in

Penemu Radio: Sejarah Dan Biografi Guglielmo Marconi

Penemu Radio – Apakah Grameds mengetahui siapa penemu radio pertama kali? Grameds pasti sudah tidak asing lagi dengan radio, teknologi yang mungkin sekarang memang sudah tidak populer lagi. Namun radio pernah sangat populer di dunia sebagai alat komunikasi yang canggih dengan menghubungan wilayah yang lebih luas dan kondisi krisis sekalipun seperti saat perang. Jaringan radio juga masih bisa kita dengar saat ini, misalnya lewat gawai,dan perangkat lainnya.

Secara umum radio  adalah suatu teknik yang umumnya menggunakan gelombang elektromagnetik untuk membawa sinyal dan mengubah gelombang radio menjadi suara (bunyi). Gelombang ini menyebar melalui udara dan ruang. Saat ini keberadaan radio sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Dari tahun 90-an hingga 2000-an, perangkat elektronik ini sangat populer, termasuk di Indonesia.

Sekitar 20 tahun yang lalu, sebelum televisi tersebar luas dan internet merajalela seperti sekarang, orang menggunakan radio untuk mendengarkan program komersial seperti komedi, drama, musik, dan berita. Dalam sejarahnya,  kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan oleh Bung Karno juga disiarkan di radio. Berdasarkan penghantar tersebut, radio memiliki sejarah berharga buka? Lalu siapa  penemu radio untuk pertama kalinya? Berikut ini penjelasan sejarah dan biografi sang penemu:

Sejarah Penemu Radio

sejarah penemu radioRadio adalah teknik transmisi sinyal dengan  modulasi dan radiasi elektromagnetik atau gelombang elektromagnetik. Karena gelombang ini tidak memerlukan media, sinyal dapat merambat di udara dan bahkan di ruang hampa udara. Frekuensi radiasi (gelombang elektromagnetik) berkisar dari 10 hertz hingga beberapa gigahertz, dan  gelombang elektromagnetik merambat melalui getaran listrik atau magnet.

Gelombang elektromagnetik dengan frekuensi lebih tinggi dari gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, sinar infra merah, sinar ultraviolet, dan sinar tampak. Sinyal  radio  diubah untuk memasukkan informasi seperti suara. Istilah radio digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan  penerima gelombang suara, tetapi transmisi gelombang ini biasa digunakan untuk gelombang radio, televisi, radar, atau telepon seluler.

Pada tahun 1873, teori perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan  oleh James Clerk Maxwell dalam karyanya di Royal Society tentang teori dinamika medan elektromagnetik berdasarkan karyanya dari tahun 1861 hingga 1865. Tahun 1878, manusia pertama yang mengirim dan menerima  gelombang radio adalah David E. Hughes. Dia memperhatikan bahwa keseimbangan yang diinfeksinya mengganggu teleponnya.

Hughes juga mempresentasikan hasilnya kepada Royal Society pada tahun 1880, tetapi dikatakan bahwa itu hanya sebuah induksi. Kemudian, Heinrich Rudolf Hertz pertama kali menguji teori Maxwell melalui eksperimen pada tahun 1886 dan 1888 untuk gelombang radiasi radio (sekarang disebut Hertz), dan ternyata persamaan elektromagnetik dapat dirumuskan dalam bentuk fungsi bias yang disebut persamaan gelombang.

Teknologi radio ini awalnya digunakan oleh orang- orang yang terlibat dalam kegiatan kelautan. Radio ini digunakan untuk mengirim pesan telegraf  menggunakan kode morse antara wilayah di darat dan kapal. Ini terjadi  antara Angkatan Laut Jepang dan armada Rusia selama Perang Tsushima 1901. Jepang  menggunakan teknologi ini untuk memata-matai pihak Rusia. Radio digunakan untuk memerintah dan berkomunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut selama Perang Dunia II.

Jerman menggunakan komunikasi nirkabel dengan teknologi radio ini untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah laut dipotong oleh Inggris. Selama perang, Amerika Serikat secara nirkabel mengirimkan Empat Belas Prinsip Perdamaian President Woodrow Wilson ke Jerman. Siaran dimulai pada 1920-an, terutama dengan popularitas radio di Eropa dan Amerika Serikat. Selain penyiaran, penyiaran point-to-point, termasuk program radio dan telepon,  menyebar luas pada 1920-an dan 1930-an.

BACA JUGA: Pengertian Internet: Sejarah, Manfaat, dan Dampak Negatifnya

Selama Perang Dunia II, dua partai politik yang berseberangan menggunakan teknologi radio baik  di darat maupun di laut, tetapi penggunaan radio semakin meluas. Kemudian, pada tahun 1920, penyiaran radio dimulai setelah beberapa negara di Amerika Serikat dan  Eropa berhasil mempopulerkan  radio. Pada 1920-an dan 1930-an, siaran radio menjadi populer.

Selain penyiaran, semua negara selama perang perlu menggunakan radar untuk mendeteksi keberadaan kapal dan pesawat untuk mengalahkan musuh mereka. Penemuan teknologi ini tentu sangat menggemparkan dunia karena semakin mempermudah komunikasi yang kala itu masih sangat terbatas. Radio saat ini hadir dalam berbagai jenis dan bentuk, baik berkabel maupun tanpa kabel. Radio digunakan sebagai sarana komunikasi bergerak dalam segala bentuknya dan untuk mengirimkan berita dan peristiwa terkini yang disebutkan di atas.

Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio

Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu RadioBerbicara soal sejarah radio, tentu tidak bisa dilepaskan dari Guglielmo Marconi yang merupakan penemu radio pertama kali. Guglielmo Marconi adalah salah satu orang yang berkontribusi pada perkembangan dunia terutama dunia penyiaran dengan ditemukannya radio. Ia lahir 25 April 1874 di Bologna, Italia 1874. Guglielmo Marconi berasal dari keluarga kaya. Ia adalah putra dari Giuseppe Marconi (ayah) dan Annie Jameson (ibu). Ayahnya adalah seorang pemilik tanah yang kaya raya. Marconi dilatih oleh dosen atau pengajar  di Livorno  Institute of Technology dan University of Bologna.

Pada usia 20 tahun, ia melakukan eksperimen dalam eksperimen yang  dilakukan oleh Heinrich Hertz. Percobaan telah menunjukkan bahwa ada gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat dan dapat bergerak dan membawa pesan tertentu ke udara. Dia adalah seorang fisikawan Italia yang memenangkan Hadiah Nobel untuk penemuannya pada tahun 1909. Marconi memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi komunikasi nirkabel gelombang pendek. Penemuannya merupakan salah satu penemuan terpenting dalam sejarah  manusia.

1. Masa Muda Guglielmo Marconi

Dia dididik oleh seorang guru sebagai seorang anak. Pada usia 20 tahun, Guglielmo Marconi menjadi tertarik pada eksperiment Heinrich Hertz, penemu gelombang Hertz. Guglielmo Marconi  semakin tertarik pada hasil eksperimen Heinrich Hertz. Setelah itu, lailah ide dari Guglielmo Marconi.

banner-promo-gramedia

Dia mengatakan bahwa gelombang elektromagnetik  dapat digunakan untuk mengirim sinyal jarak jauh, menawarkan banyak kemungkinan untuk mengembangkan komunikasi yang tidak dapat diakses seperti telegram tanpa kabel. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan ke kapal di tengah laut sekalipun.

2. Guglielmo Marconi Menemukan Radio

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1895, Guglielmo Marconi berhasil menciptakan alat untuk mewujudkan ide-idenya. Dia mendemonstrasikan alat yang cerdik yang kemudian dikenal sebagai “radio” di Inggris pada tahun 1896.  Guglielmo Marconi kemudian dipatenkan untuk penemuannya. Segera ia  mendirikan sebuah perusahaan dan menghasilkan serangkaian penemuannya.

Perangkat radio yang ditemukan oleh Guglielmo Marconi pertama kali diluncurkan pada tahun 1898. Di era sebelum , ditemukan teknologi untuk menyampaikan pesan melalui jaringan kabel atau kabel tembaga, seperti telegram. Berdasarkan teori dan eksperimen Heinrich Hertz, Marconi berusaha mencapai terobosan baru dengan menciptakan alat komunikasi kabel, radio. Ini kembali ke gagasan bahwa gelombang elektromagnetik dapat digunakan untuk mengirim sinyal dan pesan  jarak jauh  tanpa menggunakan kabel.

Dengan cara ini, orang pada saat itu dapat berkomunikasi dengan lebih mudah  dengan orang lain, seperti mengirim pesan dan informasi ke kapal yang tergeletak di tengah laut. Marconi harus bekerja keras untuk menciptakan teknologi radio yang dia inginkan selama bertahun-tahun. Pada tahun 1899, radio Guglielmo Marconi mampu mengirim pesan tanpa melewati Selat Inggris. Guglielmo Marconi terus menyempurnakan  radio ketika menyadari bahwa penemuannya masih banyak kekurangan.

Dalam biografi Guglielmo Marconi, ia menemukan radio pada tahun 1900, yang diketahui berhasil mengirim pesan  dari Inggris melintasi Samudra Atlantik ke Newfoundland, Kanada.

Penemuan Radio Guglielmo Marconi-nya membawa manfaat besar bagi umat manusia. Jelas bahwa radionya dapat menonton S.S. Republik rusak dalam tabrakan dan tenggelam ke dasar laut pada tahun 1909.

3. Guglielmo Marconi Memenangkan Hadiah Nobel dalam Bidang Fisika

Dalam kisah perjalanan Guglielmo Marconi, diketahui bahwa Marconi pernah memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1909 karena menemukan radio ini. Dia berbagi Hadiah Nobel dengan fisikawan Jerman Karl F. Brown, yang paling dikenal sebagai penemu tabung sinar katoda. Namun penghargaan ini ia dapatkan bukannya tanpa kontroversi.

Banyak yang mempertahankan atau meragukan gelar “Bapak Radio” yang diberikan kepada Marconi. Misalnya, pada awal tahun 1895, seorang fisikawan Rusia bernama Alexander Popov berhasil menyiarkan radio antar gedung. Di India, seorang pria bernama Jagadish Chandra Bose menggunakan gelombang radio untuk membunyikan bel, menyebabkan ledakan.

Kemudian pada tahun 1901, seorang penemu dan ilmuwan listrik terkenal bernama Nikola Tesla menyatakan bahwa ia menemukan telegrafi nirkabel pada tahun 1893. Pada tahun 1943, Mahkamah Agung AS mencabut empat  paten radio yang diajukan oleh Marconi karena Nikola Tesla memilikinya sebelum Marconi yang sedang berkembang.

Namun demikian, Radio Marconi membantu menyelamatkan nyawa ratusan orang. Pada titik ini, perusahaan pelayaran  menyadari penggunaan telegrafi nirkabel untuk komunikasi penumpang, pesan navigasi, dan sinyal darurat. Banyak perusahaan pelayaran menggunakan jasa Perusahaan Radio Marconi untuk menjadikannya perlengkapan standar di kapal mereka.

Misalnya, ketika kapal pesiar Titanic bertabrakan dengan gunung es pada  14 April 1912, radiografer memanggil  RMS Carpathia ke tempat kejadian dan mampu menyelamatkan 700 orang. Setelah itu radio mulai terkenal sebagai media komunikasi populer bagi banyak kalangan. Kemudian, penyiaran  skala besar atau komersial mulai berkembang dan menjadi terkenal pada tahun 1920-an. Artinya radio  tumbuh pesat dan menjadi sangat populer.

Ada proses pengadilan terhadap patennya atas  penemuan radio yang diselesaikan ketika Marconi memutuskan bahwa dia berhak atas patennya. Dia juga melakukan penelitian penting di bidang komunikasi gelombang pendek dan gelombang mikro. Guglielmo Marconi menjadi populer sebagai  penemu radio  yang terkenal hingga saat ini. Radio adalah sarana komunikasi yang sangat nyaman saat ini. Radio adalah cara pertama televisi ditemukan.

4. Guglielmo Marconi Meninggal Dunia

Selama 20 tahun berikutnya dari kepopulerannya dan pesatnya teknologi radio saat itu, Marconi semakin meningkatkan penemuannya. Bereksperimen dengan transmisi gelombang pendek, dan menguji jangkauan transmisi komunikasi  radio di atas kapal pesiar Elettra. Kemudian Marconi kembali ke Italia dan menjadi pendukung Benito Mussolini.

Sebelum meninggal pada tahun 1935,  ia masih sempat melakukan perjalanan dari Brasil ke Eropa.  Dua tahun kemudian, penemu radio ini meninggal dunia karena serangan jantung di Roma, Italia, pada  20 Juli 1937. Untuk menghormatinya, stasiun radio di Amerika Serikat, Inggris, dan Italia mengheningkan cipta selama satu menit. Dia meninggalkan salah satu penemuan terpenting dalam sejarah manusia, yakni radio yang telah banyak membantu kepentingan orang banyak, bahkan berkembang hingga saat ini.

Perkembangan Sejarah Radio

Perkembangan Sejarah RadioDalam praktiknya radio selalu dikembangkan agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Berdasarkan sejarahnya, setelah berhasil ditemukan oleh Guglielmo Marconi radio terus berkembang hingga saat ini. Atas penemuan ini orang mulai menggunakannya untuk berbagai kepentingan, termasuk hiburan. Berikut ini perkembangan radio mulai pertama kali ditemukan oleh Guglielmo Marconi:

1. Radio AM

Radio AM atau Amplitude Modulation menggunakan prinsip modulasi radio dan suara. Kedua gelombang ini  memiliki amplitudo konstan yang sama. Marconi memiliki paten untuk telegrafi nirkabel  menggunakan dua sirkuit Awalnya, radio AM hanya digunakan untuk keperluan telegram nirkabel. Orang pertama yang menyiarkan radio dengan suara manusia adalah Reginald Aubrey Fessenden.

Dia membuat siaran radio pertamanya pada  23 Desember 1900, pada jarak 50 mil (dari Pulau Cobb ke Arlington, Virginia). Karena kualitas suara yang buruk, radio ini tidak lagi digunakan dan berkembang menjadi teknologi radio yang lebih pintar.

2. Radio FM

Radio FM Atau Frekuensi Modulation mulai beroperasi dengan prinsip yang sama seperti Radio AM. Proses modulasi ini hanya menyebabkan perubahan frekuensi pada radio FM. Menggunakan dan mengambangkan radio AM, Armstrong juga menemukan masalah yang berkaitan dengan sifat sinyal yang ditransmisikan. Tidak puas dengan semua masalah dan berjuang untuk mengembangkan sistem FM, Armstrong mulai putus asa dan secara tragis  bunuh diri dan mengakhiri hidupnya.

Namun istrinya berhasil memperjuangkan hak Armstrong atas penemuannya. Akhirnya, Radio FM telah menjadi sistem yang benar-benar mapan di tahun 1960-an. Setelah itu ada hampir 2.000 stasiun radio FM terbesar di Amerika. Radio FM menjadi pendukung gelombang mikro, dan akhirnya Radio FM ini benar-benar diakui sebagai sistem yang sangat baik di bidang komunikasi.

3. Radio Internet

Penemuan Internet telah mulai mengubah transmisi sinyal analog  radio tradisional. Radio internet (juga dikenal  sebagai radio web, radio online, atau e-radio) bekerja dengan mentransmisikan gelombang suara melalui Internet. Hampir sama dengan radio tradisional yang menggunakan gelombang pendek. Akibatnya, banyak  ekspatriat  menggunakan radio Internet untuk mengurangi kerinduan terhadap kehadiran radio FM.

banner-promo-gramedia

4. Radio Satelit

Radio satelit  menggunakan sinyal digital untuk mengirim gelombang suara. Berbeda dengan sinyal analog yang menggunakan gelombang kontinyu. Sinyal audio radio ini ditransmisikan melalui gelombang digital yang terdiri dari kode biner. Perusahaan penyedia radio satelit  dunia adalah World Space, yang menyediakan radio satelit di Amerika Serikat, Eropa, Asia, Australia dan Afrika. Di Indonesia, Worldspace bekerja dengan Radio Republik Indonesia (RRI).

5. High Definition Radio  (HD Radio) Hingga Tahun 2002.

Radio ini, juga dikenal sebagai radio digital, bekerja dalam kombinasi dengan sistem analog dan digital secara bersamaan. Dengan cara ini, dua pemancar digital dan analog dengan frekuensi yang sama dimungkinkan. Kualitas suaranya sejernih radio satelit, namun layanan yang diberikan gratis. Namun, untuk  menerima siaran radio digital, pendengar harus memiliki  perangkat khusus yang dapat menerima sinyal digital ini.

BACA JUGA:

Nah, itulah penjelasan tentang siapa penemu radio, dan biografinya. Jika Grameds pendengar sekaligus penggemar radio maka perlu mengetahui informasi ini. Melalui kisah biografi Guglielmo Marconi kita juga bisa mengambil banyak pelajaran. Jika Grameds tertarik belajar tentang penyiaran radio atau mencari kisah inspiratif dari tokoh yang berpengaruh di dunia, maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, seperti rekomendasi buku berikut ini. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Radio : The Untold Stories
Radio : The Untold Stories

tombol beli buku

Sukses Menjadi Penyiar Radio Profesional, Panduan Praktis Untuk Profesi Dunia Radio
Sukses Menjadi Penyiar Radio Profesional, Panduan Praktis Untuk Profesi Dunia Radio

tombol beli buku

100 Tokoh Paling Berpengaruh Di Dunia
100 Tokoh Paling Berpengaruh Di Dunia

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih