in

7 Tips Berhenti Merokok dan Seberapa Bahaya Merokok bagi Kesehatan!

kompas.com

Tips Berhenti Merokok – Tahukah kamu rokok mengandung ribuan zat yang kemudian dapat membahayakan tubuh? Efek atau bahaya merokok sendiri memang tidak muncul secara langsung, tapi akan muncul secara perlahan-lahan, atau bahkan bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat. Hal ini karena di dalam rokok terkandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Namun, bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui tips berhenti merokok. Jangan cemas, karena di dalam artikel ini akan membahas tips berhenti merokok. Namun, sebelum membahasnya, ada baiknya kalau kamu mengetahui bahaya dari merokok terlebih dahulu.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Tips Berhenti Merokok
pexels.com

1. Risiko Kanker

Berdasarkan kepada Centers for Disease Control and Prevention, tahukah kamu 90% penyebab kematian yang diakibatkan oleh kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasan merokok? Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kanker di bagian tubuh lainnya diantaranya pada mulut, laring (kotak suara), faring (pada tenggorokan), kerongkongan, ginjal, hati, serviks, kandung kemih, pankreas, area perut, dan kolon.

Ketika sel-sel tubuh sudah terpapar asap rokok terlalu sering, maka saat itu pula sel-sel tubuh dalam keadaan bahaya. Jenis rokok apa pun yang kamu hisap, tetap bisa menyebabkan kanker. Oleh sebab itu, kebiasaan merokok ini harus dihilangkan agar terhindar dari kanker.

2. Masalah pada Kulit, Rambut, dan Kuku

Perubahan kulit kemudian menjadi salah satu gejala yang kerap muncul pada perokok. Zat dalam asap tembakau ini akan mengubah struktur pada kulit bagian dalam. Oleh sebab itu, orang yang merokok juga menjadi lebih rentan terkena infeksi kuku jamur. Infeksi jamur ini kemudian akan membuat kuku menjadi lebih rapuh dan tak sekuat biasanya.

3. Risiko diabetes

Perokok aktif memiliki risiko 30–40% lebih tinggi terkena diabetes jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan nikotin dalam rokok yang kemudian akan membuat kadar gula darah menjadi terlalu turun atau terlalu naik.

Selain itu, kandungan ini kemudian akan mengubah proses kimia di dalam sel, sehingga tak dapat merespons insulin. Kondisi ini biasanya disebut dengan resistensi insulin. Saat resistensi insulin terjadi, maka kadar gula darah di dalam tubuh kemudian akan menjadi terlalu tinggi. Hal ini sendiri dikarenakan hormon insulin bertugas membantu tubuh dalam menyerap glukosa.

Banyak orang yang rela menjadi perokok untuk dapat menurunkan berat badan, karena dengan merokok bisa membuat badan menjadi lebih kurus. Meski demikian, hal ini hanyalah mitos. Sebab berat badan tentunya akan ditentukan oleh keseimbangan antara asupan kalori serta jumlah energi yang kemudian dikeluarkan. Ketika kadarnya seimbang, maka berat badan kemudian akan menjadi lebih ideal.

4. Sistem Imun Melemah

Bahaya lain dari merokok adalah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh karena rokok mengandung tar serta zat kimia. Dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit autoimun,diantaranya rheumatoid arthritis atau rematik. Penyakit rematik ini akan menyerang sendi di tulang tangan dan area kaki. Jika tak segera diobati, maka bisa menyebabkan keropos tulang serta kelainan pada bentuk sendi.

5. Penyakit Pada Mata dan Gangguan Penglihatan

Tips Berhenti Merokok
pexels.com

Menurut National Eye Institute, merokok kemudian dapat meningkatkan risiko degenerasi makula hingga dua kali lipat pada orang-orang dengan usia di atas 65 tahun. Meski tak menyebabkan kebutaan total, tetapi degenerasi makula kemudian akan membuat kemampuan penglihatan utama seseorang menjadi terganggu. Selain itu, penderita diabetes yang merokok juga berisiko lebih cepat terkena retinopati diabetik yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kebutaan.

6. Luka Menjadi Susah Kering

Kecanduan nikotin kemudian akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kencang, sehingga akan menurunkan nutrisi yang kemudian akan disuplai ke luka. Akibatnya, adanya luka pada tubuh menjadi lebih sulit untuk kering.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Itu artinya, penyembuhan yang lebih lambat ini juga akan meningkatkan risiko infeksi setelah cedera ataupun operasi. Hal ini akan sangat berbahaya karena bakteri atau virus bisa masuk yang kemudian menginfeksi tubuh.

7. Penyakit Gigi dan Mulut

Orang yang merokok beresiko dua kali lipat untuk terkena penyakit gusi. Penyakit gusi atau yang kemudian disebut dengan periodontitis menjadi salah satu penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa. Di sisi lain, merokok juga akan turut menodai gigi.

Biasanya, gigi pada perokok berat di bagian depannya akan berwarna kuning atau kecokelatan terutama pada bagian tengahnya. Tentu saja kondisi ini kemudian akan mengganggu penampilan seseorang.

8. Gangguan Pada Indra Pengecap dan Penciuman

Tips Berhenti Merokok
pexels.com

Bahaya merokok lainnya adalah membuat sensitivitas lidah sebagai indera pengecap serta pada area hidung sebagai indra pencium menjadi menurun, sehingga nafsu makan pun kerap menjadi berkurang. Namun, hal ini kemudian tidak akan berlangsung selamanya atau secara permanen. Ketika kamu berhenti merokok, kemampuan ini akan kemudian akan kembali dengan sendirinya.

9. Penyakit Kardiovaskular Risiko Sindrom Metabolik

Bahaya merokok lainnya adalah untuk kardiovaskular atau bisa dibilang dapat meningkatkan tekanan darah, serta melemahkan dinding pembuluh darah. Bahkan, bisa meningkatkan risiko pembekuan darah. Orang yang merokok kurang dari lima batang sehari juga dapat memiliki tanda-tanda awal penyakit kardiovaskular.

10. Masalah pada Sistem Pernapasan

Asap rokok sebagai zat yang dapat merusak paru-paru serta memicu gangguan pernapasan. Seiring dengan berjalannya waktu, kerusakan ini kemudian bisa menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yang tak dapat disembuhkan. Bahkan, beberapa penyakit lainnya yang diakibatkan oleh merokok juga berkaitan dengan sistem pernapasan, diantaranya emfisema dan bronkitis.

Tips Berhenti Merokok yang Dapat Dilakukan

Tips Berhenti Merokok
pexels.com

Bagi para perokok, terutama pada para perokok berat, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa cara berhenti merokok yang kemudian dapat dipraktikkan agar seseorang dapat terlepas dari kebiasaan buruk ini.

Dengan begitu, tubuh kemudian akan kembali sehat dan risiko munculnya beragam penyakit pun turut menurun. Dengan kesabaran serta tekad yang kuat, kamu juga akan terbebas dari belenggu rokok serta berbagai bahaya yang menyertainya. Berikut di bawah ini beberapa tips berhenti merokok yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Mengelola Stres

Tips berhenti merokok yang pertama adalah mengelola stres. Stres merupakan salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok, karena kandungan nikotin di dalamnya juga akan memberikan efek relaksasi dengan cepat.

Namun, beberapa penelitian kemudian membuktikan bahwa kebiasaan merokok akan membuat seseorang lebih mudah mengalami stres.

Untuk meredakan stres, sebaiknya ubah kebiasaan merokok secara perlahan-lahan dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, diantaranya mendengarkan musik, melakukan terapi pijat, serta meditasi. Selain itu, sebisa mungkin hindari juga berbagai situasi yang akan mendatangkan stres.

2. Menghindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Tips berhenti merokok yang kedua adalah menghindari pemicu kebiasaan merokok. Saat sedang berusaha berhenti merokok, sebisa mungkin untuk menghindari faktor atau kebiasaan yang kemudian akan membuatmu kembali merokok, seperti minum kopi serta alkohol atau berkumpul dengan sesama perokok.

Jika terbiasa merokok setelah makan, sebaiknya kamu bisa mencari kebiasaan lain setelah makan, seperti mengunyah permen karet ataupun menggosok gigi.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebagian perokok aktif sering kali kita merasa kurang berselera untuk makan, karena nikotin di dalam rokok bisa mengurangi sensitivitas indera perasa serta penciuman. Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Selain itu, makanan sehat juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus juga mengembalikan selera makan yang kemudian berkurang akibat merokok.

4. Berolahraga Secara Rutin

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, olahraga bisa dibilang dapat mengurangi kecanduan terhadap nikotin. Saat keinginan merokok datang, sebaiknya kamu dapat mengalihkan keinginan ini dengan cara melakukan olahraga, seperti diantaranya jalan santai, berenang, ataupun bersepeda.

5. Membersihkan Rumah Secara Berkala

Kebersihan rumah ternyata menjadi salah satu faktor yang mendukung seseorang untuk berhenti merokok. Alangkah baiknya, bagi perokok yang ingin berhenti merokok untuk rutin mencuci pakaian, sprei, karpet, ataupun tirai yang mengandung aroma rokok. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pengharum ruangan untuk dapat menghilangkan bau asap rokok serta mengalihkan pikiran dari berbagai hal yang akan mengingatkanmu pada rokok, termasuk baunya.

6. Melibatkan Keluarga serta Teman Terdekat

Beri tahu keluarga serta kerabat dekat bahwa kamu sedang dalam proses berhenti merokok. Dengan demikian, mereka kemudian dapat membantu dan memberikan dukungan agar kamu selalu ingat akan tujuan berhenti merokok yang ingin dicapai.

7. Hipnoterapi

Salah satu cara berhenti merokok di antaranya dengan menjalani terapi alternatif yaitu hipnoterapi. Efektivitas hipnoterapi dalam menghentikan kebiasaan merokok sebenarnya belum diketahui secara pasti. Meski begitu, ada sebagian orang yang mengatakan kalau dengan hipnoterapi, maka bisa kebiasaan untuk merokok menjadi berkurang. Lebih baik lagi, kalau kamu tetap melakukan hal ini di bawah pengawasan dokter.

Itulah beberapa tips merokok yang bisa kamu terapkan dengan baik. Namun, hal yang perlu catat adalah untuk berhenti merokok tidak bisa terjadi dalam waktu singkat, tetapi dibutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, apakah kamu berniat untuk berhenti merokok?

Buku-Buku Terkait

1. Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh

Tips Berhenti Merokok

“Isi Piringku” adalah panduan porsi gizi seimbang yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 50% porsi piring diisi sayur segar dan buah. Lalu, bagaimana memadukan racikan sayur segar (yang bukan “salad”) bersama lauk yang sehat? Bagaimana juga dengan keterampilan memilih, meracik dan mengolah makanan yang bagi generasi masa kini terasa membebani? Buku inilah jawabannya.

Uraian edukasi yang ringkas, ringan, dengan referensi yang dapat dipercaya sehingga memberi bobot tentang mengapa bahan makanan tertentu dipilih, bagaimana meracik yang benar, dan cara olah seperti apa yang tetap mempertahankan kualitas gizi makanan. Dijamin menyiapkan makanan sehat bagi keluarga terasa mudah dan menyenangkan, tanpa menghilangkan rasa enak yang memanjakan lidah.

Buku Resep Panjang Umur, Sehat & Sembuh—yang pernah terbit sepuluh tahun yang lalu, dan mengalami cetak ulang berkali-kali—ini telah mengalami banyak perubahan dan disertai informasi ilmu gizi terkini. Sederhana namun bukan miskin rasa, mudah tapi tidak hanyut dalam kepraktisan, buku ini hadir dengan 32 resep racikan sayur segar dan 40 resep lauk berbumbu asli tanpa harus diberi gula dan minyak goreng apalagi produk rafinasi.

2. Remaja Indonesia, Jauhi Rokok!

Tips Berhenti Merokok

Lo dianggap laki-laki cemen kalau belum tahu rasanya rokok. Kalimat itu tampaknya sering dijadikan para remaja merasa dirinya tertantang membuktikan diri sebagai laki-laki. Anehnya, sekarang banyak juga para remaja putri yang tidak ingin ketinggalan. Mereka sering menggunakan rokok sebagai bahasa pergaulan di antara para remaja.

Di balik kenikmatan yang sesaat, berbagai bahaya merokok siap menggerogoti kesehatan setiap organ tubuh, menyebabkan banyak penyakit, dan mengurangi kesehatan perokok aktif secara umum. Bahaya itu pun mengincar orang-orang di sekitar, yang terpapar asap rokok dari seorang perokok aktif. Mereka inilah yang disebut perokok pasif.

Di antara penyakit yang mungkin timbul akibat rokok adalah penyakit kanker paru-paru, jantung koroner, stroke, impoten, disfungsi ereksi, kemandulan, dan penyakit berbahaya lainnya. Jadi, masih ingin bahagiakan hidupmu dan orang-orang yang kamu sayangi dengan rokok?

3. Dinamika Kebijakan Tarif Cukai Rokok – The Untold Story

Tips Berhenti Merokok

Penentuan tarif cukai rokok selalu menjadi perdebatan dan mengundang polemik di kalangan masyarakat. Tak banyak yang tahu kalau dalam proses penyusunannya begitu kompleks dan melibatkan banyak pihak. Berdasarkan 20 tahun pengalaman, penulis menguak secara transparan berbagai hal di balik proses penyusunan tarif cukai yang jarang diketahui masyarakat umum.

Mulai dari latar belakang pertimbangan yang diambil, berbagai perubahan sistem, dasar kebijakan yang seolah saling berlawanan, cerita di balik peristiwa uji materiil PMK-167/PMK.011/2011, peta jalan simplifikasi struktur tarif cukai Hasil Tembakau, hingga pengenaan cukai untuk produk vape (e-liquid/e-juice).

Ditulis secara lugas dan popular, buku ini bisa menjadi panduan penyusunan dan pertimbangan kebijakan tarif cukai Hasil Tembakau di Indonesia bagi pemerintah, pembuat kebijakan, akademisi, pelaku industri, dan mahasiswa perpajakan, khususnya cukai Hasil Tembakau.

4. Divine Kretek Rokok Sehat

Tips Berhenti Merokok

Divine Kretek Rokok Sehat bermanfaat menyehatkan badan dan dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit degeneratif, Hampir semua penyakit disebabkan oleh radikal bebas dan partikel logam seperti merkuri yang masuk ke dalam tubuh. baik karena pencemaran udara dan lingkungan, makanan, dan minuman. Asap Divine Kretek akan mempercepat detoksifikasi karena mampu memperkecil partikel racun dalam tubuh.

5. Di Sini dan Saat Ini: Pendekatan Sehat Mental untuk Menikmati Setiap Momen di Masa Kini

Tips Berhenti Merokok

Menurut Kabat-Zinn, mindfulness adalah kesadaran yang muncul dengan mengarahkan perhatian pada satu tujuan di momen saat ini. Perhatian dapat diarahkan ke satu objek yang ada di momen saat ini. Objek tersebut dapat berupa nafas, tubuh, suara, aroma, atau apapun aktivitas yang sedang dilakukan dalam bentuk single tasking. Dengan berlatih mindfulness kita dapat berfokus pada satu objek tertentu.

Menyadari dan mengamati berbagai dinamika pengalaman yang terjadi. Berlatih untuk hadir sepenuhnya dan menikmati setiap momen yang terjadi dalam kehidupan. Terlihat mudah bukan. Namun pada kenyataannya, berlatih mindfulness nampaknya tidak semudah perkiraan kita. Apalagi mencoba melakukannya di setiap aktivitas kita. Buku ini akan mengulas secara mendalam terkait mindfulness disertai dengan panduan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan membaca buku ini, tidak ada lagi kata sulit berlatih mindfulness.

Jika kamu ingin mencari buku tentang pernikahan Islami, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Sistem Pernapasan Manusia: Pengertian, Proses, Organ, dan Bagian-Bagiannya 
  2. Mengenal 14 Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Penyakitnya 
  3. Memahami Urutan Organ Pernapasan Manusia dan Fungsi Sistem Pernapasan 
  4. 10 Fungsi Paru-Paru Disertai Bagian-Bagiannya 
  5. Pengertian Sistem Organ Manusia dan Penjelasan Fungsinya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda