in

Mengenal Planet Terpanas di Tata Surya dan Fakta-Faktanya

Planet Terpanas – Planet Venus tampak dalam jajaran lima planet yang tampak segaris di langit Indonesia. Fenomena langit langka ini menunjukkan bahwa planet Venus dan 4 planet lainnya yaitu Jupiter, Mars, Saturnus dan Merkurius membentuk formasi lima planet sejajar.

Planet Venus sering dikira sebagai bintang karena cahayanya tampak sangat terang saat dilihat dari Bumi. Venus seringkali mudah diamati pada malam dan dini hari. Selain itu, Venus juga sering disebut sebagai kembarannya Bumi, karena Venus mempunyai karakteristik yang hampir mirip dengan Bumi.

Ukuran, massa, komposisi dan gravitasi Venus mirip Bumi. Massa Venus hanya sedikit lebih kecil atau sekitar 80% dari massa Bumi. Nama Venus diambil dari nama dewi Romawi, sehingga ia merupakan satu–satunya planet yang diberi nama menggunakan nama perempuan.

Venus diamati oleh para astronom kuno dari budaya yang berbeda berkali–kali, tetapi pengamatan akurat pertama pada tahun 1610 oleh Galileo Galilei. Galileo melihat Venus melalui teleskop dan menentukan bahwa ia mempunyai fase yang mirip dengan bulan.

Hal ini membantu sekaligus mendukung pandangan Copernicus bahwa planet mengorbit matahari dan bukan sebaliknya.

Planet Venus, Sang Planet Terpanas di Tata Surya

Meskipun Venus bukan planet yang paling dekat dengan matahari, tetapi atmosfernya yang padat memerangkap panas dalam versi efek rumah kaca yang menghangatkan bumi. Akibatnya, suhu di Venus mencapai 880 derajat Fahrenheit (471 derajat Celcius), yang lebih dari cukup panas untuk melelehkan timah. Pesawat ruang angkasa bertahan hanya beberapa jam setelah mendarat di planet terpanas ini sebelum dihancurkan.

Dengan suhu yang sangat panas, maka planet terpanas Venus juga mempunyai atmosfer neraka yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asalm sulfat dan air yang sedikit. Atmosfernya lebih berat daripada planet lain mana pun yang menyebabkan tekanan permukaan lebih dari 90 kali lipat dari Bumi, mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 3.300 kaki (1.000 meter) di lautan.

Jarak, Ukuran dan Massa Planet Venus

planet terpanas
kompas.com

Planet Venus adalah planet terdekat kedua dengan Matahari pada jarak 108,2 jutam km/ 67,24 mi atau 0,7 AU menerima cahaya matahari dalam waktu 6 menit. Venus mempunyai radius 6,051 km atau 3,760 mil dan diameter 12, 104 km atau 7,521 mi sedikit lebih kecil dari bumi.

Planet Venus ini mempunyai massa 4,87 x 10 24 kg, atau 85% dari bumi. Kesamaan yang disebutkan juga memberi jalan pada kepadatan yang sama. Venus mempunyai kepadatan 5,24 gram per sentimeter kubik, sedangkan Bumi mempunyai 5,52. Ia juga mempunyai volume sebanyak bumi 928, 45 miliar km km kubik dibandingkan dengan bumi 1083,21 miliar.

Pendekatan terdekatnya ke bumi terjadi setiap 584 hari sekali, ketika planet – planet saling mengejar. Rata–rata ia bisa sampai sedekat 25 juta mil atau 40 juta kilometer ke bumi setara dengan sekitar 0,28 AU.

Venus Planet Berbatu

Komposisi interior Venus sangat mirip dengan Bumi, kedua planet mempunyai inti besi yang dikelilingi oleh mante batu panas dan kerak luar yang tipis, menurut NASA. Permukaan Venus ditutupi oleh berbagai struktur geologis seperti gunung, lembah dan gunung berapi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kira–kira dua pertiga permukaan Venus ditutupi oleh dataran datar dan halus yang dirusak oleh ribuan gunung berapi, beberapa di antaranya masih aktif hingga saat ini dengan lebar berkisar antara 0,5 hingga 150 mil (0,8 hingga 240 km). Dengan aliran lava yang terukir, kanal panjang berliku yang panjangnya mencapai lebih dari 3.000 mil (5.000 km).

Permukaan Venus Sangat Kering

planet terpanas
kompas.tv

Selama evolusi sinar ultraviolet dari matahari menguapkan air dengan cepat serta menjaga planet dalam keadaan cair yang berkepanjangan. Tidak ada air cair di permukaannya karena adanya panas terik yang diciptakan oleh atmosfernya, sehingga dipenuhi ozon yang menyebabkan air akan segera mendidih.

Venus Memiliki Mahkota

Planet Venus mempunyai korona atau mahkota, struktur seperti cincin yang lebarnya berkisar antara 95 hingga 1.300 mil (155 hingga 2.100 km). Para ilmuwan percaya ini terbentuk ketika bahan panas di bawah kerak planet naik, membengkokkan permukaan planet.

Venus juga mempunyai tesserae atau ubin. Daerah yang ditinggikan di mana banyak pegunungan dan lembah terbentuk di arah yang berbeda. Dengan kondisi di Venus yang digambarkan sebagai neraka, nama kuno untuk Venus disebut Lucifer.

Namun, nama itu tidak membawa konotasi jahat. Lucifer berarti “pembawa cahaya”, dan jika dilihat dari Bumi, Venus lebih terang daripada planet lain atau bahkan bintang, karena awannya yang sangat reflektif dan kedekatannya dengan planet kita.

Diperkirakan bahwa Venus dinamakan dewi Romawi yang cantik (sebanding dengan Aphrodite Yunani) karena penampilannya yang cerah dan bersinar di langit. Dari lima planet yang diketahui para astronom kuno, itu akan menjadi yang paling terang.

Fakta-Fakta Planet Venus

planet terpanas
pixabay

Jika bicara tentang fakta-fakta dari planet terpanas di tata surya yaitu planet Venus, maka sangatlah banyak. Berikut ini tujuh belas fakta unik planet Venus, antara lain.

1. Planet Terpanas di Tata Surya

Panasnya Venus melebihi panas planet Merkurius yang letaknya terdekat dari Matahari. Suhu di permukaan Venus mencapai 462 derajat Celcius, karena banyaknya kandungan karbon dioksida dan sulfur pada atmosfer Venus membuat panas terperangkap di dalam atmosfer. Hal ini seperti efek rumah kaca.

Pesawat luar angskasa tanpa awak yang dikirim ke Venus hanya mampu bertahan beberapa jam di permukaan Venus sebelum akhirnya hancur akibat suhu yang panas.

2. Hampir Seluruh Permukaan Terdiri Atas Daratan Vulkanik

Planet Venus mempunyai banyak gunung berapi. Ada sekitar 167 gunung berapi di planet Venus, dimana lebih banyak dari gunung berapi yang ada di Bumi. para astronom menghitung ada lebih dari 1.600 gunung berapi pada permukaan Venus.

Permukaan Venus terdapat bukti telah terjadi aktivitas vulkanik dan sulfur di atmosfer menunjukkan bahwa telah terjadi letusan gunung berapi. Namun, bukan berarti Venus secara vulkanik lebih aktif dari pada Bumi, hal ini disebabkan oleh kerak Venus yang lebih tua.

Gunung tertinggi di Venus adalah Maxwell Montes yang terletak di Ishtar Terra. Tingginya kurang lebih mencapai 11 kilometer di atas rata – rata ketinggian permukaan Venus. Terdapat 12 petir di planet Venus. Meskipun begitu, tidak ada hujan di planet Venus layaknya di Bumi. kemungkinan petir yang muncul di Venus dihasilkan oleh abu dari letusan vulkanik.

3. Orbit Planet Venus

Orbit merupakan gerak suatu planet untuk mengelilingi matahari dalam waktu tertentu. Semua planet akan mengelilingi matahari dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam.

Planet berotasi terhadap matahari sesuai dengan arah jarum jam dengan waktu 243 hari pada Bumi. Ini merupakan orbit planet terlambat dalam tata surya. Planet Venus mempunyai periode orbit selama 224,65 hari dari planet Bumi.

Selain itu, pada dasarnya, hampir semua planet yang mengelilingi matahari bentuknya adalah elips. Namun, lain halnya dengan planet Venus yang ketika mengelilingi matahari memiliki orbit dengan bentuk bulat. Bentuk bulat ini disebabkan karena planet Venus memiliki eksentrisitas yang lebih rendah dari planet lainnya, yaitu 0,01.

4. Atmosfer Planet Venus Sangat Panas

Dengan suhu yang tinggi, Venus mempunyai atmosfer yang luar biasa pasan. Sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asam sulfat dan hanya sedikit air. Atmosfer planet Venus juga lebih berat dari pada planet lain sehingga menyebabkan tekanan permukaan lebih besar 90 kali lipat dari tekanan di Bumi. Sebagai gambaran, tekanan di Venus mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 1.000 meter di lautan.

5. Rotasi Terlama di Galaksi

Berotasi terhadap matahari dari timur ke barat secara lambat. Garis khatulistiwa pada planet Venus mempunyai kecepatan pada matahari sekitar 65 Km/ H atau 40 mph. kondisi ini memperlambat 6,5 menit per hari Sideris Venus terhadap matahari.

Waktu rotasi Venus lebih lama dari pada waktu revolusi mengelilingi matahari. Satu kali rotasi Venus setara dengan 243 hari di Bumi. Sedangkan untuk mengelilingi Matahari, Venus membutuhkan waktu yang setara dengan 224,7 hari di Bumi.

Akibat dari rotasi Venus yang lambat ini, panjang hari matahari di Venus lebih pendek daripada hari sendirinya sekitar 116,75 hari di Bumi. Jangka waktu rotasi Venus juga lebih lama daripada jangka waktu revolusinya. Hal ini dikarenakan Venus berotasi pada sumbu hampir 180 derajat.

6. Tekanan Cukup Ekstrim

Selanjutnya adalah tekanan yang cukup ekstrim. Bahkan bisa dibilang tekanan 90 kali lipat lebih tinggi dari bumi. Tekanan udara di planet ini mencapai 1 kilometer di bawah laut. Dapat dikatakan sama dengan tekanan air yang ada di Bumi. Fakta tersebut membuat banyak orang berpendapat bahwa Venus juga mengerikan. Meskipun tampilannya hampir mirip dengan bumi.

7. Geografi Planet Venus

Planet Venus merupakan sebuah planet dengan panjang diameter sebesar 12.092 kilometer yang berarti sedikit lebih kecil 650 kilometer dari Bumi. Venus juga mempunyai massa yang lebih kecil dari Bumi, yaitu 81,5%.

Planet Venus terdiri dari 80% daerah vulkanik, 70% daerah daratan, 20% dua benua daratan yang tinggi dan 10% daerah daratan yang halus dan berlekuk. Di Venus juga terdapat pegunungan, lembah, kawah tubrukan dan penampakan unik lainnya.

Sesuatu yang unik tersebut, yaitu adanya cincin rekahan yang dikelilingi Depresi yang disebut Coronae. Penampakan vulkanik yang puncaknya rata, mempunyai lebar antara 20–50 kilometer dan tinggi mencapai 100 -1000 meter yang biasa disebut dengan Farra. Sedangkan rangkaian rekahan radial berbentuk seperti bintang disebut Novae.

8. Struktur dalam Planet Venus

Struktur dalam Venus dengan Bumi mempunyai kemiripan seperti kerak, inti dan mantel yang sama. Namun, Venus mempunyai ukuran yang lebih kecil dari Bumi karena mempunyai tekanan bagian dalam yang lebih rendah.

Terletak dekat dengan Bumi alisan berdampingan, yang membuat Venus mempunyai inti planet cair. Hal ini dikarenakan pendinginan pada salju yang sama dengan Bumi. Venus tidak mempunyai tektonika lempeng yang menyebabkan jumlah panas Venus berkurang, sehingga menghambat pendinginan planet.

Ketiadaan tektonika lempeng terjadi akibat kerak planet Venus yang terlalu kuat dan ketiadaan air yang dapat mengurangi viskositas planet Venus.

9. Planet Paling Jarang Terlihat Melewati Matahari

Dari planet–planet lain, Venus adalah salah satu planet yang paling jarang terlihat melintasi Matahari dari Bumi. Saking jarangnya, pemandangan Venus melintasi Matahari yang terlihat kurang dari sekali dalam seabad.

Baru tujuh kali Venus terlihat melintasi Matahari sejak penemuan pada tahun 1608. Pertama kali, Venus terlihat melintasi Matahari pada Desember 1639 berdasarkan perhitungan akurat dua astronom Inggris, Jeremiah Horrocks dan William Crabtree.

Terakhir kali, Venus terlihat melintasi Matahari pada 5–6 Juni 202 dan dapat terlihat di Amerika Utara dan beberapa kawasan Amerika Selatan, Asia Barat, Afrika Timur dan hampir seluruh Eropa.

10. Kembaran Bumi yang Beracun

Selain dijuluki sebagai Bintang Fajar atau Bintang Kejora, Venus juga sering disebut sebagai “Kembaran Bumi”. Julukan ini diberikan karena ukuran dan struktur yang membentuk planet Venus serupa dengan Bumi. Namun sayangnya, Venus mempunyai panas permukaan yang ekstrem dan atmosfer yang pada serta beracun.

11. Planet Kedua dari Matahari

Venus merupakan planet terdekat urutan kedua dengan Matahari. Planet ini mengorbit pada jarak sekitar 67 juta mil atau 108 juta kilometer.

12. Memiliki Hari Panjang dan Tahun Singkat

Venus berputar sangat lambat pada porosnya. Satu hari di Venus berlangsung 243 hari di Bumi. Planet ini mengorbit matahari lebih cepat dari bumi, sehingga, satu tahun di Venus hanya memakan waktu sekitar 225 hari di Bumi.

13. Rotasi Searah Jarum Jam

Umumnya, planet lain berputar berlawanan arah jarum jam pada sumbu putranya. Namun, Venus berotasi searah jarum jam. Oleh sebab itu, Matahari di Venus akan terbit dari Barat dan terbenam di Timur.

14. Planet Paling Terang

Planet merupakan benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Namun, Venus tetap memantulkan cahaya yang sangat terang dari Matahari. Sebab, kandungan sulfur sangat tinggi pada atmosfer Venus. Sulfur dapat memantulkan cahaya sehingga Venus memantulkan banyak sekali cahaya yang membuat Venus seolah–olah tampak sangat terang.

15. Banyak Gunung Berapi

Pada permukaan planet Venus, terdapat ribuan gunung berapi aktif. Lebar gunung berapi ini bervariasi dari 0,8 hingga 240 kilometer. Sedangkan titik tertingginya berada di Pegunungan Maxwell yaitu setinggi 11,3 kilometer.

16. Tekanan Udara di Venus Sangat Tinggi

Tekanan udara di planet Venus setara dengan 90 kali tekanan udara di Bumi. Angka tersebut juga setara dengan tekanan udara di laut pada kedalaman 1.000 meter.

17. Angin Sangat Kencang

Di permukaan Venus, angin berhembus sangat kencang hingga mencapai kecepatan 360 kilometer per jam. Kecepatan angin ini merupakan salah satu misteri planet Venus yang belum terpecahkan, karena anginnya berhembus hingga 60 kali lebih cepat dari rotasi planet itu sendiri. Kondisi atmosfer planet Venus yang terlalu ekstrem menyebabkan penelitian mengenai planet ini masih terbatas.

Nah itulah tentang planet terpanas, yaitu planet Venus dan fakta-faktanya, ternyata banyak sekali ya grameds! Pada intinya, semua jenis planet mempunyai keunikan serta karakteristik sendiri. Jika Grameds masih bingung, masih membutuhkan referensi terkait planet Venus terpanas dan fakta – faktanya maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga artikel ini menginspirasimu ya.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah 

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.