in

18 Wisata Cirebon Terbaik yang Wajib Dikunjungi oleh Wisatawan!

pexels.com

Wisata Cirebon – Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki destinasi wisata unggulan yang bisa begitu menarik minat para pengunjung. Hal ini juga berlaku di kota Cirebon yang memiliki destinasi wisata unggulan.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke kota Cirebon juga wajib tahu apa saja deretan destinasi wisata di daerah tersebut yang bisa dikunjungi. Tak perlu bingung jika sampai saat ini belum tahu apa saja destinasi wisata Cirebon.

Sebab dalam artikel ini ada beberapa rekomendasi destinasi wisata Cirebon yang sayang banget jika tak dikunjungi. Lantas apa saja destinasi wisata Cirebon yang begitu populer sampai saat ini? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Rekomendasi Wisata Cirebon

1. Telaga Nilem

Wisata Cirebon
alampriangan.com

Telaga Nilem atau yang biasa disebut sebagai Telaga Biru Cicerem adalah salah satu wisata Cirebon yang sampai saat ini begitu hits di media sosial seperti Instagram. Hal ini tak lain karena suasana di Telaga Niren begitu sejuk, air di area telaga yang begitu jernih serta dikelilingi oleh pepohonan nan rindang.

Tak hanya itu saja, di dalam Telaga Nilem terdapat puluhan ikan mas yang bisa dijadikan background foto kalian. Bahkan untuk bisa memasuki destinasi wisata Telaga Niren tak membutuhkan biaya besar lho. Pasalnya harga tiket yang ditawarkan oleh Telaga Niren hanya sebesar Rp5.000 saja.

Sedangkan untuk lokasi dari Telaga Nilem adalah berada Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Cirebon.

2. Situ Sedong

sikidang.com

Berikutnya ada Situ Sedong yang juga merupakan salah satu destinasi wisata Cirebon yang begitu favorit hingga saat ini. Menariknya Situ Sedong adalah waduk peninggalan dari zaman kolonial Belanda lho. Dimana proses awal pembangunan waduk Situ Sedong adalah pada tahun 1918.

Tak hanya dari sisi historisnya saja, namun pemandangan yang ditawarkan oleh Situ Sedong juga begitu menakjubkan lho. Hal ini tak lain karena Situ Sedong berada di dekat dengan Gunung Ciremai. Selain itu untuk bisa mengelilingi Situ Sedong, kalian bisa menggunakan sepeda bebek air lho.

Lalu untuk lokasi dari Situ Sedong adalah di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong. Sedangkan untuk harga tiket masuk tidak dipungut biaya sepeserpun untuk saat ini. Siapa sangka jika Situ Sedong yang begitu bisa menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan bisa dinikmati secara gratis. Sangat nikmat bukan?

3. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

tempatwisata.pro

Sebelumnya Taman Ade Irma Suryani atau TAIS memang pernah mengalami masa terabaikan. Namun ketika berubah menjadi taman air bernama Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani mampu memberikan daya tarik tersendiri di mata para pengunjung.

Dimana jam operasional di Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani adalah pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini adalah sekitar 50 hingga 60 ribu rupiah.

Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani berada di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk. Banyaknya spot foto kece seperti pondok iconic serta restoran bergaya kapal laut menjadikan destinasi wisata Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani ramai dikunjungi masyarakat di hadir biasa maupun pada waktu weekend.

4. Banyu Panas Palimanan

suara.com

Banyu Panas Palimanan juga termasuk ke dalam destinasi wisata air di Cirebon yang begitu favorit hingga saat ini. Lokasi tepat dari Banyu Panas Palimanan adalah di Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat.

Jam operasional yang dimiliki oleh Banyu Panas Palimanan mulia dari 06.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket yang ditawarkan oleh destinasi wisata air Banyu Panas Palimanan terbilang cukup murah yaitu hanya sebesar 7 ribu rupiah saja.

Menariknya, Banyu Panas Palimanan terdapat sebuah sumber air panas yang dipercaya mampu mengatasi rasa lebih. Tak hanya itu saja, pasalnya Banyu Panas Palimanan juga memberikan kesejukan dan pemandangan yang begitu indah. Dijamin nggak akan buat kalian bosan ketika mengunjungi Banyu Panas Palimanan.

5. Taman Sari Gua Sunyaragi

datawisata.com

Destinasi wisata Cirebon yang selanjutnya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Dimana Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan situs cagar alam yang memiliki luas area sebesar 15 hektar di kawasan Sunyaragi, Kesambi.

Konon katanya Taman Sari Goa Sunyaragi dulunya adalah salah satu tempat yang digunakan untuk beristirahat serta bermeditasi para sultan Cirebon. Tak heran jika di Taman Sari Gua Sunyaragi terdapat banyak terowongan bawah tanah yang terhubung dengan saluran air.

Taman Sari Gua Sunyaragi tak hanya digunakan sebagai tempat wisata saja. Namun di waktu tertentu, Taman Sari Gua Sunyaragi kerap dijadikan sebagai tempat pagelaran budaya.

Untuk bisa memasuki Taman Sari Gua Sunyaragi, kalian hanya perlu membayar harga tiket sekitar Rp10 ribu saja. Sedangkan jika ingin menggunakan layanan tour guide, kalian hanya perlu membayar sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 saja.

6. Bukit Gronggong

jejakpiknik.com

Selanjutnya ada Bukit Gronggong yang menyajikan keindahan pemandangan kota Cirebon. Bukit Gronggong berada di Patapan, Baber akan mampu memberikan suasana romantis, terutama ketika waktu senja.

Untuk harga tiket yang dimiliki oleh Bukit Gronggong hanya sebesar Rp2 ribu saja. Selain itu Bukit Gronggong juga terhadap banyak warung kaki lima hingga restoran ternama yang membuat kalian tak perlu bingung untuk makan di area tersebut.

7. Hutan Kera Plangon

aroengbinang.com

Hutan Kera Plangon merupakan sebuah kawasan hutan dengan luas sekitar 48 hektare. Selain itu Hutan Kera Plangon juga termasuk ke dalam salah satu objek wisata purbakala. Tak hanya banyak dihuni oleh kawanan monyet atau kera saja.

Namun Hutan Kera Plangon juga terdapat makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan yang kerap dikunjungi para peziarah setiap 2 Syawal. Hutan Kera Plangon sendiri terletak di Desa Babakan, Kecamatan Sumber atau sekitar 45 menit dari pusat kota. Sedangkan untuk harga tiket masuk dari Hutan Kera Plangon adalah sekitar Rp3 ribu per orangnya.

8. Desa Wisata Cikalahang

Wisata Cirebon
nativeindonesia.com

Desa Wisata Cikalahang yang berjarak hanya dua kilometer dari pusat kota Cirebon menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Selain itu Desa Wisata Cikalahang juga begitu terkenal sebagai tempat makan ikan bakar yang begitu nikmat untuk disantap.

Menariknya ketika kalian menikmati makanan yang sudah tersedia di Desa Wisata Cikalahang. Kalian juga akan ditawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Selain itu, di Desa Wisata Cikalahang, kalian akan diberi kebebasan menangkap ikan secara mandiri sebelum diolah.

Tak hanya menyediakan tempat makan saja, tetapi Desa Wisata Cikalahang juga memberikan wisata lain seperti kolam renang, perahu wisata, pondokan dan lain sebagainya.

9. Telaga Remis

m.rri.co.id

Telaga Remis adalah salah satu destinasi wisata Cirebon yang begitu populer hingga saat ini. Telaga Remis sendiri berlokasi di Desa Kaduela, Kuningan. Selain itu Telaga Remis juga menawarkan keindahan alam yang begitu sejuk, indah dan asri. Tak heran jika Telaga Remis kerap dikunjungi oleh para pengunjung maupun para photographer. Apalagi harga tiket yang ditawarkan oleh Telaga Remis hanya sekitar Rp10.000 saja.

10. Pantai Kejawanan

Wisata Cirebon
travels.promo.com

Cirebon juga memiliki destinasi wisata pantai seperti Pantai Kejawanan. Dimana latar belakang dari Pantai Kejawanan adalah Gunung Ciremai. Bahkan lokasi dari Pantai Kejawanan juga tak terlalu jauh dari Cirebon Waterland. Untuk biaya masuk Pantai Kejawanan sendiri hanya dibandrol dengan harga Rp5.000 saja. Tak hanya menawarkan spot foto yang Instagramable saja. Namun Pantai Kejawanan juga memiliki hiburan lainnya seperti persewaan perahu nelayan yang bisa digunakan untuk mengelilingi pantai.

11. Pantai Baro Gebang

Wisata Cirebon
infocirebon.com

Berikutnya juga masih destinasi wisata Cirebon dengan tema air yaitu Pantai Baro Gebang. Pantai Baro Gebang yang juga dikenal dengan nama Pantai Baro Cirebon ini terletak di Gebang Mekar, Kec. Gebang, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Saat ini untuk bisa masuk ke dalam area Pantai Baro Gebang tak dipungut biaya sepeserpun. Sejak tahun 2003 hingga 2004, Pantai Baro Gebang dijadikan sebagai pelabuhan. Selain itu, pemandangan indah juga mampu ditawarkan oleh destinasi wisata Pantai Baro Gebang.

Banyak pengunjung yang datang bersama keluarga maupun teman ke Pantai Baro Gebang hanya untuk menikmati keindahan alam sembari bersantai. Bahkan tak jarang Pantai Baro Gebang juga kerap dijadikan spot mancing ikan lho.

Jika kalian ingin mengitari Pantai Baro Gebang, kalian bisa menyewa perahu nelayan agar semakin mudah. Tentunya bagi kalian yang lapar juga bisa menikmati berbagai macam jajan kuliner di area Pantai Baro Gebang.

12. Wanawisata Ciwaringin

native.indonesia.com

Berikutnya ada tempat wisata alam yang begitu populer di Cirebon yaitu Wanawisata Ciwaringin. Wanawisata Ciwaringin sendiri berada di Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Kota Cirebon, Jawa Barat yang hanya berjarak 27 km saja dari kota Cirebon.

Tak hanya mudah dikunjungi dengan kendaraan pribadi, namun keberadaan Wanawisata Ciwaringin juga sangat mudah dikunjungi dengan transportasi umum. Selain itu untuk harga tiket masuk dari Wanawisata Ciwaringin hanya sebesar Rp10 ribu saja, terbilang cukup murah.

Ketika kalian mengunjungi Wanawisata Ciwaringin, maka kalian akan disuguhkan hutan kayu putih sekaligus panorama gunung hingga menjadikan suatu pemandangan yang begitu memukau. Bahkan Wanawisata Ciwaringin juga sangat khas aroma kayu putih yang berasal dari hutan kayu putih.

Tentunya kalian bisa mengunjungi Wanawisata Ciwaringin bersama keluarga atau teman terdekat agar petualangan yang dilakukan semakin seru.

13. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

news.detik.com

Jika kalian ingin wisata religi di Cirebon, maka kalian tak boleh melewatkan Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang berlokasi di Jl. Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat merupakan masjid tertua yang ada di kota Cirebon.

Ciri khas yang ditawarkan oleh Masjid Agung Sang Cipta adalah tidak ada kemuncak seperti yang teradapat pada masjid yang lainnya. Selain itu desain arsitektur dari Masjid Agung Sang Cipta juga banyak didominasi oleh pengaruh kerajaan Islam di masa lampau.

Konon katanya, pada saat pembangunan Masjid Agung Sang Cipta juga mengkaitkan dengan ratusan tokoh-tokoh penting seperti dari Kerajaan Majapahit, Cirebon dan Demak.

14. Makam Sunan Gunung Jati

investor.id

Berikutnya juga masih seputar destinasi wisata di Cirebon yaitu Makam Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati sendiri terletak di Jl. Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat. Yang mana untuk memasuki lokasi Makam Sunan Gunung Jati hanya dibandrol dengan harga Rp1000 saja.

Makam Sunan Gunung Jati juga termasuk ke dalam salah satu bagian sejarah Wali Songo yang sampai saat ini makam-makam beliau masih kerap dikunjungi untuk berziarah masyarakat umum. Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Makam Sunan Gunung Jati adalah adanya perpaduan desain arsitektur dari gaya Arab, Jawa dan juga China hingga memberikan keindahan tersendiri.

Tak hanya dikunjungi oleh masyarakat Cirebon saja, namun Makam Sunan Gunung Jati juga ramai dikunjungi dari luar daerah Cirebon. Mulai dari penduduk Jawa dan sekitarnya hingga etnis Tionghoa. Selain itu untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, Makam Sunan Gunung Jati juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap seperti toilet, lahan parkir hingga warung makan disekitar area tersebut.

15. Danau Setu Patok

tempatwisata.pro

Danau Setu Patok adalah salah satu destinasi Wisata gratis di Cirebon yang berlokasi tepat di Setupatok, Kec. Mundu, Kab. Cirebon, Jawa Barat. Biasanya pada saat weekend atau hari libur, Danau Setu Patok akan ramai dikunjungi para wisatawan.

Danau Setu Patok juga memberikan keindahan panorama yang menarik serta mengagumkan dan cocok dijadikan spot foto terbaik kalian. Selain itu untuk bisa mencapai Danau Setu Patok, kalian juga dapat melewati jalur Perumahan Argasunya damn Pantura Mundu.

16. Wahana Outbound Siwalk

Ihategreenjelo.com

Wahana Outbound Siwalk juga menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata Cirebon yang berikutnya. Lokasi Wahana Outbound Siwalk berada di Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke Wahana Outbound Siwalk adalah sekitar Rp3.000 saja.

Wahana Outbound Siwalk menawarkan banyak sekali permainan yang bisa kalian coba. Misalnya seperti lying fox, memancing, ATV, speed boat dan masih banyak lagi. Bahkan kalian juga bisa jalan-jalan mengitari Wahana Outbound Siwalk sembari menikmati pemandangan alam yang begitu indah.

17. Alun-Alun Kejaksan

suaracirebon.com

Berwisata ke kota Cirebon tentunya juga tak boleh melewatkan alun-alun Kejaksan yang berlokasi di Jl. Kartini, Kebon Baru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Alun-alun Kejaksan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang bisa memberikan kalian dukungan kenyamanan ketika berkunjung.

Mulai dari taman bermain, shelter PKL, jogging track, pedestrian dan microlibrary. Menariknya alun-alun Kejaksan juga memiliki ruang terbuka sekitar 30 persen yang mampu memberikan pesona nan indah lho.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai tempat bersantai saja, namun alun-alun Kejaksan juga bisa kalian jadikan tempat menikmati berbagai macam kuliner khas Cirebon.

18. Kampung Batik Trusmi

id.wikipedia.org

Rekomendasi terakhir destinasi wisata Cirebon yang berikutnya adalah Kampung Batik Trusmi. Kampung Batik Trusmi sendiri berada di Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Sama seperti namanya, Kampung Batik Trusmi akan memberikan banyak sekali beragam jenis batik dengan motif-motif cantik. Selain itu harga kain batik yang dijual di Kampung Batik Trusmi juga terbilang cukup terjangkau.

Selain itu Kampung Batik Trusmi juga menyediakan fasilitas workshop membatik bagi para pengunjungnya. Tentunya kalian bisa berwisata sambil belajar membuat batik di Kampung Batik Trusmi.

Tak bisa dipungkiri juga jika penduduk Kampung Batik Trusmi memiliki kemampuan membatik yang begitu ahli hingga menghasilkan suatu karya seni yang begitu indah nan cantik. Konon katanya keberadaan Kampung Batik Trusmi bisa ada karena salah satu murid dari Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi mengajari para warna daerah tersebut untuk membatik di masa lalu.

Nah itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata Cirebon yang tak boleh kalian lewatkan ketika berada di daerah tersebut. Jadi, dari rekomendasi wisata Cirebon di atas, mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang travelling, maka bisa mencarinya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. 20 Wisata Wonosobo Terbaik dan Wajib Dikunjungi untuk Healing 
  2. 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Populer 
  3. Rekomendasi 8 Wisata Alam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi 
  4. 16 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi! 
  5. 15 Kota di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan 
  6. 12 Destinasi Kota Terindah di Dunia 

Written by Ananda