in

10 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Camp Nou

pinterest/Mbeale

Stadion Terbesar di Dunia – Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang tampak begitu digemari oleh hampir setiap orang. Bahkan banyak ajang untuk olahraga jenis sepak bola ini. Tentunya kalian juga tahu jika stadion adalah area yang digunakan untuk berlangsungnya olahraga sepak bola.

Setidaknya dalam satu Negara ada satu buah stadion dengan kapasitas tertentu. Menariknya ada juga lho 10 stadion terbesar di dunia. Bahkan mungkin kalian pernah mendengar beberapa nama dari stadion tersebut.

Meski banyak yang tahu tentang olahraga sepak bola. Namun tak semua orang tahu deretan stadion yang masuk ke dalam 10 besar stadion dengan kapasitas terbesar di dunia. Maka dari itu agar wawasan olahraga sepak bola kalian juga semakin meningkat.

Akan lebih baik jika kalian juga tahu 10 daftar stadion di dunia. Pada penjelasan yang ada dalam artikel  ini akan membantu kalian untuk mengetahui deretan stadion dengan kapasitas terbesar di dunia.

Tentunya akan seru sekali jika update info terbaru pemain sepak bola diimbangi oleh pengetahuan stadion sepak bola yang masuk ke dalam daftar stadion terbesar di dunia. Apa saja itu ? Berikut adalah informasi selengkapnya.

Daftar Stadion Terbesar di Dunia

1. Stadion Stade des Martyrs

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/skyscrapercity.com

Stadion Stade des Martyrs menduduki peringkat pertama sebagai salah satu stadion dengan kapasitas penonton terbanyak. Setidaknya kapasitas dari Stadion Stade des Martyrs untuk pertandingan internasional mampu menampung 80.000 penonton.

Namun jika diulas lebih dalam sebenarnya Stadion Stade des Martyrs memiliki kapasitas total sebesar 125 ribu penonton. Stadion Stade des Martyrs sendiri berada di Lingwala di Kinshasa, ibukota Republik Demokratik Kongo.

Banyak orang juga lebih mengenal Stadion Stade des Martyrs dengan sebutan  Stade Kamanyola. Memiliki kapasitas yang terbilang cukup banyak tak hanya membuat Stadion Stade des Martyrs digunakan untuk pertandingan sepak bola saja.

Pasalnya Stadion Stade des Martyrs juga kerap digunakan untuk keperluan kegiatan lain seperti konser dan kompetisi atletik lainya. Pembangunan Stadion Stade des Martyrs dimulai pada tahun 1993.

Perlu diketahui juga jika Stadion Stade des Martyrs merupakan stadion yang digunakan sebagai tuan rumah dari klub  Nasional Republik Demokratik Kongo dan AS Vita Club DC Motema Pembe dari Republik Demokratik Kejuaraan sepak bola Kongo.

2. Stadion Rungrado May Day

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/sportstardom.com

Di urutan kedua ada Stadion Rungrado May Day yang juga masuk ke dalam daftar stadion terbesar di dunia. Kapasitas penonton yang ada pada Stadion Rungrado May Day adalah sekitar 150 ribu orang. Akan tetapi ada perkiraan lain yang menunjukkan jika Stadion Rungrado May Day memiliki kapasitas penonton sekitar 114 ribu orang.

Meski begitu tetap saja Stadion Rungrado May Day menjadi salah satu stadion terbesar di dunia. Stadion Rungrado May Day sendiri terletak di Negara Korea Utara tepatnya di Kota Pyongyang.

Tak hanya digunakan sebagai arena ajang olahraga seperti sepak bola maupun cabang atletik lainnya. Namun Stadion Rungrado May Day juga kerap digunakan  untuk jenis kegiatan lain seperti festival hiburan maupun parade militer.

Sebagai contohnya adalah pada tahun 2002, Stadion Rungrado May Day digunakan sebagai lokasi diadakannya festival koreografi. Dimana festival tersebut dikenal dengan sebutan Arirang Festival. Pada kegiatan tersebut Stadion Rungrado May Day mampu menampung kurang lebih sebanyak 100 ribu orang.

Bahlan Arirang Festival yang diadakan di Stadion Rungrado May Day juga masuk ke dalam Guinness Book of Records sebagai salah satu festival termegah di dunia.

Stadion Terbesar di Dunia

3. Stadion AT&T

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/hksinc.com

Berikutnya ada Stadion AT&T yang juga termasuk ke dalam daftar stadion terbesar di dunia. Stadion AT&T mampu menampung kurang lebih sekitar 105 ribu orang. Tak heran jika Stadion AT&T menempati posisi ketiga sebagai stadion terbesar di dunia.

Selain itu Stadion AT&T juga kerap disebut sebagai stadion dengan kubah terbesar di dunia. Bahkan Stadion AT&T juga menjadi stadion tertinggi kedua di dunia.

Letak dari Stadion AT&T lebih tepatnya di Kota Arlington Texas Amerika Serikat. Sebelumnya Stadion AT&T juga lebih banyak dikenal sebagai stadion cowboys.

Proses pembangunan dari Stadion AT&T adalah dimulai dari tahun 2005 hingga tahun 2009. Lalu untuk tuan rumah dari Stadion AT&T adalah klub Dallas Cowboys.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Menjadi stadion terbesar di dunia tak hanya menjadikan Stadion AT&T sebagai arena pertandingan sepak bola saja. Namun beberapa cabang olahraga atletik lainnya juga kerap dilangsungkan di Stadion AT&T.

Sebagai contohnya adalah ketika pertandingan sepak bola antara Dallas Cowboys vs. New York Giants, Stadion AT&T mampu menampung sebanyak 105,121 penonton. Pertandingan antara Dallas Cowboys vs New York Giants berlangsung pada 21 September 2009.

Lalu untuk cabang olahraga basket NBA All-Star Game 2010 yang diadakan di Stadion AT&T juga mampu menampung sekitar 108,713. Pertandingan NBA All-Star Game 2010 dilangsungkan pada 14 Februari 2010.

Terakhir ada pertandingan tinju antara Manny Pacquiao vs. Joshua Clottey pada tanggal 13 maret 2010 yang juga dilangsungkan di Stadion AT&T dengan jumlah penonton sebanyak 50,994 orang.

4. Stadion Melbourne Cricket Ground

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/sportsmatik.com

Berikutnya ada Stadion Melbourne Cricket Ground yang juga masuk sebagai salah satu stadion ketiga. Dengan kapasitas penonton sekitar 100 ribu orang membuat Stadion Melbourne Cricket Ground menempati posisi keempat sebagai stadion terbesar di dunia.

Letak dari Stadion Melbourne Cricket Ground sendiri berada di Melbourne Australia. Menariknya Stadion Melbourne Cricket Ground tak hanya menjadi salah stadion terbesar di dunia saja. Namun Stadion Melbourne Cricket Ground juga termasuk stadion terbesar di Australia.

Stadion Melbourne Cricket Ground sebenarnya memang ditujukan untuk arena pertandingan kriket. Namun  tak jarang juga Stadion Melbourne Cricket Ground digunakan untuk keperluan kegiatan lain seperti arena pertandingan sepak bola, rugby, konser dan kegiatan lainnya.

Pada tahun 1953, Stadion Melbourne Cricket Ground menjadi tuan rumah ajang pertandingan kriket. Tak hanya itu saja, beberapa klub sepak bola besar di Eropa juga menjadikan Stadion Melbourne Cricket Ground sebagai tuan rumah. Contohnya Manchester United dan Juventus.

Pembangunan dari Stadion Melbourne Cricket Ground adalah pada tahun 1853 dan tepat satu tahun setelahnya proses pembukaan stadion pun dimulai. Pada saat itu Stadion Melbourne Cricket Ground adalah satu-satunya tribun yang mampu menampung sekitar 2 ribu penonton.

Lalu pada tahun 1970, Stadion Melbourne Cricket Ground mampu menampung penonton sebanyak 120 ribu orang. Sedangkan untuk rekor penonton terbanyak adalah pada tahun 1959 di acara keagamaan yang melibatkan sekitar 130 ribu penonton.

Dari situ baru mulailah ada tahap renovasi yang dilakukan pada proses pengurangan kapasitas penonton menjadi 100 ribu penton. Hal ini dilakukan agar keamanan dan kenyaman Stadion Melbourne Cricket Ground tetap bisa didapatkan. Perlu diketahui juga jika Stadion Melbourne Cricket juga lebih kerap dikenal dengan sebutan The G.

Stadion Terbesar di Dunia

5. Stadion Camp Nou

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/getyourguide.com

Para pecinta sepak bola tentunya tak asing dengan Stadion Camp Nou. Ya, Stadion Camp Nou merupakan markas dari klub sepak bola besar Barcelona FC. Memiliki kapasitas penonton sekitar 99.354 orang menjadikan Stadion Camp Nou sebagai salah satu stadion terbesar di dunia.

Dengan kapasitas penonton tersebut, Stadion Camp Nou berhasil menduduki peringkat kelima sebagai stadion terbesar di dunia. Stadion Camp Nou sendiri terletak tepatnya di Barcelona Spanyol Camp Nou.

Stadion Camp Nou sendiri mulai dibangun pada tahun 1957. Ketika Stadion Camp Nou selesai dibangun dan mulai dibuka ternyata stadion tersebut juga pernah menjadi stadion terbesar di Eropa pada masa itu.

Sejak awal dibukanya Stadion Camp Nou hingga saat ini sudah banyak pertandingan internasional yang cukup bergengsi. Diantaranya adalah Piala Eropa pada tahun 1989 dan tahun 1999. Lalu laga Copa del Rey dan juga Piala Super UFFA.

Stadion Camp Nou saat ini sedang melangsungkan proses renovasi. Bahkan karena Stadion Camp Nou dianggap sebagai salah satu tempat yang dihormati. Maka proses rekonstruksi yang rencananya akan selesai pada tahun 2022 ini diperlukan sebuah referendum atau pemungutan suara.

Pada tahun 1986 pertandingan antara Barcelona melawan Juventus menjadikan Stadion Camp Nou mampu menampung kurang lebih sekitar 120 ribu penonton. Salah satu hal yang menarik dari Stadion Camp Nou bukan hanya sekedar sebagai arena pertandingan olahraga saja.

Pasalnya pada bagian dalam Stadion Camp Nou terdapat sebuah museum FC Barcelona. Bahkan kabarnya museum di Stadion Camp Nou memiliki jumlah pengunjung terbanyak setelah museu Picasso yang sama-sama masih berada di Barcelona. Setidaknya untuk jumlah pengunjung museum Stadion Camp Nou dalam satu tahun sekitar 1,2 juta pengunjung.

6. Stadion FNB

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/sportsmatik.com

Selanjutnya ada Stadion FNB atau yang juga dikenal dengan nama Stadion First National Bank. Memiliki kapasitas penonton kurang lebih sebanyak 94.736 orang membuat Stadion FNB mampu masuk ke dalam daftar stadion terbesar di dunia.

Stadion FNB sendiri terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Selain itu Stadion FNB juga sebagai salah satu tempat SAFA atau lebih dikenal Asosiasi Sepak Bola Afrika Selatan.

Pembangunan Stadion FNB selesai pada tahun 2009 dan satu tahun berikutnya, Stadion FNB mampu menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2010. Pembangunan dari Stadion FNB sebenarnya adalah rekonstruksi stadion sebelumnya.

Lebih tepatnya stadion sebelumnya dibangun pada tahun 1986 dan berhasil dibuka tahun 1987. Lalu mengalami renovasi besar pada tahun 2009. Proses renovasi dari Stadion FNB kurang lebih membutuhkan dana sekitar 200 juta USD.

Selain digunakan untuk arena pertandingan sepak bola. Stadion FNB juga digunakan untuk jenis olahraga atletik lainnya seperti pada tahun 1995, Piala Dunia Rugby dilangsungkan di Stadion FNB.

7. Stadion Rose Bowl

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/Mbeale

Berikutnya ada Stadion Rose Bowl yang juga masuk ke dalam salah satu daftar stadion terbesar di dunia. Kapasitas penonton yang dimiliki oleh Stadion Rose Bowl adalah sekitar 92.542 penonton. Hal ini yang menjadikan Stadion Rose Bowl sebagai salah satu stadion terbesar di dunia peringkat ke-7.

Stadion Rose Bowl sendiri terletak di Pasadena California. Meski lebih kerap dikenal sebagai stadion American Football. Namun Stadion Rose Bowl juga kerap dijadikan untuk menyelenggarakan ajang olahraga lainnya seperti putaran final Piala Dunia FIFA.

Bahkan pertandingan antar klub Amerika juga kerap dilangsungkan di Stadion Rose Bowl. Selain itu beberapa konser besar berskala dunia juga pernah dilangsungkan pada Stadion Rose Bowl.

Awal pembangunan Stadion Rose Bowl adalah pada tahun 1921. Lalu awal dibukanya Stadion Rose Bowl adalah pada 8 Oktober 1922 dan pada 1 Januari 1923 menjadi tahun pertama Stadion Rose Bowl menjadi arena pertandingan.

Stadion Terbesar di Dunia

8. Stadion Wembley

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/besthqwallpapers.com

Bagi pecinta sepak bola tentunya tidak asing dengan Stadion Wembley. Banyak orang menyebutkan Stadion Wembley adalah Stadion New Wembley agar terlihat berbeda dari stadion sebelumnya. Sebab bisa dibilang Stadion Wembley yang saat ini kalian kenal adalah versi terbarunya.

Awalnya Stadion Wembley didirikan pada tahun 1923. Lalu mengalami renovasi pada tahun 2022 hingga 2007. Dan untuk lokasi tepatnya dari Stadion Wembley adalah berada di London Inggris.

Beberapa hal menarik juga dimiliki oleh Stadion Wembley. Salah satunya adalah ciri khas yang ditunjukkan oleh Stadion Wembley berada pada lengkungan raksasa. Lengkungan ini berguna sebagai tiang utama penyangga bagian atap Stadion Wembley.

Ukuran lapangan dari Stadion Wembley adalah berkisar 105 x 69 m. Setiap tahunnya Stadion Wembley juga kerap digunakan sebagai tuan rumah Final Asosiasi Sepak Bola atau lebih dikenal dengan sebutan FA.

Selain itu Stadion Wembley juga kerap menjadi tempat dilangsungkannya banyak kegiatan besar. Contohnya Stadion Wembley pernah menjadi komponen sentra ketika pencalonan Inggris sebagai tuan rumah Piala Dunia 2008 dan 2022.

Pada tahun 2012, Stadion Wembley juga menjadi tuan rumah dari diadakannya Final Olimpiade London cabang olahraga sepak bola. Bahkan beberapa konser besar juga pernah dilangsungkan di Stadion Wembley. Contohnya adalah konser dari Adele, Green Day, Mouse, Oasis, Take That, dan lain sebagainya.

Stadion Wembley juga memiliki beberapa kapasitas penonton. Untuk pertandingan sepak bola, liga rugbi dan uni rugbi memiliki kapasitas penonton sekitar 90 ribu orang. Lalu untuk sepak bola Amerika memiliki kapasitas penonton sebanyak 86 ribu orang.

Pada kegiatan konser Stadion Wembley mampu menampung setidaknya sekitar 75 hingga 90 ribu penonton duduk dan 15 ribu penonton berdiri. Lalu untuk cabang atletik lainnya sekitar 68.400 hingga 72 ribu orang.

9. Stadion Estadio Azteca

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest/Salgadoc

pinterest /Salgadoc

Posisi selanjutnya ada Stadion Estadio Azteca. Dengan kapasitas sekitar 87.532 orang mampu ditampung oleh Stadion Estadio Azteca. Hal ini juga menjadikan Stadion Estadio Azteca masuk ke dalam daftar stadion terbesar di dunia.

Stadion Estadio Azteca sendiri berada di Tlalpan, Kota Meksiko, Meksiko. Proses pembangunan Stadion Estadio Azteca sendiri dimulai pada tahun 1961 dan mulai dibuka pada tahun 29 Mei 1966. Namun Stadion Estadio Azteca juga mengalami renovasi pada tahun 1986, 1999, 2013 dan 2016.

Salah satu hal yang membuat Stadion Estadio Azteca terlihat beda dari stadion megah lainnya adalah pada banyaknya ruang pribadi yang bisa digunakan untuk klien korporat besar. Setidaknya ada 856 ruang pribadi atau tempat duduk premium.

Ukuran lapangan yang dimiliki oleh Stadion Estadio Azteca adalah 105 m x 68 m. Menariknya Stadion Estadio Azteca juga pernah menjadi tuan rumah dua perhelatan Piala dunia yaitu di tahun 1970 dan 1986.

Tak hanya itu saja, pasalnya Stadion Estadio Azteca juga menjadi arena ajang olahraga lain seperti Gold Cup dan Piala Konfederasi FIFA.

10. Stadion Nasional Bukit Jalil

Stadion Terbesar di Dunia
pinterest /sportsmatik.com

Stadion Nasional Bukit Jalil yang berada di Kuala Lumpur Malaysia juga termasuk ke dalam salah satu stadion terbesar di dunia. Stadion Nasional Bukit Jalil mampu menampung sekitar 97.411 penonton. Selain itu Stadion Nasional Bukit Jalil juga termasuk sebagai salah satu stadion terbesar di Asia Tenggara.

Pada tahun 1988 Stadion Nasional Bukit Jalil pernah menjadi tuan rumah Commonwealth Games. Tak hanya sebagai tuan rumah tim nasional Malaysia saja. Namun Stadion Nasional Bukit Jalil juga kerap dijadikan sebagai arena pertandingan olahraga internasional lain.

Nah itulah beberapa stadion yang masuk ke dalam 10 daftar stadion terbesar di dunia. Namun bisa saja seiring berjalannya waktu akan stadion-stadion lain dengan kapasitas yang lebih besar dari beberapa daftar di atas.

BACA JUGA:

  1. 10 Kota Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi 
  2. 10 Pulau Terbesar di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui 
  3. 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya 
  4. 10 Danau Terbesar di Dunia 
  5. 7 Benua di Dunia, Kamu Harus Tahu Ini! 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda