in

Profil dan Biodata Vernon Seventeen, Sang Rapper dan Visual Grup!

Vernon SEVENTEEN – Grameds yang menyukai K-Pop mungkin sudah tak asing lagi dengan boy group yang bernama SEVENTEEN. Boy band asal Korea Selatan ini dibentuk oleh Pledis Entertainment dan memiliki total tiga belas anggota, yakni S.Coups, Jeonghan, The8, Joshua, Jun, Vernon, Hoshi, Woozi, DK, Mingyu, Seungkwan, Dino, dan Wonwoo.

Jika membahas biografi semua anggota SEVENTEEN, pastinya akan sangat banyak. Maka dari itu, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Vernon SEVENTEEN. Jadi, tetap simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Idol SEVENTEEN

SEVENTEEN memulai debutnya pada 26 Mei 2015 dengan Extended Play (EP) berjudul 17 Carat. EP debutannya ini berhasil menjadi album K-pop dengan tangga lagu paling lama tahun 2015 di Amerika Serikat.

17 Carat juga menjadi satu-satunya album rookie yang muncul di “Billboard” sebagai Daftar 10 Album K-Pop Terbaik tahun 2015. Hingga saat ini, SEVENTEEN sudah merilis empat album studio, dua belas EP dan tiga rilis ulang.

SEVENTEEN dianggap sebagai grup idol yang memproduksi sendiri karyanya, dengan para anggotanya yang secara aktif terlibat dalam penulisan lagu dan pembuatan koreografi, serta banyak aspek lain dari musik dan penampilan mereka. SEVENTEEN tampil sebagai satu grup dan dibagi menjadi tiga unit, yakni hip-hop team, vocal team, dan performance team.

Masing-masing unit tersebut bergerak di bidang spesialisasi yang berbeda. Mereka pun diberi label “Performance Kings”, “Theatre Kids of K-Pop”, dan “K-Pop Performance Powerhouse'” oleh berbagai media domestik dan internasional.

Adapun, hip-hop team terdiri dari S. Coups sebagai pemimpin grup, hip-hop unit leader, dan rapper, beserta Mingyu, Vernon, dan Wonwoo yang juga berperan sebagai rapper. Sedangkan, di vocal team ada Woozi sebagai ketua yang memimpin Joshua, Dokyeom, Jeonghan, dan Seungkwan yang semuanya berperan sebagai vokalis. Performance team dipimpin oleh Hoshi, yang beranggotakan The8, Jun, dan Dino, yang berperan sebagai dancer sekaligus vokalis.

SEVENTEEN sudah berhasil mendapatkan banyak penghargaan, baik di Korea Selatan maupun dalam skala internasional. Grup idol ini meraih kemenangan acara musik mingguan pertama mereka pada 4 Mei 2016 dengan single mereka yang berjudul “Pretty U” di Show Champion. SEVENTEEN juga memenangkan tiga penghargaan pendatang baru di tahun 2015 dan sejak itu meraih enam penghargaan Bonsang (hadiah utama), dan tiga penghargaan Daesang (hadiah utama) dari berbagai acara penghargaan akhir tahun.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

SEVENTEEN juga berhasil memenangkan Best Dance Performance Award di Mnet Asian Music Awards pada 2017, 2018, dan 2022. Pada 28 Oktober 2020, SEVENTEEN menerima Penghargaan Perdana Menteri di Penghargaan Budaya dan Seni Populer Korea atas kontribusi mereka terhadap perkembangan budaya dan seni pop kontemporer Korea Selatan.

Pada September 2021, grup ini dianugerahi Penghargaan Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata di Newsis Hallyu Expo 2021. SEVENTEEN juga dinominasikan untuk Artis Sosial Teratas di Billboard Music Awards 2021.

SEVENTEEN menjadi artis K-pop pertama yang tampil di MTV PUSH, kampanye global yang dikurasi oleh tim musik dan bakat MTV di Amerika Serikat dan internasional, dan kampanye MTV “We Speak Music”’, yang menyoroti artis yang sudah menunjukkan yang terbaik. Pada  2022 MTV Video Music Awards, SEVENTEEN dinominasikan untuk Artis Pendatang Baru Terbaik dan K-Pop Terbaik, serta memenangkan Push Performance of the Year.

Di MTV Europe Music Awards 2022, mereka dinominasikan untuk Best K-Pop, dan memenangkan Best Push Act dan Best New Act. Grup ini membuat sejarah di kedua acara penghargaan sebagai artis K-pop pertama yang dinominasikan dan memenangkan kategori tersebut.

Luar biasa sekali ya Grameds boy group asal Korea Selatan yang satu ini. Setelah berkenalan dengan keseluruhan grupnya, selanjutnya kita akan berkenalan dengan salah satu member SEVENTEEN yang memiliki banyak sekali penggemar oleh karena penampilannya yang tampan dan kemampuan rap yang keren banget. Yuk kenalan dengan Vernon!

Profil Vernon SEVENTEEN

vernon seventeen
https://www.kompas.com/hype/read/2022/12/16/094845166/vernon-seventeen-siap-debut-solo
kompas.com

Hansol Vernon Chwe atau yang dikenal dengan panggilan Vernon adalah pria asal Korea Selatan yang lahir pada 18 Februari 1998. Pria berzodiak Aquarius ini berkebangsaan Korea dan Amerika, karena sang ibu merupakan orang Amerika Serikat dan sang ayah berasal dari Korea Selatan. Vernon sendiri berasal dari New York, tetapi pindah ke Korea Selatan ketika ia menginjak usia 5 tahun. Jadi, Vernon tumbuh besar di Korea Selatan.

Vernon dikenal sebagai seorang rapper Korea Selatan yang berada di bawah kontrak Pledis Entertainment. Ia merupakan anggota grup vokal laki-laki SEVENTEEN dan dikenal juga sebagai kontestan acara Mnet Show Me The Money 4.

Sebelum debut bersama SEVENTEEN pada tahun 2015, Vernon sempat mengikuti training terlebih dahulu di Pledis Entertainment selama 3 tahun 3 bulan. Dengan bakat dan penampilan yang keren, Vernon tergabung dalam sub unit hip-hop team. Vernon menempati posisi sebagai rapper utama, vokalis, dan visual dalam boy group itu.

Vernon memiliki seorang adik perempuan bernama Sofia. Vernon diketahui sangat dekat dengan adik perempuannya itu, hingga ia membuat tato temporer yang menuliskan nama sang adik di lengannya. Vernon sempat menempuh pendidikan di Sekolah Menengan Changcheon, tetapi tidak sampai lulus. Vernon adalah siswa yang sangat biasa, yang suka bermain game dengan teman-temannya di kafe internet.

Kemudian, ketika dia menduduki tahun ke-2 di sekolah menengah, Vernon tiba-tiba dibina di sebuah kantor di kereta bawah tanah saat dia pulang dari sekolah. Kejadian itulah yang kemudian mengubah hidupnya sepenuhnya. Jika dia tak dibina pada saat itu, dia tidak akan tahu di mana dia berada atau apa yang akan dia lakukan sekarang.

Vernon sebelumnya tinggal di daerah Hongdae bersama keluarganya, tetapi ia sekarang tinggal di asrama SEVENTEEN yang berlokasi di daerah Gangnam. Sebagai seorang yang berdarah campuran, tentunya kemampuan berbahasa Vernon tak usah diragukan lagi. Vernon menguasai Bahasa Korea dan Bahasa Inggris, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa ibunya, dan ia tumbuh besar di Korea yang mewajibkannya menggunakan bahasa itu setiap hari.

Sebagai seorang rapper, Vernon memiliki beberapa sosok idola yang menginspirasinya. Beberapa rapper favoritnya adalah Drake, T.I, J.Cole, dan Kendrick Lamar. Selain mereka, Vernon juga mengagumi sosok David Bowie, Lee Byung Han, Johnny Depp, Leonardo DiCaprio, dan Brad Pitt.

Fakta-Fakta Vernon SEVENTEEN

Vernon Seventeen
bacaterus.com

Fashion Hingga Makanan Favorit

Vernon diketahui memiliki minat pada fashion, terutama pada topi, sehingga ia memiliki banyak

koleksi topi. Vernon suka dengan gaya yang kasual dengan sedikit sentuhan pedas. Pria bergolongan darah A ini memiliki hobi menonton film, dan membaca, secara spesifik membaca webtoons. Makanan favorit Vernon adalah pasta bawang putih dan minyak zaitun, burger keju, coklat, kue keju, dan kue coklat. Namun, Vernon memiliki alergi terhadap kacang.

Kesukaan

Vernon merupakan penggemar Harry Potter dan juga Star Wars. Vernon sangat menyukai musim panas dan juga musim gugur. Hewan favoritnya adalah kucing, sehingga ia memelihara seekor kucing yang diberi nama “Dodam”. Vernon menerima julukan ‘Twix’, karena dia memiliki banyak Twix di ruang latihan mereka. Menurut anggota SEVENTEEN yang lain, Vernon dianggap sebagai member yang paling pemalu.

Pernah Mengikuti Variety Show

Sosok Vernon sempat muncul di MV “Falling” Man of K, MV “Venus” Hello Venus, dan MV “My Copycat” Orange Caramel. Vernon juga merupakan bagian dari grup M.O.L.A (Make Our Lives Awesome), yang terdiri dari dirinya, Jimin 15&, Woodz (Seungyoun), Kino (Pentagon) dan Nathan. Vernon sempat mengikuti kompetisi di “Show Me The Money 4”, tetapi ia tersingkir di babak ketiga. Vernon juga menjadi anggota pemeran di variety show “Tutor”, bersama dengan idola Kpop lainnya seperti Hongseok Pentagon, Luda WJSN, dan lain-lain.

Di variety show tersebut, ia berperan sebagai tutor Bahasa Inggris. Meskipun ia berasal dari Amerika Serikat, tetapi Vernon menyukai aksen Inggris dan aksen Australia. Bahasa ibu Vernon memang Bahasa Inggris, tetapi ia  mengatakan bahwa sekarang dia lebih baik dalam berbahasa Korea.

Vernon menggambarkan dirinya sendiri sebagai sosok yang bebas. Sosok Vernon kerap kali dianggap kekanak-kanakan oleh karena penampilannya, tetapi ia sebenarnya adalah sosok yang cukup dewasa. Meskipun ia dianggap sebagai member yang paling pemalu, tetapi Vernon kerap kali bertingkah lucu.

Momen Lupa Vernon SEVENTEEN

Vernon SEVENTEEN sempat tertangkap kamera mengalami momen lupa kosakata Bahasa Inggris ketika sedang menyampaikan rasa terima kasih kepada para Carat menggunakan bahasa Inggris. Pada sebuah tayangan di V-App SEVENTEEN, Vernon sempat mengganti kosakata Bahasa Inggris dengan kosakata Korea di tengah kalimat. Momen “blank” Vernon ini  membuat dirinya terlihat sangat lucu di mata member yang lain.

Pada saat itu, Vernon ingin menyampaikan bahwa itu adalah kemenangan pertama SEVENTEEN di “gong joong pa”, dan ia mengatakan dia tak mengetahui apa sebutannya dalam Bahasa Inggris. Member lain, Joshua, kemudian memberitahu bahwa Bahasa Inggris dari “gong joong pa” adalah “public broadcast”.

Selain itu, Vernon juga sempat mengalami momen lupa akan namanya sendiri dalam sebuah wawancara bersama Zach Sang Show di Youtube, yang diunggah pada bulan Juli 2022. Seperti wawancara pada umumnya, para member SEVENTEEN diperkenankan untuk memperkenalkan dirinya masing-masing

Sampai pada giliran Vernon, ia mengatakan, “Hai, saya Zach”. Tentunya perkataan yang keluar dari mulut Vernon itu membuat para member hening sejenak dan akhirnya tertawa. Dengan muka yang bingung, Vernon kemudian bertanya apakah tadi dirinya malah mengatakan “Zach”? Ia pun segera melakukan ralat dan memperkenalkan ulang dirinya sebagai Vernon.

Vernon mengatakan bahwa ia memikirkan nama sang pembawa acara, jadi ia malah mengucapkan namanya saat memperkenalkan diri. Seluruh member tidak dapat menahan tawanya. Bahkan, Joshua dan Seungkwan seolah tidak percaya dan mengatakan bahwa mereka mengira Vernon hanya bercanda.

Nah, itu dia Grameds sekilas info tentang sosok Vernon SEVENTEEN. Menarik sekali ya sosok idola yang satu ini. Selain tampan dan berbakat, ternyata Vernon adalah sosok yang lucu dan pemalu. Bagi Grameds yang ingin mengenal Vernon lebih dekat, kalian bisa mengikutinya di media sosial Instagram yang bernama @vernonline.

Grameds, sekian artikel “Profil Vernon Seventeen Hingga Fakta-Faktanya”. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dengan menambah informasi untuk Anda. Bagi Grameds yang memiliki minat lebih pada negara Korea Selatan dan ingin memperdalam ilmu tentang budaya dan negara tersebut, Grameds bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai buku yang dapat menunjang kegiatan belajar Anda. Yuk dapatkan bukunya sekarang. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

https://en.wikipedia.org/wiki/SEVENTEEN_(South_Korean_band)#Members

https://id.wikipedia.org/wiki/Vernon_Chwe

Vernon (Seventeen) Facts and Profile, Vernon’s Ideal Type

https://www.kapanlagi.com/korea/sederet-kisah-lucu-vernon-SEVENTEEN-idol-berwajah-bule-yang-tingkahnya-sering-mengundang-tawa-44025d.html

Rekomendasi buku:

All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety

Masakan Korea sangatlah banyak, bahkan beberapa masakan Korea sudah ada yang masuk ke acara Variety dan juga acara drama. Apakah kamu sudah tahu tentang makanan Korea yang sudah masuk K-Drama dan K-Variety? Jika belum, maka kamu bisa mencari tahunya melalui buku All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety. Lewat buku ini, pembaca akan mengetahui kelezatan dari makanan Korea. Nah, biar nggak penasaran lagi tentang makanan Korea, dapatkan segera buku ini, Grameds.

Vernon Seventeen

Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave

Sudah bukan hal asing lagi apabila budaya Korea ini disukai oleh banyak orang, bisa jadi kamu salah satunya. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang budaya Korea dan ingin mengetahui lebih jauh tentang budaya Korea, maka bisa membaca buku Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave. Melalui buku ini, pembaca akan mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan dalam menanggapi suatu budaya Korea yang negatif.

Wisata Hemat: Korea

Berwisata ke luar negeri, pastinya akan sangat menyenangkan, salah satu negara asing yang harus dikunjungi adalah Korea. Di Korea, ada banyak sekali tempat wisata yang dikenal karena keindahannya. Namun, bagi sebagian orang mungkin saja belum mengetahui rekomendasi tempat wisata Korea yang bagus. Tenang saja, melalui buku Wisata Hemat: Korea, maka pembaca bisa menghemat pengeluaran ketika pergi ke Korea.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.