in

12 Tips Belajar Daring Agar Tetap Efektif

Tips Belajar Daring – Pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, mau tidak mau Grameds harus melakukan segala aktivitas sehari-hari di dalam rumah, tak terkecuali sekolah. Sekolah daring atau sekolah online telah menjadi rutinitas para pelajar dan mahasiswa pada dua tahun terakhir ini.

Belajar secara daring (dalam jaringan; online) tentu mempunyai tantangan tersendiri, walaupun tampaknya lebih bebas dan fleksibel, beberapa pelajar justru sering mengeluh akan adanya belajar daring ini.

Tantangan yang paling utama adalah tidak semua pelajar di seluruh Indonesia memiliki perangkat teknologi seperti smartphone atau laptop dan koneksi jaringan internet sebagai sarana utama dalam belajar daring.

Ada juga beberapa tantangan lain yang dirasakan oleh pelajar, misalnya perasaan bosan dan tidak memahami materi yang disampaikan saat proses belajar daring.

Berkaitan dengan hal tersebut, seorang akademisi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya, Dr. Martadi, M.Sn mengungkapkan bahwa dalam proses belajar daring ini, poin utamanya terletak pada kreativitas guru atau dosen saat menyampaikan materi pembelajaran supaya menjadi lebih variatif.

Pendapat tersebut diungkapkan Beliau dalam sebuah Webinar Pendidikan yang mengangkat tema “Strategi Pembelajaran Daring dalam Dinamika Pendidikan di Era Literasi Digital”.

Lalu, apakah ada tips efektif yang dapat digunakan dalam proses belajar daring seperti saat ini? Tentu saja ada!

Yuk simak beberapa tips mengenai belajar daring berikut!

1. Siapkan Ruang Belajar Versi Kamu

Keberadaan ruang belajar ini menjadi hal penting dalam proses belajar daring. Kamu dapat menggunakan kamar pribadi atau jika rumahmu mempunyai ruangan di loteng, kamu dapat menggunakan ruangan tersebut sebagai ruang belajar pribadimu.

Ruang belajar tersebut “diciptakan” supaya kamu tidak terganggu dari adanya suara-suara bising di luar, misalnya suara tetangga yang sedang memotong keramik, suara ayam berkokok, suara abang siomay lewat, dan lain-lain.

Bersihkan dan tata ruangan tersebut senyaman kamu. Usahakan memakai meja ya supaya punggung kamu tidak lelah karena menunduk terus-menerus. Tidak perlu membeli meja baru, kamu bisa menggunakan meja yang sudah ada saja.

Jangan lupa untuk mempersiapkan buku catatan untuk mencatat materi saat proses belajar daring, ya…

2. Buat Jadwal Belajar Daring

Sama halnya dengan belajar luring di sekolah, belajar daring juga membutuhkan sebuah jadwal. Jadwal tersebut dapat berguna secara efektif supaya kamu tidak lalai mengenai pembagian waktu pelaksanaan mata pelajaran sehari-hari.

banner-promo-gramedia

Buatlah jadwal di mana kamu dapat memposisikan diri antara kewajiban belajar dan hak untuk beristirahat. Jangan mempunyai kebiasaan untuk memforsir otak dan tenaga saat belajar. Ingat, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Supaya lebih menarik, kamu dapat menggunakan bolpoin warna-warni dalam membuat jadwal belajar daring ala kamu!

tombol beli buku

3. Biasakan Mandi Sebelum Memulai Belajar Daring

Sebelum melaksanakan belajar daring, biasakan untuk mandi pagi. Hal tersebut supaya tubuh kamu segar dan tidak merasa ngantuk ketika mendengar penjelasan materi dari guru atau dosenmu.

Selain itu, mandi pagi juga dapat membuatmu tampak fresh sehingga secara tidak langsung dapat membuat otakmu untuk lebih berkonsentrasi saat menyimak materi pembelajaran.

4. Batasi Penggunaan Gadget

Saat belajar daring, usahakan untuk membatasi penggunaan gadget supaya pikiranmu lebih fokus pada materi yang sedang disampaikan. Kamu bisa mengaktifkan mode silent di smartphone milikmu sehingga kamu tidak tergoda akan adanya notifikasi yang masuk.

Selain itu, kamu juga harus mematikan televisi supaya suasana belajar daring menjadi lebih kondusif. Konsentrasimu akan terbagi bukan apabila ada suara televisi dan suara penjelasan materi dari guru atau dosenmu?

 

tombol beli buku

5. Siapkan Buku Catatan

Ketika belajar daring, pasti kamu sering merasa bosan dan bengong ketika guru atau dosenmu tengah menjelaskan materi. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menyibukkan diri untuk menulis poin-poin penting dalam buku catatan milikmu.

Apakah kamu sering melihat postingan aesthetic notes di linimasa sosial media milikmu? Nah, kamu juga bisa lho membuat catatan unik seperti itu. Aesthetic notes tersebut dapat membuatmu lebih semangat untuk membaca dan mempelajari kembali materi yang telah diberikan oleh guru atau dosenmu.

Langkah pertama dalam membuat aesthetic notes tersebut adalah mencatat materi yang telah diberikan. Catat ala kadarnya saja, yang penting kamu memahami catatan tersebut. Setelah itu, baru kamu tulis ulang dengan bolpoin dan spidol warna-warni sesuai kreativitasmu.

https://id.pinterest.com/

6. Siapkan Cemilan Favorit

Tips selanjutnya yang dapat mencegah kamu untuk tidak cepat mengantuk saat proses belajar daring adalah dengan mengunyah cemilan. Pilih cemilan yang bergizi, misalnya buah-buahan, kacang-kacangan, atau yoghurt.

Namun, jangan terlalu sibuk mengunyah cemilan sampai kamu tidak fokus dengan penjelasan materinya ya… 

7. Jangan Duduk Terlalu Lama

Ketika belajar daring, kamu pasti sering berada dalam posisi duduk menghadap laptop. Posisi duduk yang terlalu lama tentu tidak baik untuk tubuh.

Sekali-kali lakukanlah peregangan supaya tubuhmu lebih bugar. Berjalan-jalan sebentar mengelilingi ruangan juga bisa. Pokoknya jangan biarkan tubuhmu dalam posisi duduk dalam waktu yang lama ya…

8. Menjadi Aktif Selama Pembelajaran Daring Berlangsung

Menjadi siswa atau mahasiswa yang aktif bertanya saat pembelajaran daring ternyata dapat membuatmu lebih fokus akan materi yang disampaikan lho…

Apabila kamu terus menjaga komunikasi dengan guru atau dosenmu ketika menyampaikan materi, kamu akan lebih dapat mengerti dan fokus akan penjelasannya. Bertanya saja jika kamu kurang memahami materinya.

banner-promo-gramedia

9. Mengulang Materi yang Telah Disampaikan

Setelah pembelajaran daring selesai, kamu bisa sesekali membaca ulang materi yang telah kamu catat sebelumnya. Kamu juga bisa mendengarkan kembali rekaman yang berkaitan dengan penjelasan guru atau dosen mengenai materi pelajaran.

Hal tersebut dapat meningkatkan daya ingatmu terhadap materi pelajaran sehingga saat diadakan ujian, kamu tidak akan kewalahan mempelajarinya.

10. Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Apakah boleh belajar sambil mendengarkan musik? Tentu saja boleh.

Bagi beberapa orang, belajar sambil mendengarkan musik favorit dapat menambah semangat dan konsentrasi mereka. Apabila kamu tipe orang yang mempunyai gaya belajar auditori, maka tips ini cocok untuk proses belajar daringmu.

Dalam gaya belajar auditori, cenderung menggunakan suara-suara untuk mendukung konsentrasi, misalnya suara lantunan musik atau rekaman materi pembelajaran.

Bahkan dalam kasus, keberadaan musik dinilai bermanfaat dalam proses mengingat materi pelajaran dan dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Dari hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan, ternyata musik juga dapat membantu kamu untuk mengatasi stress dan kecemasan lho…

Perlu diingat bahwa selera musik setiap orang itu berbeda-beda, sehingga kamu dapat belajar sambil mendengarkan lagu atau musik sesuai dengan kesukaanmu. Selain itu, lebih baik mendengarkan musik dengan volume yang pelan saja ya…

11. Menjaga Komunikasi dengan Teman

Sama halnya ketika belajar secara luring di sekolah, saat belajar daring di rumah pun kamu juga perlu menjaga komunikasi dengan teman-temanmu. Buat grup chat khusus dengan teman-temanmu untuk membahas tugas yang diberikan oleh guru atau dosenmu tersebut.

Hal ini bukan berarti kamu bisa saling mencontek tugas, tetapi untuk membahas dan bertanya mengenai penugasan yang menurutmu sulit untuk dikerjakan. Setelah mendapatkan cara atau catatan tambahan dari teman dalam mengerjakan tugas tersebut, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ya.

Ingat, dalam hal ini kamu harus tetap mengerjakan penugasan yang diberikan secara mandiri.

12. Jangan Lupa Untuk Refreshing

Di sela-sela belajar daring, kamu juga harus tetap menjaga pikiran dan tubuhmu untuk tetap segar. Kamu tentu saja boleh istirahat dengan bermain game, scroll sosial media, menonton film, jalan-jalan, berolahraga, dan lain-lain.

Kegiatan-kegiatan tersebut dinilai dapat menjaga mood kamu supaya tetap stabil sehingga dapat lebih berkonsentrasi saat belajar daring. Kegiatan refreshing tersebut juga dapat membantumu mengelola stress dan menyalurkannya pada hal-hal yang positif.

banner-promo-gramedia

Satu hal yang perlu diingat saat belajar daring adalah dengan istirahat yang cukup, baik sebelum dan setelah belajar daring. Apabila kamu merasa kelelahan karena terlalu lama belajar daring, segera beristirahat ya…

tombol beli buku

Nah, itulah beberapa tips belajar daring yang dapat diterapkan selama pandemi Covid-19 ini. Meskipun aktivitas sehari-hari kita saat ini tengah dibatasi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan.

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum