in

Penemu Google, Mesin Pencari Terbesar di Dunia

pixabay

 

Penemu Google – Semakin berkembang dan majunya zaman maka semakin berkembang juga teknologi yang ada di dunia ini. Dengan teknologi yang sudah berkembang dan maju secara pesat seperti sekarang ini, hidup kita terasa dimudahkan untuk melakukan banyak hal. Berbagai aplikasi dan perangkat lunak sudah sangat banyak dan mudah untuk digunakan untuk membantu pekerjaan kita.

Namun, tentunya semua itu tidak akan bisa banyak orang tahu jika tidak ada Google. Munculnya Google sebagai mesin pencari tentunya sangat memudahkan setiap orang untuk melakukan pekerjaannya. Contohnya saja ketika seseorang tidak tahu mengenai suatu hal, orang tersebut langsung bisa mencarinya di Google. Selain itu, jika kalian ingin menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang tidak kalian tahu, kalian juga bisa mencarinya di Google.

Google telah memiliki banyak informasi di dalamnya, kalian bisa bertanya pada Google mengenai apa yang tidak kalian tahu. Oleh karena itu, untuk sekarang Google menjadi mesin pencari terbesar di dunia dan yang paling sering digunakan oleh manusia. Seperti halnya artikel ini dibuat, tentu kalian akan dapat membacanya setelah kalian mencarinya di Google.

Kita sudah sangat sering, bahkan hampir setiap hari menggunakan Google pada gawai yang kita miliki. Namun, apakah kalian tahu siapa penemu Google? Jika tidak, maka dari itu Gramedia pada kali ini akan memperkenalkan kalian kepada penemu Google. Untuk tahu lebih lanjut siapa penemu Google, mari simak ulasan berikut.

Latar Belakang Google

Google adalah sebuah perusahaan multinasional milik Amerika Serikat yang berspesialisasi dalam layanan dan produk Internet. Produk-produk ini meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan iklan online/daring. Sebagian besar pendapatan berasal dari AdWords.

beli sekarang

Melalui Google AdSense, kita bisa menampilkan iklan guna menghasilkan pendapatan dari website/blog/channel YouTube/konten kita di internet. Buku ini adalah panduan lengkap untuk Anda yang ingin belajar tentang Google AdSense. Tak hanya itu, buku ini berisi panduan langkah demi langkah membangun website ataupun channel YouTube yang bisa Anda monetisasi dengan Google AdSense.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa dengan gelar Ph.D di Universitas Stanford. Mereka berdua memiliki 16% saham perusahaan. Pada tanggal 4 September 1998, mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta. Misinya adalah untuk “mengumpulkan informasi dunia agar dapat diakses dan bermanfaat bagi semua” dan slogan tidak resminya adalah “Don’t be evil“. Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Pertumbuhan pesat perusahaan ini sejak awal telah menghasilkan banyak produk, akuisisi, dan kemitraan dari Google, mesin pencari terkemuka. Perusahaan ini menyediakan perangkat lunak produktivitas online (web), termasuk surat elektronik (email), office suites, dan media sosial.

Produk komputasi desktop mencakup aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan memelopori pengembangan sistem operasi Android untuk ponsel dan Google Chrome OS untuk keluarga netbook Chromebook.

Google juga beralih ke peralatan telekomunikasi. Mereka telah bekerja dengan produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Pada tahun 2012, Kansas memasang infrastruktur serat optik untuk menyediakan akses internet broadband/pita lebar melalui Google Fiber.

Pada Desember 2012, Alexa menobatkan google.com sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Situs Google dalam bahasa lain berhasil masuk dalam Top 100, sama seperti situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua dalam database merek BrandZ. Dominasinya di pasar telah memicu kritik terhadap hak cipta, sensor, dan privasi. Pada tahun 2014, Google juga menerima Penghargaan Business Indeed untuk perusahaan dengan merek paling berharga.

Dalam unggahan blog Google pada 10 Agustus 2015, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet. Perusahaan ini akan menjadi perusahaan induk yang akan mencakup Google dan bisnis lain yang kurang terkait dengan bisnis inti Google. Sebagai bagian dari restrukturisasi, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan Alphabet yang baru. Sergey Brin menjabat sebagai Ketua dan Erich Schmidt menjabat Executive Chairman. Sementara itu, CEO Google dipegang oleh Sundar Pichai.

Profil Larry Page

Larry Page
Wikipedia

Lawrence Edward atau biasa dipanggil dengan “Larry” Page lahir pada 26 Maret 1973 di Michigan. Ia adalah salah satu pendiri Google, mesin pencari internet, bersama dengan Sergey Brin. Orang tuanya, Carl Vincent Page, adalah profesor ilmu komputer di Universitas Michigan. Ibunya bernama Gloria Page yang merupakan profesor pemrograman komputer di kampus yang sama.

banner-promo-gramedia

Ketika Page masih muda, rumah keluarga biasanya penuh dengan majalah komputer, sains, dan teknologi. Lingkungan itulah yang menariknya ke dunia komputer. Ia mengaku tertarik dengan komputer sejak usia enam tahun dan mencoba mempelajari komputer generasi pertama milik orang tuanya.

Setelah lulus dari East Lansing High School, ia menerima gelar Bachelor of Science di bidang Rekayasa Komputer dari University of Michigan dan melanjutkan program Magister di Stanford University di Inggris.

Menurut Forbes, Page diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar $12,8 miliar dollar AS yang menjadikannya orang terkaya ke-27 di dunia (satu tempat setelah pendiri Google Sergey Brin). Pada September 2005, dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli pesawat penumpang yang sangat besar, yaitu Boeing 767 untuk penggunaan pribadi.

Profil Sergey Brin

Sergey Brin
t0.gstatic.com

Sergey Mikhailovich Brin lahir pada 21 Agustus 1973 di Moskow, Uni Soviet, dari seorang pengusaha Amerika. Brin belajar ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google bersama Larry Page. Brin adalah orang terkaya ke-26 di dunia dengan perkiraan kekayaan $18,7 miliar sebagai presiden teknologi Google. Sergey Brin lahir dari keluarga Yahudi. Ayahnya Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin (née Krasnokutskaya) adalah matematikawan yang lulus dari Moscow State University. Pada tahun 1979, ketika Brin berusia enam tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat.

Brin mendaftar di Sekolah Dasar Paint Branch Montossori di Adelphi, Maryland. Ayahnya, yang juga seorang profesor matematika di Universitas of Maryland, berperan penting dalam mengembangkan minat Brin dalam matematika. Setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School pada September 1990, Brin kuliah di University of Maryland, College Park.

Di sana, ia memilih jurusan Ilmu Komputer dan Matematika, serta memperoleh gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Kemudian, Brin melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University dan mendapat beasiswa dari National Science Foundation. Ia menerima gelar masternya pada Agustus 1995. Brin juga meraih gelar MBA dari IE Business School.

Brin menjadi tertarik pada internet dan mesin pencari dalam waktu yang tidak lama setelah kuliah di Stanford. Ia telah menulis banyak artikel tentang penambangan data dan ekstraksi pola. Ia juga menulis perangkat lunak yang dapat mengubah TeX ke HTML untuk mempermudah segalanya.

Pada Mei 2007, Brin menikahi Anna Wojcicki di Bahama. Wojcicki adalah seorang analis bioteknologi yang lulus dari Yale University. Ia adalah pendiri 23andMe.

Ibu Brin sempat didiagnosis menderita Parkinson. Pada tahun 2008, Brin menyumbangkan sebagian besar uangnya ke Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, tempat ibunya menerima perawatan.

beli sekarang

Tidak dapat disangkal pengaruh yang dimiliki Google. Perusahaan menyaring setiap aspek kehidupan kita dengan membatu kita untuk mencari informasi, menggunakan peta untuk menavigasi ke suatu tujuan, atau berbelanja online. E-book “Sergey Brin dan Larry Page: The Creators of Google” memperkenalkan kepada pembaca dua orang yang telah menempatkan dunia di ujung jari kita.

Awal Berdirinya Google

Pada masa kuliah program pascasarjana, Larry Page dan Sergey Brin, membesut mesin pencari yang diperkenalkan pada tahun 1998. Pada awalnya, mereka merasa tidak cocok satu sama lain. Hal ini ditimbulkan lantaran perbedaan berdasarkan setiap topik yang mereka bicarakan. Namun, pada akhirnya mereka mempunyai hal yang sama-sama mereka sukai, yaitu tentang mesin pencari (search engine).

Akhirnya mereka setuju untuk menjalankan mesin pencari Google. Google didasarkan dalam teknologi PageRank yang sudah dipatenkan, yang mendasarkan dalam struktur tautan-tautan antar situs web untuk dapat memilih peringkat suatu situs tertentu.

Pasangan ini lalu menulis suatu projek besar yang menjadi kontribusi mereka dalam membuat Google. Topik yang diambil merupakan warta berdasarkan gugusan data besar. Tulisan dalam kertas kerja tersebut disebut dengan “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Semenjak itu, tulisan tersebut menjadi makalah mereka sebagai satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses pada Stanford University.

Selama menjadi mahasiswa di universitasnya, Page membuat printer inkjet dari balok-balok Lego. Page menjalankan Google sebagai co-presiden dengan Brin sampai ia mempekerjakan Eric Schmidt sebagai ketua dan kepala eksekutif Google pada tahun 2001. Page saat ini mengoperasikan Google sebagai tritunggal Bryn dan Schmidt.

Kantor Pertama Google

Perjalanan Google menuju sukses saat ini cukup berliku-liku. Google pada awalnya merupakan proyek penelitian yang dikerjakan Page dan Brin pada tahun 1996. Saat itu, mereka adalah mahasiswa pascasarjana di Stanford University dan mengerjakan proyek penelitian bersama. Proyek ini telah berkembang menjadi mesin pencari bernama BackRub yang bekerja dengan server di kampus.

Mereka berdua berpikir untuk membuat halaman pencarian yang akan mengarah ke beberapa halaman lain. Ketika Google pertama kali didirikan, ia menerima investasi sebesar $100.000 (senilai Rs 1,3 miliar) dari salah satu pendiri Sun Andy Bechtolsheim.

Setelah pendanaan, mereka memiliki kantor pertama di garasi yang saat ini dimiliki oleh CEO YouTube Susan Wojcicki. Kemudian, Google mulai merekrut insinyur dan membangun tim penjualan. Seiring pertumbuhan perusahaan, kantor pusat Google pindah ke GooglePlex di Mountain View, California.

Saat ini, Google memiliki lebih dari 50.000 karyawan di 50 negara. Google juga bekerja untuk mengakuisisi perusahaan teknologi lain dan menyempurnakan produk yang digunakan di seluruh dunia.

banner-promo-gramedia

Selain sebagai pendiri Google, Page menjabat sebagai CEO perusahaan dari 2011 hingga 2015. Kemudian, pada Agustus 2015, Google yang masih dijalankan oleh Page, merestrukturisasi perusahaan dengan mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc untuk mendorong kewirausahaan. inovasi. Hingga saat ini, Larry Page adalah CEO Alphabet Inc., dan posisi CEO Google telah digantikan oleh Sundar Pichai.

Perkembangan Google

Pada September 1998 Google Inc dibukai di Menlo Park, California. Perusahaan tersebut tumbuh sangat cepat dan karena kurangnya ruang, akhirnya dilakukan relokasi penuh dan akhirnya menutup beberapa kantor Google Inc. Setelah itu, kantor tersebut menetap di tempat yang sekarang bernama Mountain View, California.

Selama beberapa tahun berikutnya, Google berinovasi dan memperluas daftar produk serta karyawannya di bawah kepemimpinan Larry dan Sergey (hampir 5.000 pada tahun 2006). Pada Oktober 2004, Google mengumumkan hasil kuartal pertama sebagai perusahaan publik dengan pendapatan $85,9 juta.

Pada tahun 2005, kekayaan Larry Page diperkirakan mencapai $12 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-16 dalam daftar majalah Forbes dan orang terkaya ke-27 di dunia. Ia adalah anggota National Advisory Committee (NAC) dari University of Michigan College of Engineering dan dianugerahi Penghargaan Marconi pada tahun 2004 bersama dengan salah satu pendiri Sergei Brin. Ia adalah anggota Dewan Direksi X PRIZE dan telah terpilih menjadi anggota dari National Academy of Engineering, 2004.

Kesalahan Penulisan Nama Perusahaan

Kisah penciptaan mesin pencari terbesar di dunia, awalnya bernama Googol, sebelum resmi berganti nama menjadi Google.

Pada saat ia menerima dana suntikan berupa investasi dari Sun Andy Bechtolsheim, Andy melakukan suatu kesalahan. Andy salah tulis di dalam cek, dia malah menulis Google bukan Googol. Larry dan Sergey juga awalnya bingung dan akhirnya menerima bahwa Googol secara tidak sengaja diubah namanya menjadi Google.

Garasi mobil di Menlo Park, California, AS menjadi kantor pertama perusahaan tersebut. Sejak itu, Google telah berkembang sangat pesat di alamat web Google.com.

Tidak lama kemudian Google berhasil mengeluarkan Yahoo dan AOL dari persaingan melawan raksasa dunia maya Microsoft. Saat ini, Google adalah mesin pencari terbesar di dunia, menjadikan Larry dan Sergey sebagai miliarder terkenal.

Grameds, demikianlah artikel mengenai penemu Google serta sejarah berdirinya Google. Bagi kalian yang belum mengetahui tentang Google maka ini adalah suatu hal baru yang bisa kalian pelajari.

Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam mengenai pendiri Google dan seluk beluk Google, kalian bisa membaca dan membeli buku yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku berkualitas yang bisa kalian temukan di Gramedia. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku ini adalah solusi bagi Anda yang ingin belajar cepat dengan hasil yang tepat. Metode belajar baca, coba , bisa, merupakan suatu metode yang sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar cepat dalam 7 hari. Untuk hasil optimal, Anda minimal hanya membutuhkan waktu 1 jam dalam 1 hari untuk mempelajari setiap pokok bahasannya

banner-promo-gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq