in

Profil Yves LOONA, Sang Main Dancer dan Girl Crush Di Grup

https://loonatheworld.fandom.com/

Yves LOONA – Yves adalah member Loona tertua kedua setelah ViVi. Dirinya masuk dalam Leader Line, tepatnya menjadi leader untuk sub unit LOONA yyxy.

Berhubung seluruh member LOONA saat ini tengah memperjuangkan hak mereka melawan agensi, tentu saja Yves turut dalam menggugat BlockBerry Creative yang pernah menaunginya selama beberapa tahun ini. Sayangnya, dalam upaya gugatan tersebut, Yves harus menerima kekalahan.

Untuk 4 member yang telah berhasil memenangkan tuntutan hukum mereka di pengadilan, membuahkan hasil berupa penangguhan kontrak dengan BlockBerry Creative.

Namun, untuk 5 member yang kalah, termasuk Yves, tetap menjadi rekan satu label dan berada dalam naungan agensi tersebut. FYI aja nih, semua tuntutan hukum ini merupakan buntut dari dikeluarkannya Chuu dari grup LOONA secara sepihak disertai beberapa isu fitnah.

Pada Januari 2023 silam pun, Yves turut mengabari kepada para penggemarnya bahwa selama persidangan atas tuntutan hukum kepada agensi tersebut membuatnya tidak bisa tidur dan terus terbayang-bayang akan hasilnya.

Dua bulan kemudian, barulah pihak agensi mengizinkan 5 member yang masih berada dalam kontraknya, termasuk Yves LOONA, untuk membuka akun Instagram.

Melalui akun Instagram itulah, Yves LOONA selalu memberikan kabar terkininya kepada para penggemar, yakni ORBIT. Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Yves LOONA yang menjadi leader dalam sub-unit LOONA yyxy?

Apa saja pula fakta-fakta menarik dari Yves LOONA yang baru-baru ini mendapatkan julukan sebagai ‘Pink Barbie’? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Yves LOONA

Yves LOONA
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Ha Soo Young
  • Nama Panggung: Yves (jika diucapkan seperti Eve)
  • Tanggal Lahir: 24 Mei 1997
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Kerbau (Ox)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Hyoam High School
  • Masa Pelatihan: 3 minggu
  • MBTI: INFJ
  • Sub Unit: Loona yyxy
  • Posisi di Grup: Main Dancer, Lead Vocalist, Visual
  • Akun Instagram: @yvesntual

Perjalanan Karir Yves LOONA

Kehidupan Awal

Yves LOONA lahir dengan nama asli Ha Soo Young di Busan, Korea Selatan, pada 24 Mei 1997. Yves dikenal publik sebagai salah satu member LOONA yang berada di bawah naungan BlockBerry Creative Entertainment.

Berhubung konsep LOONA itu ‘mengharuskan’ para membernya untuk merilis lagu solo di setiap perkenalan awal, maka Yves pun turut memiliki lagu solo berjudul “new” yang rilis pada November 2017.

Yves telah menghabiskan masa kecilnya di Busan dan dalam keluarganya hanya terdiri atas ayah, ibu, dan kakak perempuannya bernama Ha Sumin. Diketahui bahwa ayahnya adalah seorang montir mobil, sementara sang ibu memiliki sebuah toko pakaian sendiri. Saat Yves sudah beranjak remaja, barulah keluarganya pindah ke daerah Yangsan, provinsi Gyeongsang Selatan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sejak TK, Yves memang telah tertarik untuk menyanyi dan menari, terutama sejak dirinya menonton penampilan Wonder Girls di televisi. Sejak saat itulah, Yves bertekad untuk menjadi seorang penyanyi profesional suatu hari nanti.

Nah, siapa sangka keinginan tersebut benar-benar terwujud, sebab dirinya di masa kini telah menjadi salah satu member LOONA sekaligus merilis lagu solo-nya. Meskipun saat ini belum diketahui lebih lanjut bagaimana nasib grup LOONA setelah upaya penggugatan terhadap agensi.

Dilansir dari loonatheworld.fandom.com, setelah pindah ke Yangsan, Yves menjadi agak kesulitan untuk mengakses berbagai fasilitas perkotaan. Berhubung Yangsan adalah kota kecil, maka ketika Yves ingin ke bioskop atau sekadar makan di Burger King, dirinya harus datang ke Busan terlebih dahulu.

Akademi tari tempatnya belajar tari pun juga berada di Busan, sehingga Yves harus melakukan perjalanan dengan kereta bawah tanah dan bus selama setiap harinya.

2015: Berlatih Di ‘Dance Up Academy’ Busan

Yves mulai berlatih di akademi tari ‘Dance Up Academy’ yang terletak di Busan. Sejak 25 Oktober pun, dirinya sering muncul di channel Youtube milik “Dance Up Jr: K-Pop Cover Dance”. Yves muncul di channel Youtube untuk terakhir kalinya dalam video koreografi “Reddy : E:Na Choreography” yang dirilis pada 15 Juli 2016.

FYI, Yves bergabung di akademi tari tersebut saat SMA dan itupun dilakukan secara diam-diam karena ibunya menentangnya untuk menjadi seorang penyanyi. Saat di sekolah pun, Yves selalu belajar dengan giat supaya rankingnya tidak turun secara drastis.

Alhasil, saat kelas 11, Yves berhasil mendapatkan peringkat 11 dan barulah dirinya mengungkapkan kepada sang ibu bahwa selama ini dirinya telah belajar di akademi tari karena begitu ingin mewujudkan mimpinya sebagai seorang penyanyi.

Menurut beberapa penggemar, Yves sebelumnya telah menjadi seorang trainee di Hunus Entertainment yang turut menaungi girl group ELRIS (sekarang berganti nama menjadi ALICE). Yves juga menjadi trainee bersama Bella ELRIS dan Eunchae DIA. Banyak penggemar turut berspekulasi bahwa ada kemungkinan Yves akan debut bersama ELRIS saat itu.

2016: Bergabung Dengan BlockBerry Creative Entertainment

Yves sempat berlatih di akademi pelatihan “Dream Vocal & Dance Academy” yang terletak di Seoul. Diketahui bahwa akademi tersebut bekerjasama dengan Polaris Entertainment. FYI, rekan satu grup LOONA yakni JinSoul pun juga pernah berlatih di Polaris Entertainment, tetapi tidak pernah bertemu dengan Yves saat menjadi trainee.

Suatu hari, pihak staf Polaris Entertainment datang ke akademi pelatihan ‘Dream Vocal & Dance Academy’ untuk kepentingan audisi. Hari itu juga, Yves sedang merasa tidak enak badan dan enggan mengikuti audisi tersebut.

Dirinya memilih beristirahat di ruang vokal, tetapi rekannya mencoba meyakinkannya untuk turut serta dalam audisi. Alhasil, Yves pun tidak mengikuti audisi tersebut tetapi diam-diam pihak akademi pelatihan memberikan video rekaman milik Yves kepada staf agensi.

Sebulan setelah audisi tersebut, saat dirinya bersiap untuk pulang dari akademi pelatihan, tiba-tiba dirinya dihubungi oleh pihak instruktur vokalnya bahwa CEO BlockBerry Creative ingin melihat penampilan audisinya.

Sedikit trivia saja nih, Polaris Entertainment memang merupakan anak perusahaan dari BlockBerry Creative Entertainment. Mendengar hal tersebut, Yves datang ke tempat audisi tanpa mempersiapkan apa-apa karena pemberitahuannya secara mendadak.

Kerennya, walaupun penampilan audisi Yves biasa-biasa saja sebab pemberitahuan secara mendadak itu, dirinya pun diterima di Polaris Entertainment. Namun sama seperti beberapa trainee lain di Polaris Entertainment, dirinya pun juga dipindahkan ke BlockBerry Creative Entertainment.

Diketahui bahwa Yves hanya menghabiskan waktu selama 34 hari saja untuk berlatih di agensi kemudian didapuk sebagai member baru yang akan debut.

Pada tahun 2016, barulah Yves bergabung dengan BlockBerry Creative Entertainment yang mana ketika 2 Oktober 2016, mereka mengumumkan akan mendebutkan sebuah girl group baru. Hingga Yves bergabung dengan agensi, baru 4 member yang diungkapkan untuk masuk dalam proyek girl grup baru tersebut yakni Heejin, Haseul, Hyunjin, dan Yeojin.

Sebenarnya, debut resmi ke-12 member LOONA itu adalah pada tahun 2018. Namun sejak Oktober 2016, setiap member sudah merilis lagu solo mereka masing-masing sampai tahun 2018 tersebut. Member pertama yang diungkapkan ke publik sekaligus merilis lagu solo-nya adalah Heejin.

Pihak BlockBerry Creative kemudian mengumumkan pembentukan sub-unit pertama grup LOONA yakni LOONA ? yang beranggotakan Heejin, Haseul, Hyunjin, Yeonjin, dan ViVi.

2017: Menjadi Member Baru LOONA

Yves LOONA
https://loonatheworld.fandom.com/

Pada tahun 2017, barulah sub-unit kedua diumumkan tepatnya pada 21 September dengan nama LOONA Odd Eye Circle dan lagu debutnya berjudul “Mix & Match”. Yves pun akhirnya bergabung menjadi member LOONA pada bulan November, bersamaan dengan pengumuman sub-unit ketiga LOONA yyxy.

Ada satu cerita menarik tentang Yves sebelum akhirnya debut bersama LOONA. Setelah keluar dari akademi tari di Busan, Yves telah mengikuti banyak audisi di beberapa agensi baik itu di bidang menyanyi, akting, maupun menari. Nah, selama di akademi pelatihan itu, Yves LOONA bertemu dengan Chuu. Siapa yang tahu bahwa Chuu ternyata akan menjadi rekan satu grupnya.

2018: Bergabung Dalam Sub-Unit yyxy

Yves LOONA
https://loonatheworld.fandom.com/

Pada 30 Mei, akhirnya sub unit LOONA yang ketiga dengan nama LOONA yyxy debut dengan mini album berjudul “Beauty & the Beat”. Sub unit terdiri atas Yves sebagai leader, Chuu, Go Won, dan Olivia Hye.

Tiga bulan setelah itu, tepatnya pada 7 Agustus 2018, barulah LOONA debut secara resmi dengan ke-12 member. Album debut mereka bertajuk Favorite dengan lagu utama berjudul “Hi High” dan berhasil meraih posisi ke-2 di Gaon Album Chart.

2019: Mengalami Cedera Pada Hidung Saat Konser LOONAVERSE

Dilansir dari loonatheworld.fandom.com, saat hari pertama konser LOONAVERSE yang diadakan pada 16 Februari, Yves LOONA mengalami cedera kecil di bagian hidungnya karena bertabrakan dengan YeoJin.

Alhasil, Yves LOONA harus duduk selama konser tersebut. Dirinya hanya diperbolehkan untuk menyanyi saja, tidak boleh menari sama sekali sepanjang konser karena kondisinya yang masih terluka.

Di tahun 2019 pula, Yves LOONA turut membintangi sebuah variety show The Gashinas yang tayang pada 19 Mei.

2020: Menjadi Co-Host Acara ‘Fact iN Star’

Pada 5 Februari, Extended Play [EP] milik LOONA yang kedua akhirnya dirilis. Yves turut berpartisipasi dalam pembuatan koreografi lagu utama “So What” bersama dengan Heejin, Choerry, dan Olivia Hye. Namanya juga dituliskan dalam bagian kredit ‘Choreography Ide’.

Pada tahun ini pula, Yves ditunjuk menjadi co-host untuk variety show di TBS Channel yang berjudul Fact iN Star bersama dengan penyanyi Yoo Jaehwan. Acara ini biasanya mengundang tamu pada setiap episodenya, kemudian diunggah dan diberi subtitle dalam beberapa bahasa di saluran YouTube mereka.

Pada 19 Oktober, LOONA merilis mini album bertajuk [12:00] dengan 2 lagu “Voice” dan “Star (Voice English Version)”. Yves pun lagi-lagi berkontribusi dalam koreografi “Voice” dengan Kim Lip.

2022-2023: Menuntut Agensi Di Persidangan Hukum Bersama Member LOONA Lainnya

Yves LOONA
https://loonatheworld.fandom.com/

Pada akhir tahun 2021, Chuu mengajukan tuntutan pengadilan untuk menangguhkan kontraknya dengan agensi BlockBerry Creative. Sejak saat itu, promosi LOONA hanya 11 member saja tanpa hadirnya Chuu.

Saat LOONA mengikuti survival show Queendom 2 pun, pihak agensi mengumumkan bahwa Chuu tidak berpartisipasi karena masalah kesehatan.

Barulah pada 25 November, pihak BlockBerry Creative mengumumkan bahwa Chuu telah dikeluarkan dari grup dengan alasan ‘penyalahgunaan kekuasaan’. Sebelumnya memang telah diberitakan bahwa Chuu memenangkan gugatan yang dilayangkan pada tahun 2021 lalu. Banyak orang berspekulasi bahwa Chuu ‘difitnah’ atas tuduhan telah melakukan kekerasan terhadap staf agensi.

Buntut dari dikeluarkannya Chuu tersebut membuat seluruh member LOONA, termasuk Yves, turut melayangkan pengajuan penangguhan kontrak dengan agensi melalui pengadilan. Masalah menjadi semakin pelik saat bulan Desember dimana pihak BlockBerry Creative merilis teaser untuk comeback yang keenam. Hal ini membuat penggemar LOONA yakni ORBIT merasa agensi tersebut menyepelekan gugatan para artisnya.

Alhasil, para penggemar pun memboikot comeback tersebut dan pihak agensi akhirnya mengumumkan kembali bahwa comeback keenam itu akan ditunda hingga waktu yang tidak diketahui kapan.

Pada 13 Januari 2023, diberitakan bahwa gugatan yang dilayangkan oleh Heejin, Kim Lip, JinSoul, dan Choerry telah menang sehingga secara tidak langsung ke-4 member tersebut tidak berada di dalam naungan agensi BlockBerry Creative lagi. Sementara itu, gugatan dari 5 member lainnya yakni Yves, HaSeul, Yeojin, Go Won, dan Olivia Hye belum dikabulkan oleh pengadilan sehingga mereka masih berada dalam kontrak LOONA serta BlockBerry Creative.

27+ Fakta Menarik Seputar Yves LOONA

Yves LOONA
https://loonatheworld.fandom.com/
  1. Yves LOONA lahir dengan nama asli Ha Soo Young pada 24 Mei 1997 di Busan. Namun Yves menghabiskan masa kecilnya di Yangsan.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan bernama Ha Sumin yang lahir di tahun 1996.
  3. Yves diperkenalkanke publik sebagai member kesembilan LOONA pada 14 November 2017.
  4. Yves turut bergabung dalam sub unit LOONA yyxy sekaligus menjadi leader.
  5. Sempat menjadi anggota kru tari D’POP Studio dan men-cover lagu milik TWICE berjudul “One More Time”. Video tersebut telah diunggah di kanal Youtube resmi D’POP Studio.
  6. Yves LOONA pernah muncul sebagai figuran di serial drama Netflix berjudul Part-Time Idol.
  7. Pada tahun 2021, Yves pernah berkompetisi dalam acara King of Masked Singer.
  8. Yves menjalani masa trainee selama 3 minggu saja, tepatnya adalah 34 hari. Yves dianggap sebagai trainee yang memiliki kestabilan dalam menari sekaligus menyanyi, sehingga langsung didapuk sebagai member kesembilan LOONA.
  9. Sebelum debut, Yves memang telah berada di tim dance yang ada di sekolahnya. Diam-diam dirinya juga menjadi murid di sebuah akademi dance karena tidak ingin ibunya tahu.
  10. Yves sangat bangga menjadi bagian dari LOONA sehingga dirinya akan selalu memainkan lagu-lagu milik grupnya itu.
  11. Sebelum debut, Yves menjadi model dengan nama panggung MariShe.
  12. Ibu Yves memiliki sebuah toko pakaian.
  13. Banyak netizen mengatakan bahwa wajah Yves seperti campuran antara Sulli f(x), Dasom SISTAR, dan soloist Sunmi.
  14. Yves memelihara seekor anjing bernama Haneul selama 8 tahun. Diketahui juga bahwa nama ‘Haneul’ adalah nama yang hampir diberikan kepadanya saat bayi.
  15. Menurutnya, hal paling berharga dalam hidup adalah keluarga, LOONA, kue beras pedas, dan ceker ayam.
  16. Lagu debutnya bertajuk “new” yang rilis pada November 2017.
  17. Dari seluruh member LOONA, Yves bersama Heejin dan Kim Lip terpilih sebagai member yang selalu bersemangat di grup.
  18. Yves memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi setelah menonton penampilan “Irony” oleh Wonder Girls.
  19. Sangat suka telur yang dimasak setengah matang.
  20. Yves mengaku tidak suka dengan cuaca dingin sehingga dirinya memilih musim panas sebagai musim favoritnya.
  21. Saat promosi lagu “So What”, untuk pertama kalinya dalam seumur hidup Yves memiliki rambut pendek.
  22. Yves bersekolah di sekolah menengah bergengsi yang sangat ketat, bahkan tidak ada pelajaran seni dan olahraga.
  23. Selama berlatih di akademi tari yang terletak di Busan, Yves LOONA harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam setiap harinya karena rumahnya ada di Yangsan.
  24. SinB VIVIZ mengaku bahwa dirinya ingin berteman dengan dengan Yves LOONA.
  25. Berteman dekat dengan Subin WJSN dan Eunchae DIA.
  26. Yves pernah diundang oleh tim WANT Lee Chaeyeon untuk tampil bersama di acara Street Woman Fighter pada babak misi ke-4.
  27. Di grup LOONA, Yves menjadi member tertinggi.
  28. Di dorm, Yves sekamar dengan Chuu, Go Won, dan Olivia Hye.

Representasi Yves LOONA Dalam LOONAVERSE

Yves LOONA
https://loonatheworld.fandom.com/

Sedikit trivia saja nih, konsep debut dari LOONA itu adalah setiap membernya merupakan seorang “peri” dengan representasi hewan, warna, kekuatan, bulan, tumbuhan, buah, dan lokasinya masing-masing. Seluruh member LOONA dengan segala representasinya ini tinggal di LOONAVERSE. Namun, tidak semua member memiliki kekuatan super ya…

Representasi hewan dan kekuatan supernya ini ditunjukkan di setiap MV dari masing-masing member. Sementara itu, pada bulan adalah waktu dimana MV solo masing-masing member dirilis dan lokasi menunjukkan tempat syuting MV tersebut. Namun tidak semua member LOONA memiliki representasi masing-masing.

Nah, pada Yves, representasinya lokasinya tidak ada, tetapi bulannya sesuai dengan dirilisnya lagu solo-nya yakni pada bulan November. Berikut ini representasi sosok Yves di LOONAVERSE mulai dari hewan, warna bulan, lokasi, kekuatan super, buah, tumbuhan, dan lainnya

  • Hewan: Angsa
  • Warna: Burgundy
  • Bulan: November
  • Lokasi: –
  • Kekuatan Super: –
  • Buah: Apel
  • Tumbuhan: Tuberose

Itulah beberapa fakta dan juga biografi singkat Yves LOONA. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu, Grameds. 

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Apakah kamu sedang mencari buku seputar K-pop? Tenang, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://kpopwiki.org/

https://kpopping.com/profiles/idol/Yves

https://en.kepoper.com/

https://loonatheworld.fandom.com/wiki/Yves

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.