in

Ternyata Ini, Manfaat Pull Up Untuk Kesehatan

Manfaat pull up – Apakah Grameds dan keluarga gemar berolahraga? Jika ya, jenis olahraga apa yang kamu sukai? Ada banyak pilihan olahraga, pada dasarnya semuanya membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar.

Selain sehat dan bugar, jika Grameds ada yang berolahraga ingin menambah massa otot, maka olahraga pull up bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu! Pull up merupakan latihan untuk membentuk kekuatan tubuh, khususnya bagian atas. Selain melatih otot, ada banyak manfaat pull up lain yang bisa Grameds peroleh dari olahraga ini.

Sebenarnya, pull up sering dianggap sebagai latihan yang serupa dengan chin up, namun lebih sulit. Selain itu, latihan pull up juga bisa dilakukan dan dimodifikasi dengan menggunakan bantuan.

Meski begitu, Grameds masih bisa mendapat manfaat yang banyak dari pull up. Manfaat pull up bisa Grameds peroleh dengan rutin melakukan gerakan ini. Dimana Grameds hanya perlu menggantung pada mistar pull up dengan posisi tangan menghadap arah badan. Lalu, pelan-pelan angkat badan Grameds sampai dagu posisi di atas palang.

Melansir dari Healthline, manfaat pull up ini bisa memperkuat otot-otot punggung bisa dilakukan sebagai pilihan latihan yang paling efektif. Selain membentuk otot-otot punggung, juga otot lengan dan bahu.

Dengan rutin melakukan latihan pull up bisa mengencangkan otot bahu juga lengan bawah. Jika Grameds berniat untuk meningkatkan kekuatan pada bagian tersebut, maka lakukan pull up dengan teratur, ya.

Apa Itu Pull Up?

pixabay.com/scottwebb

Pull up merupakan gerakan menggelantung pada mistar. Pull up menjadi salah satu olahraga untuk membentuk masa otot dan melatih tubuh agar tetap kencang, khususnya bagian atas seperti dada, bahu, dan lengan.

Pull up dilakukan dengan cara menggelantungkan tubuh ke sebuah bilah besi dengan gerakan menurunkannya kembali. Cara latihan pull up, tubuh akan menggantung pada sebuah bilah besi, lalu kamu harus mengangkat tubuh hingga posisi dagu berada di atas bilah.

Pull up biasanya dianggap latihan tingkat lanjut. Selain itu, pull up dikenal sebagai latihan berat yang sering digunakan dalam pelatihan militer. Sehingga menjadi bagian olahraga yang tidak mudah untuk dipraktekkan.

Akan tetapi, dibalik tingkat kesulitannya, latihan pull up merupakan jenis olahraga terbaik untuk melatih otot. Selain itu, pull up juga memberi serangkaian manfaat untuk kamu yang bisa melakukannya secara rutin.

Pull up merupakan gerakan cukup memakan energi, karena untuk melatih kekuatan otot serta ketahanan tubuh. Jadi, agar mendapatkan manfaat dari pull up dengan maksimal, kamu memerlukan tumpuan yang kuat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Olahraga ini juga bisa dijumpai di tempat-tempat olahraga khusus seperti pull up bar, dimana kamu bisa menemukannya di gym. Tapi, kamu juga bisa menggunakan palang yang tinggi, atau bahkan menggunakan ventilasi pintu rumah.

Cara Melakukan Pull-Up Dengan Benar

sumber : pixabay.com/Alexas_Fotos

Kamu bisa menemukan olahraga ini di tempat gym atau tempat-tempat umum yang memiliki palang besi untuk melakukan gerakan pull up ini. Bahkan bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan ventilasi pintu rumah atau menggunakan alat yang ada di rumah.

Pull up termasuk olahraga berat, dilakukan dengan cara menggantungkan tubuh dan mengangkat secara berulang pada tumpuan tersebut. Jadi, sebelum melakukan pull up, kamu harus pastikan bahwa tumpuan kamu gunakan benar-benar kuat, hal ini untuk menghindari cedera akibat terjatuh.

Tumpuan yang digunakan juga posisinya harus lebih tinggi dari Grameds, karena saat melakukan gerakan pull up, kaki Grameds harus menggantung. Baru setelah itu, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Berdirilah tepat di bawah mistar atau tumpuan.
  • Merentangkan kaki
  • Lompat, kemudian genggam tumpuan dengan kuat menggunakan telapak tangan dan menghadap ke depan.
  • Tarik tubuh ke atas dengan perlahan sampai dada mendekati tumpuan yang Grameds genggam.
  • Lakukan gerakan sambil menghembuskan napas.
  • Tekuk lutut, lalu silangkan pergelangan kaki supaya posisi tetap seimbang.
  • Lalu, turunkan tubuh dengan perlahan sampai siku kembali lurus sejajar sambil mengambil napas.
  • Selama posisi turun, tetap pertahankan kekuatan pada otot tangan, sehingga Grameds bisa turun dengan tepat.
  • Tarik kembali badan ke atas dengan perlahan.
  • Ulangi gerakan beberapa kali sesuai kemampuan Grameds.

Selain sehat, olahraga ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak, seperti cara pikir, ketajaman perhatian, daya ingat, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Tapi, penting diperhatikan, bahwa manfaat kesehatan dari pull up hanya bisa diperoleh jika gerakan dilakukan dengan rutin dan benar, ya, dan jangan berlebihan.

Apa analisis tentang olahraga dipandang dari sudut sosiologi? Nah, bagi Grameds yang ingin tahu lebih banyak info tentang hal itu, maka bisa membaca buku Revolusi Olahraga Suatu Analisis-Sintesis Dr Sudut Sosiologi

Manfaat Pull Up 

sumber : pexels.com/Victor Freitas

Beberapa manfaat dari latihan pull up berikut ini bisa Grameds rasakan jika dilakukan secara konsisten dan dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga pola makan sehat.

Penasaran?  Apa saja manfaatnya? Simak manfaat pull up yang bisa Grameds rasakan jika rutin melakukan latihan pull up ini, di antaranya :

1. Memperkuat Genggaman Tangan

Pull up bisa meningkatkan kekuatan pada genggaman tangan kamu Grameds. Jika kamu penggemar olahraga berat seperti angkat beban, golf, tenis, atau panjat tebing, maka latihan ini akan sangat bermanfaat.

Pull up adalah olahraga yang sebagian besarnya memerlukan tekanan dan konsentrasi pada semua jari-jari tangan, telapak tangan, dan semua bagian tangan. Jadi, tak usah heran, jika kekuatan cengkraman tangan Grameds akan semakin kuat.

Manfaat ini akan Grameds rasakan jika melakukan latihan pull up secara rutin. Kamu akan merasakan kekuatan tangan begitu bertambah. Jika sudah begitu, kamu telah memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan kegiatan berat sehari hari.

2. Mengurangi Lemak Berlebih

Tumpukan lemak di tubuh khususnya sekitar pinggang, merupakan lemak membandel untuk dibuang. Bagi Grameds yang sedang dalam proses mengikis lemak di sekitar pinggang ini, kamu bisa mencoba olahraga pull up, lho.

Jika rutin latihan pull up, kamu bisa memperoleh manfaat bisa menghilangkan lemak-lemak bandel itu. Pull up disebut bisa menjadi solusi cepat untuk menghilangkan lemak-lemak bandel, khususnya bagian pinggang.

Meski sedikit sulit, tapi dengan terus latihan pull up setiap hari kamu bisa membakar lemak sedikit demi sedikit. Karena memang, latihan pull up cenderung sulit dilakukan, terutama saat awal akan memulainya.

3. Memperkuat Otot Punggung, Bahu, dan Lengan

Seperti halnya gerakan back up, manfaat dari pull up yaitu bisa memperkuat otot punggung, bahu, dan lengan. Latihan pull up juga harus dilakukan dengan teratur jika Grameds ingin meningkatkan kekuatan pada area-area tersebut.

Gerakan pull up ini melibatkan beberapa otot tubuh, yaitu :

  • Otot latissimus dorsi, yakni otot punggung bagian atas yang membentang dari bagian punggung, tengah, sampai ke bawah tulang belikat serta bawah ketiak.
  • Otot erektor spinae area atas, yakni otot yang membentang pada sepanjang tulang belakang, khususnya bagian atas.
  • Otot trapezius, yaitu otot yang berada pada leher hingga kedua bahu.
  • Otot infraspinatus, yaitu otot punggung yang berada di tulang belikat.

4. Melatih Kekuatan Sendi

Selain untuk menambah kekuatan otot, latihan pull up juga bisa meminimalisir rasa nyeri yang diakibatkan karena radang persendian. Terutama pada punggung bagian bawah, area ini sering muncul nyeri akibat radang sendi atau penyakit arthritis.

Akan tetapi, gerakan pull up ini hanya bisa membantu meredakan gejala nyerinya saja. Tapi, untuk mengobati penyakit tersebut, Grameds tentunya memerlukan penanganan lebih lanjut.

5. Meningkatkan Suasana Hati 

Sudah jadi rahasia umum, jika olahraga bisa meningkatkan mood atau suasana hati, tak terkecuali pull up ini. Manfaat pull up secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah suasana hati yang Grameds rasakan setiap hari.

Pull up menggabungkan manfaat kesehatan dan peningkatan suasana hati yang umum didapat dari berbagai jenis olahraga lain. Karena akan menimbulkan efek tenang, dan juga sehat.

6. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Pull up juga bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Sebuah studi menyatakan, latihan pull up bisa mengurangi lemak perut. Selain itu, pull up juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, dan juga mengurangi nyeri punggung.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut beberapa penelitian, gerakan-gerakan dari olahraga dengan tujuan membentuk masa otot dan melatih kekuatan seperti pull up ini, akan efektif untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

8. Menambah Tinggi Badan

Manfaat pull up lainnya yaitu bisa menambah tinggi badan, lho. Memang tidak bekerja secara langsung atau serta merta menjadi tinggi. Tapi, latihan ini bisa membantu memperbaiki postur tubuh Grameds.

Seperti yang telah dijelaskan, gerakan pull up melibatkan otot-otot semua tubuh, terutama bagian atas yaitu termasuk punggung, dada, lengan, dan perut. Jadi, semuanya akan memperkuat otot inti.

Saat mempunyai otot inti yang kuat, postur tubuh Grameds juga akan tetap seimbang. Oleh sebab itu, Grameds akan merasa nyaman dan tidak terlihat membungkuk saat berdiri.

Otot punggung Grameds akan selalu menopang tubuh dan sejajar serta tegap berdiri. Hasilnya, Grameds akan terlihat memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari sebelumnya.

9. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Latihan kekuatan, seperti olahraga pull up, juga bisa membantu menurunkan berat badan. Walaupun tidak membakar banyak kalori, namun latihan ini bisa meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh serta memperpanjang proses pembakaran kalori, meskipun latihan telah selesai. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan berat badan yang ideal dan terjaga, sehingga Grameds pun akan terhindar dari terkena obesitas.

10. Mencegah Penyakit Diabetes

Pull up juga bermanfaat dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Sedangkan, jika kamu telah terlanjur menderita diabetes tipe dua, maka gerakan pull up ini bisa membantu dalam mengatur kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh agar tetap normal.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pull up selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, latihan pull up juga bisa meminimalisir mengalami gangguan kesehatan seperti kardiovaskular dan gangguan kesehatan lainnya yang mengancam keselamatan jiwa.

12. Menjaga Kesehatan Mental 

Pull up tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, tapi juga baik untuk kesehatan mental. Hasil penelitian menjelaskan bahwa latihan kekuatan bisa berdampak positif pada kesehatan mental kita, seperti :

  • Mengurangi gejala kecemasan
  • Mengurangi stress dan kelelahan
  • Meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan, seperti daya ingat, cara berpikir, dan ketajaman perhatian
  • Mengurangi resiko depresi

Apa benar olahraga berkaitan erat dengan kesehatan mental? Bagaimana dinamika psikologis terhadap pelatihan olahraga? Yuk, simak informasi tentang hal itu dalam buku Dinamika Psikologis dalam Pelatihan Olahraga  ini!

13. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memiliki tubuh yang ideal dan atletis merupakan bentuk manfaat yang bisa kita dapatkan jika rajin berolahraga, termasuk olahraga pull up. Oleh karena itu, rutin berolahraga pull up juga bisa menambah dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

14. Mendapatkan Bentuk Tubuh V

Bentuk tubuh V digadang-gadang idaman banyak orang. Jika Grameds termasuk salah satunya, maka tak ada salahnya jika mulai melakukan pull up. Membentuk tubuh V yang sempurna tentu membutuhkan banyak upaya, terutama bagian perut. Nah, manfaat pull up yang rutin bisa menangani setidaknya setengahnya untuk Grameds. Jadi, tidak serta merta langsung terbentuk.

Pull up juga merupakan latihan punggung yang paling efektif. Jika rutin melakukan pull up, Grameds bisa melatih punggung agar terlihat lebih baik. Selain itu, bahu Grameds akan terlihat lebih besar, dan bagian pinggang akan lebih ramping dan berotot.

15. Menyeimbangkan Otot Tubuh 

Olahraga yang berlebihan bisa menimbulkan bahaya, sebab jenis olahraga pull up lebih memainkan otot, sehingga Grameds harus melakukan dengan cara yang benar. Jika salah gerakan atau melakukan secara berlebihan, dikhawatirkan kelompok otot tertentu bisa mengalami cidera dalam jangka panjang.

Misalnya, banyak orang yang berkonsentrasi pada lengan atau bisep mereka, dan umumnya sambil meninggalkan bagian punggung hampir seluruhnya tanpa pengawasan.

Nah, jika dilakukan dengan cara yang benar, maka manfaat pull up ini bisa merangsang kekuatan otot lengan dan punggung. Dengan rutin latihan pull up, Grameds akan melatih otot-otot seluruh tubuh menjadi seimbang.

16. Melatih Kemampuan untuk Latihan Lainnya 

Pull-up bukanlah jenis olahraga yang sederhana atau mudah. Itu sebabnya, Grameds harus mengatur rutinitas latihan agar terasa ringan tapi tetap konsisten dilakukan, yang terpenting jangan berlebihan.

Akan tetapi, untuk menguasainya, Grameds perlu rajin melakukannya setiap hari. Jika sudah terbiasa dengan pull up, maka Grameds bisa melakukan olahraga yang lain dengan lebih mudah.

Karena pull up lebih utama memperkuat otot-otot secara merata, dengan menguasai pull up, kamu akan cenderung bisa melakukan olahraga lainnya yang menggunakan otot-otot juga, misalnya push up.

Olahraga bagaikan memperpanjang hidup kita dengan kualitas hidup yang sehat dan jauh dari penyakit. Jadi, jangan malas berolahraga ya, Grameds! Nah, kamu bisa mendapatkan panduan dalam berolahraga lewat buku dengan judul Buku Pintar Olahraga Sehat: Penyakit Bablas Dengan Olahraga yang Pas 

Tips Melakukan Pull-Up Tanpa Cidera

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa Grameds lakukan untuk latihan pull up dengan benar. Tips ini juga akan membantu Grameds melakukan latihan pull up dengan aman tanpa cidera. Berikut diantaranya :

  • Tidak Melakukan Pull Up Secara Berlebihan. Pada level awal, sebaiknya Grameds tidak melakukan pull up secara berlebihan atau lebih dari 5 kali. Sehingga melatih otot secara bertahap dan menghindari cidera.
  • Tingkatkan Latihan Secara Berkala. Tips kedua yaitu Grameds harus meningkatkan latihan ini secara berkala, misalnya setelah 1 Minggu latihan. Lakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu.
  • Konsisten. Setelah memulai, lalu menambah atau meningkatkan latihan, selanjutnya Grameds perlu konsisten dalam melakukan latihan pull up ini hingga tubuh merasa terbiasa.
  • Tidak Harus Melompat. Dalam melakukan latihan, Grameds tidak harus melompat saat ingin memegang pull up bar. Lakukan seperti biasa saja agar Grameds terhindar dari cidera.
  • Tetap Fokus. Tips terakhir agar melakukan pull up ini tidak mengalami cidera yaitu tetap fokus. Sebaiknya Grameds fokus dalam latihan pull up tersebut sampai selesai dengan baik.

Kesimpulan 

Itulah ulasan seputar manfaat dari olahraga pull up. Agar Grameds mendapatkan manfaat dan hasil pull up dengan maksimal, tentunya Grameds perlu melakukan latihan ini secara rutin, yaitu minimal 2 hari dalam seminggu.

Selain itu, untuk melakukan latihan di awal saat ingin memulainya, Grameds perlu melakukannya dengan hati-hati, pastikan gerakan yang Grameds lakukan sudah benar dan tepat, serta harus tetap fokus.

Meski olahraga memang suatu aktivitas yang membawa tubuh kita menjadi lebih sehat, tapi Grameds juga perlu imbangi dengan asupan makanan yang bergizi seimbang serta istirahat yang cukup.

Jika Grameds pernah mengalami cidera punggung, bahu, siku, leher, maupun pergelangan tangan, sebaiknya hindari melakukan pull up. Sebab, alih-alih ingin sehat dan mendapatkan manfaat pull up, dikhawatirkan cidera Grameds malah semakin parah.

Jadi, hindari latihan ini jika memang pernah mengalami cidera sebelumnya. Grameds masih bisa berolahraga dengan memilih latihan atau olahraga yang pas sesuai kondisi Grameds.

Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter atau ahli terapi terkait latihan kekuatan apa yang bisa Grameds lakukan yang sesuai dengan kondisi kamu.

Itulah manfaat pull up yang bisa Grameds dapatkan jika rutin melakukan latihan. Berminat melakukannya? Jangan lupa juga ikuti tips-tipsnya ya, Grameds. Selamat mencoba!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan : 

  • https://www.merdeka.com/sumut/7-manfaat-dari-latihan-angkat-beban-atau-pull-up-untuk-kesehatan-kln.html
  • https://www.alodokter.com/manfaat-pull-up-dan-cara-melakukannya-dengan-benar
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-pull-up
  • https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-pull-up-untuk-melatih-kekuatan-otot
  • https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/manfaat-pull-up/amp
  • https://www.google.com/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3652639/ragam-manfaat-pull-up-bagi-kesehatan-tubuh-dan-otot
  • https://www.bola.com/ragam/read/4767642/manfaat-pull-up-bagi-tubuh-bisa-memperkuat-otot-lengan-dan-bahu

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Harris

Menulis artikel merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik saya untuk dapat mengetahui berbagai macam hal serta informasi terupdate yang sedang terjadi pada saat ini. Saya suka dengan tema olahraga dan juga travelling.

Kontak media sosial Instagram saya Harris