in

Review iPhone 14 Series: Upgrade Rilisan Terbaru

Review iPhone 14 – Tahun ini, Apple baru saja resmi merilis ponsel terbarunya, yakni iphone 14 Series. iphone 14 kali ini mempunyai penampilan dan juga spesifikasi yang hampir mirip dengan iPhone 13. Akan tetapi, perusahaan Apple memberikan sentuhan perbedaan yang cukup signifikan pada iPhone 14 series ini.

Beberapa fitur terbaru hanya bisa kamu dapatkan di iPhone 14 ini. Semua varian iPhone 14 ini membuka preorder pada tanggal; 28 Oktober 2022. Untuk kamu yang tertarik memilikinya, kamu bisa membaca beberapa review iPhone 14 yang ada di bawah ini.

Di sini, kita akan membahas terkait review iPhone 14 dan bagaimana upgrade rilisan terbaru dari iPhone yang sudah banyak konsumen tunggu. Salah satu merek smartphone dengan pangsa pasar yang sangat luas yakni di seluruh penjuru dunia ini tidak pernah luput dari perhatian publik.

Setiap rumor perilisan tipe barunya selalu menarik perhatian. Pada perilisan iPhone 14 kali ini juga membuat publik sangat penasaran, fitur apa lagi yang menjadi andalan iPhone kali ini?

Apabila kamu adalah salah satu orang yang menantikan perilisan tipe baru iPhone dengan antusias, maka berbahagialah. Karena, iPhone benar-benar bekerja dengan sangat keras untuk meng-upgrade produk smartphone mereka demi kenyamanan konsumen.

Upgrade kali ini mungkin tidak se fantastis tipe 14 Pro yang mengagungkan Dynamic sebagai tokoh utamanya. Bahkan, iPhone 14 tergolong tidak terlihat fisiknya. Lalu, upgrade apakah itu? Yuk simak review iPhone 14 di bawah ini.

Review iPhone 14

liputan6.com

Berikut ini adalah beberapa review iPhone 14 yang hadir dengan upgrade terbaru yang pastinya akan lebih membuat konsumen menjadi nyaman.

1. Upgrade Rangka Smartphone

Para pengguna iPhone tentu sudah mengetahui bahwa jika iPhone rusak, maka harus membuka body di dalamnya untuk perbaikan. Cara membukanya pun harus dari depan, yakni dari bagian layarnya. Berbeda dengan Android lain yang dapat dibuka dari body belakang.

Mengapa begitu? Hal itu karena bagian belakang iPhone menyatu dengan frame hpnya. Oleh sebab itu, bila kaca pada bagian belakangnya pecah, maka otomatis kamu harus mengganti keseluruhan frame-nya juga.

Mengganti frame iPhone merupakan hal yang cukup berat karena ribet dan juga harganya yang mahal. Nah, pada iPhone seri 14, sekarang hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Dimana iPhone rilisan baru ini mempunyai body belakang yang dapat dibuka. Review iPhone 14 dari Akun Youtube GadgetIn sudah membuktikannya. Sehingga, apabila kaca belakangnya pecah, maka kamu bisa mengganti bagian yang pecah saja, pastinya dengan harga yang lebih terjangkau.

Upgrade desain HP itulah yang membuat iPhone 14 mempunyai value yang lebih dari tipe lainnya. Konsumen lebih ramah dalam perawatan dan perbaikan karena harga spare part juga tergolong lebih mudah.

2. Desain Sama dengan Warna Baru

Bukan lagi menjadi hal yang asing mengenai desain iPhone yang itu-itu saja, mungkin itulah yang menjadi salah satu ciri khasnya. Mulai dari finishing body, susunan kamera, bentuk sudut kotaknya, dimensinya, berat, sampai posisi tombolnya yang bahkan 100 persen presisi dengan iPhone 13.

Oleh sebab itu, jangan kaget apabila casing iPhone 13 cocok dengan iPhone 14. Adapun hal yang baru dari iPhone 14 adalah warnanya yang lebih beragam yakni varian biru, ungu mudah, dan warna yang sedang tren saat ini.

3. Layar 60Hz

Review iPhone 14 berikutnya membahas mengenai refresh rate layarnya yang ternyata masih mentok di angka 60 Hz. Nilai tersebut masih kalah jauh dari Android yang sudah mencapai 120Hz untuk HP kelas atas.

Hal tersebut membuat feel scrolling menjadi sedikit tertahan dan juga mangganjal dan kurang terasa smooth. Padahal, prosesornya sudah sangat mendukung, yakni A15 Bionic dengan tambahan 1 core GPU.

Selain itu, iPhone ini juga hadir dengan chipset paling kencang dan bertenaga yang mendukung semua aktivitas hp. Akan tetapi sayangnya, layar hp seolah tidak mencerminkan kekencangan prosesornya itu.

4. Baterai dan Kamera iPhone 14

Berikutnya, yuk kita review iPhone 14 bagian baterai yang kapasitasnya hampir mirip dengan iPhone 13 kemarin. Akan tetapi, ada peningkatan pada bagian kapasitas baterai yakni 39 mAh atau naik sekitar 1 persen saja.

Berbeda dengan iPhone 14 Pro yang naik sekitar 30 persen. Untuk daya tahannya sendiri tetap lancar digunakan scroll media sosial, streaming, dan lain sebagainya.

Kemudian, untuk bagian kameranya, iPhone 14 mempunyai upgrade dari iPhone 13, yaitu aperturenya. Jika aperture iPhone 13 di f/1.7, maka pada iPhone 14 ada di angka f/1.6.

Sedikit ada peningkatan, namun hasil foto sama bagusnya atau tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil fotonya sendiri sama-sama natural, warna yang cukup seimbang, enak untuk dipandang, memiliki detail yang halus, dan juga blocking yang bagus.

Review iPhone 14 pada bagian kamera tidak sampai disitu saja, ternyata ada fitur baru yang sudah support action mode. iPhone 14 juga sudah memberikan konsumen fitur merekam video cinematic di resolusi 4K dengan 60 fps.

Dengan begitu, video akan terlihat lebih stabil, tajam, dan warnanya akan lebih natural. Jadi, dapat dikatakan bahwa kamera dari iPhone 14 ini hampir sama dengan kamera iPhone 13.

iPhone 14 juga sudah dilengkapi dengan fitur Crash Detection, fitur satelit SOS, dan juga mempunyai masa support update OS lebih lama, yaitu satu tahun lebih lama dibandingkan dengan iPhone 13. Dengan harga sekitar 15 jutaan untuk varian 128 GB, apakah kamu tertarik untuk memiliki iPhone terbaru ini?

 

Kelebihan iPhone 14 Series

kompas tekno

Sebagai produk Apple yang ditunggu-tunggu peluncurannya oleh seluruh penjuru dunia, pastinya iPhone 14 series ini menawarkan kelebihan yang luar biasa canggihnya. Yuk simak berbagai kelebihan dari iPhone 14 series ini:

1. New True Depth Camera & Capture In Any Light

iPhone 14 dibekali dengan True Depth camera dengan autofocus. Di mana kamera TrueDepth bagian depan yang baru mempunyai aperture f/1.9 yang memungkinkan kinerja cahaya rendah dengan lebih baik untuk foto dan juga video.

Semakin kecil angka yang mengikuti huruf f, maka akan semakin besar lubang aperture. Begitupun sebaliknya, semakin kecil angka pada aperture, maka semakin banyak cahaya yang masuk.

Oleh sebab itu, memungkinkan untuk digunakan dalam kondisi low light atau minim cahaya. Aperture yang rendah juga akan berpengaruh pada kedalaman gambar atau efek bokeh.

2. Action Mode

iPhone 14 ini mempunyai mode aksi baru untuk video yang terlihat sangat halus. Sensor yang ada bisa menyesuaikan goyangan, gerakan, dan juga getaran yang signifikan, bahkan ketika video diambil di tengah aksi.

3. Cinematic Mode in 4K

iPhone 14 series ini mendukung perekaman video cinematic mode yang berevolusi 4K di 30 fps dan 4K di 24 fps.

4. Crash Detection

Fitur yang satu ini bisa mendeteksi kejadian kecelakaan yang kamu alami dan langsung melakukan panggilan darurat apabila dibutuhkan.

5. Emergency SOS via Satellite

Apple mengungkapkan antena iPhone 14 series ini bisa terhubung dengan frekuensi satelit. Hanya perlu waktu sekitar 15 detik untuk bisa mengirimkan pesan SOS, dengan catatan langit sedang cerah. Fungsi tersebut bukan untuk menelpon keluarga ataupun teman, tapi untuk mengirimkan pesan darurat saat berada di tempat yang tidak terjangkau sinyal ataupun WiFi.

Saat dinyalakan, pengguna cukup mengarahkan iPhone 14 ke atas mengikuti keberadaan satelit. Setelah berhasil terhubung, fitur tersebut akan memandu pengguna melalui beberapa tahapan untuk bisa terhubung dengan penyedia layanan darurat.

6. All-Day Battery Life

Informasi baterai yang ada di situs web Apple menunjukkan bahwa kamu bisa menonton lebih banyak video dan mendengarkan audio selama beberapa jam lebih lama di iPhone 14 dibandingkan dengan seri iPhone lainnya.

Apple juga mengatakan bahwa iPhone 14 ini mencakup pemutaran video sampai dengan 20 jam, pemutaran video streaming sampai 16 jam, dan juga pemutaran audio sampai 80 jam. Sementara di iPhone 13 sebelumnya, pemutaran video hanya bisa sampai 19 jam, pemutaran streaming sampai 15 jam, dan pemutaran audio sampai 75 jam.

7. Ceramic Shield

Di bagian layar depan, Apple memberikan iPhone 14 dan juga iPhone 14 Plus dengan teknologi Ceramic Shield untuk membuatnya lebih kuat dibandingkan dengan ponsel lain.

8. Splash and Water Resistance

Semua model iPhone 14 diberi perangkat IP68 menurut standar IEC 60529 atau kedalaman maksimum 6 meter sampai 30 menit. Itu artinya, iPhone 14 aman dari sejumlah kecil cairan biasa seperti tumpahan, hujan yang tidak disengaja, atau cipratan.

Perangkat tersebut juga bisa bertahan terendam di kedalaman maksimal 6 meter sampai 30 menit. Semua kelebihan fitur yang ada di atas tersedia di perangkat iPhone 14 series. Sementara untuk iPhone 14 Pro dan juga iPhone 14 Pro Max mempunyai fitur tambahan lain.

Kekurangan iPhone 14 Series

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, iPhone 14 series pun juga mempunyai kekurangan. Beberapa kekurangan iPhone 14 series, antara lain:

1. Belum Menggunakan Port USB Type C

Berbagai varian terbaru dari smartphone Android sudah menggunakan port charging dengan type C. Akan tetapi, hal itu masih belum tersedia di seri iPhone 14. Apple masih mempertahankan port charging yang menggunakan USB type lighting.

2. Jika ingin Ganti Kartu Harus Ganti iPhone 

Fitur e-SIM memungkinkan para pengguna untuk menambahkan nomor telepon tanpa perlu memasukkan kartu. Dimana fitur yang satu ini mempunyai kelemahan yakni nomor yang sudah ditambahkan ke dalam iPhone tidak bisa dipindahkan.

Oleh sebab itu, bagi pengguna iPhone 14 tidak bisa mengganti kartu SIM kecuali dengan membeli iPhone 14 yang baru. Akan tetapi, fitur ini sepertinya hanya berlaku di AS. Sebab, layanan w-SIM belum merata, iPhone 14 series dengan slot kartu SIM fisik akan tetap tersedia di beberapa wilayah pasar luar AS. Seperti misalnya di negara tetangga yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Pantauan di situs Apple Singapura dan juga Malaysia, rincian spesifikasi iPhone 14 series menyebutkan bahwa ponsel ini mendukung Dual SIM yakni Nano SIM dan e-SIM. Dengan adanya dukungan nano SIM ini, artinya iPhone 14 series yang dijual di Singapura tetap dibekali dengan slot kartu fisik.

Skema dual SIM dengan satu nano SIM dan satu e-SIM yang ada di iPhone 14 series di Singapura ini masih sama dengan yang tersedia di iPhone XS dan C=XS Max tahun 2018 sampai iPhone 13 series yang dijual secara global. Dengan demikian, iPhone 14 series yang akan dijual di Indonesia kemungkinan juga tetap mempunyai SIM fisik.

Warna dan Spesifikasi iPhone 14 Series

Menurut situs resmi Apple, iPhone 14 dan juga iPhone 14 Plus dikatakan akan hadir dalam 5 warna dari yang warna kalem hingga yang warna terang. Tersedia warna Midnight, Blue, Starlight, Purple, dan Red.

Spesifikasi iPhone 14:

  • Ukuran layar: 6,1 inci
  • Ukuran bodi: 5,78 inci x 2,82 inci x 0,31 inci
  • Teknologi layar: super retina XDR display, HDR display, wide color (P3), rasio kontras 2 juta:1
  • Mesin: A15 Bionic hip, CPU 6 core, GPU 5 core untuk kinerja 18% lebih cepat, Neural Engine 16 core
  • Kamera: kamera utama belakang 12 MP dan ultra wide 12 MP
  • Teknologi kamera: zoom out optik 2 kali dan xoom out digital sampai 5 kali, smart HDR 4, pencahayaan portrait dengan enam efek (natural, studio, countour, stage, mono, high-key mono)
  • Keamanan: emergency SOS via satelit dan crash detection
  • Varian kapasitas: 128 GB, 256 GB, dan 512 GB

Spesifikasi iPhone 14 Plus:

  • Ukuran layar: 6,7 inci
  • Ukuran bodi: 6,33 inci x 3,07 inci x 0,31 inci
  • Teknologi layar: super retina XDR display, HDR display, wide color (P3), rasio kontras 2 juta:1
  • Mesin: A15 Bionic hip, CPU 6 core, GPU 5 core untuk kinerja 18% lebih cepat, Neural Engine 16 core
  • Kamera: kamera utama belakang 12 MP dan ultra wide 12 MP
  • Teknologi kamera: zoom out optik 2 kali dan xoom out digital sampai 5 kali, smart HDR 4, pencahayaan portrait dengan enam efek (natural, studio, countour, stage, mono, high-key mono)
  • Keamanan: emergency SOS via satelit dan crash detection
  • Varian kapasitas: 128 GB, 256 GB, dan 512 GB

Berapa Harga iPhone 14?

Di generasi saat ini, iPhone hadir dengan 5 varian terbarunya. Berikut ini adalah beberapa prediksi harga resmi iPhone 14 series apabila dikonversikan dari harganya saat launching.

Harga iPhone 14

  • iPhone 14 128GB: 799 USD (Rp11,9 juta)
  • iPhone 14 256GB: 899 USD (Rp13,4 juta)
  • iPhone 14 512GB: 1099 USD(Rp 16,4 juta)

Harga iPhone 14 Plus

  • iPhone 14 Plus 128 GB: 899 USD (Rp13,4 juta)
  • iPhone 14 Plus 256 GB: 999 USD (Rp14,9 juta)
  • iPhone 14 Plus 512 GB: 1199 USD (Rp17,8 juta)

Harga iPhone 14 Pro

  • iPhone 14 Pro 128GB: 999 USD (Rp14,9 juta)
  • iPhone 14 Pro 256GB: 1099 USD (Rp16,4 juta)
  • iPhone 14 Pro 512GB: 1299 USD (Rp19,3 juta)
  • iPhone 14 Pro 1TB: 1499 USD (Rp22,3 juta)

Harga iPhone Pro Max

  • iPhone 14 Pro Max 128GB: 1099 USD (Rp16,4 juta)
  • iPhone 14 Pro Max 256GB: 1199 USD (Rp17,8 juta)
  • iPhone 14 Pro Max 512GB: 1399 USD (Rp20,8 juta)
  • iPhone 14 Pro Max 1TB: 1599 USD (Rp23,8 juta)

Harga dari iPhone 14 series ini bisa berubah sewaktu-waktu. Demikian penjelasan mengenai review iPhone 14 series dengan berbagai upgrade yang pastinya lebih canggih dan modern.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang review gadget lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy