami dan coba untuk pelajari satu per satu.

4. Belajar dari Kesalahan Mereka

Tak hanya sekadar hal-hal positif dari mereka, tetapi juga pahami apa saja kesalahan yang pernah mereka lakukan dalam hidup. Apabila ternyata kesalahan tersebut sangat kelam, bagaimana cara kita supaya tidak terjerumus ke kesalahan yang sama.

5. Buat Jalan Suksesmu Sendiri

Lalu, tuliskan rencana Grameds untuk ke depannya bagaimana. Lakukan apa yang telah direncanakan hingga satu per satu langkah dapat terlaksana. Bagaimana bila gagal dan bagaimana cara menanggulanginya serta bagaimana apabila mengalami kesulitan dan siapa yang dapat kita mintai bantuan.

Selebriti Yang Cocok Dijadikan Role Model

Para selebriti sebagai publik figur sebenarnya memiliki pengaruh yang besar. Gaya hidup para selebriti banyak diikuti, entah berdampak baik ataupun gaya hidup negatif. Sebagai pemuda milenial tentunya harus pandai memilih selebriti untuk dijadikan role model.

1. Maudy Ayunda

Foto: Instagram/@maudyayunda

Siapa sih yang tidak mengetahui Maudy Ayunda? Selebriti cantik ini namanya kian kondang setelah menjadi bagian dari tim juru bicara Presidensi G20. Sebelumnya, nama Maudy pun sempat menjadi topic hangat karena ia di terima di dua Universitas bergengsi di dunia, yaitu Oxford University dan Columbia University.

Selain berprofesi sebagai penyanyi dan pemain film, gadis bernama asli Ayunda Faza Maudya ini juga mempunyai segudang prestasi di bidang akademik. Sangat membanggakan bukan? Tentunya pantas sekali untuk dijadikan role model oleh para Gen Z.

2. Vidi Aldiano

Youtube _ WAW Entertainment

Lulus dengan predikat Cumlaude di University of Manchester, Inggris menjadi sebuah bukti bahwa Vidi Aldiano mempunyai semangat belajar yang tinggi. Penyanyi yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Most Favorit Male ini juga mempunyai sifat yang pantang menyerah.

Pernah gagal saat mengikuti audisi Indonesian Idol, juga  demo rekamannya pun pernah di tolak hingga 6 kali saat awal memulai karier. Sikap pantang menyerah serta semangat belajar dari pemilik nama asli Oxavia Aldiano ini tentunya pantas untuk dijadikan seorang panutan.

3. Cinta Laura

https://www.liputan6.com/

Kariernya telah dimulai sejak ia masih belia, Cinta Laura kini telah sukses masuk ke kancah internasional. Gadis muda blasteran dari Jerman-Indonesia ini, tidak dapat dipungkiri memang mempunyai segudang prestasi yang hebat.  Ia telah sukses menjadi aktris dari beberapa film Hollywood diantaranya yaitu After The Dark, Drama-drama, Tar, hingga The Ninth Passenger.

Selain banyaknya prestasi yang telah ia raih, Cinta juga mempunyai rasa peduli yang sangat tinggi atas pendidikan di Indonesia. Ia kini telah membantu banyak sekolah untuk kalangan masyarakat yang kurang mampu, bahkan Cinta Laura juga menjadi relawan yang mengajar di berbagai sekolah pedalaman. Sangat inspiratif, ya.

4. Iqbaal Ramadhan

instagram.com/alidanratuqueens

Tak diragukan lagi, penyanyi sekaligus aktor muda yang berusia 22 tahun ini memang mempunyai banyak sekali prestasi. Berbagai penghargaan yang didapatkan oleh Iqbaal Ramadhan antara lain yakni pemenang kategori Male Celeb Snapchat 2K16 pada Indonesian Social Media Awards 2K16, pemenang dalam kategori Variety Asian Star: Up Next Awards pada Internasional Film Festival & Award 2018 dan pemenang kategori Artis Terpopuler pada Indonesian Television Award 2018.

Tidak sekadar berprestasi dalam bidang entertainment, mantan personil Coboy Junior ini juga mempunyai banyak prestasi di bidang akademik. Ia di terima di 4 universitas yang berada di Australia sekaligus, yakni Monash University, Australian National University, The University of Melbourne, dan UNSW Australia; yang pada akhirnya ia memutuskan untuk memilih Monash University dengan jurusan komunikasi. Iqbaal mengaku sangat mengutamakan pendidikan. Selebriti yang kariernya tengah melejit ini telah terbukti cerdas dan dapat dijadikan panutan.

5. Prilly Latuconsina

instagram.com/prillylatuconsina96

Selain sukses menjadi seorang aktris, Prilly Latuconsina juga mulai merambah ke bidang yang lainnya. Di mulai dengan meluncurkan album, menjadi seorang penulis buku, hingga mengisi berbagai acara bergengsi sebagai seorang pembicara. Sarjana Ilmu komunikasi lulusan London School of Public Relation ini telah mendapatkan berbagai macam penghargaan diantaranya yakni pemenang dalam SCTV award 2014 kategori aktris utama paling ngetop, WEBTV Asia Award 2016 kategori People’s Choice’s , hingga pemenang Festival Film Indonesia 2021 kategori aktris terfavorit pilihan penonton.

Sukses dalam menggeluti berbagai bidang tanpa mengabaikan pendidikan, tentu saja bukanlah sesuatu yang gampang. Walau begitu, bukan berarti tak bisa diperjuangkan. Prilly lulus dengan mendapat predikat sebagai Best Of The Best Graduate menjadi sebuah bukti bahwa Prilly Latuconsina mampu memaksimalkan masa mudanya dengan baik.

6. Raline Shah

Instagram.com/ralineshah

Raline telah terpilih sebagai Komisaris Independen untuk maskapai penerbangan AirAsia. Raline dipilih langsung oleh CEO Air Asia, yakni Tony Fernandes. Hal ini menambah deretan prestasi Raline Shah sejak awal memulai karier.

Sebelum namanya terkenal sebagai aktris di film 5 CM, Raline Shah telah merintis karier dalam ajang kecantikan Puteri Indonesia Sumatera Utara 2008.

Dalam bidang pendidikan, Raline Shah juga patut untuk diacungi jempol. Raline mengenyam pendidikan di National University of Singapura (NUS) dengan jurusan Ilmu Politik.

Disamping itu, Raline juga aktif dalam dunia pendidikan dan sosial. Tak hanya sekadar akting dan modeling, Raline juga mengembangkan kemampuan Tarik suaranya melalui kolaborasi lagu bersama Marcell Siahaan dengan judul Jadi Milikku.

7. Andi Arsyil

instagram.com/andiarsyil

Nama Andi Arsyil yang mulai dikenal sejak menjadi aktor dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Andi Arsyil tak sekadar memikat karena memiliki paras yang tampan dan akting yang mumpun. Pria bernama asli Andy Arsyil Rahman Putra ini juga mempunyai berbagai prestasi dalam bidang akademik, lho!

Andi Arsyil ternyata mempunyai tiga gelar S1 sekaligus! Ia berhasil lulus dari fakultas MIPA jurusan Fisika/Prodi Geofisika, lulusan Teknik dari jurusan Teknik Informatika, serta lulusan Ekonomi dari jurusan Managemen Ekonomi yang ia dapatkan secara bersamaan pada tahun 2010. Tentunya Grameds tahu, bahwa untuk mendapatkan satu gelar sarjana saja tidaklah mudah.

8. Daffa Wardhana

Instagram/daffawardhana

Nama Daffa Wardhana kian populer pasca ia dikabarkan tengah menjalin hubungan dengan aktris cantik, Chelsea Islan. Rupanya, Chelsea memang tidak sembarangan dalam memilih pria untuk menjadi kekasihnya. Selain berparas tampan, Daffa Wardhan juga terkenal memiliki hobi olahraga, seperti bela diri taekwondo, bersepeda, sepak bola, hingga basket.

Bahkan, dari kegemarannya bermain basket, Daffa bersama timnya berhasil memenangkan kompetisi Dragon Won The Camphionship SEASAC. Selain aktif di bidang olahraga, Daffa juga memiliki prestasi dalam bidang akademik, lho! Pria berusia 23 tahun ini diketahui telah lulus dari pendidikan S1 di salah satu dari 50 universitas negeri terbaik yang ada di dunia, yaitu University of Melbourne, Australia. Tidaklah mengherankan apabila banyak gadis yang akhirnya ngefans pada sosok Daffa Wardhana ini.

bangun karakter diri, raih impian anda - role model

9. Tasya Kamila

tasya kamila - role model

Media Indonesia

Artis cantik yang juga dikenal pernah menjadi penyanyi cilik ini merupakan lulusan dari jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia pada tahun 2014 silam dengan menyandang predikat Cum laude.

Selama menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Tasya juga disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti bermain film dan juga menyanyi. Meski demikian, hebatnya, Tasya mampu menyelesaikan perkuliahan S1-nya dengan kurun waktu 3,5 tahun saja.

Tasya pun melanjutkan kuliah S2 dengan beasiswa LPDP di Columbia University, jurusan Administrasi Publik dan kembali lulus dengan menyandang predikat cum laude.  Istri dari Randi Bachtiar ini kini kerap kali mengisi acara seminar serta membagikan tips perihal cara mendapat beasiswa serta berbagai pengalamannya selama berkuliah.

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien