in

10 Arti Mimpi Anak Tenggelam, Pertanda Baik Atau Buruk?

geralt/Pixabay.com

Mimpi Anak Tenggelam – Sekalipun bukan mimpi, kejadian anak tenggelam itu adalah sesuatu yang menjadi momok menyeramkan bagi orang tua maupun anak.

Bahkan jika anak bisa berenang pun, tidak menutup kemungkinan dirinya akan selamat begitu saja apalagi jika tenggelamnya di sebuah arus air yang deras. Itulah mengapa, sedewasa apapun usia kita sebagai anak, pasti orang tua akan selalu mewanti-wanti kita untuk menghindari tempat-tempat yang memiliki arus air deras.

Berhubungan dengan hal tersebut, jika tiba-tiba Grameds selaku orang tua mendapatkan mimpi anak tenggelam, pasti akan langsung terbangun ‘kan? Perasaan cemas, was-was, dan khawatir akan tercampur aduk ketika membayangkan kembali isi mimpi tersebut.

Mengingat mimpi itu berkaitan erat dengan perasaan emosional di dalam diri, maka bisa jadi mimpi anak tenggelam tersebut menjadi pertanda adanya sesuatu yang salah di diri kita.

Lantas, apa saja sih arti mimpi anak tenggelam yang dapat Grameds telusuri pertandanya? Yuk, segera simak ulasan berikut ini!

10 Arti Mimpi Anak Tenggelam, Apa Saja?

1. Mimpi Anak Tenggelam di Kolam Renang

mimpi anak tenggelam
Engin_Akyurt/Pixabay.com

Grameds sebagai orang tua pasti tahu bahwa usia anak-anak itu sangat senang bermain, terutama di kolam renang. Bagi sebagian besar anak-anak, pergi berenang di kolam renang adalah suatu pengalaman yang menyenangkan dalam hidupnya. Namun, jika tiba-tiba kita malah mendapatkan mimpi berupa anak yang tenggelam, tentu saja kita sendiri akan parno untuk mengajak mereka ke kolam renang lagi.

Memimpikan anak tenggelam di kolam renang dapat menjadi pertanda akan kekhawatiran diri kita terhadap tindakan orang lain. Yap, secara tidak langsung kamu khawatir jika ada orang lain bertindak semena-mena mereka, sehingga dapat merugikan orang-orang yang kamu sayangi. Itu adalah rasa kecemasan berlebihan.

Ditambah lagi, kolam renang dalam sebuah mimpi itu menggambarkan adanya situasi bahwa kamu tengah menyembunyikan perasaan. Jadi, jangan terlalu dibiasakan untuk mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, ya.

2. Mimpi Melihat Anak Tenggelam

Jika di dunia nyata, ketika kita melihat anak tenggelam pasti tanpa mempertimbangkan hal apapun akan langsung menyelamatkannya. Namun, bagaimana jika kita mendapatkan mimpi melihat anak tenggelam tetapi tidak bisa melakukan hal apapun?

Sebenarnya, memimpikan melihat anak yang tenggelam itu dapat menjadi pertanda bahwa dirimu sebagai orang tua, tengah memiliki rasa cemas berlebihan. Yap, kamu sendiri selalu merasa tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri akan suatu situasi yang berhubungan anak.

Saking merasa cemasnya, ketika tidur pun akan tetap kepikiran sehingga perasaan emosi dan gelisah masih ada di bawah sadar. Itulah yang menyebabkan Grameds mendapatkan mimpi demikian.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Mimpi Anak Tenggelam di Sungai

Mengingat saat ini adalah musim hujan, maka Grameds sebagai orang tua pasti akan selalu mewanti-wanti anak untuk tidak bermain di sekitar sungai ‘kan. Lalu, bagaimana jika malah kita mendapatkan mimpi berupa anak yang tenggelam di sungai?

Itu berarti menjadi pertanda bahwa dirimu sedang dalam keadaan tidak dapat menangani suatu tanggung jawab di kehidupan sehari-hari. Apabila memang benar adanya, coba mintalah bantuan kepada pasangan atau anggota keluarga terdekat terkait pembagian tanggung jawab tersebut. Jangan bebankan segalanya hanya pada dirimu saja ya…

4. Mimpi Anak Tenggelam di Lautan

mimpi anak tenggelam
dimitrisvetsikas1969/Pixabay.com

Anak tenggelam di kolam renang dan sungai saja sudah menjadi momok yang menyeramkan apalagi di lautan. Nah, jika Grameds malah mendapatkan mimpi menyeramkan tersebut, bisa jadi berkaitan dengan emosi di dalam diri yang sudah terlalu berlebihan.

Keberadaan emosi yang terlalu berlebihan itu ternyata dapat mempengaruhi kemampuan diri dalam proses pengambilan keputusan di dunia nyata. Cobalah untuk menghilangkan perlahan segala kekhawatiran dan emosi itu.

5. Mimpi Anak Tenggelam Karena Jatuh Dari Perahu

Jika membayangkannya sekali lagi isi mimpi tentang anak tenggelam karena jatuh dari perahu, pasti akan membuat Grameds selaku orang tua sedih dan was-was. Nah, mimpi tersebut secara tidak langsung memberikan pertanda bahwa ada sesuatu yang sulit dipahami tentang anakmu. Coba deh, lakukan deep talk kepada anakmu dan jangan pernah menghakiminya dengan omelan-omelan yang memekakkan telinga.

Seorang anak itu juga perlu didengar. Telusuri hal-hal apa yang membuatmu sulit memahami darah dagingmu sendiri.

6. Mimpi Anak Hanyut Lalu Tenggelam

Jangankan di mimpi, jika hal ini terjadi di dunia nyata saja pasti setiap orang tua akan sedih hingga bertahun-tahun lamanya. Namun, berhubung kejadian tersebut ada di dalam mimpi, maka tentu saja akan memberikan pertanda yang berkaitan dengan anakmu.

Yap, mimpi anak hanyut oleh aliran air kemudian tenggelam, dapat menjadi pertanda bahwa kamu begitu khawatir dengan masa depan anak. Padahal sebenarnya, masa depan anak itu bukan orang tua yang menentukan, tetapi sang anak itu sendiri. Orang tua hanya memfasilitasi saja hal-hal yang dibutuhkan anak dan menjadi penopang ketika anak merasa lelah dalam upayanya mencapai cita-cita.

Jangan pernah memberi batasan kepada anak dalam hal cita-citanya ya… Berikan saja nasihat yang realistis supaya mereka memahami bahwa dunia ini memang tidak berjalan sesuai ekspektasinya.

7. Mimpi Anak Meninggal Dunia Karena Tenggelam

mimpi anak tenggelam
geralt/Pixabay.com

Sepertinya segala mimpi anak tenggelam itu akan selalu menjadi mimpi paling buruk bagi orang tua, apalagi jika sang anak meninggal dunia karena hal tersebut. Meskipun itu terjadi di bunga tidur, tetapi tetap membuat perasaan tidak nyaman dan takut hal-hal tidak mengenakkan menimpa sang anak.

Mimpi anak meninggal dunia karena tenggelam dapat menjadi pertanda bahwa Grameds sebagai orang tua tidak terlalu dekat baik secara fisik maupun perasaan dengan sang anak. Padahal seharusnya, sosok orang tua harus selalu dekat dengan anaknya setiap waktu. Jika memang sibuk akan pekerjaan, coba luangkan waktu untuk melakukan deep talk atau pergi bersama anak ke suatu tempat.

Ketika proses deep talk, coba tanyakan bagaimana kegiatannya selama sehari-hari ini? Apa yang membuatnya senang? Apa pula yang membuatnya sedih? Tanyakan pula pendapatnya tentang suatu permasalahan yang terjadi di keluarga (apabila ada). Setelah itu, peluk sang anak dan ucapkan rasa terima kasih karena masih bersedia bertahan dalam menghadapi masalah-masalahnya.

Saat sang anak menceritakan permasalahannya, jangan langsung menganggap remeh. Bagi kita sebagai orang dewasa, permasalahan itu mungkin hanya sepele, tetapi bagi anak yang masih di usia labil, permasalahan itu bisa jadi mempengaruhi psikologisnya.

Pada dasarnya, memang mimpi anak tenggelam di tempat apapun dan cara apapun itu adalah pertanda akan hubungan orang tua dengan anak.

8. Mimpi Menyelamatkan Anak yang Tenggelam

Ketika mendapatkan mimpi berupa menyelamatkan anakmu yang tenggelam pasti ketika bangun akan merasa sedih sekaligus lega. Sedih karena mendapatkan mimpi buruk sedemikian rupa, tetapi sekaligus lega karena akhirnya berhasil menyelamatkan anak.

Jika Grameds pernah memimpikan hal tersebut, itu dapat menunjukkan bagaimana caramu dalam merawat anakmu di kehidupan nyata. Upaya kita menyelamatkan anak yang tenggelam di mimpi itu berarti sama saja berusaha merawat anakmu supaya dapat tumbuh menjadi manusia beradab di dunia nyata.

9. Mimpi Anak Tenggelam dan Selamat

Dilansir dari tafsirartimimpi.com, mimpi anak tenggelam dan dapat selamat itu dapat dilihat melalui dua perspektif. Jika dalam perspektif yang positif, maka mimpi ini memberikan pertanda bahwa Grameds akan mendapatkan rahmat dari Tuhan. Namun jika melihatnya dalam perspektif negatif, maka ini adalah kehadiran roh jahat di mimpi saat manusia tidur.

10. Mimpi Anak Tenggelam di Bak Mandi

Terakhir adalah mimpi anak tenggelam di bak mandi. Berbeda dengan tempat tenggelam yang sebelum-sebelumnya, justru mimpi ini memberikan pertanda bahwa Grameds sebagai orang tua akan mengalami kerugian finansial. Untuk itu, tetaplah berhemat dan jangan foya-foya secara berlebihan.

Mimpi ini juga dapat memberikan pertanda bahwa Grameds akan kehilangan sosok orang yang dicintai. Tetap selalu berdoa untuk yang terbaik, ya.

Cara Mengatasi Datangnya Mimpi Buruk

1. Mengelola Stress

Stress biasanya dipicu oleh rasa cemas yang berlebihan. Nah, berdasarkan ulasan sebelumnya bahwa penyebab mimpi buruk adalah stress, maka kita harus berlatih untuk mengelola stress.

Apa banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan bermeditasi, berusaha untuk ‘bodo amat’, dan berkonsultasi ke psikolog.

2. Tidur Yang Cukup

Cobalah untuk mengatur ulang jadwal tidur supaya kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jika kamu sering merasa susah tidur, kamu dapat melakukan berbagai hal supaya cepat mengantuk.

Misalnya, mandi air hangat, melakukan meditasi, melakukan relaksasi, menonton dan mendengarkan ASMR sebelum tidur.

3. Mengonsumsi Obat

Perlu diketahui bahwa obat yang dimaksud adalah obat-obatan yang berasal dari resep dokter. Jadi, kamu tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat tidur tanpa resep yang jelas. Dokter dapat memberi obat yang membantumu untuk mengatasi mimpi buruk dengan dosis yang telah sesuai.

Mengenal Konsep Mimpi Menurut Perspektif Psikologi

3 Teori Umum Mengenai Mimpi

Analisis akan mimpi yang dialami oleh manusia tentu saja masuk dalam kajian psikologi. Hal tersebut karena mimpi memang berkenaan dengan pikiran dan emosi manusia, terutama ketika tengah tidur. Nah, berikut ini terdapat 3 teori umum yang berkaitan dengan mimpi manusia.

1. Activation-Synthesis Model of Dreaming

Teori akan mimpi ini dikemukakan oleh J. Allan Hobson dan Robert McCarley pada tahun 1977. Teori ini berisikan bahwa sirkuit yang ada di dalam otak nantinya akan diaktifkan selama tidur, dan menyebabkan area pada sistem limbik yang terlibat akan mengalami emosi, sensasi, dan kenangan.

Hobson bahkan tidak percaya bahwa setiap mimpi itu memiliki arti. Menurutnya, mimpi adalah keadaan sadar kita yang paling kreatif, sehingga akan ada kekacauan dan rekombinasi elemen-elemen kognitif secara spontan, kemudian menghasilkan ide-ide baru.

2. Psychoanalytic Theory of Dreams

Teori ini dikemukakan oleh Sigmund Freud yang berpendapat bahwa mimpi itu merupakan bentuk dari perwakilan atas keinginan, pikiran, dan motivasi di dalam diri kita tetapi tidak disadari. Dalam bukunya yang berjudul The Interpretation of Dreams, tertulis juga bahwa “mimpi adalah pemenuhan keinginan yang terpendam”.

3. Teori Carl Jung

Carl Jung adalah sosok psikologi terkenal dan sama populernya dengan Sigmund Freud. Kali ini, Carl Jung berpendapat bahwa mimpi itu sebenarnya adalah ekspresi langsung atas pikiran seseorang itu sendiri. Menurutnya, mimpi seolah mengungkapkan bagaimana keadaan bawah sadar dari seorang individu, melalui bahasa simbol dan metafora.

Analisis Mimpi Menurut Sigmund Freud

Sigmund Freud adalah seorang pendiri aliran psikoanalisis yang selalu muncul di buku ilmu psikologi atas teori dan pemikirannya. Menurutnya, mimpi adalah pesan alam dari bawah sadar yang sangat abstrak terhadap alam sadar. Mimpi ini akan berisikan keinginan, ketakutan, hingga bermacam-macam aktivitas emosi lain, yang bahkan tidak disadari oleh seseorang.

Sesuai dengan teori umum sebelumnya, Freud menyampaikan bahwa setiap mimpi yang kita alami itu akan memiliki makna, yang mana dapat digali melalui proses analisis. Dalam mimpi yang kita alami, ternyata terdapat dua bagian lho… yakni Manifest Content dan Latent Content.

Pada bagian pertama yakni Manifest Content akan berisikan gambaran-gambaran dalam mimpi yang dapat dilihat secara gamblang. Sementara pada bagian kedua yakni Latent Content akan berisikan keinginan dan pikiran-pikiran yang tersembunyi dan sama sekali tidak disadari. Nah, pada bagian kedua ini biasanya justru akan berisikan konflik yang menjadi penyebab munculnya mimpi tersebut.

Dalam hal ini, Freud turut menyatakan bahwa mimpi dapat menjadi ‘saluran’ bagi emosi manusia, terutama pada emosi atau perasaan yang selama ini ditahannya. Sleep Mentation adalah sebutan untuk mimpi yang memiliki hubungan erat dengan emosi manusia.

Contohnya jika diri kita tengah memiliki emosi cemas, maka seringkali mengalami mimpi yang menyeramkan dan bahkan mengganggu lelapnya tidur kita.

Proses bermimpi dalam diri manusia itu ada 4 unsur, yakni:

  • Kondensasi: Banyaknya ide dan materi yang datang ke dalam suatu mimpi, yang selanjutnya dapat diringkas menjadi satu ‘gambar’.
  • Perpindahan: Disini, mimpi tidak akan lagi memiliki kemiripan dengan pusat pikiran mimpi. Maka dari itu, mimpi akan memproduksi bentuk terdistorsi dari harapan mimpi yang ada.
  • Simbolisasi: Ide-ide direpresi yang ada di dalam mimpi akan disensor dan mewakili setiap objek yang melambangkan pikiran bawah sadar. Contohnya kotak, lemari, atau lainnya.
  • Sekunder Revision: Berisikan peristiwa-peristiwa aneh yang ada di dalam mimpi dan tersusun kembali, sehingga akan nampak masuk akal jika dianalisis kembali.

Itulah beberapa pembahasan kita tentang mimpi anak tenggelam. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika ingin mencari buku tentang mimpi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Cari Tahu Arti Mimpimu

Mimpi Anak Tenggelam

Mimpi selalu mengundang rasa ingin tahu karena seringkali merupakan pertanda dan firasat. Mimpi buruk tidak selalu berarti sebuah pertanda buruk. Jangan sampai Anda melewatkan pesan-pesan penting untuk hidup Anda.

  • Mimpi Orang Tua: Melambangkan datangnya peristiwa penting.
  • Mimpi Pacar Lama : Tidak berarti Anda akan kembali menjalin hubungan dengan pacar lama. Mungkin Anda kehilangan sesuatu dari dia atau justru melambangkan kepuasan terhadap pernikahan yang kini Anda jalani.
  • Mimpi Pohon: Pohon merupakan simbol diri. Apa yang terjadi pada pohon merupakan tanda yang tengah Anda rasakan.

Dan temukan berbagai arti mimpi lainnya di dalam buku ini.

2. Dallergut: Toko Penjual Mimpi

Mimpi Anak Tenggelam

Ada sebuah desa yang hanya bisa kamu kunjungi dalam tidurmu. Tempat paling populer di desa ini adalah Dallergut: Toko Penjual Mimpi yang mengumpulkan dan menjual segala macam mimpi. Toko ini selalu ramai oleh pelanggan manusia dan hewan yang ingin tidur panjang atau tidur siang. Setiap lantainya dilengkapi dengan mimpi-mimpi dari berbagai macam genre istimewa, termasuk mimpi tentang masa kecil, perjalanan menyenangkan, melahap makanan lezat, hingga mimpi buruk dan mimpi misterius.

Di toko ini ada Dallergut, si pemilik toko; Penny, karyawan baru yang ceroboh dan penuh rasa ingin tahu; Aganap Coco, produser mimpi legendaris; dan Vigo Myers, manajer lantai dua. Penny ditugaskan untuk bekerja di lantai satu dengan karyawan veteran, Bibi Weather. Namun, pada hari pertama dia bekerja, mimpi yang paling mahal dicuri.

Kisah menawan ini akan meninggalkan gaung yang lama. Tidak hanya menyenangkan bagi pembaca remaja, tetapi juga memberikan kehangatan dan penghiburan bagi pembaca dewasa yang lelah dengan kenyataan hidup.

3. It’s Okay To Not Be Okay: Anak Lelaki yang Penuh Mimpi Buruk

Pada suatu hari, hiduplah seorang anak laki-laki yang selalu mengalami mimpi buruk. Kenangan buruk dari masa lalu yang sangat ingin ia lupakan terus menerus muncul di dalam mimpinya dan menghantui si anak tanpa henti.

Si anak takut untuk tidur dan akhirnya pergi menemui seorang penyihir dan memohon: “Penyihir, tolong hilangkan semua kenangan burukku, agar aku tidak bermimpi buruk lagi. Sebagai gantinya, aku akan lakukan apapun juga yang kamu minta.

Dongeng ini menceritakan kisah hidup seorang anak lelaki yang mengalami mimpi buruk karena kenangan di masa lalu. Mimpi tersebut terus muncul dan mengganggu hidupnya hingga kemudian dia melakukan perjanjian jiwa dengan penyihir demi mengusir mimpi buruknya serta bisa mendapatkan kebahagiaan.

Saat mimpi-mimpi buruk tidak lagi hadir, ternyata anak lelaki yang telah dewasa tadi tetap tidak merasa bahagia. Meski terkesan seram untuk menjadi dongeng anak, tapi di dalamnya terkandung pesan moral yang dalam. Dongeng ini ingin menyampaikan bahwa kenangan buruk ada untuk diingat dan dihadapi. Jika tidak dihadapi, orang hanya akan terus menjadi anak kecil dengan jiwa yang tak bertumbuh.

4. Tafsir Mimpi: Menurut Al-Quran dan Ilmu Sunnah

Tafsir mimpi berbeda dengan ramalan klenik. Namun demikian, mimpi juga bisa berarti prediksi akan kehidupan di masa depan, seperti halnya mimpi yang ditakwilkan oleh Nabi Yusuf a.s atas mimpi yang dialami oleh Raja Mesir. Nabi Yusuf a.s telah bermimpi dan Nabi Yusuf a.s telah dianugerahi oleh Allah SWT kemampuan untuk menakwilkan mimpi. Dua persoalan tentang mimpi tersebut telah diceritakan dalam Al Quran. Begitu lengkapnya Islam membahas segala persoalan mengenai kehidupan, bahkan mimpi pun tidak luput dari pembahasannya dalam agama Islam.

Buku Tafsir Mimpi: Menurut Al-Quran dan Ilmu Sunnah ini menjawab pertanyaan para umat akan penafsiran mimpi dan penakwilannya. Tafsir mimpi yang dilakukan oleh Ibnu Sirin, yang merupakan penulis dari buku ini, diambil dari Al Quran dan As Sunnah sehingga penafsiran dan penakwilannya dilakukan secara cermat dan hati-hati.

Berbagai takwil mimpi dibahas di dalam buku ini. Setidaknya, ada 54 item takwil mimpi yang dikupas oleh Ibnu Sirin, mulai dari takwil mimpi tentang manusia, jin, dan setan, alam semesta, dan berbagai peristiwa lainnya.

5. Tafsir Mimpi Umar Khayyam

Pernahkah kamu bermimpi sampai terbangun dari tidur, tapi tidak tahu apa “pesan”-nya untuk kehidupanmu?

Jika iya, kitab klasik karya Umar Khayyam (1048-1131 M) ini mungkin bisa membantumu. Ditulis sejak 1000 tahun yang lalu, buku yang terdiri dari 20 bab ini menjelaskan secara lengkap berbagi mimpi yang mungkin pernah atau akan kita alami.

Umar Khayyam adalah ulama asal Persia yang selama ini lebih dikenal sebagai ilmuwan di bidang astronomi, matematika, dan sastra. Salah satu karya termasyhurnya adalah Rubaiyat Umar Khayam. Namun begitu, tak banyak yang tahu, beliau juga menulis buku tentang tafsir mimpi. Tentu saja, karyanya ini jauh sebelum kehadiran buku-buku soal mimpi di barat, seperti karya Sigmund Freud dengan The Interpretation of Dream-nya di abad ke 20.

Pesan penting buku ini adalah bahwa mimpi kita sehari-hari, pada dasarnya, jika bisa diinterpretasikan secara tepat, dapat membantu kita untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup kita sehari-hari.

Sumber:

https://student-activity.binus.ac.id/

https://www.alodokter.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.